Senam Irama: Pengertian, Sejarah, Macam-Macam, dan Gerakan Senam Irama (Senam Ritmik)

Pembaca yang budiman, jumpa lagi dengan saya admin mimpibaru.com. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang senam irama. Pembahasannya meliputi beberapa hal, yaitu pengertian dan sejarah senam irama, prinsipnya, jenis-jenisnya, dan banyak hal lagi tentang senam irama.

Pada awalnya senam irama hanya dilakukan oleh wanita. Namun seiring perkembangan zaman, senam irama ternyata juga diminati oleh kaum pria.

Secara umum senam ini dilakukan dengan gerakan-gerakan dasar senam, seperti pemanasan, inti, pendinginan, dan lain sebagainya. Uniknya, senam ini diiringi musik yang khas untuk senam irama.

Bagian pertama dari artikel ini adalah pengertian dan sejarah senam irama. Apa definisi dan pengertian senam irama? Yuk, simak pembahasan berikut!

A. Pengertian dan Sejarah Senam Irama

Pengertian dan Sejarah Senam Irama
youtube.com

Sebelum melakukan sesuatu kita perlu mengetahui definsi atau pengertiannya, termasuk senam irama ini.

Apa pengertian senam irama itu? Cek keterangan di bawah!

1. Pengertian Senam Irama

Senam irama sering juga dikenal dengan nama senam ritmik. Pengertian senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan disertai irama musik senam tertentu.

Senam irama termasuk salah satu cabang olahraga kebugaran senam artistik. Senam ini dilakukan seseorang atau satu kelompok dengan menampilkan koreografi yang menyatu dengan akrobatik.

Olahraga senam irama pernah dipertunjukkan dalam ajang olimpiade tingkat nasional maupun internsional. Hal ini menunjukkan bahwa senam irama sangat diminati oleh masyarakat.

Senam irama ini dapat dilakukan dengan mengggunakan alat-alat yang bisa dipegang dengan tangan (hand aparatur).

Dahulu, senam ini hanya merupakan perpaduan beberapa gerakan bebas. Gerakan dalam senam ini sangat lamban. Senam ini disertai musik atau nyanyian beberapa orang dengan serempak.

Namun dalam perkembangannya, senam irama memiliki sifat kompetitif. Nama senam ini juga berubah menjadi modern rhytmic gymnastic yang artinya adalah senam ritmik modern.

Penduduk mayoritas negara yang melakukan senam irama ini adalah kaum perempuan karena gerakan-gerakannya mirip dengan tari balet. Namun di Jepang justru banyak dipelopori oleh kaum pria.

Itulah pengertian senam irama secara singkat.

2. Sejarah Senam Irama

Senam irama berawal dari ide tiga tokoh olahraga. Mereka adalah Jean Georges Noverre (1727-1810), Francois Delsarte (1811-1871), dan Rudolf Bode (1881-1970).

Para tokoh tersebut melihat pentingnya ekspresi gerak tubuh untuk menciptakan suatu keindahan dengan cara gerak tertentu yang dirangkai.

Selanjutnya, pada abad ke-19 ide tersebut dikembangkan Peter Henry Lingpada dalam suatu sistem latihan bernama Swedish System atau Sistem Swedia.

Dari gerakan yang bebas tersebut kemudian dipromosikan sebagai Gymnastik Estitis. Caranya adalah dengan mengekspresikan diri melalui perasaan dan emosi melalui gerakan tubuh.

Kemudian pada tahun 1837, ide tersebut dikembangkan oleh Catharine Beecher, seorang pendiri institute Western Female di Ohio Amerika Serikat.

Kembangan tersebut dikemas dalam bentuk program pelatihan yang dikenal dengan Grace Without Dancing. Pada program ini, pesenam wanita berlatih gerakan sederhana dan gerakan kompleks dengan diiringi musik.

Pada tahun 1900, gaya-gaya gerakan tersebut dikombinasikan di Gymnastics Rhytmic Swedia dan di tempat-tempat lainnya.

Modernisasi semakin marak hingga pada tahun 1929 Hinrich Medau mendirikan sekolah di Berlin dan menciptakan gagasan Gymnastik modern. Pada gagasan ini dia menciptakan sistem gerak senam artistik dengan menggunakan bola, tali, pita,simpai, dan gada sebagai alat bantu.

Pada awalnya senam ini dikenal dengan nama senam gimnastik, lalu berubah menjadi olah gimnastik ritmis. Kemudian diubah lagi menjadi senam gimnastik ritmis atau senam ritmis.

Sejarah kompetisi senam irama dimulai pada tahun 1940 di Rusia. Kemudian pada tahun 1961 organisasi FIG memasukan senam tersebut sebagai salah satu cabang senam resmi.

Pertandingan kelas internasional untuk senam irama pertama kali diadakan di Budapest pada tahun 1963, namun masih khusus untuk para atlet individual. Adapun untuk kompetisi grup dimulai di Denmark pada tahun 1967 dalam acara kompetisi Copenhan.

Ketika peminat dan atlet senam irama semakin banyak, para penggagas bidang olahraga memasukkan senam ini dalam olimpiade Los Angles tahun 1984, namun masih khusus kelas individu. Adapun kompetisi kelompok baru dimasukkan olimpiade Atlanta pada 1996.

B. Pengertian Prinsip Senam Irama

Pengertian Prinsip Senam Irama
youtube.com

Dalam olahraga senam irama terdapat tiga prinsip yang harus Anda ketahui. Prinsip-prinsip tersebut harus diterapkan ketika melakuka gerakan senam irama.

Apa saja prinsip dalam senam irama?

Berikut ini akan dijelaskan tiga pengertian prinsip senam irama. Simak terus ya!

1. Pengertian Irama dalam Senam Irama

Prinsip irama dalam senam ini merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari.

Pengertian irama tidak selalu mengacu pada alunan musik. Maksud irama pada senam ini adalah ritme gerakan tubuh dengan tempo cepat, sedang, dan lambat sebagai mobilitas dan levelitas tubuhya.

Adapun alunan musik dalam senam ini digunakan untuk membantu menciptakan nuansa agar atlet dapat menghayati gerakan-gerakan yang dia lakukan.

2. Pengertian Kontinuitas Gerak Senam Irama

Prinsip selanjutnya adalah kontinuitas gerak. Kontinuitas gerak adalah rangkaian gerak yang bersatu dalam koreografi senam irama.

Gerakan dalam senam irama tidak hanya merupakan gabungan beberapa jenis gerakan.

Gerakan dalam senam ini merupakan rangkaian gerakan yang tersusun dari konsep-konsep kuat dan  ide gagasan tertentu. Dengan demikian, kontinuitas gerak koreografi dapat mengalir layaknya sebuah kisah yang disampaikan melalui gerakan tubuh.

3. Pengertian Fleksibilitas Tubuh Senam Irama

Fleksibilitas tubuh merupakan hal yang penting dalam olahraga senam irama. Unsur fleksibilitas tubuh ini bahkan menjadi prinsip dasar dalam senam irama.

Pengertian fleksibilitas tubuh adalah kemampuan tubuh dalam menciptakan atau melakukan gerakan dengan alat bantu maupun tanpa alat bantu.

Sebagai catatan penting, prinsip senam irama yang satu ini harus terus dilatih, baik atlet pemula maupun atlet profesional.

C. Macam-Macam Senam Irama

Macam-Macam Senam Irama
materiolahraga.com

1. Senam Irama dengan Alat Bantu Berupa Pita

Untuk macam senam irama yang pertama ini, masing-masing atlet senam diizinkan menggunakan alat bantu berupa pita. Pita tersebut dimainkan oleh atlet dengan berbagai jenis gerakan , gaya, dan cara.

Cara menggunakan pita tersebut dapat dilakukan dengan memutarnya dalam pola-pola kecil, melemparkannya, atau dengan cara-cara lainnya.

2. Senam Irama dengan Alat Bantu Berupa Bola

Ini merupakan macam senam irama yang kedua. Kali ini senam irama dilakukan dengan alat bantu berupa bola berukuran kecil.

Apabila atlet senam irama melakukan senam secara individu atau seorang diri maka bola yang digunakan hanya satu.

Namun jika atlet melakukannya secara berkelompok, maka jumlah bola yang digunakan juga menyesuaikan jumlah atlet dalam satu kelompok tersebut. Akan tetapi mereka diperbolehkan untuk saling menggunakan bola temannya.

Cara memainkannya adalah dengan digelindingkan, dilemparkan, atau dengan gerakan-gerakan lainnya.

3. Senam Irama dengan Alat Bantu Berupa Simpai

Salah satu alat yang digunakan dalam senam irama adalah simpai. Cara menggunakannya adalah dengan melempar dan ditangkap, atau diputar di berbagai bagian tubuh.

4. Senam Irama dengan Alat Bantu Berupa Gada

Senam dengan gada ini dilakukan ketika bermain secara berkelompok. Setiap atlet dapat memegang dua buah gada dengan satu atau dua tangan sekaligus.

Gada dalam senam ini dimainkan dengan cara dilempar ke udara, mulai dari gerakan yang mudah sampai yang paling sulit.

5. Senam Irama dengan Alat Bantu Tali

Macam-macam senam irama yang terakhir adalah senam irama dengan menggunakan alat bantu berupa tali.

Cara menggunakan tali dalam senam irama ini sama persis dengan senam irama yang menggunakan pita.

D. Unsur-Unsur Senam Irama/Ritmik

Pengertian Unsur-Unsur Senam Irama/Ritmik
gudangpelajaran.com

Terdapat banyak unsur yang harus diperhatikan ketika melakukan senam irama. Unsur-usur tersebut akan mempengaruhi kualitas senam yang dilakukan oleh seorang atlet.

Apa saja unsur-unsur dalam senam irama?

1. Kelenturan Tubuh

Unsur paling menetukan adalah kelenturan tubuh atlet. Manfaat unsur ini adalah untuk membentuk pola gerakan tubuh. Hal ini menjadi sangat penting karena senam selalu identik dengan gerakan yang lunglai.

2. Kekuatan Tubuh

Selain kelenturan, kekuatan tubuh juga sangat diperlukan ketika melakukan senam irama. Unsur ini menjadi pondasi setiap atlet.

Semakin tinggi kekuatan seorang atlet, maka senam yang dilakukan semakin bagus dan menarik.

3. Keseimbangan Tubuh

Unsur yang ketiga dalam senam irama adalah keseimbangan tubuh. Unsur ini sangat berguna dalam koreografi gerakan.

Unsur keseimbangan ini banyak dibutuhkan dalam gerakan yang sulit. Gerakan yang sulit dalam senam irama adalah berputar dengan titik tumpu satu kaki.

4. Keterampilan Tubuh

Unsur keterampilan sangat berguna untuk menambah kreativitas gerakan seorang atlet senam irama.

Semakin banyak kreativitas atlet maka nilai dan kulaitas senamnya juga semakin menjadi baik.

5. Ketepatan dalam Senam Irama

Unsur ketepatan ini membutuhkan perhitungan yang matang. Beberapa hal yang harus diperhitungkan adalah jumlah pola langkah pada ruangan, detik jatuhnya gerakan, dan kesesuaian musik dengan gerakan.

6. Keluwesan dalam Senam Irama

Keluwesan dalam senam irama menunjukkan kegigihan seorang atlet ketika dia berlatih.

Fungsi dari unsur keluwesan dalam senam irama adalah ketika atlet membutuhkan gerakan improvisasi.

Keluwesan yang dimaksud tidak hanya dari bagian tubuh saja, namun juga respon yang dilakukan dalam berbagai hal ketika senam berlangsung.

7. Keindahan Senam Irama

Unsur keindahan dalam senam irama menjadi poin yang sangat penting karena senam irama merupakan bentuk keindahan gerak tubuh.

Selain itu, unsur keindahan menjadi penting karena terlahir dari seni pertunjukan. Keindahan dan keasihan menjadi elemen yang terus menempel serta menjadi elemen utama selam senam irama.

E. Gerakan Senam Irama

Pegertian Gerakan Senam Irama
percepat.com

1. Gerakan Inti Senam Irama

Gerakan inti senam irama adalah gerakan-gerakan dasar yang harus dipelajari oleh atlet senam. Berawal dari gerakan tersebut seorang atlet dapat membuat irama dan koreografi sendiri.

Terdapat tiga gerakan dasar dalam dalam senam , yaitu gerakan senam lantai, gerakan akrobatik, dan gerakan tari seperti balet.

Beberapa jenis gerakan senam yang harus dikuasai oleh seorang atlet senam irama adalah:

  • Gerakan rooling depan dan belakang yang dimulai dari bawah atau dari posisi berdiri
  • Gerakan gulingan dengan punggung sebagai tumpuan pada lintasan bisa depan, belakang, dan samping
  • Split samping dan depan dengan posisi split dan duduk dengan posisi berdiri
  • Kayang
  • Salto depan atau belakang
  • Handstand
  • Meroda
  • Headstand
  • Sikap lilin
  • Gerakan dasar tari balet
  • Gerakan dasar senam yoga

Gerakan-gerakan di atas hanya merupakan beberapa contoh yang dapat dipelajari dalam senam irama. Tujuan dari gerakan-gerakan tersebut adalah untuk menciptakan gerakan yang rumit dan menggunakan alat senam.

2. Gerakan Senam Irama dengan Alat

Alat yang digunakan untuk melakukan senam irama dengan alat bantu adalah bola, tali, gada, pita dan simpai. Berikut ini adalah beberapa contoh gerakan senam irama yang menggunakan alat.

  • Atlet masuk ke lapangan sambil menyiapkan peralatan yang dipakai, sekaligus bersiap dengan posisi memulai senam. Gerakan ini merupakan gerakan awal yang dilakukan oleh atlet senam.
  • Bagi atlet yang mengunakan bola, biasanya dia memainkannya dengan cara melemparkan bola tersebut. Setelah itu, dia melakukan gerakan tertentu dan disusul dengan menangkap bola menggunakan tangan kanan. Posisi tangan kanan terangkat dan telapak kanan terbuka.
  • Apabila atlet menggunakan pita terdapat beberapa gerakan, yaitu dengan berputar kemudian salah satu tanganya memegang stik pita dan memutar sampai membentuk pola tertentu.
  • Senam irama yang dilakukan dengan alat berupa tali memiliki kesamaan dengan gerakan kreativitasnya seperti menggunakan pita.
  • Senam irama yang menggunakan gada memiliki gerakan seperti melempar gada ke atas. Selain itu, dapat juga atlet melakukan salto di tempat dan bersiap menangkap gada.
  • Atlet yang menggunakan simpai melakukan gerakan dengan salah satu kakinya pada posisi kayang sehingga terlihat seperti salah satu kakinya yang menyangga tubuh.

Beberapa gerakan di atas adalah contoh gerakan senam irama atau ritmik dengan menggunakan alat. Meskipun demikian, gerakan yang dilakukan setiap atlet berbeda-beda tergantung perkembangan kemampuan dirinya masing-masing.

F. Manfaat Senam Irama

Pengertian Manfaat Senam Irama
google.go.id

Mengapa banyak orang tertarik melakukan senam irama? Dan apa saja manfaat dari senam irama bagi tubuh manusia? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Terdapat banyak manfaat dari senam irama untuk tubuh masusia, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membakar lemak dan kalori yang terdapat dalalm tubuh manusia
  2. Membantu orang yang obesitas menurunkan berat badannya
  3. Memperbaiki bentuk fisik
  4. Meningkatkan atau menjaga kesehatan jantung
  5. Memperbaiki keseimbangan tubuh
  6. Membuat mental semakin sehat
  7. Kesehatan dan kebugaran badan
  8. Membuat diri lebih percaya diri dan bahagia
  9. Membangun interaksi sosial dan dinamika kelompok yang terjalin dengan baik
  10. Meningkatkan perkembangan otak dengan pikiran
  11. Membuat perasaan lebih bahagia
  12. Menghilangkan stres
  13. Memiliki pola hidup yang aktif
  14. Mencegah timbulnya penyakit

Dari beberapa macam manfaat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa senam irama ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan jasmani sehingga tubuh atlet senam irama dapat terjaga kesehatan dan kebugarannya.

Selain manfaat bagi kesehtan jasmani di atas, senam irama juga terdapat manfaat lain. Salah satunya adalah bagi penonton. Manfaat yang mereka dapatkan adalah rasa senang dengan hiburan pertunjukan senam tersebut serat menjadi daya tarik bagi penonton untuk ikut melakukan kegiatan olahraga.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa materi tentang senam irama atau ritmik. Semoga dapat membantu Anda untuk menambah wawasan serta bermanfaat bagi semuanya.

Terimakasih.

Tinggalkan komentar