Kumpulan Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Harus Kamu Ketahui

Teknik Dasar Bola Voli

Bola voli merupakan salah satu permainan olahraga bola besar. Anda perlu mempelajari teknik-teknik dasar olahraga bola voli agar mendapatkan hasil permainan terbaik. Temukan penjelasannya di artikel berikut!

Permainan bola voli ini tergolong permainan yang cukup sulit dilakukan terutama bagi pemula. Pasalnya, dalam permainan ini seorang pemain membutuhkan koordinasi gerakan tubuh dengan baik.

Namun demikian, untuk dapat bermain dengan baik Anda harus mempelajari teknik-teknik bola voli terlebih dahulu. Jika semua teknik berhasil Anda kuasai maka permainan akan berjalan dengan baik dan tentunya menyenangkan.

Lalu, apa saja teknik-teknik dasar bola voli yang harus dipelajari oleh para pemula? Yuk, baca artikel berikut dan temukan jawabannya!

1. Service – Teknik Dasar Bola Voli

Service - Teknik Dasar Bola Voli
tokopedia.com

Semua permainan olahraga yang menggunakan bola pasti ada teknik pukulan atau tendangan pertama. Teknik tersebut dalam permainan bola voli disebut teknik service. Teknik ini menjadi hal yang wajib dipelajari oleh semua pemain bola voli, terutama oleh pemula.

Setiap pemain biasanya memiliki teknik masing-masing yang menjadi andalannya. Setidaknya pada teknik dasar ada lima cara servise yang dapat dipelajari.

Lima teknik service tersebut adalah floating servicejumping serviceoverhand serviceunderhand service, dan service ace. 

Bagaimana cara melakukan teknik-teknik tersebut? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Floating Service

Cara melakukan teknik ini adalah dengan memposisikan kaki kiri didepan, sementara kaki kanan di belakang. Lemparkan bola ke atas lebih tinggi dari kepala. Selanjutnya Anda langsung memukul bola dan usahakan mengenai bagian belakang tengah bola.

2. Jumping Service

Lambungkan bola ke atas sekitar tiga meter dengan tangan kiri. Kemudian Anda melompat setinggi mungkin dan sambutlah bola dengan pukulan sekeras-kerasnya ke area lawan. Pukulan yang dihasilkan dari teknik ini mirip dengan topspin atau smash.

3. Overhand Service

Pada teknik ini pemain tidak perlu melompat. Cukup lambungkan bola ke atas sedikit lalu pukullah dengan telapak tangan yang mengepal ketika bola berada sejajar di atas bahu kiri.

4. Underhand Service

Teknik ini merupakan teknik yang paling mudah dilakukan bahkan oleh pemula. Caranya adalah dengan memukul bola dari bawah ketika posisi bola sejajar dengan pinggang. Kelemahannya, teknik ini sangat mudah untuk diterima oleh lawan.

5. Service Ace

Teknik servis ini merupakan teknik pamungkas dan sangat mematikan. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola sekeras-kerasnya sehingga bola akan melaju sangat cepat dan tidak bisa ditebak oleh lawan. Hasil terbaik dari servis ini adalah ketika dikombinasikan dengan teknik jumping servise.

2. Bumping – Teknik Bump Passing

Bumping - Teknik Bump Passing
tokopedia.com

Teknik ini merupakan keterampilan paling mendasar dalam permainan bola voli. Teknik ini digunakan ketika menerima servis lawan dan posisi bola berada lebih rendah dari kepala. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Ambil posisi berdiri dan lebarkan kaki selebar bahu serta condongkan badan agak ke depan. Pastikan lutut agak menekuk untuk bersiap-siap bergerak.
  2. Posisikan tangan Anda menggenggam dan angkat lengan di depan sejajar dengan pinggang.
  3. Dengan posisi lutut dan kedua lengan menekuk, doronglah bola yang datang ke arah atas.
  4. Pastikan Anda memukul bola dengan lengan bawah agar dapat mengarahkan bola ke tempat yang Anda bidik.

Teknik ini digunakan ketika Anda ingin mengoper bola ke rekan satu tim untuk dilanjutkan oleh rekan Anda tersebut.

3. Forearm Passing – Teknik Dasar Bola Voli

Forearm Passing - Teknik Dasar Bola Voli
tirto.id

Teknik ini fungsinya sama dengan teknik bump passing, yaitu teknik dasar untuk mengoper bola ke rekan terdekat dalam satu tim.

Teknik dasar forearm passing ini dapat Anda lakukan dengan cara menerima bola ketika berada lebih rendah dari kepala dan posisi kaki adalah kuda-kuda.

4. Overhead Passing – Teknik Dasar Bola Voli

Overhead Passing - Teknik Dasar Bola Voli
google.com

Overhead passing disebut juga dengan teknik passing atas. Teknik ini dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu passing normal dan passing setinggi wajah. Perbedaan antara dua macam teknik tersebut sangat simpel, yaitu posisi bola ketika pemain melakukan passing.

Untuk teknik passing atas normal posisi bola berada di atas depan wajah. Sedangkan teknik passing setinggi wajah, posisi bola berada di depan wajah pemain.

Cara melakukan teknik ini cukup mudah. Anda tinggal memantulkan bola kepada rekan satu tim dengan menggunakan tangan terbuka di atas kepala.

5. Attacking – Teknik Dasar Serangan

Attacking - Teknik Dasar Serangan
google.com

Ketika berhasil melakukan passing, pemain olahraga bola voli harus segera melakukan serangan kepada lawan. Teknik tersebut disebut attacking.

Terdapat beberapa teknik untuk serangan, diantaranya adalah spiking, heatoff-speed hittiproll shot, dan back row attack.

Teknik yang paling banyak digunakan adalah spiking. Namun tidak berarti teknik selainnya adalah teknik yang kurang bagus. Berikut ini penjelasannya.

1. Teknik Spiking

Teknik ini dapat Anda lakukan dengan melompat sambil memukul bola menggunaakan ayunan satu tangan yang terbuka. Tingkat keberhasilan teknik serangan ini tergantung daya kekuatan pukulan.

2. Heat

Sebenarnya teknik ini merupakan teknik spiking namun dilakukan dengan kekuatan penuh. Teknik ini dapat Anda lakukan dengan cara menambahkan kekuatan ketika melakukan spiking.

3. Off-Speed Hit

Teknik ini merupakan teknik tipuan. Gerakan teknik ini sama dengan gerakan pada teknik heat, akan tetapi lebih diutamakan daya putar bola.

4. Tip

Teknik ini agak berbeda dengan teknik lainnya. Teknik ini tidak menggunakan kekuatan penuh, akan tetapi hanya menyentuh bagian ujung bola agar bola berbalik arah melalui atas net.

5. Roll Shot

Teknik ini bisa dibilang teknik halus namun mematikan. Teknik ini tidak memerlukan kekuatan yang banyak. Tujuan dari teknik ini adalah agar dapat menjangkau target bidikan secara strategis.

6. Back Row Attack

Teknik yang satu ini merupakan teknik jitu. Biasanya teknik ini dilakukan dua orang pemain.

Langkah-langkah teknik serangan ini adalah pemain pertama berpura-pura menyerang. Selanjutnya pemain yang lainnya mengikuti gerakan dan bersiap melakukan teknik serangan lain, seperti spiking dan roll shot.

6. Blocking – Teknik Bertahan Bola Voli

Blocking - Teknik Bertahan Bola Voli
google.com

Ketika lawan permainan berhasil menghadapi serangan Anda maka dia akan segera membalas dengan serangan lain. Untuk menghadapi serangan balik tersebut Anda harus menggunakan teknik pertahanan.

Teknik pertahanan disebut dengan blocking. Teknik ini membutuhkan akurasi yang tepat, mulai dari ketepatan waktu sampai posisi badan yang harus ideal.

Teknik blocking ini dapat dilakukan secara mandiri, dua orang pemain, atau bahkan sampai tiga pemain. Hal ini memerlukan komonikasi antar pemain sesama tim agar mendapatkan hasil terbaik.

7. Digging – Teknik Penyelamatan Bola Voli

Digging - Teknik Penyelamatan Bola Voli
google.com

Teknik ini digunakan ketika bola serangan lawan tidak berhasil diatasi oleh blocker. Ketika teknik ini digunakan maka suasana pertandingan pasti akan semakin menegangkan.

Pemain tim yang mendapat tugas digging ini harus mempunyai tingkat reflek yang sangat baik. Selain itu, kelincahan dan kegesitan juga menjadi faktor utama keberhasilan teknik digging ini.

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus selalu dalam keadaan siap dan bisa memperkirakan arah datangnya bola. Ketika suatu saat bola serangan berhasil lolos dari blocker tim Anda, melontarlah secepat mungkin ke arah bola. Kemudian arahkan bola ke arah setter untuk menyerang balik.

8. Setting – Teknik Dasar Assist 

Setting - Teknik Dasar Assist 
liputan6.com

Teknik dasar bola voli yang satu ini merupakan teknik untuk memantulkan bola operan dari pemain rekan yang melakukan volleying. Teknik ini digunakan untuk pantulan kedua.

Tugas pemain yang melakukan teknik ini adalah memberikan bola kepada pemain depan untuk dismash ke area lawan.

9. Volleying – Teknik Dasar Bola Voli

Volleying - Teknik Dasar Bola Voli
bahassemua.com

Ketika tim lawan melakukan teknik servis kepada tim Anda. maka rekan pemain tim Anda harus ada yang bersiap untuk menerima bola servis tersebut. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah volleying.

Sekilas bentuk teknik ini memang mirip atau mungkin sama dengan teknik setting. Namun teknik ini untuk menerima bola servis dari lawan, kemudian dipantulkan kepada rekan yang akan melakukan setting.

Teknik ini sangat mengandalkan kelenturan tangan dan jemari tangan. Jika Anda menggunakan teknik ini pastikan bola tepat berada di dalam jemari yang membentuk rupa permata.

10. Smash – Teknik Dasar Bola Voli

Smash - Teknik Dasar Bola Voli
resaja.com

Teknik ini merupakan teknik serangan dalam olahraga bola voli. Pukulan smash digunakan untuk mematikan pertahanan lawan.

Langkah yang harus dilakukan untuk teknik smash adalah bersiap dengan kuda-kuda yang kuat kemudian melompat melayang ke udara. Setalah bola berada pada jangkauan yang tepat, segera pukul bola sekeras-kerasnya ke arah bawah area lawan.

Baca juga: Olahraga Bulu Tangkis (Sejarah, Pengertian, Teknik, dan Aturan Permainan).

Demikian penjelasan beberapa teknik dasar bola voli beserta keterangan lengkapnya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Terimakasih.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *