Bola Tangan: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, dan Peraturan Bola Tangan

Sejarah Permainan Bola Tangan

Bola tangan merupakan salah satu cabang olahraga bola besar. Permainan bola tangan memiliki sejarah yang cukup menarik. Selain itu, permainan ini juga cukup populer di kalangan masyarakat.

Kali ini admin mimpibaru.com akan membahas materi tentang olahraga bola tangan. Materi dalam olahraga ini cukup banyak jumlahnya. Beberapa materi tersebut adalah pengertian permainan bola tangan, sejarah bola tangan, teknik dasar, peraturan, dan beberapa hal lainnya.

Sebelum membahas materi tentang permainan bola tangan lebih mendalam, hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dan sejarah.

Yuk, simak ulasan berikut!

A. Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Tangan

Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Tangan
asiangames.tempo.co

Hal yang paling mendasar dalam segala hal adalah tentang definisi atau pengertiannya. Sebagai contoh, apabila Anda mendengar istilah permainan bola kecil, apa yang pertama kali Anda pertanyakan?

Pasti jawabannya adalah apa yang dimaksud permainan bola kecil itu?

Nah, demikian juga dengan olahraga permainan bola tangan. Agar lebih mudah dipahami, berikut ini adalah ulasan tentang pengertian permainan bola tangan.

1. Pengertian Permainan Bola Tangan

Bola tangan adalah salah satu cabang olahraga bola besar. Permainan ini dilakukan secara beregu atau berkelompok. Dalam setiap tim terdapat 7 orang pemain. Para pemain tersebut dibagi dengan tugas masing-masing. Salah satu dari 7 pemain bertugas sebagai kiper.

Sekilas permainan ini mirip dengan olahraga sepak bola. Perbedaannya terdapat pada teknik-teknik dasar. Dalam olahraga bola tangan para pemain lebih banyak menggunakan tangan untuk mengoperasikan bola.

Beberapa ahli dalam bidang olahraga memberikan definisi tertentu sesuai pemahaman masing-masing. Namun intinya tetap sama, yaitu olahraga bola tangan adalah permainan menggunakan bola besar yang dioperasikan dengan menggunakan tangan.

Itulah pengertian dan definisi permainan bola tangan. Adapun sejarah permainan bola tangan adalah sebagai berikut.

2. Sejarah Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan pada mulanya berawal pada zaman kekuasaan Yunani kuno. Zaman tersebut terjadi sekitar  tahun 130 – 200 Masehi.

Pada zaman Yunani kuno tersebut, permainan bola tangan lebih dikenal dengan nama Urania. 

Peraturan-peraturan dan cara-cara permainan bola tangan pada zaman tersebut juga sedikit berbeda dengan zaman sekarang.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, pada abad ke-11 Masehi permainan ini mulai dikenal di beberapa daerah lain.

Perkembangan permainan bola tangan ini bahkan mencapai negara Jerman. Tokoh yang mempopulerkan olahraga bola tangan di Jerman bernama Walter Von Der Vgelweide. Di negara tersebut, permainan bola tangan lebih familiar dengan nama Fangballspiel.

Sejarah terus berputar hingga membawa permainan bola tangan ini semakin populer, bahkan di benua Eropa dan Amerika. Penyebaran permainan bola tangan ke dua benua tersebut terjadi pada abad 14 Masehi.

Contoh negara benua Eropa dan Amerika yang sudah memainkan permainan bola tangan adalah Denmark dan Perancis.

Waktu masih terus berjalan hingga pada abad ke-14 Masehi permainan bol tangan mengalami banyak perubahan peraturan. Perubahan-perubahan yang terjadi tentunya dilakukan untuk menyempurnakan.

Sejarah bola besar dapat mencapai benua Eropa dan Amerika berkat dua tokoh yang cukup terkenal. Mereka adalah Hirschman dan Dr. Karl Schelenz. Dua pria tersebut berkebangsaan Jerman. Hebatnya, mereka dikenal sebagai penemu bola tangan modern.

Permainan bola tangan pernah dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi. Pada tahun 1946 para tokoh olahraga membentuk suatu federasi yang dikenal dengan IHF (International Handball Federation).

Dengan dibentuknya IHF, banyak negara-negara yang mulai memainkan olahraga bola tangan. Pada tahun 1954 IHF mengadakan kejuaraan dunia bola tangan dengan total negara yang megikuti sebanyak 160 negara.

3. Sejarah Permainan Bola Tangan di Indonesia

Sejarah permainan bola tangan di Indonesia dimulai sejak masa penjajahan Belanda terhadap Indonesia. Pada saat itu sudah banyak masyarakat yang memainkan olahraga ini.

Seiring berjalannya waktu dan modernisasi, sejarah perkembangan permainan bola tangan mengalami masa kejayaan. Pada tahun 1951 permainan bola tangan dimasukkan dalam perlombaan PON.

B. Teknik Dasar Permainan Bola Tangan

Teknik Dasar Permainan Bola Tangan
bisnisnews.id

Setiap permainan tentunya membutuhkan teknik-teknik dasar, terutama bagi para pemain permula. Begitu juga dengan permainan bola tangan ini. Tujuannya adalah supaya permainan dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Dalam olahraga bola tangan terdapat beberapa teknik dasar. Teknik-teknik dasar tersebut adalah:

  1. Teknik dasar menangkap bola (catching)
  2. Teknik dasar mengoper bola (passing)
  3. Teknik dasar menggiring (dribbling)
  4. Teknik dasar menembak (shooting)

Agar lebih jelas, di bawah ini akan diulas teknik-teknik dasar tersebut secara rinci. Simak terus ya!

1. Teknik Dasar Menangkap Bola Tangan (Catching)

Teknik dasar yang pertama adalah cara menangkap bola. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan catching. Teknik ini harus Anda kuasai jika ingin bermain bola tangan dengan baik.

Teknik ini digunakan ketika mendapat bola serangan lawan atau umpan dari teman satu tim.

Kunci keberhasilan teknik ini adalah kekompakan dan kerjasama antar pemain dengan baik. Setiap pemain harus bersiap menerima lemparan keras dari lawan maupun lemparan umpan dari teman.

Satu hal yang harus diperhatikan dan dilatih untuk melakukan teknik ini adalah reflek dan insting setiap pemain. Dengan banyak berlatih diharapkan tingkat reflek tangan Anda juga semakin baik.

2. Teknik Dasar Mengoper Bola Tangan (Passing)

Tekik dasar berikutnya adalah mengoper bola (passing). Teknik ini harus dikuasai semua pemain bola tangan, terutama para pemula.

Biasanya suatu tim menggunakan teknik ini untuk membangun serangan atau pertahanan ketika diserang. Caranya adalah dengan mengontrol bola ketika berada di tangan pemain.

Teknik dasar passing dalam bol tangan berbeda dengan teknik passing dalam olahraga-olahraga lainnya.

Terdapat dua macam cara  passing dalam permainan bola tangan, yaitu passing dengan satu tangan dan passing dengan dua tangan.

1. Teknik Dasar Passing Satu Tangan

Teknik passing dengan satu tangan ini cukup simpel dan mudah untuk dilakukan. Teknik ini dapat dilakukan sembari melakukan gerakan melompat, operan samping, dan operan belakang.

2. Teknik Dasar Passing Dua Tangan 

Selain dengan satu tangan, terdapat teknik passing bola tangan dengan dua tangan. Dengan teknik ini, operan akan lebih dapat dikontrol daripada menggunakan satu tangan.

Terdapat beberapa jenis passing atau operan dalam permainan bola tangan, yaitu:

  • Passing di atas kepala
  • Passing pantulan ke bawah
  • Passing dengan ayunan bawah
  • Passing yang bergulir di permukaan lapangan

3. Teknik Dasar Menggiring Bola Tangan (Dribbling)

Teknik dasar yang selanjutnya adalah cara menggiring bola. Cara menggiring dalam olahraga ini tentunya berbeda dengan cara menggiring dalam sepak bola.

Bagian tubuh yang digunakan untuk menggiring bola dalam permainan ini adalah tangan.

Teknik dasar menggiring bola ini harus dikuasai oleh pemain bola tangan. terutama bagi para pemula.

Teknik menggiring dilakukan sambil berlari ke area pertahanan lawan sambil membawa bola.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda harus banyak berlatih. Semakin banyak berlatih maka kemampuan juga semakin meningkat.

Kunci untuk dapat melakukan teknik ini adalah melatih kelenturan dan elastisitas tangan kanan maupun kiri. Tujuannya adalah agar lebih mudah membelok-belokkan bola serta memantulkannya.

4. Teknik Dasar Menembakkan Bola Tangan (Shooting)

Teknik yang terakhir adalah menembakkan bola. Teknik ini digunakan untuk mencetak poin atau angka.

Ketika hendak melakukan teknik ini, semua pemain dalam suatu tim harus kompak. Teknik ini membutuhkan fokus dan akurasi tingkat tinggi, serta lemparan yang kuat.

Terdapat beberapa macam cara melakukan teknik shooting ini. Berikut ini macam-macamnya.

  • Tembakan dengan melompat (jump shoot). Cara melakukannya adalah dengan menggiring bola terlebih dahulu, kemudian melompat tinggi ke udara dan melakukan tembakan sekeras-kerasnya ke gawang lawan.
  • Tembakan dengan berdiri (standing throw shoot). Cara ini dilakukan ketika dribbling dengan posisi pemain berdiri sambil menembakkan bola ke gawang lawan.
  • Tembakan menyamping (side shoot). Cara melakukannya adalah dengan melakukan dribbling terlebih dahulu. Kemudian ketika sudah mendapatkan momen yang tepat, tembakkan bola ke gawang lawan dengan posisi tubuh menyamping ke kanan atau kiri.
  • Tembakan melayang (flying shoot). Cara melakukannya adalah melompat dengan tumpuan kaki kiri, lalu tangan memegang bola dan melemparkannya ke dawang lawan.
  • Tembakan membalik (reverse shoot). Cara melakukannya adalah dengan membelakangi gawang lawan, lalu tembakkan bola sekeras-kerasnya ke arah gawang lawan.
  • Tembakan the fall shoot. Teknik ini dilakukan dengan cara menggiring bola terlebih dahulu, lalu menjatuhkan badan ke tanah sambil menembakkan bola ke arah gawang lawan.

C. Peraturan Permainan Bola Tangan

Peraturan Permainan Bola Tangan
iapi.or.id

Permainan yang berkualitas adalah permainan yang diatur dengan peraturan-peraturan tertentu dan dilakukan dengan sportif.

Pada bagian ini akan dibahas mengenai peraturan-peraturan permainan bola tangan. Apa saja peraturan-peraturan tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Peraturan Pengoperasian Bola

  • Anggota badan yang boleh mengoperasikan bola adalah tangan, kepala, badan, paha dan lutut.
  • Gerakan yang boleh dilakukan adalah menghentikan, menggiring, menangkap, melempar, dan menyentuh bola.
  • Membawa bola paling banyak tiga langkah kaki dan bola harus dipantulkan atau cara dribbling.
  • Waktu terlama untuk menahan bola adalah tiga detik.

2. Peraturan Permainan di Area Gawang

  • Penjaga gawang/kiper bebas melakukan gerakan di area gawang.
  • Pemain yang memasuki area gawang dikenai hukuman berupa lemparan bebas.
  • Pemain bertahan yang memasuki area gawang dikenai hukuam lemparan 14 meter.
  • Bola di wilayah gawang adalah kekuasaan penjaga gawang.

3. Peraturan Mengembalikan Bola ke Area Gawang

  • Boleh melempar bola memasuki area gawang dan area kiper.
  • Dilarang menahan bola selama lebih dari tiga detik.
  • Boleh membawa bola di area gawang.
  • Akan terjadi lemparan sudut jika bola keluar.

4. Peraturan Penjaga Gawang/Kiper

  • Boleh melempar dengan segala cara.
  • Tidak boleh menahan bola selama lebih dari tiga detik.
  • Boleh membawa bola di areanya.
  • Jika keluar area gawang maka akan dikenai hukuman.

5. Peraturan Terjadinya Gol

  • Gol akan dihitung ketika seluruh bagian bola sudah lebih banyak melewati garis.
  • Apabila terjadi gol, permainan kan dimulai kembali dengan permulaan pada lemparan awal.

6. Peraturan Durasi Permainan 

Waktu yang disediakan untuk permainan bola tangan adalah 70 menit untuk putra dan 60 menit untuk putri. Durasi tersebut dibagi menjadi dua babak pertandingan.

7. Peraturan Pelanggaran

Pelanggaran akan terjadi apabila pemain melanggar aturan permainan sebaga berikut.

  • Menggiring bola lebih dari tiga kali.
  • Memegang bola dan tidak bergerak selama lebih dari tiga detik.
  • Melempar bola dan menangkap kembali sebelum ada sentuhan dari lawan atau teman.
  • Sengaja melempar bola ke pemain lawan.
  • Memasuki area kekuasaan kiper.
  • Malakukan tindakan kekerasan terhadap pemain lawan.

Demikina penjelasan tentang permainan bola tangan mengenai pengertian dan sejarahnya, teknik-teknik dasar permainan, dan peraturan permainan bola tangan. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda.

Terimakasih!

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *