Pengertian Bulu Tangkis LENGKAP dengan Peraturan Permainannya

pengertian bulu tangkis

Pengertian bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang saat ini sudah menjamah kelas dunia internasional sebagaimana sepak bola dan bola basket.

Cabang olahraga ini awalnya berasal dari negeri tirai bambu atau lebih dikenal dengan Tiongkok. Akan tetapi 2000 tahun yang lalu olahraga ini sempat dikembangkan di Mesir Kuno.

Pada awalnya olahraga bulu tangkis belum menggunakan kok (shuttlecocks) dan raket sebagai alat pukulnya. Akan tetapi hanya menggunakan bola kecil dan kaki untuk memukulnya.

Ketentuan pemenang permainan ini adalah orang yang berhasil mengamankan bola tanpa tangan agar tidak jatuh ke tanah dengan waktu paling lama.

Bulu tangkis tersusun dari dua suku kata asli bahasa Indonesia.

Disebut bulu karena bahan yang digunakan untuk membuat kok (shuttlecocks) adalah bulu. Biasanya bulu yang dipakai adalah bulu entok.

Penamaan tangkis berawal dari cara permainannya, yaitu kok harus ditangkis ketika menghampiri area lapangan suatu tim.

Ketika digabungkan menjadi bulu tangkis. Sehingga maknanya kira-kira adalah suatu permainan dengan objek kok yang ditangkis dengan raket ketika masuk ke area lapangan.

Pengertian Sejarah Bulu Tangkis

pengertian sejarah bulu tangkis
pixabay.com

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang mendunia, mirip dengan olahraga bola basket.

Negara yang disebut-sebut sebagai penemu olahraga bulu tangkis ini adalah Cina atau Tiongkok. Meskipun begitu, ada juga beberapa pihak yang mengatakan negara India sudah lebih dulu menemukan sebelum Cina.

Di belahan dunia yang lain, ada juga negara Inggris yang sudah mengenal olahraga ini sejak lama.

Di beberapa kota Inggris anak-anak kecil bermain dengan permainan yang mirip dengan bulu tangkis. Mereka juga menggunakan kok sebagai objek permainan.

Permainan anak-anak kecil tersebut dikenal dengan nama Battledores dan Shuttlecocks. Permainan ini melibatkan dayung atau tongkat. Dayung tersebut digunakan untuk menjaga kok agar tidak jatuh ke tanah.

Belakangan, Inggris mengekspor permainan ini ke negara Jepang dan Thailand. Beberapa waktu kemudian anak-anak kecil di wilayah Jepang dan Thailand juga bermain olahraga ini.

Perubahan nama olahraga ini menjadi Badminton Battledore terjadi pada tahun 1860. Orang yang memopulerkannya bernama  Isaac Spratt. Dia menggunakan media pamflet untuk mengenalkannya ke dunia.

Aturan-aturan permainan olahraga bulu tangkis ini dibuat pertama kali pada tahun 1887 oleh klub bernama Klub Badminton Bath.

Wilayah yang paling banyak melaksanakan ajang-ajang kompetisi olahraga bulu tangkis ini adalah Asia Timur dan Tenggara.

Pengertian Lapangan Bulu Tangkis

lapangan bulu tangkis
google.com

Tempat permainan bulu tangkis adalah di lapangan. Lapangan bulu tangkis sebenarnya hampir sama atau mirip dengan lapangan bola voli.

Bentuk lapangan yang digunakan untuk olahraga bulu tangkis adalah persegi panjang.

Rincian ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan BWF adalah sebagai berikut:

  • Panjang lapangan: 13,40 meter.
  • Lebar lapangan: 6,10 meter.
  • Jarak antara garis servis depan dengan garis net: 1,98 meter.
  • Jarak antara garis tengah dengan garis samping lapangan: 3,05 meter.
  • Jarak antara garis servis belakang dengan garis belakang lapangan: 0,76 meter. Ini khusus permainan ganda.
  • Untuk permainan tunggal, jarak antara garis samping dengan garis pinggir lapangan: 0,46 meter.
  • Tinggi tiang untuk net: 1,55 meter, sedangkan tinggi net: 1,52 meter

Lapangan bulu tangkis diberi garis-garis di sekitar lapangan untuk membatasi ruang gerak para pemain.

Warna garis-garis tersebut harus sangat kontras dengan warna lapangan. Warna garis yang biasa dipakai adalah kuning atau putih. Lebar garis ini adalah 40 mm.

Lantai lapangan tidak boleh berbahan beton atau bahan keras lainnya karena berisiko mencederai pemain ketika jatuh. Lantai atau permukaan lapangan bulu tangkis yang direkomendasikan terbuat dari bahan kayu alami atau bahan sintetis yang lunak.

Jaring net untuk bulu tangkis dipasang di bagian tengah lapangan. Tinggi jaring adalah 1,55 meter dari permukaan lapangan. Warna jaring harus berwarna gelap kecuali bagian bibir jaring harus berwarna putih dan ketebalannya adalah 75 mm.

Pengertian Raket Bulu Tangkis

pengertian raket bulu tangkis
google.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal raket bulu tangkis.

Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu berat raket, tingkat kelenturan batang raket dan diameternya, bentuk frame raket, serta bahan raket

Pengertian Ukuran Berat Raket Bulu Tangkis

Terdapat beberapa ukuran berat raket untuk olahraga bulu tangkis. Ukuran beratnya ditandai dengan kode ‘U’. Semakin tinggi nilai ‘U’ maka semakin ringan raket tersebut. Sebaliknya, semakin rendah nilai ‘U’ raket semakin berat.

Setidaknya ada 5 jenis ukuran ‘U’ pada raket bulu tangkis.

  1.   U =  95-99 gram
  2. 2U =  90-94 gram
  3. 3U =  85-89 gram
  4. 4U =  80-84 gram
  5. 5U =  75-79 gram

Lalu, manakah ukuran berat raket yang direkomendasikan? Semua tetap tergantung kepada pengguna atau pemain bulu tangkis.

Raket yang berat memiliki power keras. Raket ini digunakan para pemain berotot tangan yang kuat. Kelebihan raket ini adalah pemain tidak perlu mengeluarkan tenaga banyak ketika melakukan smash. Kekurangannya adalah terlalu sulit untuk dikontrol, terutama pemain dengan lengan kecil.

Raket dengan ukuran berat yang ringan lebih mudah untuk dikontrol. Akan tetapi juga memiliki sisi kekurangan. Kekurangan raket ini adalah pemain harus mengeluarkan tenaga full ketika melakukan smash.

Tingkat Kelenturan Batang Raket

Cara mengetahui tingkat kelenturan batang raket yang akan dibeli adalah dengan memegang kepala dan pegangan raket. Cobalah untuk membengkokkannya secara perlahan-lahan dan hati-hati.

Selain itu Anda juga bisa coba lakukan twist atau puntiran. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menguji akurasi placing shutllecock. Percobaan-percobaan ini harus Anda lakukan dengan hati-hati dan penuh perasaan.

Semakin lentur batang raket maka kualitasnya semakin baik. Berikut ini beberapa keuntungan raket yang berbatang lentur.

  • Dapat memberikan pantulan yang bagus ketika diayunkan.
  • Raket tipe ini cocok untuk pemain yang sering menggunakan teknik stroke atau bertahan.
  • Raket ini bagus digunakan dalam menghadapi serangan smash keras dari lawan.
  • Cocok untuk pemula yang baru belajar bulu tangkis.

Jangan lupa pilihlah gagang raket yang diameternya sesuai dengan ukuran tangan Anda.

Bentuk Frame Raket Bulu Tangkis

Terdapat dua macam tipe frame raket bulu tangkis, yaitu tipe Frame Konvensional (bentuknya oval) dan tipe  Frame Isometric (bentuknya mendekati persegi).

Frame Isometric memiliki spot pukulan yang baik di bantalan senar yang lebih luas. Akibatnya akan ada banyak kesempatan bagi pemain untuk menciptakan pukulan yang cantik dan unik.

Sedangkan Frame Konvensional memiliki spot atau titik untuk melakukan pukulan yang baik lebih sedikit dari pada yang ada pada Frame Isometric.

Bahan Raket

Raket bulu tangkis tradisional terbuat dari bahan kayu.

Beberapa tahun kemudian, aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih untuk menggantikan bahan kayu.

Dan saat ini, hampir semua raket bulu tangkis profesional terbuat dari bahan serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang bagus.

Akan tetapi, beberapa produsen raket bulu tangkis masih menggunakan bahan baja atau aluminium pada sebagian bahkan keseluruhan raket.

Perlengkapan Olahraga Bulu Tangkis

Perlengkapan Olahraga Bulu Tangkis
google.com

Melakukan olahraga permainan bulu tangkis akan lebih nyaman ketika pemain memiliki perlengkapannya.

Apakah tidak cukup raket dan kok saja yang dibutuhkan ketika bermain bulu tangkis? Sebenarnya sudah cukup, akan tetapi kurang nyaman.

Lalu apa yang harus dipersiapkan agar berolahraga bulu tangkis menjadi nyaman? Anda dapat temukan jawabannya di bawah ini!

  • Raket

Perlengkapan pertama adalah raket. Siapkan raket bulu tangkis yang sesuai dengan Anda. Jangan lupa pilih raket yang berkualitas bagus agar permainan Anda terasa nyaman.

  • Kok (Shuttlecocks)

Perlengkapan selanjutnya adalah kok. Kok dijadikan sebagai bola yang dijadikan objek permainan dan dipukul menggunakan raket.

Badan federasi bulu tangkis dunia (BWF) mengeluarkan beberapa ketentuan dalam pembuatan kok. Berikut ini ketentuan-ketentuannya.

  1. Kok harus memiliki 16 buah bulu.
  2. Semua bulu harus memiliki panjang yang sama yaitu antara 62 mm sampai 70 mm.
  3. Ujung bulu harus membentuk lingkaran dengan panjang diameter antara 58 mm hingga 68 mm.
  4. Semua bulu harus membentuk satu kesatuan yang kuat.
  5. Pangkal kok yang berbentuk setengah bola harus memiliki panjang diameter antara 25 mm hingga 28 mm.
  6. Berat kok seluruhnya harus antara 4,47 gram hingga 5,50 gram.

Dahulu, bulu yang digunakan adalah bulu ayam. Akan tetapi setelah melewati beberapa uji coba dan pengalaman, akhirnya diganti dengan bulu angsa putih. Bulu angsa lebih kuat daripada bulu ayam.

  • Sepatu

Ketika bermain bulu tangkis pemain harus bergerak dengan cepat. Langkah kaki harus benar-benar kokoh agar tidak jatuh. Oleh karena itu, pemain harus menggunakan sepatu bulu tangkis.

Usahakan sepatu bulu tangkis Anda memiliki sol karet kuat untuk mencengkeram lantai dengan baik. Selain itu dinding sisi harus bertulang agar tahan lama selama Anda melakukan tarik-menarik.

Sepatu ini digunakan untuk menghindari stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.

Pengertian Peraturan Bulu Tangkis

Peraturan Bulu Tangkis
google.com

Setiap pemain atau pasangan berdiri pada posisi berseberangan dengan kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis.

Permainan bulu tangkis dimulai ketika salah satu pemain melakukan servis terhadap kok.

Perolehan poin terjadi apabila pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan).

Permainan berakhir ketika salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.

Ada sedikit ketentuan khusus untuk permainan bulu tangkis ganda.

  • Sistem Pindah Bola
  1. Sebelum pertandingan, tentukan dahulu pemain dari tiap-tiap pasangan yang menjadi “orang pertama”. Ini berlaku untuk setiap set.
  2. Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi “orang pertama” saat melakukan servis.
  3. Setiap pemain mendapatkan kesempatan servis sebanyak dua kali sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.
  4. Ketika pindah bola, servis pertama dilakukan pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh “orang pertama” lagi.
  • Sistem reli poin
  1. Setiap pemain ganda hanya mempunyai kesempatan servis satu kali, tanpa servis kedua.
  2. Servis dilakukan pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diperoleh pasangan tersebut.
  3. Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diperoleh lawan.

Pengertian Teknik Dasar Bulu Tangkis

pengertian teknik bulu tangkis
google.com

Pernah dengar nama Jonatan Christie dan Anthony Ginting? Mereka adalah atlet bulu tangkis putra Indonesia yang berjaya pada tahun 2019.

Apa kunci yang mengantarkan mereka kepada kesuksesan itu?

Mereka adalah para pemain yang dilatih dengan baik. Kedisiplinan dalam latihan dan penguasaan terhadap teknik-teknik bulu tangkis menjadi poin penting.

Tak ada keberhasilan yang diraih tanpa melewati kegagalan karena kegagalan merupakan proses kesuksesan. Begitulah mereka para atlet bulu tangkis. Pahit dan kerasnya proses latihan berhasil mereka lewati dan berbuah kesuksesan.

Teknik-teknik dalam permainan olahraga bulu tangkis mereka kuasai setelah berlatih bertahun-tahun lamanya.

Lalu, apa saja teknik yang harus dikuasai oleh pemain bulu tangkis? Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini!

Posisi Badan (Hitting Position)

Perhatikan posisi badan ketika bermain bulu tangkis, baik ketika bertahan, menerima pukulan kok lawan, ataupun ketika membalas pukulan. Terutama ketika melakukan pukulanjangan sampai salah karena berisiko cedera.

Posisi badan yang benar ketika memukul kok (shuttlecock) adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan badan menyamping ke arah net.
  2. Pastikan kaki kanan di belakang dan kaki kiri di depan. Jangan sampai terbalik.
  3. Pastikan badan berada di belakang kok (shuttleclock).
  4. Bahu ditarik sedikit ke belakang.
  5. Ketika melakukan pukulan, harus ada pergantian posisi bahu kanan dan kiri.

Pengertian dan Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

Jangan salah! Ternyata dalam memegang raket bulu tangkis juga harus menggunakan teknik yang benar agar permainan lebih cantik.

Setidaknya tedapat empat macam teknik memegang raket bulu tangkis. Masing-masing teknik mempunyai sisi keuntungan dan kelebihan.

  • Teknik Forehand Grib

Cara melakukan teknik Forehand Grib adalah sebagai berikut.

  1. Raket dipegang dalam posisi miring.
  2. Ibu jari dan jari telunjuk menempel tangkai raket yang sempit.
  3. Ketika memegang raket tidak boleh diubah-ubah.
Keuntungan teknik ini adalah:
  1. Teknik memegang raket ini mudah untuk melakukan pukulan di sebelah kanan dari tubuh, sehingga bola mudah dipukul dengan pukulan forehand.
  2. Tidak perlu memutar pegangan raket untuk melakukan pukulan ini.
Kelemahan teknik ini adalah:
  1. Diperlukan kekuatan pergelangan tangan dan kekuatan sendi bahu untuk melakukan pukulan backhand.
  2. Agak sulit dalam mengembalikan kok yang berada tepat di depan net.
  • American Grip

Cara melakukan teknik American Grip  adalah sebagai berikut.

  1. Tangan memegang raket di bagian ujung tangkai (handle) seperti memegang pukul kasur.
  2. Ibu jari dan jari telunjuk menempel pada tangkai.

Keuntungan teknik ini adalah:

  1. Teknik memegang American Grip efektif untuk melakukan pukulan smash tepat di depan net.
  2. Mudah memukul bola-bola atas.
  3. Teknik memegang American Grip mudah mengarahkan bola, baik ke kanan maupun ke kiri.

Kelemahan teknik ini adalah kurang efektif untuk melakukan pukulan backhand dan untuk bermain net yang bolanya berada di samping kanan dan kiri.

  • Backhand Grip

Cara melakukan teknik Backhand Grip  adalah sebagai berikut.

  1. Peganglah raket dengan posisi miring.
  2. Pada waktu memegang raket ibu jari berada di bagian belakang batang raket, sedangkan posisi jari lainnya di bagian depan.

Keuntungan teknik ini adalah:

  1. Memukul shuttlecock dengan teknik pegangan ini dapat menghasilkan arah bola yang sulit diduga.
  2. Bola yang dipukul dapat melaju dengan cepat dan keras.

Kelemahan teknik ini adalah pemain mengalami kesulitan mengembalikan bola keras yang arahnya ke tubuh dan samping kanan badan.

  • Combination Grip

Cara melakukan teknik Combination Grip  adalah sebagai berikut.

  1. Raket yang dipegang dalam posisi miring.
  2. Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket. Ibu jari memangkul di tangkai raket pada sisi belakang.  Sedangkan jari-jari yang lain ditekuk di bawah batang raket.

Keuntungan teknik ini adalah mudah mengubah batang raket untuk menyesuaikan arah datangnya bola.

Pengertian Jenis-jenis Pukulan dalam Olahraga Bulu Tangkis

Ada 5 jenis pukulan dalam olahraga bulu yaitu servis, lob, drive, smash, dan dropshoot.

  • Pukulan Servis

Servis adalah pukulan pertama yang dilakukan ketika memulai permainan. Ada beberapa macam servis, diantaranya adalah:

  1. Servis Pendek. Servis ini dapat dilakukan dengan forehand dan backhand.
  2. Servis Tinggi. Servis ini juga dapat dilakukan dengan forehand dan backhand.
  • Pukulan Lob

Lob adalah pukulan yang dilakukan untuk menembakkan kok dengan keras. Tujuannya adalah untuk menyulitkan lawan untuk menangkis karena kecepatan laju kok yang tinggi. Macam-macam pukulan lob adalah:

  1. Pukulan lob forehand overhead
  2. Pukulan lob backhand overhead
  3. Pukulan lob forehand underhand
  4. Pukulan lob backhand underhand
  • Pukulan Drive

Drive adalah pukulan yang menjadikan laju kok mendatar cepat sehingga lawan kesulitan mengembalikan bola. Pukulan ini biasanya diarahkan ke arah kanan atau kiri lawan. Kebanyakan pukulan ini digunakan pada permainan bulu tangkis ganda.

  • Pukulan Smash

Smash adalah pukulan yang keras dan cepat sehingga menyebabkan kok jatuh di daerah lapangan lawan tanpa bisa ditangkis.

  • Pukulan Dropshoot

Dropshot merupakan teknik untuk memukul bola yang diarahkan ke lapangan lawan dekat dengan net. Pukulan ini bisa dilakukan dari atas dan dari bawah kepala.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *