Teknik Dasar Beladiri Pencak Silat LENGKAP Beserta Sejarahnya

teknik dasar pencak silat

Tertarik dengan olahraga beladiri pencak silat? Atau sedang belajar beladiri ini? Di artikel kali ini saya akan kupas tuntas teknik-teknik dasar dalam olahraga beladiri pencak silat beserta keterangan-keterangan lengkapnya.

Simak ya!

Sejarah Bela Diri Pencak Silat

sejarah dan teknik dasar pencak silat
google.com

Siapa sangka ternyata olahraga beladiri pencak silat ini merupakan salah satu kesenian bangsa Indonesia.

Jauh sebelum muncul nama Indonesia, beladiri pencak silat terkenal sebagai salah satu kesenian bela diri.

Seiring dengan berjalannya waktu, seni beladiri pencak silat ini semakin dikenal di berbagai wilayah. Tidak hanya di Nusantara saja, akan tetapi seni beladiri ini bahkan juga meluas sampai Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Seni beladiri pencak silat ini dipopulerkan oleh para pelatih Indonesia. Tak heran, kini negara Vietnam juga sudah memiliki banyak atlet pencak silat yang berkancah di kelas internasional.

Dahulu, pencak silat juga merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari ajaran Islam di Nusantara. Pencak silat menjadi salah satu taktik atau cara para ulama untuk menyebarkan agama Islam. Para murid akan diajari teknik-teknik dasar pencak silat.

Beberapa wilayah di Indonesia menjadikan pencak silat ini menjadi seni beladiri. Bahkan, ada beberapa tempat yang menjadikannya sebagai bagian wajib dalam acara adat.

Contoh wilayah yang menjadikan pencak silat sebagai bagian dari acara adat adalah Minangkabau. Di Minangkabau ada kesenian tari Randai yang merupakan silek Minangkabau. Di acara itu pencak silat selalu ditampilkan.

Di daerah Betawi juga ada acara adat yang melibatkan seni beladiri pencak silat. Biasanya, ketika ada orang yang menikah maka diadakan tradisi Palang Pintu. Palang Pintu adalah peragaan silat khas Betawi yang dikemas dalam sandiwara. Acara ini ditampilkan sebelum pengantin menjalani proses akad nikah.

Pencak silat juga digunakan oleh para pejuang kemerdekaan untuk melawan menghadapi para penjajah asing. Beberapa pendekar pejuang kemerdekaan yang menggunakan pencak silat untuk melawan penjajah asing adalah  Panembahan Senopati, Sultan Agung, dan Pangeran Diponegoro.

Teknik Dasar Gerakan Pencak Silat

teknik dasar gerakan pencak silat
whatsapp.com

Ketika seorang atlet pencak silat sedang bertarung menghadapi lawannya, maka dia harus bergerak sebaik mungkin agar mendapat kesempatan melumpuhkan lawan.

Gerakan yang dilakukan atlet beladiri pencak silat harus terencana dengan baik. Selain itu dia juga harus bisa mengarahkan gerakann ke lawan agar tepat sasaran.

Ketika melakukan gerakan, atlet juga harus bisa mengendalikan dan mengkoordiasi tubuh. Hal ini dilakukan agar tetap seimbang dan tidak jatuh.

Hal yang juga harus diperhatikan dalam melakukan teknik dasar gerakan pencak silat ini adalah tentang menentukan arah. Ada 8 penentuan arah yang harus diketahui, yaitu:

  1. Arah belakang
  2. Arah serong kiri belakang
  3. Arah samping kiri
  4. Arah serong kiri depan
  5. Arah depan
  6. Arah serong kanan depan
  7. Arah samping kanan
  8. Arah serong kanan belakang.

Teknik Dasar Kuda-Kuda Pencak Silat

teknik dasar kuda-kuda pencak silat
liputan6.com

Kuda-kuda dalam pencak silat hampir sama dengan kuda-kuda dalam ilmu beladiri-beladiri lainnya, seperti kung fu dan karate.

Yang dimaksud dengan kuda-kuda adalah teknik menjaga keseimbangan tubuh agar tidak goyah. Kaki diposisikan sebaik mungkin menapak tanah agar ketika ada serangan sang atlet bisa tetap terjaga keseimbangannya.

Dalam ilmu beladiri pencak silat, setidaknya ada 6 posisi kuda-kuda yang diajarkan.

  1. Posisi kuda-kuda depan pasang atas
  2. Posisi kuda-kuda belakang pasang bawah
  3. Posisi kuda-kuda tengah pasang bawah
  4. Posisi kuda-kuda samping
  5. Posisi kuda-kuda silang depan
  6. Posisi kuda-kuda silang belakang
  • Kuda-Kuda Depan Pasang Atas

Kuda-kuda depan ini dibentuk dengan posisi kaki kita didepan ditekuk serta kaki belakang lurus, dan telapak kaki belakang harus serong ke arah luar, berat badan ditumpukan di kaki depan, badan tegap dan pandangan kita kedepan.

  • Kuda-Kuda Belakang Pasang Bawah

Untuk melakukan kuda-kuda belakang maka berat badan kita bertumpu pada kaki belakang. Tumit yang digunakan sebagai tumpuan tegak dengan panggul. Badan agak condong ke depan, kemudian kaki depan diinjit dengan menapak tumit atau ujung kaki.

  • Kuda-Kuda Tengah Pasang Bawah

Teknik kuda-kuda ini dilakukan dengan cara menekuk kedua kaki dengan titik berat badan kita berada di tengah.

  • Kuda-Kuda Samping

Teknik kuda-kuda samping ini dilakukan dengan cara menggunakan satu kaki yang ditekuk dan kaki yang lainnya lurus ke samping. Berat badan diletakkan pada kaki yang ditekuk. Lalu bahu harus dibuat sejajar atau segaris dengan kaki.

  • Kuda-Kuda Silang Depan

Teknik kuda-kuda ini dilakkukan dengan cara menginjakkan satu kaki ke depan atau ke belakang kaki yang lain. Berat badan ditumpukan pada satu kaki dan kaki yang lain akan sentuhan ringan dengan ibu jari atau ujung jari-jari kaki.

  • Kuda-Kuda Silang Belakang

Teknik kuda-kuda silang belakang dilakukan dengan cara salah satu kaki diposisikan di belakang dengan keadaan menyilang. Berat di tumpukan ke belakang tubuh. Badan tetap lurus agar tidak jatuh ketika melakukan gerakan.

Teknik Dasar Sikap Pasang

sikap pasang pencak silat
sumber: lescazia milenial

Pencak silat merupakan salah satu ilmu beladiri untuk menghadapi lawan. Ketika seorang atlet pencak silat bertarung maka dia harus bisa melumpuhkan pergerakan lawan.

Untuk bisa melumpuhkan lawan, atlet pencak silat harus selalu waspada dan berhati-hati. Inilah teknik sikap pasang. Dia harus mengawasi setiap gerakan lawannya. Ketika mendapai suatu celah pada lawan maka dia tidak boleh menyiakan kesempatan. Saat itulah dia menyerang.

Ada empat teknik dasar sikap pasang dalam ilmu beladiri pencak silat, yaitu pasang satu, pasang dua, pasang tiga, dan pasang empat.

  • Pasang Satu

Cara melakukan teknik sikap pasang satu adalah menegakkan badan dengan menggunakan kedua tangan yang berada disamping. Posisi ini merupakan keadaan siap untuk bertarung. Jangan lupa kedua kaki dibuka selebar bahu.

  • Pasang Dua

Cara melakukan teknik sikap pasang dua adalah dengan menegakkan badan. Kemudian kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan mengepal sejajar dengan pinggang.

  • Pasang Tiga

Cara melakukan teknik sikap pasang tiga adalah dengan menegakkan badan hingga lurus, kemudian kaki di buka selebar bahu, dan tangan diangkat sejajar dengan mata, serta posisi silang dengan kepalan tangan yang terbuka.

  • Pasang Empat

Merupakan sikap posisi kaki yang di buka selebar bahu, dengan tangan yang diangkat sejajar mata, dan posisi silang dengan kepalan tangan yang terbuka dibuka lagi dan tangan sudah terkepal.

Teknik Dasar Langkah Pencak Silat

Teknik Dasar Langkah Pencak Silat
youtube.com

Beladiri pencak silat merupakan salah satu ilmu seni. Oleh karena itu, maka gerakan langkah-langkahnya harus bagus dan cantik.

Yang dimaksud teknik langkah dalam ilmu beladiri pencak silat adalah cara pergerakan injakan kaki kanan maupun kiri ke tanah.

Ada banyak teknik langkah dalam ilmu beladiri pencak silat ini. Diantaranya adalah teknik langkah lurus dan zig zag.

  • Langkah Lurus

Teknik ini adalah gerakan langkah yang membentuk garis lurus, baik itu maju ataupun langkah mundur. Pelaksanaanya dimulai dengan salah satu teknik kuda-kuda.

  • Langkah Zig Zag

Teknik ini adalah gerakan langkah yang membentuk posisi mata gergaji atau pola zig-zag. Pelaksanaanya dimulai dengan sikap pasang dan langkah serong.

  • Langkah Ladam

Teknik ini dimulai dari sikap awal tegak. Kemudian gerakkan kaki ke kanan dan diikuti kaki kiri merapat, Setelah itu kaki kiri maju, kaki kanan ditarik kembali kemudian merapat dan digerakan ke kiri.

  • Langkah Segi Tiga

Langkah ini dimulai dengan berdiri di titik 0, kemudian geser kaki kanan ke titik 1. Ikuti kaki kiri ke titik 2, dilanjutkan ke titik 4, dan lanjutkan ke titik 4 dan 5. Kemudian tarik kaki kanan ke titik 6 dan kaki kanan ketitik 7 dengan kuda-kuda depan. Tahap akhir tarik kaki kanan ke posisi awal.

  • Langkah Huruf S

Teknik ini dimulai dengan berdiri dengan posisi titik yang menghadap sesuai dengan arah yang hendak ditujukan. Kemudian kita geser kaki kanan ke arah berat badan ke kaki kanan. Ikuti kaki kiri dan selanjutnya kaki kiri ke titik 3 dan berat badan di kaki kiri.

Setelah itu cabut kaki kanan dan lewati kaki kiri hingga di titik 4. Kaki kanan yang ada di titik 4 dan 5 diputar, sementara itu kaki kiri yang ada pada titik 3 injit. Gugus kaki kiri melalui tanda panah dengan jalur titik 6 hingga di titik.

  • Langkah Segi Empat

Teknik ini dilakukan dengan mengombinasikan kuda-kuda tengah, samping, serta belakang.

Teknik Dasar Pukulan Pencak Silat

Teknik Dasar Pukulan Pencak Silat
republika.com

Ketika menghadapi lawan dalam pertandingan, atlet pencak silat harus pandai melumpuhkan lawan.

Selain memperhatikan teknik pasang dan langkah dengan baik, dia juga perlu megetahui teknik pukulan. Pukulan dilakukan dengan lengan tangan, siku, dan kaki.

Pukulan digunakan untuk bertahan dan menyerang lawan. Semakin padai memukul maka peluang kemenangan juga semakin besar.

Beberapa teknik pukulan dalam pencak silat adalah sebagai berikut.

1. Pukulan Depan/Lurus

Pukulan depan adalah pukulan yang dilakukan dengan lintasan lurus ke depan. Hasil yang optimal dilakukan dengan bantuan pergerakan bahu putaran pinggang yang mendukung untuk pemindahan berat badan ke depan (tangan yang menyerang).

Teknik pukulan ini dilakukan dalam dua sikap tubuh, yaitu sebagai berikut.

  • Posisi tangan yang digunakan untuk menyerang sejajar dengan kaki yang berada di depan (jab).
  • Posisi tangan yang digunakan untuk menyerang tidak sejajar dengan kaki yang berada di depan (straight).

Cara melakukan teknik pukulan ini adalah:

  1. Sikap kaki kuda-kuda kiri depan.
  2. Kedua tangan bersiap di depan dada dan jari-jari tangan yang akan memukul harus mengepal.
  3. Telapak kaki kanan dan kiri sejajar (paralel).
  4. Tangan kanan memukul dengan mengubah kepalan telungkup.
  5. Lakukan dengan mengubah/mengganti posisi kaki dan tangan yang memukul.

Berhati-hatilah dalam menerapkan teknik pukulan ini karena sering terjadi kesalahan. Pastikan sikap badan tidak kaku, kaki benar-benar dibuka, posisi kaki harus kuat, badan harus seimbang, pukulan harus kuat, dan tangan wajib mengepal terlungkup.

2. Pukulan Bandul/Sengkol

Teknik pukulan ini dilakukan dengan posisi tangan ditekuk (90%) dan untuk lintasan pukul diayun dari bawah ke atas.

Pukulan ini bisa dilakukan dengan posisi kaki yang bervariasi. Bisa dengan posisi kaki depan sejajar dengan tangan yang digunakan untuk menyerang, dan bisa tanpa memosisikan kaki depan sejajar dengan tangan penyerang.

Cara melakukan teknik pukulan ini adalah:

  1. Sikap kaki kuda-kuda tengah.
  2. Kedua tangan saling menyilang di depan dada. Pastikan jari-jari tangan yang akan memukul tetap mengepal.
  3. Ayunkan tangan yang memukul ke depan dengan kepalan telungkup.
  4. Tangan yang lain tetap menutup badan sendiri.
  5. Lakukan dengan mengubah/mengganti tangan yang memukul.

Sebagaimana dalam melakukan teknik pukulan depan, Anda juga harus berhati-hati dalam teknik ini. Sering terjadi kesalahan yang tidak disadari.

Kesalahan tersebut adalah sikap kuda-kuda tangah kurang baik. Kaki kurang dibuka dan kurang kuat. Badan tidak seimbang sehingga ayunan/pukulan kurang kuat. Yang terakhir, tangan yang memukul tidak mengepal.

3. Pukulan Tegak

Teknik pukulan tegak dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Sikap kaki kuda-kuda tengah.
  2. Kedua tangan bersiap di depan dada dan jari-jari tangan yang akan memukul harus mengepal.
  3. Tangan kanan memukul ke depan dengan kepalan tagak.
  4. Tangan yang lain tetap menutup atau melindungi badan sendiri.
  5. Lakukan dengan mengubah/mengganti posisi kaki dan tangan yang memukul.

Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan teknik pukulan ini adalah sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kaki kurang dibuka atau kurang kuat. Badan tidak seimbang, pukulan kurang kuat, dan tangan yang memukul tidak mengepal tegak.

4. Pukulan Melingkar

Teknik pukulan melingkar dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Sikap kaki kuda-kuda tengah.
  2. Kedua tangan menyilang di depan dada dan jari-jari tangan yang akan memukul harus mengepal.
  3. Ayunkan tangan yang memukul secara melingkar dari sisi kiri, depan, dan kanan dengan kepalan tegak.
  4. Tangan yang lain tetap menutup badan sendiri.
  5. Lakukan dengan mengubah/mengganti tangan yang memukul.

Kesalahan yang sering terjadi dalam teknik pukulan ini adalah sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kaki kurang dibuka atau kurang kuat. Badan tidak seimbang, ayunan pukulan kurang kuat, dan tangan yang memukul tidak mengepal tegak.

5. Pukulan Samping

Teknik pukulan samping dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Sikap kaki kuda-kuda kiri depan.
  2. Kedua tangan bersiap di depan dada dan jari-jari tangan yang akan memukul harus mengepal.
  3. Telapak kaki kanan dan kiri sejajar (paralel).
  4. Tangan kanan memukul dengan menggunakan punggung tangan dari arah dari samping ke depan.
  5. Lakukan dengan mengubah/mengganti posisi kaki dan tangan yang memukul.

Kesalahan yang sering terjadi dalam teknik pukulan ini adalah sikap badan kaku, kaki kurang dibuka atau kurang kuat. Badan tidak seimbang, pukulan menyamping kurang kuat, dan tangan tidak mengepal.

Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat

Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat
olahragapedia.com

Selain dengan pukulan, atlet pencak silat juga dapat memanfaatkan kaki untuk menyerang lawan. Beberapa teknik tendangan dalam pencak silat adalah sebagai berikut.

1. Tendangan Lurus

Teknik ini dilakukan dengan lintasan lurus ke depan. Sasaran tendangan adalah kemaluan dan perut lawan. Pesilat bisa mengombinasikan tendangan ini dengan lompatan.

Cara melakukannya adalah:

  1. Kaki kuda-kuda kiri.
  2. Kaki kanan ditendangkan ke depan. Hentakan telapak kaki sejajar dengan bahu.
  3. Kedua tangan berada di depan dada untuk menyeimbangkan tubuh.

2. Tendangan Melingkar

Cara melakukan teknik tendangan ini adalah:

  1. Kaki kuda-kuda kiri.
  2. Kaki kanan ditendangkan ke depan dengan entakan punggung kaki.
  3. Kedua tangan berada di depan dada untuk menyeimbangkan tubuh.

3. Tendangan Samping

Cara melakukan teknik tendangan ini adalah:

  1. Kaki kuda-kuda kiri.
  2. Kaki kanan ditendangkan ke samping dengan punggung kaki.
  3. Kedua tangan berada di depan dada untuk menyeimbangkan tubuh.

4. Tendangan Huruf “T”

Cara melakukan teknik tendangan ini adalah:

  1. Kaki kuda-kuda kiri.
  2. Kaki kanan ditendangkan dari samping ke depan dengan hentakan telapak kaki.
  3. Kedua tangan berada di depan dada untuk menyeimbangkan tubuh.

Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat

Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat
youtube.com

Untuk menghadapi serangan-serangan lawan, atlet pencak silat tidak cukup menggunakan teknik-teknik serangan saja.

Atlet pencak silat harus menguasai dan mampu menerapkan teknik tangkisan dalam pencak silat. Setidaknya, ada empat teknik tangkisan yang harus dipelajari dalam ilmu pencak silat.

1. Tangkisan Dalam

Cara melakukan teknik tangkisan ini adalah:

  1. Sikap kuda-kuda tengah.
  2. Kedua tangan bersiap di depan.
  3. Tarik salah satu tangan dari depan luar ke dalam sejejear bahu.
  4. Posisi tubuh seimbang.

2. Tangkisan Luar

Cara melakukan teknik tangkisan ini adalah:

  1. Sikap kuda-kuda tengah.
  2. Kedua tangan bersiap di depan.
  3. Tarik salah satu tangan dari dalam depan ke luar sejajar dengan bahu.
  4. Posisi tubuh seimbang.

3. Tangkisan Atas

Cara melakukan teknik tangkisan ini adalah:

  1. Sikap kuda-kuda depan.
  2. Kedua tangan bersiap di depan.
  3. Tarik salah satu tangan dari dari bawah ke atas agar kepala terlindung dari serangan lawan.
  4. Posisi tubuh seimbang.

4. Tangkisan Bawah

Cara melakukan teknik tangkisan ini adalah:

  1. Sikap kuda-kuda tengah.
  2. Kedua tangan bersiap di depan.
  3. Tarik salah satu tangan dari atas ke bawah.
  4. Posisi tubuh seimbang.

Teknik Dasar Guntingan Pencak Silat

Teknik Dasar Guntingan Pencak Silat
sporttempo.co

Sebagai seorang atlet pencak silat, teknik menyerang lawan dengan cara menggunting merupakan gerakan yang sangat bagus. Penguasaan tehadap teknik guntingan cepat dan benar akan memberi nilai tambah tersendiri.

Teknik guntingan untuk meyerang lawan ada empat macam.

1. Bagian Satu

Melakukan gerakan melangkah di udara. Teknik ini dapat dilakukan dengan membuka dan menutup, atau menyilangkan kedua tungkai secara bersamaan.

2. Bagian Dua

Melakukan gerakan membuka dan menutup, atau menyilangkan kaki secara bersamaan. Tumpuan gerakan ini adalah dua telapak tangan.

3. Bagian Tiga

Melakukan gerakan guntingan dari posisi awal berdiri dengan tumpuan kedua lengan.

4. Bagian Empat

Dari posisi awal berdiri melangkah satu langkah ke depan, lalu lakukan teknik guntingan. Tumpuan gerakan ini adalah kedua lengan tangan.

Teknik Dasar Menghindar Pencak Silat

Teknik Dasar Menghindar Pencak Silat
mediaindoesia.com

Teknik menghindar sangat penting dipelajari untuk menghadapi serangan lawan. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa macam teknik menghindar pencak silat.

1. Menghindar dengan Menghadap

Teknik ini sangat efektif untuk mencari celah pertahanan lawan .Teknik ini dilakukan dengan memperkecil jarak tubuh dengan tubuh lawan dan menggeser kaki hingga posisi tubuh berhadapan langsung dengan lawan.

2. Menghindar dengan Merunduk

Teknik ini dapat membuat shock lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara menundukkan kepala. Teknik ini dilakukan ketika lawan berusaha menyerang bagian kepala. Teknik ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan serangan balik pada bagian perut atau dada lawan yang terbuka.

3. Menghindar dengan Melangkah

Teknik ini dilakukan dengan cara mengambil langkah ke belakang, samping kiri, samping kanan, atau ke depan. Teknik ini biasanya dikombinasikan dengan teknik menghindar merunduk dan condong.

4. Menghindar dengan Condongan

Teknik ini dilakukan ketika mendapatkan serangan yang menuju ke kepala atau bagian tubuh atas. Caranya adalah mencondongkan kepala atau badan, baik ke depan atau ke belakang. Pastikan bagian tubuh lain tetap terlindungi karena rentan terkena serangan tiba-tiba.

5. Menghindar dengan Melompat atau Mengangkat kaki

Teknik ini dilakukan ketika lawan menyerang bagian kaki, baik dengan menggunakan kaki atau pedang. Teknik ini dilakukan dengan melompat atau mengangkat kaki sehingga serangan bisa dihindari.

6. Menghindar dengan Menyilangkan Kaki

Teknik ini dilakukan dengan memindahkan kaki dengan cara menyilang. Teknik ini dilakukan ketika mendapatkan serangan pada bagian kaki.

7. Menghindar dengan Merebahkan Diri

Teknik ini hanya bisa dilakukan oleh atlet profesional teknik ini sangat sulit. Untuk kembali ke posisi berdiri tidak mudah dilakukan oleh siapa saja. Teknik ini dilakukan ketika mendapatkan serangan dari berbagai arah dengan cara menjatuhkan atau merebahkan diri.

Teknik Dasar Kuncian Pencak Silat

Teknik Dasar Kuncian Pencak Silat
bola.com

Teknik kuncian adalah salah satu teknik dasar dalam ilmu beladiri pencak silat. Ada 8 teknik kuncian. Di bawah ini akan dijelaskan satu persatu dengan lengkap.

1. Teknik Kuncian I

Target dari teknik ini adalah lengan lawanbagian atas. Teknik ini dilakukan ketika lawan melayangkan pukulan ke atas. Saat pukulan datang, hindari ke samping. Ketika membelokkan badan tangkap lengan lawan bagian atas dan lakukan kuncian.

2. Teknik Kuncian II

Target dari teknik ini adalah leher. Teknik ini membuat lawan shock karena mengarah ke bagian vital. Cara melakukannya adalah ketika lawan melayangkan pukulan, fokuslah pada tangan yang datang. Kemudian tangkap tangan itu dan cengkeram leher dengan tangan Anda yang lain.

3. Teknik Kuncian III

Target dari teknik ini adalah pinggang atau pinggul lawan. Cara melakukannya adalah dengan menekan lutut lawan sampai tersungkur. Kemudian tarik kaki bahu atau badan atas ke belakang untuk dikunci gerakannya.

4. Teknik Kuncian IV

Target dari teknik ini adalah pergelangan kaki lawan. Cara melakukannya adalah dengan menendang bagian tersebut. Biasanya lawan akan terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

5. Teknik Kuncian V

Target dari teknik ini adalah lengan bagian atas. Cara melakukannya adalah dengan menangkap lengan lawan bagian atas, kemudian putar ke belakang sampai lawan tidak bisa bergerak.

6. Teknik Kuncian VI

Target dari teknik ini adalah lengan bagian atas. Cara melakukannya adalah dengan menangkap lengan lawan bagian atas, kemudian putar ke belakang sampai dia tidak bisa bergerak.

7. Teknik Kuncian VII

Teknik ini dilakukan dengan cara mengunci lawan menggunakan bagian tubuh kita sendiri. Caranya adalah dengan melakukan kuncian pada kaki lawan dengan kaki sendiri sehingga lawan kesulitan bergerak.

8. Teknik Kuncian VIII

Target dari teknik ini adalah lengan bagian bawah. Cara melakukannya adalah  tangkap lengan lawan bagian bawah ketika dia melakukan serangan. Lalu putarlah sampai dia terbanting.

Sekian penjelasan tentang teknik-teknik dasar dalam olahraga beladiri pencak silat. Semoga dapat membantu Anda untuk menambah wawasan. Salam sukses, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Terimakasih!

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *