Pengertian, Sejarah, Cara Bermain, dan Ukuran Lapangan Bola Kasti LENGKAP

Sejarah Bola Kasti

Pada artikel kali ini saya akan membahas tetang salah satu cabang olahraga bola kecil, yaitu bola kasti. Beberapa hal yang akan dibahas adalah pengertian dan sejarah bola kasti.

Selanjutnya, selain sejarah dan pengertian bola kasti akan dibahas juga mengenai teknik-teknik dasar dan peraturan permainannya.

Yuk simak artikel berikut sampai selesai!

Pengertian dan Sejarah Bola Kasti

Pengertian dan Sejarah Bola Kasti
google.com

Bola kasti adalah nama untuk sebuah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil sebagai objeknya.

Olahraga ini termasuk permainan yang dilakukan secara berkelompok atau beregu. Oleh karena itu, permainan ini sangat membutuhkan kekompakan dan kerjasama antar tim denga baik.

Kekompakan dan kerjasama antar tim itu harus diusahakan secara maksimal agar mendapatkan peluang kemenangan.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh pemain bola kasti adalah keterampilan-keterampilan tertentu untuk menunjang permainan ini. Keterampilan tersebut meliputi keterampilan memukul, melempar, dan menangkap bola, serta keterampilan berlari.

Baca juga: Olahraga Bulu Tangkis (Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, dan Peraturan Permainan) Lengkap.

Sebagai olahraga yang sudah tua, tentunya bola kasti ini memiliki sejarah tersendiri. Berikut ini ulasan tentang sejarah bola kasti.

Sejarah Bola Kasti 

Sejarah Bola Kasti 
phonegallery.com

Olahraga bola kasti yang termasuk permainan bola besar ini mempunyai sejarah panjang. Beberapa sumber menyebutkan bahwa bola kasti sudah pernah ada pada tahun 1744.

Pada tahun 1744 tersebut, tempat paling populer dan bersejarah untuk bola kasti adalah Little Pocket-Book. Tempat tersebut berada di negara Inggris.

Nama yang familliar untuk permainan bola kasti pada saat itu adalah Lingkungan. Nama tersebut dipopulerkan oleh John Newbery.

Selanjutnya pada tahun 1828, olahraga bola kasti ini mulai dirancang dan dibentuk aturan permainannya. Sejarah mencatat, pembentuk peraturan bola kasti pertama kali adalah William Clarake.

Sekilas olahraga permainan bola kasti ini mirip dengan softball dan baseball, namun tetap memiliki banyak perbedaan.

Popularitas olahraga bola kecil yang satu ini lebih tinggi daripada softball dan baseball karena pernah dipertandingkan di kelas Internasional.

Sejarah Bola Kasti di Dunia Internasional

Sejarah Bola Kasti di Dunia Internasional
google.com

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai sejarah bola kasti skala internasional secara singkat. Negara asal olahraga bola kasti adalah Belanda. Di negara  tersebut bola kasti dimasukkan dalam golongan permainan bola kecil.

Sejarah mencatat bahwa permainan bola kasti ini sudah sangat tua, bahkan sudah sejak zaman Tudor di tahun 1744. Pada zaman itu permainan bola kasti masih dikenal dengan nama Dasar Bola. Penemunya adalah John Newbery.

Pada zaman Tudor, olahraga permainan bola kasti ini dimainkan di Pretty Little Pocket-Book.

Yang dimaksud dengan Tudor adalah sebuah dinasti ratu dan kerajaan di negara Inggris.

Dinasti kerajaan Tudor mulai dibentuk pada tahun 1485. Ketika itu, Pangeran Henry VII berperang melawan Raja Richard III dalam Pertempuran Bosworth. Kemenangan berhasil diraih oleh Pangeran Henry VII.

Selanjutnya, mengenai sejarah bola kasti, pada tahun 1828 Willian Clarke menerbitkan buku The Boy edisi kedua di London. Buku tersebut merupakan buku pertama yang dicetak di Inggris dan berisi peraturan permainan bola kasti.

Pada tahun berikutnya, yaitu 1829, Massachusetts sebagai orang yang pertama kali membuat aturan nasional di Boston menerbitkan kembali buku The Boy. Kemudian pada tahun 1884, Gaelic Athletic Association (GGA) menyusun buku tersebut secara formal di Irlandia.

Dengan demikian, di negara Irlandia olahraga permainan bola kasti ini diatur oleh GGA. Sedangkan di negara Inggris, permainan ini diatur oleh Rounders yang dibentuk pada tahun 1943.

Ketika negara Irlandia sudah menetapkan aturan formal tentang permainan bola kasti ini, Skotlandia dan Liverpool mendirikan asosiasi pada tahun 1889. Namun, asosiasi tersebut sudah tidak berhubungan dengan Inggris Raya.

Dari pemaparan tersebut di atas, para ahli sejarah menganggap permainan bola kasti lebih tua daripada Baseball.

Sampai saat ini, olahraga bola kasti yang merupakan salah satu cabang permainan bola besar masih sangat populer. Kabarnya, permainan ini masih dipertandingkan di tingkat internasional.

Sejarah Bola Kasti di Indonesia

Sejarah Bola Kasti di Indonesia
phonegallery.com

Sejarah bola kasti di Indonesia cukup singkat. Permainan bola kasti ini sudah terkenal sejak waktu yang lama.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa pada zaman panjajahan Belanda terhadap Indonesia permainan bola kasti ini sudah ada. Ketika Jepang menjajah Indonesia, permainan ini juga sudah cukup terkenal.

Dari pemaparan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sejarah bola kasti di Indonesia sudah dimulai sejak zaman kerajaan Nusantara.

Beberapa tahun yang lalu permainan ini sangat digemari oleh banyak orang, terutama anak-anak sekolah dasar.

Namun dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, permainan ini semakin sedikit peminatnya.

Nah, kita sebagai bangsa Indonesia harus berusaha melestarikan olahraga ini di tengah-tengah tantangan global. Salah satu cara melestarikannya adalah dengan mempelajari segala hal tentang bola kasti, termasuk sejarahnya.

Cara Bermain Bola Kasti

Cara Bermain Bola Kasti
whatsapp.com

Sebagaimana yang sudah dibahas secara singkat di atas, bola kasti merupakan permainan yang dilakukan dengan kerja tim. Kekompakan dan kerjasama yang baik antar tim sangat menentukan hasil pertandingan.

Selalu ingat, sportifitas dalam permainan harus selalu dijaga sejak awal pertandingan hingga selesai dengan hasil apapun.

Permainan ini dipertandingkan antara dua regu atau tim. Setiap regu beranggotakan 12 pemain.

Untuk dapat meraih kemenangan dalam pertandingan bola kasti ini, semua anggota tim harus menguasai beberapa teknik dasar.

Namun, secara garis besar dalam permainan ini gerakan yang sangat diperlukan adalah melempar, memukul, dan menangkap bola.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan berikut ini!

1.  Regu Pemukul

  • Kesempatan untuk memukul bola diberikan kepada setiap pemain sebanyak satu kali pukulan. Namun khusus untuk pemukul terakhir, dia diberi tiga kesempatan memukul.
  • Ketika sudah selesai memukul bola, tongkat yang digunakan untuk memukul harus diletakkan di dalam area pemukul.
  • Poin atau nilai akan gugur jika pemain teledor dan tidak meletakkan tingkat pemukul di area pemukul atau terlepas dari genggaman.
  • Pukulan dinyatakan sah jika bola yang dipukul berhasil melebihi garis pukul, tidak jatuh dalam ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul.

2. Regu Penjaga

Tugas regu penjaga adalah sebagai berikut.

  • Melemparkan bola ke arah pemukul atau menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul. Tujuannya adalah untuk mematikan permainan tim lawan.
  • Menempati ruang bebas jika ruang tersebut masih kosong dari pemain. Tujuannya adalah untuk membakar ruang bebas tersebut.

3. Pelambung Bola

Pelambung dalam bola kasti adalah pemain yang tugasnya mengumpan bola. Berikut ini rincian bagian yang harus dilakukan oleh pemain pelambung.

  1. Melambungkan bola kasti sesuai permintaan pemain pemukul bola.
  2. Apabila pemain pelambung melambungkan bola tidak sesuai permintaan pemain pemukul, maka pemain pemukul boleh untuk tidak memukulnya dan meminta ulang.
  3. Apabila hal tersebut terjadi berturut – turut sebanyak 3 kali, maka pemain pemukul harus berlari bebas ke tiang pemberhentian yang pertama.

Ukuran Lapangan Bola Kasti

Ukuran Lapangan Bola Kasti
whatsapp.com

Untuk olahraga bola kasti yang dimainkan secara tidak resmi, maka lapangan yang dipakai juga tidak harus mengikuti aturan resmi olahraga bola kasti.

Namun, untuk pertandingan-pertandingan bola kasti secara resmi tentunya terdapat beberapa aturan untuk ukuran lapangannya.

Lapangan bola kasti berbentuk persegi panjang. Ukurannya adalah sekitar panjang 60 hingga 70 meter dan lebar 30 meter.

Di dalam lapangan resmi untuk bola kasti terdapat beberapa bagian atau area khusus. Bagian-bagian tersebut adalah area untuk pemain pelempar atau pelambung bola, area pemukul bola, dan area ruang bebas.

Demikian penjelasan mengenai olahraga bola kasti yang meliputi pengertian, sejarah, cara bermain, dan ukuran lapangan bola kasti. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Terimakasih.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *