Pengertian, Teknik Dasar, dan Macam-Macam Gaya Lempar Cakram

Pengertian Lempar Cakram

Dear pembaca yang budiman, jumpa lagi dengan saya admin mimpibaru.com. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang olahraga lempar cakram, mengenai pengertian dan sejarahnya, teknik-teknik dasar dan macam-macam gayanya, serta beberapa hal lain yang berkaitan dengan olahraga tersebut.

Informasi lengkap tentang olahraga lempar cakram ini akan dibahas dan diuraikan di bawah. Yuk, simak uraian berikut!

Pengertian dan Sejarah Lempar Cakram

Pengertian dan Sejarah Lempar Cakram
jurnalponsel.com

Pada bagian pertama akan dijelaskan mengenai pengertian olahraga lempar cakram. Selanjutnya pada bagian kedua akan dibahas mengenai sejarahnya.

Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik pada nomor lempar. Pada olahraga ini, seorang atlet akan melempar cakram sejauh-jauhnya dengan kekuatan penuh.

Olahraga ini dilakukan di lapangan yang luas dan tentunya harus sesuai dengan standar ukuran lapangan lempar cakram.

Dalam bahasa Inggris, olahraga lempar cakram dikenal dengan nama Discus Throw.

Adapun yang dimaksud dengan cakram adalah sebuah benda berbahan dasar kayu, memiliki bentuk seperti piringan, dan dibingkai dengan besi.

Selanjutnya mengenai sejarah lempar cakram, olahraga ini sudah sangat tua. Sebagian sumber bahkan menyebutkan bahwa sejak abad ke-5 SM olahraga lempar cakram sudah ada.

Salah satu bukti bahwa olahraga ini sudah sangat tua adalah adanya patung Myron Discobulus di Yunani.

Patung Myron Discobulus adalah sebuah patung berupa seorang pria memegang cakram di tangan kanannya dan terlihat sedang bersiap untuk melemparkan cakram tersebut.

Olahraga atletik lempar cakram ini pernah menjadi cabang olahraga yang sangat bergengsi dalam sejarah olimpiade pada tahun 1986.

Di Indonesia, olahraga ini mulai berkembang pada pada masa penjajahan Jepang, yaitu antara tahun 1942 hingga 1945.

Awalnya olahraga atletik yang satu ini hanya diminati oleh kaum pria. Namun dengan perkembangannya, olahraga ini juga banyak diminati oleh para wanita.

Pengertian Macam-Macam Gaya Lempar Cakram 

Pengertian Macam-Macam Gaya Lempar Cakram 
serbaez.com

Ketika bermain olahraga lempar cakram, setiap atlet pasti ingin mendapatkan hasil yang terbaik sebagaimana atlet olahraga lainnya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, para atlet biasanya akan menggunakan gaya tertentu.

Secara garis besar terdapat dua macam gaya yang sering diterapkan oleh para atlet lempar cakram, yaitu gaya samping dan gaya belakang.

Berikut ini penjelasannya.

1. Gaya Samping untuk Lempar Cakram

Gaya samping atau menyamping dalam olahraga lempar cakram dilakukan dengan cara melakukan persiapan melempar pada posisi menghadap ke samping. Pada posisi tersebut, seorang atlet berarti sejajar dengan tangan yang aka dia gunaka untuk melempar.

Sebelum melemparkan cakram di tangannya, seorang atlet akan melakukan dua hal berikut.

Pertama, dia akan mengayunkan tangan pelempar dengan gerakan awalan dari arah samping ke arah depan.

Kedua, dia akan mengukur sudut lemparan. Caranya adalah dengan mengayunkan tangan beberapa kali sebelum akhirnya dia melemparkan cakram sejauh mungkin.

2. Gaya Belakang untuk Lempar Cakram

Tidak banyak berbeda dengan gaya samping, perbedaannya hanya terdapat pada posisi tubuh ketika memulai gerakan awalan.

Setiap gaya pasti memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Pada gaya belakang ini kelebihannya adalah seorang atlet bisa menentukan momentum yang lebih bagus daripada gaya samping.

Disamping kelebihan tersebut, gaya ini juga memiliki sisi kekurangan. Kekurangan tersebut adalah gaya ini lebih sulit diterapkan karena seorang atlet tidak dapat menentukan titik lemparan sebagaimana pada gaya samping.

Tahapan untuk melakukan gaya belakang ini adalah sebagai berikut.

Pertama, seorang atlet memulai dengan membuat gerakan setengah lingkaran sebelum melemparkan cakram.

Kedua, ketika sudah benar-benar siap dia akan melemparkan cakram tersebut sekuat tenaga ke arah depan.

Pengertian Teknik Dasar Lempar Cakram

Pengertian Teknik Dasar Lempar Cakram
essay.co.id

Olahraga atletik lempar cakram merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan teknik untuk melakukannya.

Bagi para atlet mungkin teknik-teknik dasar sudah tidak terlalu penting. Namun bagi para pemula, teknik-teknik tersebut sangat penting untuk dipelajari.

Tujuan dari teknik dasar adalah agar dapat bermain olahraga ini dengan baik dan benar, serta menyenangkan.

Baca juga: Teknik Dasar Beladiri Pencak Silat LENGKAP Beserta Sejarahnya.

Setidaknya terdapat empat teknik dasar lempar cakram. Berikut ini pembagian dan pengertian empat teknik dasar lempar cakram tersebut.

1. Teknik Dasar Memegang Cakram 

Sebagai langkah pertama, yang harus dipelajari oleh pemain olahraga lempar cakram adalah teknik memegang cakram.

Memang sekilas teknik ini terlihat sepele. Namun ternyata kesalahan dalam memegang cakram akan berakibat fatal.

Ada beberapa langkah untuk melakukan teknik dasar memegang cakram, yaitu sebagai berikut.

  1. Pastikan Anda memegang cakram dengan menggunakan tangan bagian telapak tangan, sementara jemari Anda mengcengkeram erat cakram tersebut. Langkah ini berlaku untuk tangan kanan maupun kiri, tergantung kemampuan Anda.
  2. Letakkan tangan kanan di atas cakram bagian tengah. Kemudian buka semua jemari dengan sedikit renggang kecuali ibu jari. Fungsinya adalah sebagai penutup bagian pinggir cakram.
  3. Ibu jari diletakkan di tempat manapun yang nyaman.

2. Teknik Dasar Awalan Lempar Cakram

Teknik berikutnya adalah teknik dasar awalan untuk olahraga lempar cakram. Ini merupakan teknik dasar kedua setelah teknik memegang cakram.

Teknik dasar yang satu ini sangat penting untuk dipelajari karena berpengaruh sangat besar terhadap keberhasilan permainan.

Dengan teknik awalan yang baik maka hasil permainan juga akan sempurna dan semakin optimal.

Langkah-langkah untuk melakukan tenik dasar awalan lempar cakram adalah sebagai berikut.

  1. Patikan badan Anda dalam posisi berdiri ke arah samping atas pada lemparan dan bukalah kedua kaki selebar bahu. Sebagai catatan, upayakan kaki tetap rileks dan sedikit ditekuk.
  2. Tetap fokus pada gerakan awalan berjalan dengan baik. Selanjutnya diikuti ayunan cakram ke arah samping kanan, belakang, dan kiri secara berulang. Setidaknya ulangi gerakan tersebut dua atau tiga kali.
  3. Selanjutnya, putarlah badan Anda secara cepat. Putaran terhadap bagian bawah tubuh mendahului bagian atas tubuh.

NB: Catatan penting, pada teknik awalan ini sering terjadi kegagalan karena dua hal. Yang pertama, pegangan cakram kurang kuat. Kemudian yang kedua, atlet tidak melakukan ayunan dengan benar / tidak disertai dengan gerakan lanjutan.

3. Teknik Dasar Melempar Cakram

Setelah mempelajari teknik awalan, Anda perlu mempelajari teknik berikutnya, yaitu teknik dasar untuk melempar cakram dengan baik dan benar. Berikut ini keterangan langkah-langkahnya.

  1. Tolakkan pada kaki kanan supaya panggul bisa diangkat ke atas. Kemudian, doronglah kaki kanan ke arah depan dan atas.
  2. Patikan badan tetap dicondongkan ke arah kanan dan perlahan diputar ke arah kiri. Kemudian diikuti gerakan putaran panggul ke kiri juga.
  3. Gunakan kaki kiri sebagai tumpuan badan. Letakkan badan ke arah lemparan kemudian lempar cakram kearah depan atas dengan kekuatan penuh.
  4. Lemparkan cakram setinggi dagu dengan sudut 90 derajat. Kemudian cakram dilepaskan dengan putaran searah jarum jam. Pelepasan cakram adalah ketika berada di muka bahu.
  5. Sebagai catatan tambahan, apabila cakram dilemparkan sebelum mencapai muka bahu maka lemparan akan gagal. Lemparan hanya mencapai jarak dekat dan tidak keluar di daerah yang telah ditentukan. Namun apabila pelepasan cakram terlambat, maka lemparannya akan keluar dari daerah lemparan dan hasilnya tidak bagus.

4. Sikap Akhir Lempar Cakram dan Pengertiannya

Teknik dasar yang terakhir adalah sikap akhir ketika melempar cakram. Teknik ini juga harus Anda pelajari agar hasil permainan benar-benar memuaskan.

Langkah-langkah sikap akhir adalah sebagai berikut.

  1. Pindahkan kaki kanan Anda ke arah depan dengan posisi sedikit ditekuk. Tujuannya adalah untuk mencegah supaya badan tidak keluar daerah lingkaran yang telah ditetapkan. Pandangan tetap fokus menuju jatuhnya cakram dan letakkan kaki kiri di belakang.
  2. Pastikan badan dalam posisi berdiri seperti semula serta keluar dari lingkaran sampai melewati bagian belakang. Usahakan tidak keluar lingkaran dengan cara lari maupun melompat.

Demikian penjelasan tentang olahraga atletik lempar cakram, mengenai pengertian, sejarah, teknik-teknik dasar, dan macam-macam gayanya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu menambah wawasan Anda.

Terimakasih.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *