Olahraga Lompat Tinggi: Teknik Dasar dan Macam-Macam Gaya LENGKAP

Lompat tinggi adalah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat setinggi-tingginya. Lompatan yang dilakukan atlet lompat tinggi ini dilakukan tanpa menggunakan alat olahraga. Namun tetap harus menerapkan teknik-teknik dasar olahraga lompat tinggi tersebut.

Olahraga lompat tinggi ini sudah sering dipertandingkan dengan skala internasional.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, seorang atlet pasti melewati masa-masa latihan. Selama latihan itulah para atlet diajarkan beberapa teknik dasar lompat tinggi.

Olahraga ini mengombinasikan antara kekuatan otot kaki dan otot perut untuk dapat melompat tinggi ke udara.

Lalu, apa saja hal-hal yang harus diketahui dan dipelajari sebelum bermain olahraga lompat tinggi? Yuk simak penjelasan mengenai teknik-teknik dasar lompat tinggi di artikel berikut!

Teknik Dasar Olahraga Atletik Lompat Tinggi

Teknik Dasar Olahraga Atletik Lompat Tinggi
pixabay.com

Sebelum mengikuti permainan olahraga atletik yang satu ini, Anda harus mempelajari terlebih dahulu teknik-tekniknya. Teknik-teknik tersebut hampir sama dengan teknik pada olahraga lompat jauh.

Para atlet biasanya menggunakan setidaknya empat teknik ketika bermain. Keempat teknik tersebut adalah teknik awalan, teknik tolakan, teknik melayang di udara, dan teknik untuk mendarat.

Agar lebih jelas, yuk kita kupas satu persatu!

1. Teknik Dasar Awalan Lompat Tinggi

Teknik Dasar Awalan Lompat Tinggi
liputan6.com

Teknik awalan ini menjadi salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan atlet lompat tinggi untuk melewati mistar target.

Gerakan yang dilakukan dalam teknik ini adalah gerakan berlari. Kecepatan lari pada teknik ini lebih lambat daripada teknik yang digunakan pada olahraga atletik lompat jauh.

Cara untuk melakukan teknik awalan lompat tinggi adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan Anda menggunakan awalan berlari dengan kecepatan biasa menuju mistar target dengan sudut yang tepat. Sudut yang tepat tersebut tergantung gaya apa yang akan Anda gunakan.
  2. Jumlah langkah yang harus Anda ambil untuk berlari sebelum melakukan teknik tolakan adalah antara 9 hingga 15 langkah.
  3. Pastikan Anda sudah menentukan kaki kanan atau kiri untuk Anda gunakan sebagai awalan. Jika Anda ingin menggunakan kaki kanan untuk melompat, maka gunakan kaki kanan untuk memulai teknik awalan ini.

Sudut yang dilakukan pada teknik awalan ini harus Anda sesuaikan dengan gaya apa yang akan Anda gunakan untuk melompat. Berikut ini perinciannya.

1. Gaya Straddle

Untuk gaya straddle, sudut awalan yang disarankan antara 30 hingga 35 derajat.

2. Gaya Gunting

Sudut awalah yang direkomendasikan untuk gaya gunting adalah berkisar antara 40 sampai 50 derajat.

3. Gaya Guling Sisi

Sudut awalah yang direkomendasikan untuk gaya guling sisi sama dengan gaya gunting, yaitu berkisar antara 40 sampai 50 derajat.

4. Gaya Flop

Khusus untuk gaya flop, awalan yang direkomendasikan jauh lebih besar, yaitu berkisar antara 75 hingga 85 derajat.

2. Teknik Dasar Tolakan atau Tumpuan

Teknik Dasar Tolakan atau Tumpuan
liputan6.com

Teknik tolakan ini dilakukan untuk menghasilkan lompatan yang sangat tinggi semaksimal mungkin. Pastikan Anda menggunakan kaki yang paling kuat agar lompatan Anda semakin tinggi.

Titik awalan harus Anda sesuaikan agar setelah melompat badan Anda tidak ada yang menyentuh mistar target.

Jika titik tumpuan terlampau jauh maka lompatan Anda juga tinggi. Namun, ketika turun Anda berisiko menyentuh mistar.

Cara untuk melakukan teknik ini sedikit sulit, terutama bagi para pemula. Berikut ini penjelasan caranya.

  1. Pastikan badan Anda ditumpukan pada kaki bagian bawah dengan cara menekuk kaki sekitar 130 hingga 160 derajat. Tujuannnya adalah agar tolakan yang Anda peroleh semakin besar.
  2. Condongkan badan Anda agak sedikit ke belakang. Namun ini tidak berlaku untuk gaya flop.
  3. Ketika melakukan tumpuan, awalilah dengan bagian tumit kemudian diikuti seluruh telapak kaki serta ujung kaki. Sebagai catatan, tumpuan kaki harus lurus dari lutut hingga ujung kaki.
  4. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ayunkan lengan Anda ketika melakukan tolakan untuk menambah daya dorongan tubuh.

3. Teknik Melayang – Sikap Badan Ketika Melewati Mistar

Teknik Melayang
jpnn.com

Teknik melayang adalah teknik gerakan melayang di udara setelah melakukan teknik tolakan. Tujuan dari teknik ini adalah agar dapat melewati mistar target tanpa harus menyentuhnya sama sekali.

Setiap macam gaya lompat tinggi dilakukan dengan teknik melayang masing-masing. Berikut ini penjelasannya.

1. Teknik Melayang Lompat Tinggi Gaya Straddle

Pastikan posisi badan Anda ketika di atas mistar adalah dengan tengkurap. Ketika turun, posisikan kaki benar-benar lurus ke bawah. Untuk hasil terbaik, gunakan otot perut ketika mengangkat tubuh saat melayang di udara.

2.  Teknik Melayang Lompat Tinggi Gaya Gunting

Lakuka awalan dengan tubuh memposisikan badan di samping mistar. Dengan teknik ini posisi tubuh Anda akan miring dan sejajar dengan mistar.

3. Teknik Melayang Lompat Tinggi Gaya Guling Sisi

Teknik ini dikenal dengan sebutan western roll. Untuk memulai teknik ini, awalilah dari sisi samping mistar. Ketika badan sudah terangkat dan terlentang di atas mistar, miringkanlah ke sisi lain tolakan untuk melakukan pendaratan.

4. Teknik Melayang Lompat Tinggi Gaya Flop

Nama lain dari gaya ini adalah fosbury flop. Teknik melayang untuk gaya ini merupakan teknik paling sulit diterapkan, terutama oleh pemula.

Pasalnya, ketika melakukan lompatan ke udara, posisi tubuh harus membelakangi mistar. Kemudian melewati mistar dengan posisi punggung terlebih dahulu. Sekilas, teknik gaya ini mirip denga salto.

4. Teknik Mendarat Lompat Tinggi

Teknik Mendarat Lompat Tinggi
suara.co

Olahraga lompat tinggi merupakan rangkaian dari gerakan awalan, tolakan, melayang, dan diakhiri dengan mendarat di tanah. Cara melakukan pendaratan adalah dengan menjatuhkan diri ke tanah yang dilapisi dengan spon atau matras.

Teknik ini bukan teknik inti yang menentukan keberhasilan atau tidak. Teknik ini hanya sebagai penutup dari gerakan melayang saja. Ketika seorang atlet berhasil dalam teknik melayang maka dia sudah dihitung mencapai kemenangan.

Jenis pendaratan harus disesuaikan dengan gaya yang digunakan ketika melayang.

Teknik ini sangat membutuhkan kelenturan dan gaya pegas kaki seorang atlet. Dengan demikian diharapkan atlet tidak akan cidera sedikitpun.

Baca juga: Olahraga Bola Basket (Pengertian, Teknik Dasar, dan Lapangannya) LENGKAP.

Macam-Macam Gaya dalam Olahraga Lompat Tinggi

Macam-Macam Gaya dalam Olahraga Lompat Tinggi
google.com

Sebagaimana pada olahraga-olahraga lainnya, dalam olahraga atletik lompat tinggi juga terdapat beberapa gaya. Ketika Anda dapat menguasai semua gaya tersebut maka presentasi kemenangan semakin besar berpihak kepada Anda.

Lalu, apa saja gaya yang dapat dipelajari dalam olahraga atletik lompat tinggi? Setidaknya ada empat gaya yang dapat Anda pelajari, yaitu fosbury flop, scissors/gunting, guling sisi/western roll, dan guling/straddle.

Agar lebih jelas pengertian macam-macam gaya tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Gaya Fosbury Flop – Teknik Lompat Tinggi

Gaya Fosbury Flop - Teknik Lompat Tinggi
cikimi.ilmci.com

Gaya ini pertama kali diciptakan oleh Ricarord Fosbury. Dia adalah salah satu atlet lompat tinggi asal Amerika Serikat. Tercatat dalam sejarah bahwa dia mendapatkan juara olimpiade mexico pada tahun 1968 dengan gaya ini.

Cara melakukan gerakan gaya fosbury flop adalah sebagai berikut.

  1. Anda harus melakukan awalan berupa gerakan melengkung hampir setengah lingkaran. Untuk titik awal dilakukan dari depan melingkar ke arah kiri dengan bertumpu pada kaki kanan.
  2. Gunakan kaki terluar sebagai tumpuan ketika melompat dengan jarak sekitar 60 hingga 10 cm dari mistar. Untuk menambah daya lompatan, ayunkan tangan Anda ketika hendak melompat.
  3. Setelah melompat dan berhasil melewati mistar, segera bersiaplah untuk mendarat. Pendaratan dilakukan dengan punggung dan kaki masih mengarah ke atas.

2. Gaya Scissors – Gaya Gunting Lompat Tinggi

Gaya Scissors - Gaya Gunting Lompat Tinggi
shawless.net

Sebelumnya, gaya ini lebih dikenal dengan gaya sweney. Penemu gaya lompat tinggi yang satu ini adalah Sweney.

Cara untuk melakukan gaya ini adalah sebagai berikut.

  1. Teknik awalan dimulai dari arah tengah.
  2. Untuk tumpuan pada gaya ini, kaki kanan yang digunakan. Sedangkan kaki kiri diayunkan karena tidak dipakai untuk tumpuan.
  3. Ketika mendarat, dahulukan kaki kiri terlebih dahulu.

3. Gaya Guling Sisi – Teknik Western Roll Lompat Tinggi

Gaya Guling Sisi - Teknik Western Roll Lompat Tinggi
aturanpermainan.blogspot.com

Gaya guling sisi dapat juga disebut dengan gaya guling samping. Gaya ini pertama kali diciptakan oleh G. Horin atlet lompat tinggi asal Amerika pada tahun 1912.

Tahapan untuk melakukkan gaya guling sisi adalah sebagain berikut.

  1. Teknik awalan dilakukan dari arah samping sekitar 35 hingga 40 derajat.
  2. Tumpuan dilakukan dengan kaku terdekat dengan tiang mistar kemudian kaku diayunkan ke depan sehingga menyilang dari tiang mistar.
  3. Ketika melayang dan tepat berada di atas mistar, badan diposisikan miring dari tiang mistar serta disejajarkan dengan tiang tersebut. Selanjutnya, kepala segera diturunkan dan meluncur ke bawah.
  4. Pendaratan dilakukan dengan cara mendaratkan salah satu tangan dan kaki tumpuan secara bersamaan.

4. Gaya Straddle – Teknik Gaya Guling Lompat Tinggi

Gaya Straddle - Teknik Gaya Guling Lompat Tinggi
yuksinau.id

Gaya ini merupakan gaya yang paling banyak diterapkan oleh para atlet intrnasional. Gaya ini mulai populer pada tahun 1930 sejak digunakan oleh Jim Stewart asal Amerika Serikat.

Cara melakukan gaya ini adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan teknik awalan dari samping sebesar 30 hingga 35 derajat dengan menggunakan awalan langkah berjumlah ganjil.
  2. Tumpuan dilakukan dengan kaki terkuat.
  3. Ketika ayunan kaki sudah melewati mistar, segera dibalikkan badan sehingga posisi Anda telungkup di udara.
  4. Usahakan posisi pantat tetap lebih tinggi dari kepala.
  5. Pendaratan dilakukan dengan salah satu tangan dan kaki.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa teknik dasar olahraga lompat tinggi beserta macam-macam gayanya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda.

Terimakasih.

Tinggalkan komentar