7 Teknik dan Macam-Macam Gaya Lompat Jauh LENGKAP Beserta Peraturan dan Ukuran Lapangan

Teknik Lompat Jauh
Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik. Olahraga ini cukup terkenal dan populer di kalangan masyarakat. Ketika seseorang ingin melakukan olahraga atletik ini maka dia harus mempelajari beberapa teknik dasar. Teknik dasar tersebut dikenal dengan teknik dasar lompat jauh. Para atlet olahraga atletik lompat jauh harus selalu melatih kemampuan fisik mereka secara rutin. Tujuannya adalah agar mendapatkan hasil yang sempurna ketika mengikuti ajang kompetisi. Sebenarnya teknik-teknik dasar lompat jauh ini tidak berbeda jauh dengan teknik dalam olahraga lompat jangkit. Namun demikian, perbedaan teknik dua olahraga lompat tersebut tetap harus dipelajari. Lalu, apa saja teknik-teknik dasar dalam olahraga lompat jauh? Bagi Anda yang masih penasaran, pada artikel ini akan Anda temukan jawabannya secara lengkap. Yuk simak penjelasan tentang teknik dasar lompat jauh beserta seluk beluknya secara lengkap dan terperinci di bawah ini!

A. Pengertian dan Sejarah Lompat Jauh

Teknik Lompat Jauh
seputarilmu.com
Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik dengan gerakan-gerakan tertentu. Gerakan dalam olahraga lompat jauh ini dilakukan dengan teknik tertentu. Jenis gerakan yang dilakukan adalah gerakan melompat ke depan atas dengan usaha agar badan dapat melayang di udara. Lompatan tersebut harus dilakukan dengan cepat. Namun sebelum melakukan lompatan, seorang atlet lompat jauh akan melakukan gerakan tolakan dengan satu kaki. Tujuannya adalah agar mendapatkan jarak lompat yang maksimal. Sejarah lompat jauh dimulai sejak 13 abad yang lalu, bahkan konon olahraga ini dipertandingkan dalam Olimpiade kuno Yunani tahun 708 M. Sejarah mencatat bahwa olahraga lompat jauh pernah dilakukan oleh anggota Sparta dengan jarak lompatan 7,05 meter. Meskipun nama olahraga ini sama dari zaman ke zaman, namun teknik-tekniknya tentu berbeda. Pada zaman Olimpiade kuni, atlet lompat jauh hanya diperbolehkan menggunakan start lari pendek. Selain itu, para atlet lompat jauh melakukan gerakan berlari sambil membawa beban seberat 1 hingga 4,5 kg dengan tangannya. Salah satu atlet lompat jauh pada zaman Olimpiade kuno adalah Chionis. Konon dia berhasil mencetak rekor sebuah lompatan dengan jarak 705 cm. Rekor tersbut dia raih pada tahun 656. Pada awalnya olahraga atletik lompat jauh ini hanya boleh diikuti oleh kaum pria. Namun dengan berjalannya waktu, pada tahun 1914 olahraga ini direkomendasikan untuk kaum wanita oleh Dr. Harry Eaton Stewart. Tujuan dari rekomendasi Dr. Harry tersebut adalah untuk menghapuskan ketimpangan gender. Dengan demikian kaum wanita sebaiknya diizinkan mengikuti kompetisi olahraga atletik lompat jauh. Sebagai catatan, kaum wanita diizinkan untuk mengikuti perlombaan lompat jauh dengan running broad jump standar khusus para atlet wanita. Setelah melewati beberapa observasi, rekomendasi Dr. Harry tersebut disetujui dan diterapkan, sehingga kaum wanita juga boleh ikut serta dalam kompetisi olahraga atletik lompat jauh di level Olimpiade.

B. Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
cerdika.com
Pada awal sejarah olahraga lompat jauh, tidak terdapat aturan-aturan teknik pelaksanaannya. Namun seiring perkembangan zaman dan modernisasi, dalam olahraga lompat jauh terdapat beberapa teknik. Para atlet lompat jauh berhasil meraih prestasi-prestasi gemilang tentunya karena kerja keras. Pada awal debutnya, mereka belajar teknik-teknik dasar lompat jauh. Dalam olahraga lompat jauh terdapat empat teknik dasar. Empat teknik dasar tersebut adalah:
  1. Teknik Awalan Lompat Jauh
  2. Teknik Tolakan Lompat Jauh
  3. Teknik Melayang Lompat Jauh
  4. Teknik Mendarat Lompat Jauh
Apa yang dimaksud dengan teknik-teknik dasar lompat jauh tersebut? Dan bagaimana cara melakukannya? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

1. Teknik Dasar Awalan Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
detik.com
Teknik dasar awalan dalam olahraga lompat jauh dilakukan dengan gerakan berlari. Kecepatan berlari dalam teknik awalan ini harus dimaskimalkan dengan berlari sekencang-kencangnya. Jarak ideal untuk gerakan berlari pada teknik awalan ini sekitar 30 meter hingga 45 meter. Bahkan beberapa atlet profesional membutuhkan jarak yang lebih jauh lagi untuk mendapatkan hasil sempurna. Ada beberapa langkah untuk melakukan teknik awalan dalam lompat jauh, yaitu:
  1. Pastikan kaki Anda selalu nyaman. Posisi kaki yang bagus adalah posisi sejajar atau salah satu kaki berada di depan.
  2. Ketika posisi kaki sudah nyaman, lakukan gerakan berlari. Gerakan ini dimulai dengan kecepatan perlahan, kemudian tambah kecepatan hingga mencapai kecepatan maksimal.
  3. Pastikan tubuh Anda tetap seimbang ketika melakukan gerakan lari cepat. Tujuannya adalah agar dapat melakukan tolakan yang sempurna.
  4. Ketika sudah sampai jarak sekitar  3-5 langkah dari papan tolakan, segera bersiap untuk melakukan teknik tolakan.
Hasil yang sempurna selalu dimulai dari latihan yang rutin. Begitulah dalam teknik awalan lompat jauh ini. Perbanyaklah latihan berlari dengan kecepatan tinggi dari garis start sampai papan tolakan.
Semakin banyak melatih diri untuk berlari cepat, harapannya adalah agar semakin mudah menentukan momen untuk melakukan teknik tolakan.

2. Teknik Dasar Tolakan Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
tedas.id
Tolakan adalah salah satu teknik dasa dalam olahraga lompat jauh. Teknik ini merupakan perpindahan kecepatan dari posisi horizontal menjadi posisi vertical. Teknik tolakan lompat jauh ini dilakukan dengan sangat cepat dan kuat. Tujuannya adalah agar dapat mengangkat tubuh sampai ke atas kemudian dilanjutkan dengan teknik melayang di udara. Apabila Anda menginginkan hasil yang maksimal dalam melompat, lakukan tolakan sekuat-kuatnya menggunakan kaki. Agar lebih maksimal lagi, ayunkan kaki serta kedua tangan pada arah depan atas. Cara tersebut akan membuat Anda dapat membawa beban tubuh melayang di udara dalam waktu lebih lama. Adapun langkah-langkah untuk melakukan teknik dasar tolakan lompat jauh adalah sebagai berikut.
  1. Usahakan Anda dapat mengayunkan paha dan kaki ke arah horizontal dengan seimbang.
  2. Berikutnya, posisikan badan Anda agak condong sedikit ke depan ketika akan menjadikan salah satu kaki sebagai tumpuan.
  3. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kaki yang paling kuat sebagai tumpuan badan Anda.
  4. Selanjutnya, ambillah gerakan bertolak ke depan dan mengarah ke arah atas.
  5. Sebagai catatan tambahan, ambil sudut tolakan sekitar 45 derajat untuk hasil terbaik.

3. Teknik Dasar Melayang Lompat Jauh

Teknik Dasar Melayang Lompat Jauh
gudangpelajaran.com
Setelah Anda berhasil melakukan teknik tolakan, teknik selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah teknik melayang di udara. Pada teknik melayang lompat jauh ini Anda harus benat-benar memperhatikan dan menjaga keseimbangan tubuh. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyeimbangkan tubuh adalah dengan menggerakkan kaki seperti ketika sedang berjalan. Adapun langkah-langkah untuk melakukan teknik melayang di udara lompat jauh adalah sebagai berikut.
  1. Ayunkan kaki Anda ke depan dan mengarah ke atas ketika melakukan tolakan.
  2. Kemudian ketika Anda sudah melayang di udara, turunkan kaki dengan diikuti beberapa gerakan tertentu. Gerakan tersebut dapat berupa mendorong pinggul ke depan, membusungkan dada, mengayunkan kedua tangan, atau menengadahkan kepala.
  3. Selanjutnya, ketika Anda hendak melakukan pendaratan, jangan lupa mengayunkan kedua kaki dan tangan ke depan dengan diikuti beberapa gerakan tertentu. Gerakan tersebut dapat berupa membungkukkan badan, menundukkan kepala, atau mendorong kedua kaki ke depan.
Sebagai tambahan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan teknik melayang, yaitu:
  1. Tetap menjaga keseimbangan tubuh.
  2. Usahakan untuk membuat tekanan udara sekecil mungkin.
  3. Usahakan untuk melayang di udara selama mungkin.
  4. Siapkan kaki untuk pendaratan.

4. Teknik Dasar Pendaratan Lompat Jauh

Teknik Dasar Pendaratan Lompat Jauh
cakbagus.net
Untuk menyelesaikan olahraga lompat jauh dengan baik, Anda perlu mempelajari teknik penutupan. Teknik tersebut disebut dengan pendaratan. Teknik ini merupakan teknik dasar yang terakhir dalam olahraga lompat jauh. Teknik pendaratan lompat jauh dilakukan dengan cara menundukkan kepala, mengayunkan lengan, dan membawa pinggang ke arah depan. Tujuan dari gerakan-gerakan tersebut adalah agar tidak ada anggota badan selain kaki yang menyentuh pasir pada posisi lebih belakang daripada kaki. Untuk menghindari risiko jatuh saat melakukan pendaratan, Anda perlu mencondongkan badan ke arah depan dengan posisi kedua lutut sedikit ditekuk setelah tumit menyentuh pasir area pendaratan. Empat teknik tersebut di atas harus benar-benar dimaksimalkan agar mendapatkan hasil terbaik. Oiya, berikut ini ada sedikit kesimpulan teknik-teknik dasar yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan hasil lompatan maksimal.
  1. Menentukan jarak awalan dengan tepat.
  2. Menentukan irama gerakan lari awalan.
  3. Kemampuan melakukan tolakan dan lepas landas.
  4. Kemampuan melakukan gerakan melayang di udara.
  5. Kemampuan melakukan gerakan saat mendarat.

C. Macam-Macam dan Teknik Gaya Lompat Jauh

Macam-Macam dan Teknik Gaya Lompat Jauh
resaja.com
Olahraga atletik lompat jauh dapat dilakukan dengan beberapa gaya. Setidaknya terdapat tiga macam gaya yang cukup terkenal, yaitu gaya jongkok (ortodok), gaya menggantung (schnepper), dan gaya berjalan di udara (walking on the air). 1. Gaya Jongkok Lompat Jauh Gaya jongkok merupakan gaya tertua dalam sejarah olahraga atletik lompat jauh. Gaya ini dilakukan dengan tujuan agar dapat memperoleh kecepatan maksimal ketika hendak melompat. Teknik untuk melakukan gaya jongkok adalah sebagai berikut.
  1. Usahakan ketika melayang di udara, Anda pastikan menekuk lutut dan sedikit diangkat ke atas.
  2. Ketika hendak melakukan teknik pendaratan, tarik tangan Anda ke belakang. Bersamaan dengan itu, arahkan kaki Anda ke depan dan tundukkan kepala Anda.
  3. Selanjutnya, lakukan teknik pendaratan dengan sempurna.
2. Gaya Menggantung Lompat Jauh Gaya lompat jauh yang kedua adalah gaya menggantung. Dalam bahasa Inggris gaya ini dikenal dengan nama schnepper. Langkah-langkah untuk melakukan gaya menggantung lompat jauh adalah sebagai berikut:
  1. Setelah Anda melakukan teknik dasar tolakan, ayunkan kedua kaki Anda ke belakang dan ke depan dengan diikuti irama gerakan tangan.
  2. Untuk menyeimbangkan badan ketika berada di udara, Anda cukup mengangkat tangan ke atas dan usahakan posisi tubuh tetap tegak.
  3. Keika hendak melakukan teknik pendaratan, luruskan kedua kaki ke depan. Dahulukan kedua tumit kaki ketika melakukan teknik pendaratan.
3. Gaya Berjalan di Udara untuk Lompat Jauh Gaya yang satu ini merupakan gaya terpopuler dikalangan para atlet profesional. Pasalnya, gaya ini sangat efektif untuk mendapatkan hasil lompatan maksimal dibandingkan gaya lainnya. Cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan gaya berjalan di udara dalam olahraga atletik lompat jauh adalah sebagai berikut.
  1. Sebelum melakukan teknik tolakan, pinggang sedikit diturunkan. Paha dan kaki diayunkan secara bebas. Posisi lutut, sendi mata kaki, dan pinggang harus lurus.
  2. Ketika melayang di udara, lakukan gerakan seperti sedang berjalan di tanah.
  3. Ketika hendak melakukan teknik pendaratan, tarik lengan dan tubuh Anda ke depan dan bawah.
  4. Sempurnakan teknik pendaratan Anda.
Sekilas gaya berjalan di udara ini sangat mirip dengan gaya menggantung. Namun demikian, tetap terdapat beberapa perbedaan.

D. Peraturan Dasar Lompat Jauh

Peraturan Dasar Lompat Jauh
bagiinfo.com
Dalam olahraga atletik lompat jauh terdapat beberapa peraturan dasar. Peraturan dasar tersebut harus diikuti oleh setiap atlet yang sedang bermain. Apabila atlet melanggar peraturan tersebut maka poin atau nilainya akan berkurang bahkan dianggap gugur. Setidaknya terdapat tiga peraturan dasar lompat jauh yang sangat populer di kalangan para atlet. Apa saja peraturan tersebut?
  1. Ujung kaki seorang atlet tidak diperbolehkan menyentuh tanah melebihi batas titik tolakan. Peraturan pertama ini sangat penting. Jika atlet kedapatan melanggar maka lompatannya dianggap gugur. Solusinya adalah atlet harus menempatkan kaki di area tolakan yang sudah ditentukan.
  2. Seorang atlet yang sedang melakukan teknik pendaratan dilarang menyentuh bagian tepi ataupun bagian luar bak pasir. Jika atlet melanggar peraturan ini konsekuensinya adalah lompatannya dianggap gugur.
  3. Baik ketika melayang di udara maupun mendarat, seorang atlet dilarang menggunakan gaya lompatan salto. Apabila melanggar maka atlet akan diberi sanksi. Sanksinya adalah lompatannya dianggap gugur.

E. Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Ukuran Lapangan Lompat Jauh
salamadian.com
Olahraga atletik lompat jauh dilakukan di lapangan terbuka dengan ukuran yang cukup luas. Pada lapangan olahraga lompar jauh terdapat tiga bagian utama untuk arena permainan, yaitu lintasan lari awalan, papan tolakan, dan bak pasir untuk area pendaratan. 1. Lintasan Lari Awalan Lintasan lari awalan adalah sebuah arena di lapangan lompat jauh yang digunakan untuk melakukan teknik awalan atau ancang-ancang. Standar panjang lintasan tersebut adalah  40 meter atau setara 131 kaki. Sedangkan lebarnya adalah antara 1,22 meter hingga 1,25 meter. Pada bagian samping kanan maupun kiri lintasan tersebut diberi garis dengan cat warna putih selebar 5 cm. Garis tersebut dibuat agar atlet tidak keluar dari lintasan yang telah ditentukan. 2. Papan Tolakan Papan tolakan memiliki bentuk segi empat. Bahan yang digunakan untuk membuat papan tolakan adalah kayu atau bahan sintetis lainnya. Papan tersebut diberi warna dengan cat putih. Papan tolakan dipasang pada jarak minimal satu meter dari tepi dekat area untuk pendaratan. Sedangkan jarak maksimalnya adalah 10 meter dari area pendaratan.
Baca juga: Bola Basket (Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, dan Ukuran Lapangan) Lengkap
Lokasi tanah untuk menanam papan tolakan harus rata dengan tanah area lintasan awalan. Di bagian belakang garis tolakan tersebut dipasang sebuah papan berbahan plastisin atau bahan sintesis lainnya. Fungsinya adalah untuk membuat tanda ketika atlet lompat jauh meloncat melewati garis loncatan.
Ukuran Standar Papan Tolakan:
  1. Panjang =1,21–1,22 m
  2. Lebar =1,98–2,02 dm
  3. Tebal =1,00 dm
3. Bak Pasir untuk Area Pendaratan Area berupa bak yang digunakan untuk mendarat para atlet lompat jauh diisi dengan pasir halus hingga penuh. Bak pasir tersebut memiliki ukuran standar dengan panjang 9 meter dan lebar 2,75 meter. Sebagai tambahan dan pelengkap, sediakan alat tertentu semisal sekop untuk meratakan pasirnya kembali setelah digunakan oleh atlet sebelumnya.

F. Materi Lompat Jauh

Materi Lompat Jauh
whatsapp.com
Dalam olahraga atletik lompat jauh terdapat beberapa materi yang harus dipelajari oleh para atlet pemula. Materi lompat jauh yang harus dipalajari adalah sebagai berikut.
  1. Pengertian lompat jauh
  2. Sejarah lompat jauh
  3. Teknik dasar lompat jauh
  4. Macam-macam gaya lompat jauh
  5. Peraturan dasar lompat jauh
  6. Lapangan lompat jauh dan ukurannya
  7. Pengenalan atlet lompat jauh profesional
  8. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas lompatan
Materi pertama hingga keenam sudah dibahas secara rinci dan lengkap di atas. Sedangkan dua materi terakhir akan dibahas setelah ini. Simak terus ya! Atlet Lompat Jauh Profesional 1. Marina Natalia Londa Marina Natalia Londa adalah seorang atlet lapangan berkebangsaan Indonesia yang banyak berkompetisi dalam cabor lompat jauh. Dia menjadi perwakilan Indonesia pada Kejuaraan Dunia Atletik tahun 2007. 2. Sapwaturrahman Sapwaturrahman adalah seorang atlet lompat jauh berkebangsaan Indonesia. Prestasi yang pernah diraih adalah juara Asian Games 2019. 3. Bùi Thị Thu Thảo Bùi Thị Thu Thảo adalah atlet lompat jauh yang memiliki darah kebangsaan Vietnam. Dia pernah meraih medali emas pada Kejuaraan Asia 2017 dan Asian Games 2018. Lompatan terjauh yang pernah tercatat adalah 6,68 meter. Tiga atlet lompat jauh tersebut di atas hanya sebagian kecil dari sekian bayak atlet profesioanl. Semoga prestasi mereka dapat menginspirasi Anda. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Lompatan Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas lompatan seorang atlet lompat jauh. Faktor-faktor tersebut adalah:
  1. Kecepatan
  2. Kekuatan
  3. Daya lompat
  4. Keseimbangan tubuh
  5. Keterampilan
  6. Koordinasi
  7. Kecepatan dan arah angin
  8. Psikologi atlet
  9. Dukungan tim atau supporter
Demikian informasi atau penjelasan tentang lompat jauh dan seluk beluknya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu serta menambah wawasan Anda. Terimakasih.
Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *