15+ Kumpulan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja yang Wajib Dipelajari oleh Pemula

Teknik Dasar Tenis Meja

Tenis meja atau ping pong merupakan olahraga yang membutuhkan ketangkasan dan fokus tinggi. Untuk dapat bermain olahraga ini dengan baik, pelajari teknik-teknik tenis meja mulai dari dasar, terutama bagi para pemula.

Olahraga tenis meja merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang untuk partai tunggal, dan empat orang untuk partai ganda. Adapun perlengkapan peralatannya adalah bet, bola ping pong, meja tenis, dan net.

Sebagaimana olahraga-olahraga lainnya, dalam permainan tenis meja ini terdapat teknik-teknik dasar yang harus dipelajari. Tujuannya adalah agar pemain dapat bermain dengan baik, benar, dan tentunya menyenangkan.

Lalu, apa saja teknik-teknik dasar dalam olahraga tenis meja ini?

Jawabannya ada di artikel ini. Artikel ini membahas lengkap teknik-teknik permainan tenis meja. Yuk, cek penjelasannya di bawah!

1. Posisi Tubuh (Stance)Teknik Dasar Tenis Meja

Posisi Tubuh (Stance) - Teknik Dasar Tenis Meja
satujam.com

Sebelum memulai permainan tenis meja, pastikan Anda sudah mengetahui bagaimana posisi tubuh ketika bermain.

Teknik stance meliputi cara penempatan posisi badan, tangan, dan kaki ketika sedang bertahan ataupun sedang menyerang lawan. Teknik ini wajib dikuasai sebelum memulai pertandingan.

Harapannya, ketika Anda berhasil menguasai teknik ini maka akan semakin mudah untuk menghadapi bola-bola serangan lawan.

Setidaknya terdapat dua macam posisi tubuh ketika bermain, yaitu side stance dan square stance. Berikut ini penjelasannya.

1. Teknik Side Stance

Teknik ini dilakukan dengan cara memosisikan badan ke samping kiri atau kanan dan salah satu bahu didekatkan dengan net tengah. Posisi ini digunakan ketika posisi menyerang lawan.

2. Teknik Square Stance

Dalam melakukan teknik ini Anda harus memperhatikan positioning yang baik. Posisikan badan Anda menghadap ke arah meja tenis. Biasanya teknik ini diterapkan ketika melakukan blocking atau membalikkan servis.

Usahakan Anda rutin berlatih teknik ini agar dapat segera menguasai permainan tenis meja.

2. Memegang Bet (Grip) – Teknik Dasar Tenis Meja 

Memegang Bet (Grip) - Teknik Dasar Tenis Meja 
pixabay.com

Penguasaan teknik memegang bet sangat diperlukan oleh pemain tenis meja. Teknik ini merupakan teknik dasar yang sangat menentukan keberhasilan bermain. Jika salah sedikit saja, kemenangan pasti sulit Anda raih.

Terdapat tiga teknik cara memegang bet tenis meja ini. Ketiga teknik tersebut adalah  shakehand gripseemiller grip, dan penhold grip.

Bagaimana cara melakukan teknik-teknik tersebut? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Teknik Shakehand Grip

Teknik ini merupakan teknik yang paling sering dipakai oleh para atlet tenis meja karena sangat multiguna.

Kelebihan teknik shakehand grip ini adalah pemain dapat melakukan pukulan backhand dengan cepat dan mudah. Kelebihan ini menjadi alasan para atlet sering menggunakannya.

Cara melakukannya cukup mudah sehingga para pemain pemula pun juga dapat menerapkannya. Anda cukup memosisikan tangan di pegangan bet seperti posisi tangan Anda ketika berjabat tangan dengan orang lain. Kemudian, pastikan posisi kepala bet selalu ke atas.

2. Teknik Seemiller Grip

Teknik memegang bet yang satu ini sangat mirip dengan teknik shakehand grip. Bedanya hanya pada posisi jari telunjuk. Pada teknik ini posisikan telunjuk Anda di bagian sisi bet untuk menjadi seperti menyangga kepala bet. Adapun jari-jari yang lain tetap pada posisi seperti berjabat tangan.

3. Teknik Penhold Grip

Untuk melakukan teknik memegang bet ini, Anda cukup memosisikan tangan seperti ketika Anda sedang memegang pena untuk menulis. Teknik ini cukup banyak diminati oleh para atlet berkebangsaan Asia.

Bagian bet yang dimainkan dengan teknik ini hanya salah satu sisinya saja, merah atau hitam. Pastikan pergerakan kaki dan tubuh Anda tetap lincah agar memperoleh hasil yang memuaskan.

Satu hal lagi, ketika Anda memegang bet dengan teknik ini, pastikan kepala bet tetap menghadap ke arah bawah.

Baca juga: Pengertian Bulu Tangkis

3. Gerakan Kaki (Footwork) – Teknik Dasar Tenis Meja

Gerakan Kaki (Footwork) - Teknik Dasar Tenis Meja
tokopedia.com

Ketika Anda sedang bermain olahraga tenis meja, jangan pernah meremehkan masalah pergerakan kaki. Pergerakan kaki justru sangat penting diperhatikan karena dapat menjadi kunci kemenangan pertandingan tenis meja.

Pergerakan kaki dalam permainan olahraga tenis meja diatur dengan teknik footwork. Teknik ini juga merupakan teknik dasar yang wajib dipelajari.

Teknik pergerakan kaki ini sangat diperlukan terutama ketika lawan tanding selalu membalas serangan Anda dengan jarak datang bola yang jauh. Namun jika serangan bola tidak terlalu jauh maka Anda tidak perlu melangkahkan kaki tetapi tetap waspada.

Teknik footwork yang paling sering diterapkan ketika menyerang lawan tenis meja adalah teknik two-step (teknik dua langkah).

Tips untuk melakukan teknik ini cukup simpel. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pastikan posisi lutut sedikit ditekuk.
  2. Distribusikan berat badan Anda sama rata pada dua kaki Anda.
  3. Gunakan ujung kaki Anda sebagai tumpuan berat badan.
  4. Ketika ingin melangkah ke kiri, kaki kiri digeser dan dijadikan tumpuan berat badan.
  5. Kaki kanan Anda dapat mengikuti irama kaki kiri.
  6. Ketika Anda ingin melakukan pukulan forehand, tarik kaki kanan ke belakang sampai posisinya kembali seperti posisi awal pada teknik pukulan forehand.
  7. Setelah melakukan pukulan, posisikan tubuh Anda kembali ke posisi awal.

4. Teknik Pukulan (Stroke) – Teknik Dasar Tenis Meja

Teknik Pukulan (Stroke) - Teknik Dasar Tenis Meja
bukalapak.com

Teknik pukulan menjadi sangat penting karena dapat menentukan kemenangan hasil pertandingan. Teknik ini dilakukan ketika bertahan dari serangan lawan maupun ketika melancarkan serangan kepada lawan.

Secara garis besar teknik pukulan dibagi menjadi dua, yaitu forehand dan backhand. Akan tetapi dua teknik tersebut dikembangkan menjadi beberapa teknik. Berikut ini penjelasannya.

1. Teknik Servis (Service)

Teknik Servis (Service)
resaja.com

Teknik ini merupakan teknik pukulan awal permainan. Servis tenis meja ada 8 macam, yaitu forehand fast, forehand pendulum, sidespin, backhand sidespin, forehand backspin, backhand backspin, forehand topspin, dan backhand topspins.

1. Forehand Fast

Teknik ini digunakan untuk memojokkan lawan dengan servis kejutan. Cara melakukannya, pukullah bola tenis meja dengan kuat dan cepat dari samping tubuh.

2. Forehand Pendulum

Teknik ini cukup sulit untuk dikuasai bagi pemain pemula. Cara melakukannya, pukullah bola dengan ujung atau bagian pinggir kepala bet, lalu balikkan sisi betnya.

3. Sidespin

Teknik ini dilakukan dengan cara menyapu bola ke arah samping. Dengan teknik ini Anda dapat menciptakan pantulan bola lebih cepat dan melengkung ke kanan maupun kiri.

4. Backhand Sidespin

Teknik ini bagus Anda gunakan ketika ingin membalikkan badan. Cara melakukannya, Anda dapat memukul bola dengan pinggiran kepala bet dari arah bawah dada. Kemudian Anda harus memutarbalikkan bet dengan cepat.

5. Forehand Backspin

Cara melakukan teknik ini, pastikan posisi bet agak terbuka sedikit. Lalu gerakkan bet ke arah depan agak condong ke bawah. Kemudian pukullah sisi bawah bola dan pastikan bola mengenai bagian bet depan agak ke bawah.

6. Backhand Backspin

Cara melakukannya mirip dengan forehand backspin. Namun ketika memukul dengan teknik ini, Anda cukup menggesek bola dengan bagian bawah bet saja.

7. Forehand Topspin

Cara melakukan teknik ini, pegang bet dengan tangan kanan dan siku ditekuk sekitar 90 derajat. Bola dipegang tangan kiri. Lambungkan bola secukupnya, lalu pukul dengan bet dan usahakan pantulan bola tidak jauh dari net.

8. Backhand Topspin

Cara melakukannya, pegang bet dengan tangan kanan dan dekatkan tangan kanan ke pinggang kiri. Lambungkan bola secukupnya, lalu pukul dengan bet dan usahakan bola memantul tidak terlalu tinggi dari bet.

2. Teknik Push 

Teknik Push 
olahragapedia.com

Teknik push dalam permainan tenis meja ini digunakan untuk memantulkan balik bol serangan lawan. Sekilas teknik ini mirip dengan teknik blocking. Pada teknik ini Anda dapat melakukan dengan dua cara, yaitu  forehand dan backhand. Berikut ini penjelasannya.

1. Forehand Push

Pastikan posisi bet agak sedikit terbuka. Kemudian, gerakkan bet ke depan agak bawah. Untuk hasil terbaik, usahakan Anda memukul bola dengan bagian tengah bet.

2. Backhand Push

Seperti forehand push, pastikan bola terkena bet bagian tengah. Agar mendapatkan hasil yang optimal, pastikan bola hanya menggesek bet tetapi dengan kekuatan penuh.

3. Teknik Drive

Teknik Drive
mj-ujicoba.blogspot.com

Teknik drive ini merupakan hasil dari ayunan bet yang cepat dan panjang. Teknik ini mudah diterapkan bahkan oleh pemula. Pukulan yang dihasilkan dengan teknik ini datar, keras, dan cepat sehingga dapat memberikan kejutan kepada lawan. Teknik ini dilakukan dengan dua cara, yaitu forehand drive dan backhand drive.

1. Forehand Drive

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus menggerakkan bet ke arah depan dan badan memutar sekitar 45 derajat ke arah datangnya bola. Pastikan Anda memegang bet dengan kuat agar tidak berubah posisi.

2. Backhand Drive

Cara melakukannya, posisikan siku tangan kanan membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, gerakkan bet dengan diikuti gerakan badan yang memutar.

4. Teknik Pertahanan (Block)

Teknik Pertahanan (Block)
bukalapak.com

Ketika Anda mendapatkan serangan bola dari lawan maka Anda membutuhkan teknik pertahanan atau blocking. Teknik ini cukup efektif agar mudah membalikkan bola ke area lawan. Terdapat dua macam cara untuk teknik ini, yaitu forehand block dan backhand block.

1. Forehand Block

Anda dapat melakukan teknik ini dengan cara menggerakkan bet ke arah depan net, kemudian bersiaga untuk memukul bola yang datang dari lawan.

2. Backhand Block

Teknik ini dapat Anda lakukan dengan cara menggerakkan bet dari sisi bawah atau kiri tubuh, kemudia gerakkan ke depan net untuk melemparkan kembali serangan bola lawan.

5. Teknik Serangan (Attacking)

Teknik Serangan (Attacking)
edukasiceter.blogspot.com

Semua pemain tenis meja pasti ingin mencetak gol sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat. Nah, dengan teknik serangan Anda dapat mencapainya. Setidaknya ada dua macam teknik serangan, yaitu forehand attacking dan backhand attacking.

1. Forehand Attacking 

Untuk melakukan teknik serangan ini Anda harus memukul bola dari samping atau area luar tubuh dengan sangat kuat.

2. Backhand Attacking

Teknik ini adalah kebalikan dari forehand attacking. Cara melakukannya, pukullah bola dari arah dalam atau bawah dada dengan kekuatan penuh.

6. Teknik Smash

Teknik Smash
aminama.com

Pada dasarnya teknik ini adalah teknik untuk menyerang lawan. Teknik ini sangat mematikan jika lawan tidak siap menghadapi serangan, bahkan seringkali kewalahan. Seperti teknik lainnya, pada teknik smash ini terdapat dua macam cara, yaitu forehand smash dan backhand smash.

1. Forehand Smash

Teknik ini dilakukan ketika bola serangan lawan memantul dan berada pada posisi titik tertinggi. Segera lakukan pukulan sekeras mungkin pada bola ke arah bawah dengan kekuatan pergelangan tangan.

2. Backhand Smash

Sebenarnya teknik ini sangat mirip dengan teknik forehand smash. Namun pada teknik ini, setelah bola memantul dan mencapai titik tertinggi segera ayunkan lengan tangan dari bawah ke depan meuju arah kanan. Selanjutnya lakukan pukulan sekeras mungkin dengan kekuatan pergelangan tangan.

7. Teknik Chop

Teknik Chop
tutorialolahraga.com

Teknik dasar tenis meja yang satu ini sebenarnya memiliki prinsip yang sama dengan teknik pertahanan. Namun perbedaannya, teknik ini lebih sering digunakan ketika posisi darurat atau genting.

Gerakan yang dilakukan pada teknik ini seperti ketika Anda menebang pohon. Tujuannya adalah agar bola segera melambung kembali ke arah lawan.

Terdapat dua macam cara melakukan teknik ini, yaitu forehand chop dan backhand chop.

1. Forehand Chop

Usahakan bet dalam posisi agak terbuka, lalu gerakkan bet ke arah depan agak ke bawah. Kemudian pukullah bola tenis meja di bagian sisi bawahnya dan pastikan bola mengenai bagian bet depan agak bawah.

2. Backhand Chop

Tekniki ini dilakukan dengan cara mengambil posisi awal backhand dan posisi bet di depan agak condong ke atas. Kemudia pukul bagian sisi bawah bola  dengan bagian bawah bet.

8. Teknik Lob

Teknik Lob
jasmanipedia.blogspot.com

Teknik yang satu ini adalah teknik dasar untuk memukul bola lambung menuju area lawan. Teknik ini tercatat sebagai teknik yang sangat ampuh untuk menghadapi serangan smash lawan.

Gerakan lob yang paling benar dan menghasilkan poin adalah ketika bola berada pada ketinggian dua hingga empat meter.

Tujuan dari teknik lob ini cukup simpel, yaitu agar lawan kewalahan untuk mengembalikan bola serangan.

9. Teknik Flick

Teknik Flick
google.com

Pernah mendengar istilah ini? Iya, teknik ini adalah teknik yang cukup sulit digunakan, apalagi oleh pemula. Tidak heran banyak orang menyebut bahwa ini merupakan teknik lanjutan.

Teknik pukulan flick ini dapat Anda lakukan dengan cara memukul bola ke arah lawan, namun dengan syarat bola harus terpantuk ke area meja Anda terlebih dahulu. Setelah itu, bola akan menyeberang net dan menuju area lawan.

Demikian penjelasan  beberapa teknik dasar dalam olahraga tenis meja. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka Anda harus sering melakukan latihan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.

Terimakasih.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *