LENGKAP Lompat Jangkit : Pengertian, Tujuan, Teknik Dasar, Macam-Macam Gaya, dan Lapangan

Lompat jangkit atau triple jump merupakan cabang olahraga atletik dengan teknik-teknik dasar tertentu. Olahraga ini mengombinasikan antara tiga gerakan, yaitu gerakan jingkat/hop, langkah/step, dan melompat/jump.

Pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang beberapa materi terkait olahraga lompat jangkit. Pertama-tama akan dibahas tentang pengertian dan tujuan lompat jangkit. Selanjutnya akan dibahas mengenai teknik-teknik serta macam-macam gaya dalam lompat jangkit.

Yuk, simak penjelasan lengkap tentang materi olahraga lompat jangkit berikut ini!

Pengertian dan Lapangan Lompat Jangkit

Pengertian dan Lapangan Lompat Jangkit
google.com

Lompat jangkit adalah cabang olahraga atletik yang mengombinasikan antara kecepatan, kekuatan, dan kelincahan. Tujuannya adalah mencapai batas lemparan terjauh dari titik start.

Sekilas lompat jangkit ini sama dengan lompat jauh, yaitu olahraga untuk melompat secara horizontal. Namun keduanya tetap memiliki perbedaan.

Dalam lompat jangkit ini, seorang atlet melompat sejauh mungkin dengan menggunakan tiga tahap. Pertama adalah jingkat, lalu mulai melangkah, dan diteruskan dengan melompat.

Adapun dalam olahraga lompat jauh, seorang atlet hanya membutuhkan hasil lompatan terjauh tanpa melihat langkah-langkah cara melompatnya.

Olahraga lompat jangkit ini dilakukan di lapangan yang terdiri dari tiga bagian, yaitu lintasan lari, papan tolakan, dan bak pasir. Ketentuan lapangan lompat jangkit adalah sebagai berikut.

  1. Lintasan awalan untuk berlari memiliki panjang antara 40 hingga 45 meter dan lebar 1,22 meter.
  2. Papan tolakan terletak 11 -13 meter dari tepi depan bak pasir. Papan tersebut memiliki panjang 1,22 meter, lebar 0,20 meter, dan tinggi 0,05 meter.
  3. Bak pasir untuk mendarat para atlet memiliki panjang 7-9 meter dan lebar 2,75 meter.

Baca juga: Olahraga Bola Basket (Pengertian, Teknik, Peraturan Permainan, dan Ukuran Lapangan).

Tujuan dan Manfaat Lompat Jangkit

Tujuan dan Manfaat Lompat Jangkit
tribunnews.com

Tujuan utama dari lompat jangkit adalah untuk mencapai titik terjauh dari titik start. Semakin jauh jarak lompatan maka peluang kemenangan juga semakin besar.

Di samping tujuan utama tersebut, olahraga atletik yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di bawah ini adalah contoh beberapa manfaat dari olahraga lompat jangkit.

  1. Mengencangkan otot-otot kaki sehingga kaki akan lebih kuat dan sehat.
  2. Peredaran darah akan semakin lancar karena gerakan-gerakan dalam lompat jangkit ini sangat banyak.
  3. Dengan banyaknya gerakan tersebut maka otomatis toksin-toksin dalam tubuh akan hancur dan hilang.
  4. Olahraga ini melatih keseimbangan tubuh.
  5. Lompatan-lompatan yang dilakukan dalam lompat jangkit akan mengakibatkan lemak terbakar sehingga badan semakin ideal.

Teknik Dasar Olahraga Lompat Jangkit

Teknik Dasar Olahraga Lompat Jangkit
google.com

Olahraga lompat jangkit dilakukan dengan beberapa teknik agar lompatan bisa maksimal. Secara umum, langkah-langkah yang dilakukan untuk lompat jangkit ada lima. Lima langkah tersebut adalah awalan (berlari), lompatan jingkat (hop), gerakan melangkah (step), melompat (jump), dan mendarat.

1. Gerakan Awalan – Teknik Dasar Lompat Jangkit

Gerakan Awalan - Teknik Dasar Lompat Jangkit
wikihow.com

Pada teknik dasar awalan ini yang dilakukan adalah gerakan berlari. Seorang atlet lompat jangkit mengambil ancang-ancang persiapan dengan jarak kurang lebih 10 sampai 20 langkah.

Jarak maksimal untuk gerakan berlari ini adalah sejauh 45 meter sebelum memulai teknik tolakan pertama (teknik hop). Jarak tersebut ditempuh agar mendapatkan hasil lompatan yang cepat dan maksimal.

Ketika ingin memulai teknik awalan ini, seorang atlet harus bersiap-siap dalam keadaan berdiri. Pastikan tubuh tetap rileks dengan cara mengatur napas sebaik mungkin.

Gerakan berlari pada tahap ini dimulai dengan kecepatan sedang. Kemudian setelah beberapa langkah, tambahkan kecepatan lari setinggi mungkin sebelum sampai pada titik untuk tahap jingkat.

Pada awalan berlari ini, seorang atlet lompat jangkit berlari dengan langkah kaki yang jauh. Fungsinya adalah untuk mempersiapkan kaki melakukan tiga kali lompatan dengan jarak sejauh mungkin pada setiap lompatan.

2. Gerakan Hop – Teknik Dasar Lompat Jangkit

Gerakan Hop - Teknik Dasar Lompat Jangkit
wikihow.com

Pada teknik hop ini, kaki yang pertama kali digunakan untuk tolakan adalah kaki terkuat. Jika kaki terkuat adalah kaki kanan maka mendaratnya juga menggunakan kaki kanan. Begitu juga sebaliknya.

Ketika melakukan tolakan, kaki terkuat tidak boleh sampai melebihi papan tolakan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik berupa jarak lompat yang jauh, maka seorang atlet lompat jangkit harus mengayunkan kaki ketika melayang di udara.

3. Gerakan Langkah (Step) – Teknik Dasar Lompat Jangkit

Gerakan Langkah (Step) - Teknik Dasar Lompat Jangkit
wikihow.com

Sebagaimana dalam teknik gerakan hop, kaki yang digunakan sebagai tolakan pada teknik step ini juga kaki terkuat.

Ketika seorang atlet berhasil melompat dan melayang di udara, maka dia harus segera mengayun-ayunkan kakinya. Tujuannya adalah agar lompatan semakin tinggi dan sekaligus bersiap untuk melakukan pendaratan.

4. Gerakan Melompat (Jump) – Teknik Dasar Lompat Jangkit

Gerakan Melompat (Jump) - Teknik Dasar Lompat Jangkit
wikihow.com

Pada teknik ini, kaki yang dipergunakan adalah salah satu kaki yang tidak digunakan untuk melakukan tolakan pertama dan kedua.

Ketika kaki tersebut sudah mulai mendarat ke tanah, maka segera lakukan tolakan ke depan. Pastikan ketika itu posisi badan sedikit membungkuk dan codong ke arah depan.

Tujuannya adalah agar tubuh tidak terlalu banyak bergesekan dengan udara. Dengan demikian, jarak lompatan tidak akan berkurang dan kondisi badan sudah sangat siap untuk melakukan pendaratan.

Selain itu, ketika badan tidak dibungkukkan maka risiko jatuh ke belakang sangat besar karena tekanan yang sangat besar.

5. Gerakan Mendarat – Teknik Dasar Lompat Jangkit

Gerakan Mendarat - Teknik Dasar Lompat Jangkit
wikihow.com

Kunci dari teknik ini adalah penggunaan kaki terlebih dahulu untuk mendarat. Tujuannya adalah untuk menghindari cidera.

Sebagai catatan, pendaratan dengan satu kaki sebenarnya diperbolehkan. Namun, pendaratan akan menjadi lebih aman jika dilakukan dengan menggunakan dua kaki langsung. Hal ini juga untuk menghindari kemungkinan cidera kaki.

Cara melakukan gerakan mendarat ini adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum melakukan gerakan mendarat, pastikan kedua kaki diangkat atau diluruskan ke arah depan.
  2. Pastikan badan sedikit dibungkukkan ke depan, sementara kedua tangan dibawa dari atas ke arah depan.
  3. Gerakan mendarat ini dilakukan dengan dua kaki seperti mengeper. Caranya adalah dengan membengkokkan kedua lutut.
  4. Terakhir, usahakan berat badan dibawa ke depan untuk menghindari risiko terjatuh ke belakang. Bersamaan dengan itu, kepala harus ditundukkan dan posisi kedua tangan mengarah ke depan.

Macam-Macam Gaya Lompat Jangkit

Macam-Macam Gaya Lompat Jangkit
google.com

Dalam dunia olahraga, pada setiap cabang olahraga pasti terdapat beberapa gaya ketika melangsungkan permainan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil terbaik dan permainan akan menjadi lebih menyenangkan.

Lompat jangkit adalah salah satu cabang olahraga atletik. Sebagaimana dalam olahraga lompat jauh dan lompat tinggi, cabang olahraga lompat jangkit juga memiliki beberapa gaya yang bisa dilakukan.

Para atlet lompat jangkit selalu menggunakan gaya-gaya tersebut untuk meraih kemenangan. Setidaknya ada dua gaya yang terkenal dan sering diterapkan oleh para atlet lompat jangkit, yaitu gaya menggantung dan gaya berjalan di udara.

Dua gaya tersebut dapat dilakukan dengan teknik masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan teknik masing-masing gaya lompat jangkit.

1. Gaya Menggantung Lompat Jangkit

Gaya yang pertama adalah gaya menggantung. Teknik untuk melakukan gaya ini adalah sebagai berikut.

  1. Posisikan kedua tangan berada di samping telinga dalam keadaan benar-benar lurus ke atas.
  2. Rapatkan kedua kaki dan perlahan ayunkan dari belakang ke depan.
  3. Untuk dada, ketika melakukan tolakan awal pastikan dalam keadaan sedikti dibusungkan dan digerakkan ke belakang.
  4. Ketika sudah melompat dan berada di udara, badan dan lutut harus diayunkan ke depan dengan tenaga penuh.

2. Gaya Berjalan Di Udara

Gaya selanjutnya adalah gaya berjalan di udara. Teknik untuk melakukanya tentunya berbeda dengan gaya pertama. Berikut ini adalah teknik melakukan gaya lompat jangkit yang kedua.

  1. Pada posisi awal tolakan, pastikan bahwa posisi dada agak sedikit dibusungkan.
  2. Kemudian, ayunkan kedua tangan di kebelakang seperti orang yang sedang berlari.
  3. Untuk kaki, posisinya harus diayunkan ke depan seperti gerakan orang yang sedang berjalan.

Demikian penjelasan tentang olahraga atletik lompat jangkit, mulai dari pengertian, sejarah, teknik dasar, dan macam-macam gaya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda.

Terimakasih.

Tinggalkan komentar