10 Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa dan Cara Membuatnya

Surat Keterangan Usaha dari Desa – Siapa sih yang tidak tertarik untuk memiliki bisnis dan usaha sendiri? Ya, pasti semua orang ingin memiliki usaha mandiri. 

Memiliki usaha yang menghasilkan menjadi impian setiap orang. Namun, tidak semua orang sudah memahami langkah-langkah dan tahap-tahap untuk memiliki usaha yang baik dan benar.

Salah satu poin yang penting dalam memulai sebuah usaha adalah membuat atau mencari surat keterangan usaha dari desa. Nantinya, surat ini akan sangat berguna untuk kelancaran usaha milik pengusaha.

Nah, pada artikel ini akan saya kupas tuntas pengertian, cara mendapatkan, hingga contoh surat usaha dari desa. Simak sampai selesai dan rasakan manfaat riil dari artikel ini!

Definisi dan Pengertian SKU (Surat Keterangan Usaha)

Surat keterngan usaha
pixabay.com

Dalam mempelajari segala sesuatu, kita harus paham definisi atau pengertian hal yang kita pelajari tersebut. Nah, dalam hal ini adalah tentang pengertian surat keterangan usaha atau yang sering disingkat menjadi SKU.

Secara global, pengertian SKU adalah sebuah bukti keterangan yang digunakan untuk legalitas berdirinya sebuah usaha dalam bidang apapun.

Urgensi dari kepemilikan surat keterangan usaha atau SKU ini sudah dijelaskan dan dituangkan di dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan.

Secara eksplisit, undang-undang tersebut memang tidak sedang berbicara khusus tentang keterangan usaha. Namun, dari undang-undang tersebut dapat diambil pemahaman tentang betapa pentingnya pendataan dan pendaftaran sebuah usaha.

Fungsi Surat Keterangan Usaha (SKU)

Fungsi SKU
pixabay.com

Segala sesuatu, terutama dalam dunia bisnis, memiliki fungsi dan manfaat tertentu. Tidak luput juga dalam hal surat keterangan usaha yang sedang kita bahas ini.

Seberapa penting dan jauh pengaruh dari surat keterangan usaha? Mengapa para pengusaha kelas atas hingga kelas UMKM harus memiliki surat tersebut?

Yuk kita bahas lebih mendalam tentang fungsi dan manfaat dari surat keterangan usaha ini.

1. SKU untuk Legalisasi Sebuah Usaha

Fungsi atau manfaat utama dari surat keterangan usaha (SKU) adalah untuk legalisasi sebuah usaha. Dengan surat ini usaha kita sudah otomatis terdaftar dan resmi tercatat di dalam data pemerintah.

Di samping fungsi utama di atas, surat keterangan usaha (SKU) ini berguna untuk melengkapi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang notabene wajib dimiliki oleh setiap pengusaha.

Lebih penting untuk kita pahami juga bahwa sebuah usaha boleh beroperasi atau berjalan secara resmi setelah memiliki izin legal dari pemerintah yang diatur dalam perundang-undangan Negara Republik Indonesia.

Undang-undang yang dimaksud adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang diatur dalam UU No. 3 Tahun 1982 dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diatur dalam UU No. 7 Tahun 2014.

2. SKU Sebagai Syarat Mengikuti Lelang / Tender

Beberapa orang tertarik untuk mengikuti event lelang atau tender. Nah, salah satu syarat mengikuti event tersebut adalah kepemilikan terhadap surat keterangan usaha.

Terlebih dalam evenr lelang / tender yang diadakan oleh lembaga pemerintahan, semua peserta wajib memiliki surat keterangan usaha untuk kelengkapan administrasi.

Mengapa harus menggunakan SKU? Kepemilikan SKU menjadi wajib dengan tujuan menjadi bukti bahwa setiap peserta lelang / tender merupakan pelaku usaha yang berlandaskan legalisasi dari negara.

3. SKU Sebagai Syarat Perubahan Golongan Listrik dari Rumahan ke Bisnis

Fungsi atau manfaat lain dari surat keterangan usaha ini adalah dalam hal pembayaran tagihan listrik.

PLN (Perusahaan Listrik Negara) menetapkan beberapa syarat untuk proses pemindahan golongan listrik dari rumahan ke bisnis.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kepemilikan surat keterangan usaha (SKU) oleh para pelaku usaha itu sendiri. 

4. SKU Sebagai Syarat Pembuatan NPWP bagi Wirausaha

Siapapun yang memiliki status Wajib Pajak (WP), termasuk pelaku usaha,  maka diharuskan untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Oleh karena itu, surat keterangan usaha ini berperan sebagai syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan NPWP pribadi bagi wirausaha.

5. SKU Sebagai Syarat Mengajukan Pinjaman ke Bank

Sudah tidak asing lagi, hampir 50% pelaku usaha membutuhkan bantuan bank untuk meminjam sejumlah uang sebagai modal memulai usahanya.

Nah, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha tersebut adalah kepemilikan terhadap SKU atau surat keterangan usaha ini.

Setelah memberikan SKU sebagai bukti eksistensi usahanya, maka pihak bank akan segera memproses rencana pimjaman yang dilakukan oleh pelaku usaha tersebut.

Persyaratan Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa

Persyaratan Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa
pixabay.com

Untuk membuat surat keterangan usaha, baik dari desa maupun yang lainnya, kita harus menyiapkan beberapa hal agar proses pembuatan surat berjalan lancar dan cepat.

Hal yang harus kita persiapkan meliputi dokumen-dokumen penting dan beberapa syarat lainnya untuk kelengkapan administrasi ketika pengajuan kepada pihak kelurahan ataupun kecamatan.

Lalu, apa saja syarat-syarat yang harus kita persiapkan?

Saya mengutip dari laman resmi PTSP DKI Jakarta, pelayanan.jakarta.go.id, berikut ini adalah syarat pendaftaran SKU:

  1. Surat permohonan yang berisi pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen serta data, lengkap dengan materai.
  2. Membawa surat pengantar dari pihak RT/RW.
  3. Surat kuasa apabila pemilik usaha menunjuk orang lain untuk mengurus SKU. Bukti ini wajib menggunakan meterai dan KTP pihak yang diberikan kuasa.
  4. Identitas pemohon yang berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  5. Surat pernyataan dari pihak pemohon yang berisi pernyataan tidak akan berjualan di trotoar, badan jalan, dan tidak mengganggu kegiatan umum, lengkap dengan materai.
  6. Foto lokasi usaha.
  7. Surat perjanjian sewa tanah/bangunan, surat pernyataan tidak keberatan, dan KTP pemilik tanah/bangunan untuk tanah/bangunan yang disewa untuk usaha (bagi UMKM yang menyewa tempat usaha).

Itulah beberapa syarat yang perlu kita persiapkan ketika hendak membuat surat keterangan usaha dari desa. Akan tetapi perlu anda ingat bahwa setiap daerah dapat berbeda-beda persyaratannya.

Oleh karena itu, saya pribadi menyarankan untuk mencari info terlebih dahulu kepada pihak pemerintah setempat agar tidak rumit saat mengajukan SKU ini.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa

Cara Membuat SKU
pixabay.com

Selanjutnya, setelah kita siapkan semua persyaratan untuk membuat surat keterangan usaha dari desa, kini saatnya memulai membuat SKU tersebut.

Bagaimana cara atau langkah-langkah membuat surat keterangan usaha dari desa? Simak penjelasan berikut ya!

  1. Pertama, seorang pemohon surat keterangan usaha datang ke kantor kelurahan atau kecamatan dengan membawa persyaratan-persyaratan administrasi (lihat sub bab Persyaratan Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa).
  2. Kemudian pemohon menemui petugas bersangkutan dan menyampaikan permohonan pembuatan SKU untuk usahanya.
  3. Petugas bersangkutan akan menerima berkas dan melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa berkas-berkas persyaratan pemohon sudah lengkap dan sesuai ketentuan.
  4. Proses pembuatan SKU memerlukan waktu sekitar 10-30 menit. Namun hal ini sangat tergantung pelayanan petugas dan jumlah antrian yang ada.
  5. Selanjutnya, setelah proses pembuatan SKU selesai, pemohon meminta tanda tangan dan cap/stempel dari lurah atau camat sebagai pihak yang berwenang.
  6. Setelah 5 langkah tersebut selesai, kini surat keterangan usaha dari desa sudah siap dan dapat pemohon gunakan untuk keperluan semestinya.

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa
pixabay.com

Ulasan yang telah saya tulis pada beberapa bab sebelum ini membahas tentang pengertian, fungsi / manfaat, persyaratan, dan cara membuat surat keterangan usaha dari desa.

Nah, untuk mempermudah pemahaman seluk beluk SKU / surat keterangan dari desa, saya akan memberikan beberapa contoh yang mudah untuk anda pelajari.

1. Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa

Seperti yang telah kita bahas pada bab-bab sebelum ini, kewenangan pembuatan surat keterangan usaha menjadi milik pemerintah atau aparat pemerintah setempat.

Pada kasus ini, kepala desa atau lurah sering menjadi tempat rujukan permintaan SKU oleh para pelaku usaha di wilayah kekuasaannya.

Nah, contoh surat keterangan usaha dari desa berikut ini mungkin bisa menjadi gambaran buat anda ketika hendak mengajukan SKU dari desa.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Jalan: Duwet Raya Nomor 39 Pabelan

SURAT KETERANGAN USAHANomor: 123/433/544.545.543/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama                             : Rina Iriani

Tempat Tanggal Lahir    : Pabelan/14/05/1995

Jenis Kelamin                 : Perempuan

Agama                           : Islam

Pekerjaan                       : Pedagang

Alamat                           : Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Benar nama tersebut di atas adalah warga desa kami, dan sepanjang pengetahuan kami nama tersebut di atas sampai saat ini memiliki kegiatan usaha rumahan berupa sambal teri.

Demikian surat keterangan usaha ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, dan untuk yang berkepentingan menjadikan maklum.

Sukoharjo, 15 Januari 2021

Kepala Desa Pabelan

 

Ahmad Rasyidi, S.E

2. Contoh Surat Keterangan Usaha dari Rt Rw

Selain kepala desa setempat, salah satu pemegang kuasa pembuatan surat keterangan usaha adalah ketua Rt atau ketua Rw setempat.

Oleh karena itu, jika para pelaku usaha mengalami kesusahan saat membuat SKU dari kepala desa maka opsi ini bisa menjadi rujukan lain. Berikut ini contoh surat keterangan usaha dari Rt atau Rw:

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Rt 03/Rw 05 Mendungan

SURAT KETERANGAN USAHANomor: 10/SKU/Januari/2021

Ketua Rt 03/Rw 05 Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                             : Lutfiansyah Saputra

Jenis Kelamin                 : Laki-laki

NIK                                 : 4834XXX8085

Agama                           : Islam

Pekerjaan                       : Wiraswasta

Alamat                           : Rt 03/Rw 05 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Benar nama tersebut di atas adalah adalah penduduk Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, dan benar menurut sepengetahuan kami bahwa ianya memiliki Usaha Jualan Sembako yang bertempat di Mendungan dengan nama toko Monggo Mampir.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana perlunya.

Sukoharjo, 15 Januari 2021

Ketua Rt 03/Rw 05 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura

 

Drs. Budi Susilo

3. Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan

Salah satu cara untuk mendapatkan surat keterangan usaha adalah dengan mengajukan permohonan kepada pihak kelurahan setempat.

Berbekal persyaratan-persyaratan permohonan yang telah kita bahas sebelum ini, anda dapat melihat contoh surat di bawah ini untuk referensi pengajuan permohonan kepada kelurahan.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Rt 03/Rw 05 Mendungan

SURAT KETERANGAN USAHANomor: 10/SKU/Januari/2021

Ketua Rt 03/Rw 05 Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                             : Firmansyah Oktiawan

Jenis Kelamin                 : Laki-laki

NIK                                 : 4834XXX8085

Agama                           : Islam

Pekerjaan                       : Wiraswasta

Alamat                           : Rt 03/Rw 05 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Benar nama tersebut di atas adalah adalah penduduk Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, dan benar menurut sepengetahuan kami bahwa ianya memiliki Usaha Ternak Lele yang bertempat di Mendungan dengan nama UD. Lele Makmur.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana perlunya.

Sukoharjo, 15 Mei 2020

Kepala Keluarahan Pabelan, Kec. Kartasura

 

Drs. Hendri Subakti

4. Contoh Surat Keterangan Usaha Kecil

Usaha kecil atau yang lebih familiar dengan istilah UMKM ini juga harus memiliki surat keterangan usaha agar tidak terjadi masalah pada kemudian hari.

Jika anda adalah pelaku usaha mikro kecil, atau memiliki rekan yang menjalankan usaha tersebut, coba pelajari contoh surat keterangan usaha kecil berikut ini.

Dengan berbekal surat keterangan usaha, kita berharap usaha yang kita jalankan semakin lancar dan tidak bermasalah apapun.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Jl. Duwet Raya Mendungan No. Tlp. 08238530XXX Kartasura, 57169

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 549/……./XII/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo menerangkan bahwa:

Nama Kelompok             : MIKRO BURUH KONVEKSI

Nama Ketua Kelompok  : Abdullah Sahal

Alamat                            : Rt. 03 Rw. 05 Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Adalah benar-benar Kelompok Usaha Kecil Menengah “MIKRO BURUH KONVEKSI” dan berdasarkan data yang tercatat pada kami, kelompok tersebut di atas bergerak di bidang Usaha Konveksi.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dimohon kepada yang bersangkutan kiranya dapat memberikan bantuan dan maklum adanya.

Pabelan, 15 Januari 2021

Kepala Desa Pabelan

 

Abdul Hakim

5. Contoh Surat Keterangan Usaha Dagang (Warung Kelontong)

Menjadi pelaku usaha dagang berupa warung kelontong tentunya membutuhkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu.

Keuntungan baru akan kita dapatkan ketika barang sudah laku. Hasil penjualan tersebut berguna untuk membeli dagangan berikutnya.

Lain halnya ketika suatu saat kita mengalami kekurangan modal, maka kita bisa mengajukan permohonan pinjaman dari instansi perbankan.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan usaha dagang warung kelontong yang merupakan salah satu syarat pengajuan permohonan pinjaman ke bank.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Jl. Duwet Raya Mendungan No. Tlp. 08238530XXX Kartasura, 57169

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor : 123/SKU-KB/2021

Kepala Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama                             : Adimas Saputra

Jenis Kelamin                 : Laki-laki

NIK                                 : 4834XXX8085

Agama                           : Islam

Pekerjaan                       : Wiraswasta

Alamat                           : Rt 03/Rw 05 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Nama yang tersebut di atas adalah benar penduduk yang berdomisili Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura.

Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut di atas adalah benar memiliki usaha WARUNG KELONTONG  di wilayah Desa Pabelan.

Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pabelan, 15 Januari 2021

Kepala Desa Pabelan

 

Abdul Hakim

6. Contoh Surat Keterangan Usaha Rumah Makan

Rumah makan merupakan bisnis yang sangat besar prospeknya. Hal tersebut bisa terjadi karena barang yang menjadi dagangannya adalah barang kebutuhan setiap manusia sehari-hari.

Untuk rumah makan yang berskala besar mungkin sudah tidak perlu lagi memikirkan modal. Adapun untuk rumah makan skala kecil yang hendak mengupgrade kapasitasnya, tentu membutuhkan modal yang banyak.

Nah, agar kita bisa mengajukan permohonan pinjaman ke bank maka salah satu syarat yang harus terpenuhi adalah kepemilikan terhadap surat keterangan usaha.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan usaha rumah makan.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 3/SKU/Januari/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, menerangkan bahwa penduduk desa kami:

Nama                     : Ahmad Saifur

NIK                         : 4893XXX4104

Jenis Kelamin         : Laki-laki

Pekerjaan               : Wiraswasta

Alamat                   : Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Nama tersebut di atas benar-benar mempunyai usaha: Rumah Makan Sedekahku

Demikian surat keterangan usaha ini kami buat dengan sebenarnya, untuk dapat dipergunakan bagi yang berkepentingan.

Pabelan, 15 Januari 2021

Kepala Desa Pabelan

 

Abdul Hakim

7. Contoh Surat Keterangan Usaha Mebel dari Desa

Sejak dahulu hingga saat ini, usaha mebel masih saja menjadi target bisnis para pemilik modal raksasa. Dengan modal besar maka usaha mebel akan semakin lancar dan mulus.

Namun, apalah daya kita yang tertakdir sebagai rakyat kelas menengah ke bawah. Jika kita ingin mengembangkan usaha mebel, dari mana kita bisa mendapatkan modal?

Caranya cukup simpel sih. Kita cukup membuat surat keterangan usaha mebel yang sudah kita miliki (meskipun kecil-kecilan) dan membawanya ke bank untuk mengajukan permohonan pinjaman modal.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan usaha mebel sari desa.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Jl. Duwet Raya Mendungan No. Tlp. 08238530XXX Kartasura, 57169

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: I/12/Desember/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                     : Dadang Kurniawan

Tempat/ Tgl Lahir   : Pabelan, 25 November 1998

No. KTP                  : 9483XXX048

Agama                   : Islam

Pekerjaan               : Wiraswasta

Alamat                   : RT. 11 RW. 10 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Nama yang tersebut di atas adalah benar penduduk yang berdomisili di Ds. Pabelan RT. 11 RW. 10, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Berdasarkan pengamatan kami, bahwa benar orang yang bersangkutan memiliki usaha berupa Produksi Mebel di wilayah Desa Pabelan.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dimohon kepada yang bersangkutan kiranya dapat memberikan bantuan dan maklum adanya.

Dikeluarkan di : Ds. Pabelan, Kec. Kartasura

Pada tanggal   : 29 Januari 2021

Kepala Desa Pabelan

 

Ahmad Kanzan

8. Contoh Surat Keterangan Usaha Toko Kain

Busana merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Oleh karena itu, bisnis busana menjadi fokus bagi beberapa pelaku usaha.

Ingat kisah Kak Selly Giovani dengan Batik Trusmi miliknya? Ya, dia berawal dari bisnis kain kafan yang beliau kembangkan dengan modal raksasa sehingga melejit seperti saat ini.

Bagi kita yang memiliki usaha toko kain kecil-kecilan dan ingin mengembangkannya, bisa mengajukan permohonan pinjaman ke bank untuk modal usaha.

Beriku ini contoh surat keterangan usaha toko kain yang simpel.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Jl. Duwet Raya Mendungan No. Tlp. 08238530XXX Kartasura, 57169

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: I/12/Desember/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                     : Ahmad Hermansyah

Tempat/ Tgl Lahir   : Pabelan, 25 Januari 1977

No. KTP                  : 9483XXX048

Agama                   : Islam

Pekerjaan               : Wiraswasta

Alamat                   : RT. 11 RW. 10 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Nama yang tersebut di atas adalah benar penduduk yang berdomisili di Ds. Pabelan RT. 11 RW. 10, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Berdasarkan pengamatan kami, bahwa benar orang yang bersangkutan memiliki usaha berupa Toko Kain “Murah Jaya” di wilayah Desa Pabelan.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dimohon kepada yang bersangkutan kiranya dapat memberikan bantuan dan maklum adanya.

Dikeluarkan di : Ds. Pabelan, Kec. Kartasura

Pada tanggal   : 29 Januari 2021

Kepala Desa Pabelan

 

Ahmad Kanzan

9. Contoh Surat Keterangan Usaha Warung Kopi dari Desa dan Kota

Siapa sangka starbucks yang sebesar sekarang ini hanya berawal dari kedai kopi kecil? Bisni tersebut lalu menjadi raksasa setelah mendapat suntikan modal besar dari beberapa pihak.

Tidak perlu pesimis jika warung kopi kita masih sebatas menggunakan gerobak angkringan. Siapkan surat keterangan usaha warung kopi kita dan ajukan pinjaman kepada bank untuk mendapatkan modal.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan usaha kopi yang bisa kita jadikan referensi saat pemubuatan surat keterangan usaha dari desa ataupun kota.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Jl. Duwet Raya Mendungan No. Tlp. 08238530XXX Kartasura, 57169

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: I/12/Desember/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                     : Farhan Riswanda

Tempat/ Tgl Lahir   : Jember, 25 Oktober 1992

No. KTP                  : 9483XXX048

Agama                   : Islam

Pekerjaan               : Wiraswasta

Alamat                   : RT. 11 RW. 10 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Nama yang tersebut di atas adalah benar penduduk yang berdomisili di Ds. Pabelan RT. 11 RW. 10, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Berdasarkan pengamatan kami, bahwa benar orang yang bersangkutan memiliki usaha berupa Warung Kopi di wilayah Desa Pabelan.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dimohon kepada yang bersangkutan kiranya dapat memberikan bantuan dan maklum adanya.

Dikeluarkan di : Ds. Pabelan, Kec. Kartasura

Pada tanggal   : 19 Maret 2020

Kepala Desa Pabelan

 

Iskandar Dinata

10. Contoh Surat Keterangan Usaha Bengkel

Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, mulai dari sepeda motor hingga truk transformer, menjadi ide cemerlang bagi beberapa pelaku usaha bengkel.

Dengan modal yang cukup besar, bengkel kampung bisa menjadi AHASS. Oleh karena itu, jika anda membuka usaha bengkel, segera daftarkan dan buatkan surat keterangan usaha agar bisa mengajukan pinjaman ke bank untuk modal.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan usaha bengkel yang bisa kita gunakan untuk pengajuan pinjaman modal kepada instansi bank.

PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO

KECAMATAN KARTASURA

DESA PABELAN

Jl. Duwet Raya Mendungan No. Tlp. 08238530XXX Kartasura, 57169

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: I/25/Desember/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                     : Andi Syahrul Karim

No. KTP                  : 8539XXX5058

Jenis Kelamin         : Laki-laki

Tempat/ Tgl Lahir   : Jepara/19/05/1975

Agama                   : Islam

Pekerjaan               : Wiraswasta

Alamat                   : RT. 11 RW. 10 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Nama yang tersebut di atas adalah benar penduduk yang berdomisili di Ds. Pabelan RT. 11 RW. 10, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Berdasarkan data dan pengamatan kami, bahwa benar nama tersebut di atas memiliki usaha bengkel dengan nama Royal Jaya Motor di wilayah Kelurahan Pabelan.

Adapun surat keterangan usaha ini kami buat, guna untuk melengkapi persyaratan pengajuan kredit pinjaman ke bank.

Demikian surat keterangan usaha ini kami buat dengan sebenarnya, untuk dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya.

Dikeluarkan di : Ds. Pabelan, Kec. Kartasura

Pada tanggal   : 23 Mei 2020

Kepala Desa Pabelan

 

Fathurrahman

Contoh Format Surat Keterangan Usaha dari Desa

Format surat keterangan usaha dari desa memang tidak ada ketentuan yang spesifik. Namun ada baiknya jika kita membuat surat keterangan usaha dengan baik dan benar.

Anda bisa melihat pada sub bab Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa pada bab sebelum ini. Pada bab itu saya sudah memberikan beberapa contoh format surat keterangan usaha dari desa. Silahkan baca lagi ya :).

Oke, baiklah sahabat. Demikianlah ulasan tentang surat keterangan usaha dari desa yang dapat saya tulis dan bagikan. Semoga kiranya adal manfaat yang bisa anda ambil.

Sekian ;).

Tinggalkan komentar