20 Jenis Tanaman Hias Daun

Beberapa jenis tanaman dapat dijadikan sebagai ide untuk menghias ruangan, salah satunya adalah tanaman hias daun.

Tanaman jenis ini sangat diminati oleh para kolektor tanaman. Selain mereka, kalangan ibu rumah tangga juga tidak mau kalah untuk berminat.

Tanaman jenis ini sedikit berbeda dengan tanaman hias lainnya. Mayoritas tanaman hias diminati karena keindahan bunganya. Nah, sedangkan tanaman ini memiliki daya tarik dari segi daunnya.

Selain keindahan, tanaman jenis ini juga mampu memberikan kesan segar dan natural pada ruangan. Dengan hal itu, beberapa orang yang melihatnya akan merasa lebih rileks.

Keuntungan lain dari tanaman ini adalah mampu mengurangi beban seseorang ketika mengalami stres. Bahkan, dengan melihatnya saja dapat meningkatkan kreatifitas kamu, lho !

Jadi gimana? Masih belum tertarik dengan tanaman hias daun ini? Sebaiknya kamu coba intip 20 ide tanaman berikut ini, deh !

Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun yang Cocok untuk Anda

1. Gelombang Cinta

Gelombang Cinta

Nama untuk tanaman ini sangat romantis, gelombang cinta. Nama tersebut memang berdasarkan bentuk dedaunannya yang bergelombang.

Untuk perawatan tanaman ini kamu cukup rutin menyiraminya dengan sedikit air agar terjaga kelembapan tanahnya.

Tanaman yang satu ini pernah mengguncang Indonesia dengan harga fantastisnya. Konon sampai ada yang rela menukar mobilnya demi mendapatkan koleksi tanaman ini.

Tempat yang paling cocok untuk kamu hiasi dengan tanaman ini adalah sudut-sudut rumah hunian kamu. Kesan elegan pasti bakal kamu dapatkan.

2. Lili Paris (Chlorophytum Comosum)

Tanaman Hias Lili Paris (Chlorophytum Comosum)

Ide tanaman hias berikutnya adalah lili paris. Tanaman ini memiliki nama latin Chlorophytum Comosum.

Tanaman ini memiliki kelebihan yang luar biasa. Dedaunannya yang cantik tersusun dengan rapi di sepanjang badannya.

Ketika sudah berusia dewasa tanaman ini akan mengeluarkan tunas mungil berukuan panjang. Pada bagian ujungnya akan muncul tunas akar.

Kamu bisa menanam tanaman daun ini di dalam pot duduk ataupun pot gantung.

Perawatan tanaman ini sangat mudah karena mampu beradaptasi di berbagai suhu. Kamu bisa meletakkannya di teras rumah, atau mungkin di ruang tamu rumah kamu.

3. Lidah Mertua – Tanaman Hias Daun

Tanaman Hias Daun

Tanaman yang memiliki naman latin Sansevieria ini sangat populer di kalangan para penggemar tanaman hias.

Beberapa orang lebih akrab dengan nama Lidah Mertua. Kamu bisa menjadikan tanaman ini untuk ide hiasan rumah kamu.

Nama tanaman ini sedikit menggelitik. Bentuk daunnya yang panjang itu menggambarkan seperti kebanyakan mertua yang cerewet.

Ciri khas tanaman ini adalah pola daun yang memanjang ke atas dengan aksen warna menguning pada bagian pinggirannya. Hal ini membuat para penggemar tanaman semakin jatuh cinta kepadanya.

Selain untuk hiasan, tanaman ini ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurangi radiasi dan polusi udara.

Kamu sebaiknya segera memikirkan untuk megoleksi tanaman ini, karena semakin langka maka harganya semakin mahal.

4. Sirih Gading – Tanaman Hias Daun

tanaman hias daun

Bagi kamu para pecinta tanaman hias, mungkin ide tanaman Sirih Gading ini dapat menjadi salah satu rekomendasi.

Keistimewaan tanaman ini adalah dedaunannya yang sangat rimbun sehingga cocok digunakan sebagai hiasan tempel di dinding atau pot gantung.

Dengan tanaman ini, rumah kamu bakal menciptakan kesan segar dan semakin indah. Yuk, cobain ide tanaman ini!

5. Suplir (Adiantum)

Tanaman Hias Daun

Sepertinya ide tanaman hias yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Tanaman ini terkenal dengan nama Suplir. Dalam bahasa latin disebut dengan adiantum.

Dedaunan pada tanaman ini berbentuk mungil dan berukuran kecil-kecil sehingga tampak cantik dan segar. Warna daunnya adalah hijau cerah yang menghasilkan kesan sejuk di ruangan kamu.

Kamu tidak perlu khawatir dengan perawatan tanaman ini. Tanaman ini termasuk spora sehingga perawatannya cukup mudah dan simpel.

Untuk hasil terbaik kamu cukup meletakkannya di tempat yang lembab, teduh, dan memiliki sirkulasi udara bersih.

Selamat mengoleksi ya, Sahabat!

6. Tanduk Rusa – Tanaman Hias Daun

tanaman hias

Selanjutnya adalah tanaman Simbar Menjangan atau Tanduk Rusa. Jenis ini dapat tumbuh liar di beberapa daerah beriklim tropis.

Ide nama tanaman ini muncul karena bentuk daunnya yang unik, yaitu mirip dengan tanduk rusa atau menjangan.

Keunikan bentuk tanaman inilah yang membuatnya semakin populer di kalangan para pecinta tanaman hias. Biasanya mereka menanamnya di pot gantung.

Sebagai tanggungjawab perawatannya, kamu sebaiknya meletakkan tanaman ini di ruangan yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

7. Kuping Gajah

Tanaman Hias Daun

Nah, tanaman hias daun yang ini memiliki nama cukup unik yaitu Kuping Gajah. Nama tersebut terinspirasi dari bentuk daunnya yang melebar.

Ukuran daun yang melebar itu menjadikannya tetap cocok diletakkan sendirian maupun di samping tanaman-tanaman lain.

Pada daun tanaman ini terlihat ruas-ruas tulang yang berwarna putih kontras dengan warna asli daun. Hal ini membrikan kesan klasik tersendiri.

Jika kamu tertarik untuk mengoleksi dan memilih tanaman Kuping Gajah ini untuk hiasan, usahakan perawatannya tetap terjaga dengan baik.

Namun kamu tidak perlu repot ketika merawatnya. Cukup kamu berikan air secukupnya pada medai tanah agar terjaga kelembapannya.

8. Tanaman Hias Daun Monstera

Tanaman Hias Daun

Kamu beneran tidak tertarik dengan tanaman kekinian ini, Sahabat? Sepertinya kamu perlu membaca ulasan berikut.

Saat ini tanaman hias bernama monstera sedang berada pada posisi trending. Para penggemar tanaman hias sedang ramai membicarakannya.

Pasalnya, tanaman ini memiliki ciri khas yang unik. Pada daunnya terdapat lubang-lubang rongga sehingga tampak seperti monster.

Jika kamu pergi ke beberapa restoran, kamu bakal mendapati tanaman ini tertata dengan rapi di sudut-sudut ruangan. Mengapa demikian? Karena memang tanaman ini akan memberikan kesan asri dan indah.

Selain itu, tanaman ini sangat cocok untuk hiasan rumah-rumah bergaya desain minimalis hingga Skandinavia.

Yuk, cobain!

9. Calathea – Tanaman Hias Daun

Tanaman Hias Daun

Tanaman yang satu ini mungkin sedikit asing ya, Sahabat. Ide ini belum banyak diketahui oleh orang lain sehinga kamu sangat berpotensial mengenalkannya kepada publik.

Daun tanaman ini memiliki karakteristik warna belang-belang sehingga akan tampak sangat berbeda dengan tanaman-tanamann lain di sekitarnya.

Kabar baiknya, tanaman ini memiliki banyak varian dengan pola serta komposisi warna yang berbeda-beda.

Perawatan jenis ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menjaga persediaan air di medai tanahnya. Usahakan agar tanah tetap lembap.

10. Spider Plant

tanaman hias

Tanaman Spider Plant ini berasal dari benua Afrika. Ukurannya mungil dan bentuknya sangat cantik.

Buat kamu yang memiliki rumah hunian minimalis, jenis ini menjadi solusi agar hunian tetap tampak indah dan elegan.

Warna daunnya hijau muda dan cerah sehingga menambahkan kesan alami dan sejuk dalam ruangan kamu.

11. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Tanaman Hias

Tanaman bernama Red Star ini masih termasuk dalam varietas tumbuhan genus Caladium .

Ciri khas tanaman ini adalah warna daunnya yang merah jambu berpaduan dengan hijau tua. Warna tersebut akan memberikan kesan feminim pada ruangan kamu.

Jika kamu ingin mendapatkan warna yang cerah pada daun tanaman ini, sebaiknya kamu letakkan pada ruangan yang terkena sinar matahari.

Di samping warna daunnya yang feminim, batang tanaman ini juga memiliki warna unik. Warna merah belang sangat mendominasi kulit batangnya.

Perawatan tanaman ini sangat mudah. Berikan sinar matahari yang cukup maka tanaman ini akan memanjakan mata kamu.

12. Kadaka – Pakis Sarang Burung (Asplenium Scolopendrium)

tanaman hias

Pakis burung atau yang sering dikenal dengan nama Kadaka merupakan salah satu ide tanaman hias yang perlu kamu coba.

Pada zaman dahulu tanaman ini dianggap sebagai hama dan tidak berharga oleh mayoritas manusia. Namun saat ini tanaman ini cukup banyak dikoleksi oleh para pecinta tanaman hias.

Dedaunan yang dimiliki oleh tanamnan ini cukup tebal dan berukuran agak panjang, yaitu sekitar 20-35 cm. Pada bagian tubuh daunnya terdapat bulu halus bergerigi.

Keunikan bentuk daunnya sangat kental. Bentuknya mirip dengan mangkuk atau sarang burung yang tumbuh dari pusat batang ke segala arah.

Tanaman ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Kadaka Keriting
  • Kadaka Osaka
  • Kadaka Ular

13. Pucuk Merah (Syzgium Oleana)

Tanaman Hias Daun

Tanaman yang sering disebut dengan nama pucuk merah ini sangat populer dan banyak kamu jumpai di area taman perkantoran, sekolahan, bahkan perumahan.

Alasan utama memilih tanaman jenis ini sebagai penghuni taman adalah warna daunnya yang cantik dan unik. Warna daun tanaman in mengalami perubahan warna dari pucuk hingga pangkal daun.

Ketika masih berusia muda, warna daunnya akan berwarna merah. Namun ketika mulai remaja akan berganti warna menjadi kuning. Kemudian ketika tua akan berwarna hijau.

Warna daunnya sangat menggoda, bukan!

14. Philodendron

Tanaman Hias

Philodendron merupakan tanaman hias yang memiliki daun sangat cantik.

Tanaman ini bisa kamu jadikan salah satu ide untuk menghias ruangan rumah hunian.

Sebenarnya tanaman ini memiliki banyak varian jenisnya. Akan tetapi yang paling banyak diminati adalah jenis Philodendron berdaun kuning dan hijau.

Perawatannya cukup simpel sehingga kamu tidak perlu khawatir. Hal yang paling penting adalah memperhatikan suhu ruangan. Usahakan agar selalu lembap dan teduh agar tidak cepat layu.

15. Tanaman Hias Cendrawasih

Tanaman Hias Cendrawasih

Selanjutnya adalah tanaman hias cendrawasih. Tanaman ini memiliki nama lain, yaitu bird of paradise.

Daya tarik tanaman ini terletak pada bagian daunnya. Biasanya daun tanaman ini akan tumbuh menjulang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 2 meter.

Ketika sudah dewasa tanaman ini akan mengeluarkan bunga yang sangat indah dan cerah. Jika kamu melihatnya pasti akan tertarik.

Perawatan tanaman ini tidak rumit sehingga kamu pasti bisa memilikinya. Cukup kamu sirami media tanahnya sebanyak dua kali dalam satu pekan.

Masalah hama, tanaman ini sangat aman ya. Jangan khawatir untuk mencoba menanamnya.

16. Puring (Codiaeum Variegatum)

Puring (Codiaeum Variegatum)

Tanaman hias puring memiliki nama latin Codiaeum Variegatum. Ini merupakan salah satu rekomendasi tanaman hias buat kamu ya.

Keunikan tanaman ini sangat mencolok dan terlihat dari warna daunnya yang sangat eksotis. Dedaunannya terdiri dari kombinasi tiga warna, yaitu kuning, merah, dan hijau.

Jika kamu mempelajari lebih detai, kamu bakal mendapatkan banyak jenis tanaman ini. Diantara jenis-jenis paling populer adalah:

  • Red Aple
  • Oscar
  • Puring Anting Raja
  • Logam
  • Puring Arjuna
  • Puring Asmara Jingga
  • Puring Kura

Untuk masalah perawatan, kamu tenang saja. Cukup berikan air dengan rutin kamu bakal bisa menikmati keindahan tanaman ini.

17. Sri Rejeki (Aglaonema)

Tanaman Hias Daun

Ide tanaman hias daun berikutnya adalah Sri Rejeki. Nama latinnya adalah Aglaonema. 

Sebenarnya tidak banyak orang yang menggemari tanaman jenis ini. Namun apa salahnya kamu mencobanya?

Tanaman ini sangat mudah untuk ditanam dan dipelihara. Kamu cukup menyiraminya dengan rutin agar tetap sehat dan segar.

Untuk catatan, usahakan jangan sampai terkena cahaya matahari secara langsung dan simpanlah di tempat yang lembap.

Beberapa orang memelihara tanaman ini karena percaya bahwa tanaman ini bisa membawa keberuntungan. Akan tetapi kepercayaan ini salah ya, Sahabat!

18. Begonia

Tanaman Hias Daun

Sebenarnya tanaman hias jenis ini sudah sangat populer di luar negeri sejak beberapa tahun terakhir. Namun di Indonesia ternyata belum terlalu banyak yang mengenalnya.

Jenis tanaman ini memiliki ciri khas yang terletak pada daunnya. Dedaunannya memiliki warna-warna kontras dan pola simetris sehingga semakin menarik perhatian kamu.

Variasi warna daun ini dapat menjadi solusi buat kamu ketika sudah bosan melihat dedaunan yang hijau.

Perawatannya juga mudah, kog. Kamu hanya perlu menyiraminya dengan rutin untuk menjaganya tetap sehat dan segar.

19. Pohon Palem Hias

Tanaman Hias

Sekilas mungkin tanaman ini terlihat seperti pohon kelapa. Akan tetapi siapa sangka ternyata sangat banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias.

Daun pada tanaman ini sangat mirip dengan pohon kelapa, namun ukurannya jauh lebih kecil dan mungil.

Kamu bisa meletakkan tanaman ini di dalam maupun luar ruangan. Kesan klasik dan natural bakal kamu jumpai pada ruangan yang dihias dengan tanaman ini.

Selain unik ternyata perawatan tanaman ini juga mudah sekali. Cukup berikan air secara rutin agar tanaman tetap sehat dan bugar.

20. Lemon Lime Draceana

Tanaman Hias

Tanaman ini sangat mirip dengan pandan. Dedaunannya sangat lebat dan memiliki bentuk seperti pedang. Kombinasi warna hijau muda, kuning terang, dan putih pada daun ini memberikan kesan natural dan sejuk.

Perawatan tanaman ini juga sangat mudah dan simpil. Kamu cukup memberikan air secara rutin agar tanaman tetap segar dan sehat.

Untuk hasil terbaik kamu perlu meletakkannya di ruangan yang teduh. Jika kamu letakkan di luar ruangan maka dedaunannya akan berwarna pucat.

Sebagai tamabahan, jangan pernah kamu letakkan di bawah sinar matahari secara langsung karena dapat terbakar atau hangus.

Nah, itulah 20 rekomendasi ide tanaman hias daun yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya, Sahabat.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *