10 Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign

Surat Pengunduran Diri – Dalam artikel kali ini saya akan mengulas dan mengupas tuntas pembahasan tentang surat pengunduran diri, mulai dari komponen-komponennya hingga contohnya.

Semua orang pasti menginginkan bekerja di tempat/perusahaan impian dengan gaji tinggi serta kenyamanan saat bekerja. Namun, apakah semua orang mendapatkannya? Tentu saja tidak.

Seringkali orang mencari nafkah dengan cara bekerja di sebuah perusahaan mengalami kebosanan dan kejenuhan. Kemudian pada akhirnya dia ingin pindah dari perusahaan tersebut dan mencoba bekerja di tempat lain.

Nah, ketika ingin pindah (resign) dari sebuah perusahaan, biasanya membutuhkan surat pengunduran diri agar perpindahannya berjalan dengan lancar. Sudah bisa membuat surat tersebut? Yuk, pelajari seluk beluknya pada ulasan berikut!

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan
pixabay.com

Sebelum benar-benar memutuskan untuk resign dari tempat perusahaan kamu bekerja, pastikan kamu sudah konsultasi kepada pihak keluarga dan sahabat-sahabatmu.

Selanjutnya, jika sudah mantap untuk pindah maka tugas kamu sekarang adalah membuat surat pengunduran diri dan ajukan surat tersebut kepada pihak atasan.

Sudah bisa membuat surat pengunduran diri tersebut? Jika belum bisa, berikut ini akan saya jelaskan secara lengkap langkah-langkah serta contohnya. Simak terus ya!

Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum membuat surat pengunduran diri. Apa saja yang perlu kita siapkan? Berikut ini ulasannya.

1. Diskusi dengan Atasan

Sebagai pekerja yang baik, kamu harus mencoba berdiskusi dengan atasanmu ketika ingin mengundurkan diri dari perusahaannya.

Mengapa harus atasan? Ya, karena atasan adalah orang yang selama ini menjalin kerjasama dengan kamu. Mungkin dia bisa memberikan solusi, saran, serta jalan keluar buatmu.

Misalnya saja, jika kamu berniat mengajukan surat pengunduran diri karena faktor lingkungan tempaat kerja maka atasan kamu pasti akan dengan senang hati memberi saran.

Pada intinya, jangan sampai menutup diri dari atasan. Secara emosional, keterbukaan terhadap suata masalah adalah hal yang sangat berarti dan berdampak positif.

2. Sampaikan Alasan serta Tujuan Pengunduran Diri

Tidak mungkin kamu berniat mengundurkan diri dari perusahaan tanpa sebab. Pasti ada hal yang menyebabkan kamu ingin melakukan hal ini kan?!

Nah, sampaikan alasan yang riil dan jelas kepada pihak perusahaan agar proses pengunduran diri kamu berjalan lancar.

Apakah karena ketidaknyamanan ruang tempat bekerja? Atau mungkin kurang cocok dengan waktu shift kerja? Atau ada alasan yang lain? Pastikan kamu sudah mempertimbangkannya matang-matang ya!

Selain alasan, kamu juga harus menyampaikan tujuan kamu. Apakah akan bekerja ke tempat lain, atau mungkin ingin memulai berbisnis dan mengembangkannya?

Dengan menyampaikan alasan dan tujuan yang benar serta logis, pasti pihak atasan perusahaan kamu akan dengan senang hati menyetujui niat kamu. Bahkan seringkali akan memberikan bonus atas profesionalitas kamu.

3. Periksa Kontrak Kerja 

Selanjutnya, hal yang harus kamu perhatikan adalah melihat kembali kesepakatan kontrak kerja dengan perusahaan kamu tersebut.

Cek kembali apakah ada kesepakatan-kesepakatan tertentu ketika awal kali melakukan kontrak kerja.

Apabila pengunduran diri kamu terjadi sebelum habis kontrak kerja, apakah ada perjanjian semacam denda atau tagihan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari jika memang harus membayar denda.

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Mengapa? Karena sebisa mungkin kita mengundurkan diri dari perusahaan atas restu pengelola perusahaan agar tidak ada saling dendam.

4. Patuhi Peraturan Waktu Pengunduran Diri

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam hal ini. Ada perusahaan yang mewajibkan pemberitahuan pengunduran diri satu bulan sebelum megundurkan diri. Atau mungkin dengan durasi waktu tertentu.

Jadilah pekerja yang baik, sportif, dan profesional. Jangan sampai melanggar aturan yang ada, baik secara sengaja ataupun tanpa kesadaran.

Saran saya, lebih baik kamu segera memberitahukan kepada pihak atasan jauh-jauh hari sebelum mengundurkan diri. Mengapa? Supaya pihak perusahaan bisa mempersiapkan pengganti kamu ketika jatuh tempo pengunduran diri kamu.

Hal ini tentunya akan membuat kenyamanan kepada kedua pihak terkait. Dengan demikian, tidak akan timbul rasa benci atau kecewa diantara kamu dengan perusahaan.

5. Menulis Surat Pengunduran Diri

Ketika kamu benar-benar sudah mantap untuk melakukan pengunduran diri, segera tulis surat pengunduran diri dengan baik dan benar.

Belum bisa menulis surat pengunduran diri? Tenang, sebentar lagi akan saya berikan contoh surat pengunduran diri dari tempat kerja.

Apa tujuan menulis surat pengunduran diri ini? Tujuannya sangat jelas, yaitu sebagai bukti hitam di atas putih dan formalitas profesionalisme perusahaan.

Dengan berbekal surat pengunduran diri yang resmi, kamu bisa melamar kerjaan lagi ke perusahaan lain dengan baik juga. Bagaimana? Penting kan?!

6. Kembalikan Aset Perusahaan

Nah, ini yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan sejak awal. Kalau memang barang-barang perusahaan yang kamu pakai selama ini akadnya fasilitas pinjaman, maka segera kembalikan sebelum resign.

Akan tetapi, jika sejak awal akad yang terjadi adalah fasilitas dalam artian kepemilikan, maka barang-barang tersebut bisa kamu bawa pulang ke rumah.

Mengapa ini penting? Ya, hal ini harus kamu perhatikan agar tidak terjadi gesekan dan kesalahfahaman antara peusahaan dan para pekerjanya.

Selanjutnya, memudahkan pemahaman, saya akan megulas format yang baik untuk membuat surat pengunduran diri dari tempat kerja / perusahaan. 

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa 

Format Surat Pengunduran Diri 

Format Surat Pengunduran Diri 
pixabay.com

Dalam hal surat menyurat dan pembuatan dokumen, kita memerlukan format yang baik dan benar. Tujuannya agar tulisan kita nyaman dibaca penerima.

Berikut ini akan saya jelaskan secara rinci terkait komponen-komponen format surat pengunduran diri.

1. Kota & Tanggal Pembuatan Surat. Bagian ini berisi kota, tanggal, bulan, & tahun penulisan surat.

2. Nama & Alamat Tujuan. Tujuan surat pengunduran diri adalah bagian HRD / kepada kepala instansi. Jika harus menuliskan nama atasan atau jabatannya, tulislah dengan benar lengkap dengan gelar, bagian / unit kerja, & nama perusahaan.

3. Salam Pembuka. Tuliskan salam pembuka untuk memulai isi surat kamu.

4. Identitas. Sebutkan identitasmu lengkap, meliputi nama, nomor karyawan, bagian / unit pekerjaan, jabatan, & informasi lainnya terkait identitas kamu.

5. Alasan Pengunduran Diri. Jelaskan alasan kamu mengundurkan diri dengan bahasa baik dan sopan.

6. Tanggal Pengunduran Diri . Tegaskan kembali tanggal, bulan, tahun Anda mengundurkan diri agar semuanya jelas dan terang.

7. Ucapan Terima Kasih. Berikan ucapan terimakasih kepada instansi yang memberikan kepercayaan kamu untuk bekerja dan belajar.

8. Permohonan Maaf. Sampaikan  permohonan maaf atas kesalahan kamu selama bekerja. Tambahkan juga harapan agar perusahaan semakin berkembang untuk menjaga citra positif kamu.

9. Salam Penutup. Tutuplah surat dengan salam yang sopan. Tambahkan kalimat hormat saya sebagai penutup untuk menegaskan bahwa surat ini benar-benar berasal dari kamu.

10. Nama dan Tanda Tangan Pembuat Surat. Tulislah nama lengkap dan tanda tangan kamu. Dalam beberapa kasus, perusahaan meminta surat tersebut bermaterai untuk pengurusan administratif. Tuliskan tanda tangan pada bagian kanan atau kiri sesuai posisi tempat dan tanggal pembuatan surat.

PERHATIAN: Pilih dan gunakanlah bahasa yang sopan dalam penulisan surat. Pastikan pemilihan bahasa kamu adalah bahasa baku atau formal. Hindari jokes atau candaan!

Berikutnya, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri. Untuk apa? Salah satunya adalah untuk membimbing orang-orang yang masih kesulitan memilih bahasa penulisan surat resmi.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri
pixabay.com

Setelah mempelajari seluk beluk surat pengunduran diri, mulai dari cara hingga format penulisannya, kini saatnya kamu melihat contoh-contoh surat yang pernah dibuat oleh seseorang.

Seperti biasanya, contoh diberikan untuk mempermudah pemahaman. Semoga dengan contoh-contoh berikut ini kamu lebih bisa mudah memahami cara membuat surat pengunduran diri.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri

Yang pertama, saya akan berikan contoh surat pengunduran diri secara umum. Berikut ini formatnya:

Jakarta, 12 Oktober 2021

 

Kepada Yth:
Ibu Elissa Lestiawati
Direktur Utama
PT GRAHA CORPORATION

Jl. Mahameru III No. 1023
Jakarta 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Mitsni Heri dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal  12 November 2019.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga  PT. GRAHA CORPORATION selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

 

Mitsni Heri

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Bekasi, 22 Februari 2022

 

Kepada Yth,
Supervisor PT. Jaya Pradana
Jl. Wahab Affan No.120 Harapan Baru
Bekasi Barat

Perihal : Permohonan pengunduran diri kerja

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya Sawita Hendrokusumo dengan NIK AT182181 mengajukan permohonan pengundurkan diri dari PT. Jaya Pradana Putra sebagai Engineering staff di departement Teknik. terhitung sejak tanggal 28 Februari 2020.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT. Jaya Perdana untuk bekerja di perusahaan ini selama kurang lebih 3 tahun. Tidak lupa juga saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Jaya Pradana apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan baik disengaja ataupun tidak selama bekerja. Saya berharap PT. Jaya Pradana menjadi perusahaan yang terus berkembang dan sukses

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan, kerjasama dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Sawita Hendrokusumo

3. Contoh Pengunduran Diri karena Alasan Kesehatan

Tidak jarang ada orang memilih untuk berhenti bekerja di suatu perusahaan karena memiliki penyakit tertentu. Mungkin dengan resign dari kerja, harapannya akan segera sembuh. Berikut contoh suratnya:

Bandung, 16 Juni 2021

Kepada Yth.
HRD Manager
PT MANDIRI JAYA INDONESIA

Jl. Soekarno Hatta No 143
Bandung

Perihal: Surat Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama           : Dian Nur Hasanah
NIK               :19820000094
Unit              : Pengadaan Logistik
Jabatan        : Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 16 Juli 2019, dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif. Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari 3 tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang kedepannya. Tak lupa, pada kesempatan ini juga, saya memohon maaf atas kesalahan- kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dian Nur Hasanah

4. Contoh Surat Resign Sederhana dan Simpel

Surabaya, 15 Juli 2022

 

Kepada Yth:
Bapak Risman Syahputra
Pimpinan PT DIGITAL MAYA
Jl. Syahbandar Kav. 611
Surabaya 130432

Perihal: Pengunduran diri

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Web Programmer di perusahaan yang Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal surat permohonan pengunduran diri ini disetujui.

Saya mengucapkan rasa terima kasih atas segala kesempatan dan bimbingan yang telah perusahaan berikan kepada saya selama bekerja di PT. DIGITAL MAYA ini.

Hormat saya,

 

Ryan Kusuma Bangsa

5. Surat Mengundurkan Diri karena Karir 

Tangerang, 12 Januari 2021

Kepada Yth:
HRD Manager
PT. TANI SEJAHTERA MANDIRI
Jln. Cut Nyak Dien No 30 Kav 12
Tangerang

Perihal : Permohonan pengunduran diri

 

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya selaku karyawan PT. Tani Sejahtera Mandiri;

Nama Lengkap   :
Departemen       :
Jabatan              :
No. Karyawan    :
Alamat               :

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti. Terhitung sejak tanggal 12 Februari 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT. Tani Sejahtera Mandiri untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT. Tani Sejahtera Mandiri dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya. 

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

(Nama Anda)

6. Contoh Surat Pengunduran Diri karena Hamil

Yogyakarta, 18 Oktober  2021

 

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Kinenta Indonesia
Jl. Imam Bonjol 201
Yogyakarta

Perihal : Permohonan pengunduran diri

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Astri Wulandari bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Kinenta Indonesia sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 18 Oktober 2018.Dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami..

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Kinenta Indonesia selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Kinenta Indonesia dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Astri Wulandari

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Jelas dan Padat

Surabaya, 6 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Menejer
PT. Maju Lancar
Jalan Jembatan Merah Nomor 12
Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Hendar Wadiman bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Lancar sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 17 April 2016. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Lancar. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Maju Lancar atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Maju Lancar semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Hendar Wadiman

8. Contoh Surat Pengunduran Diri ke Bank

Bandung, 31 Juli 2018

YTH. Personalia

BANK BNI Syariah

KCP Bandung

Salam Hormat,

Dengan surat  ini, saya Kahla Rifda memohon untuk mengundurkan diri dari Bank BNI Syariah sebagi Manager Training (MT) Officer.  Terhitung dari tanggal 31 Juli 2018 karena adanya alasan masalah pada kesehatan juga
keluarga yang akhirnya membuat  saya tidak dapat fokus dalam bekerja.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan pada saya untuk menjadi bagian karyawan dari Bank BNI Syariah KCP Bandung.

Saya memohon maaf pada semua karyawan serta  manajemen Bank BNI Syariah KCP Bandung apabila terdapat salah yang sudah  saya lakukan saat bekerja.

Harapan besar saya, Bank BNI Syariah KCP Bandung  bisa terus maju dan berkembang dengan baik.

Hormat Saya,

 

Kahla Rifda

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Dalam Bahasa Inggris

September, 4, 2015

To: Mr. David Beckham

HRD Departement

PT Pertamina Tbk

Dear Mr. David Beckham:

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective May 15, 2018.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

 

Nilo Catur

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Kepentingan Berwirausaha

Palembang, 04 Agustus 2017

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Putri Jelita
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993
Alamat: Medan
Jabatan: General Accoaunting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dewi Putri Jelita

Demikian ulasan dan penjelasan mengenai surat pengunduran diri yang bisa saya bagikan. Semoga ada manfaat yang dapat kamu ambil. Sukses selalu! 😉

Referensi: Salamadian & Mamikos.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *