Kumpulan Pengertian dan Macam-Macam Permainan Bola Kecil LENGKAP

Pengertian Bola Kecil

Dunia olahraga di Indonesia mempunyai beberapa cabang. Secara garis besar, olahraga di Indonesia dapat dibagi setidaknya menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah olahraga / permainan bola besar, dan yang kedua adalah olahraga / permainan bola kecil. Pada artikel kali ini akan dibahas secara spesifik tentang pengertian dan macam-macam permainan bola kecil.

Mengapa olahraga juga sering disebut sebagai permainan? Hal tersebut terjadi karena salah satu yang dicari banyak orang dalam olahraga adalah kesenangan.

Pernah mendengar istilah permainan tenis meja? Pasti pernah ya. Nah itulah salah satu contoh permainan bola kecil.

Lantas olahraga atau permainan apalagi yang termasuk dalam kategori bola kecil?

Yuk simak penjelasan berikut!

Pengertian Permainan Bola Kecil

Bola Tenis - Pengertian Bola Kecil
pixabay.com

Sudah pernah mendengar istilah permainan bola kecil? Tenang, kalau belum pernah mendengar istilah tersebut Anda bisa mempelajarinya di artikel kali ini.

Pengertian olahraga atau permainan bola kecil adalah salah satu cabang olahraga Indonesia yang menggunakan bola berukuran kecil sebagai objek permainan. Ketika melakukan olahraga permainan bola kecil, pemain harus menggunakan alat untuk memukul.

Alat yang dipakai bermacam-macam. Setiap permainan berbeda-beda. Ada yang menggunakan raket, bet, tongkat, dan lain-lain.

Sebagaimana olahraga atau permainan lainnya, permainan bola kecil ini juga mempunyai peraturan-peraturan main yang harus dipetuhi ketika bermain.

Peraturan itu meliputi batasan jumlah pemain, batasan waktu permainan, tempat permainan, dan lain sebagainya.

Sebagian dari permainan bola kecil ini sudah jarang dijumpai atau dilakuka oleh orang zaman sekarang. Contohnya adalah bola kasti. Akan tetapi tidak ada salahnya kita mempelajari tentang permainan tersebut untuk menambah wawasan.

Salah satu faktor yang menjadikan sebagian permainan bola kecil ini menjadi langka adalah kemajuan teknologi. Banyak anak kecil usia sekolah dasar, sekolah menendah pertama, dan sekolah menengah atas lebih memilih bermain gadget daripada olahraga ini.

Hal tersebut tentunya sangat memprihatikan. Usia yang harusnya digunakan untuk pertumbuhan fisik dan kecerdasan justru tidak dimanfaatkan.

Olahgara atau permainan-permainan bola kecil ini sangat banyak manfaatnya, terutama untuk anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Permainan ini dapat melatih kekuatan dan perkembangan otot, melatih kecerdasan, dan mengajarkan arti kebersamaan serta kekompakan sebuah tim.

Dengan bermain permainan bola kecil, tubuh seseorang juga dapat semakin sehat. Permainan jenis ini bisa merangsang hasrat gerak seseorang sehingga tubuh akan lebih sulit diserang oleh penyakit.

Olahraga atau permainan bola kecil ini juga sering dijadika ajang kompetensi, bahkan tingkat internasional. Mulai dari tenis meja atau pingpong, bulu tangkis atau badminton, dan olahraga-olahraga lainnya.

Baca juga: Lapangan Bola Basket

Macam-Macam Olahraga/Permainan Bola Kecil

Bola Baseball - Pengertian Bola Kecil
pixabay.com

Apa saja cabang olahraga atau permainan yang menggunakan bola kecil? Berikut ini akan dibahas secara lengkap macam-macam serta pengertian dari permainan bola kecil. Ada tenis meja, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Selamat membaca.

1. Bulu Tangkis – Pengertian Bola Kecil

Bulu Tangkis - Pengertian Bola Kecil
pixabay.com

Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu olahraga yang sering dimainkan oleh atlet dalam dan luar negri. Kompetisi bulu tangkis juga sering diadakan pada tingkat nasional maupun internasional.

Olahrga ini menggunakan dua alat utama, yaitu shuttlecock sebagai objek pukulan dan raket sebagai alat untuk memukul shuttlecock.

Shuttlecock terbuat dari bulu angsa putih yang disusun dan dibentuk mengerucut sepeti gambar di atas. Sedangkan raket terbuat dari gagang karbon atau besi, di bagian atas dipasang senar agar bisa memantulkan shuttlecock.

Secara umum permainan ini ada lima partai yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Cara mainnya dapat dibaca di artikel tentang olahraga bulu tangkis.

2. Tenis Meja – Pengertian Singkat

Tenis Meja - Pengertian Singkat
pixabay.com

Tenis meja adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang untuk partai tunggal, dan empat orang untuk partai ganda. Olahraga ini juga sering dikenal dengan sebutan ping pong.

Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah bola ping pong berukuran kecil dan bet sebagai alat pemukul bolanya.

Olahraga ini biasanya dimainkan di dalam ruangan tertutup agar bola ping pong tidak terkena angin. Media yang dipakai adalah meja dengan ukuran tinggi 0,76 meter, lebar 1,52 meter, dan panjang 2,74 meter.

Selengkapnya bisa dibaca pada artikel tentang tenis meja secara spesifik.

3. Tenis Lapangan – Pengertian Bola Kecil

Tenis Lapangan - Pengertian Bola Kecil
pixabay.com

Permainan tenis lapangan ini hampir mirip dengan tenis meja. Sekilas, perbedaanya ada pada ukuran alat dan tempat bermainnya. Olahraga ini juga sering dipertandingkan di kelas nasional hingga internasional.

Alat yang digunakan untuk olahraga tenis lapangan adalah bola karet berwarna hijau sebgai objek pukul dan raket sebagai alat pukulnya. Ukuran raket jauh lebih besar daripada raket untuk tenis meja.

Sesuai namanya, olahraga ini dilakukan di lapangan terbuka yang dikelilingi tembok kawat. Tembok kawat ini berfungsi untuk mencegah bola keluar lapangan terlalu jauh.

Olahragai ini dimainkan oleh dua orang dalam partai tunggal, dan empat orang dalam partai ganda. Setiap pemain memegang raket masing-masing. Untuk versi lengkapnya bisa dibaca di artikel tentang tenis lapangan.

4. Bola Kasti – Ulasan Singkat

Bola Kasti - Ulasan Singkat
pixabay.com

Olahraga bola kasti juga sering dikenal dengan istilah gebokan. Bola kasti merupakan olahraga yang sudah mulai jarang dimainkan oleh orang-orang. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kita mempelajarinya.

Bola kasti dimainkan oleh dua kelompok. Tujuan inti dari permainan ini adalah untuk melatih berlari dan kerjasama tim.

Alat yang digunakan untuk bermain olahraga bola kasti adalah bola karet berwarna hijau sebagai objek pukul dan tongkat kayu sebagai alat untuk memukul.

5. Golf – Pengertian Bola Kecil

Golf - Pengertian Bola Kecil
pixabay.com

Olahraga yang satu ini lebih sering dilakukan oleh orang-orang kaya. Olahraga ini dilakukan di lapangan terbuka yang sangat luas. Biasanya lapangan golf mempunyai kualitas yang sangat baik dan mewah.

Olahraga ini menggunakan bola kecil sebagai objek pukulnya dan stik panjang untuk memukul bola tersebut. Targetnya adalah memasukkan bola-bola tersebut ke dalam lubang-lubang yang sudah ditentukan.

6. Baseball – Ulasan Sekilas Pengertian Baseball

Baseball - Ulasan Sekilas Pengertian Baseball
pixabay.com

Olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok tim. Setiap tim beraggotakan 9 orang. Baseball juga dikenal dengan sebutan olahraga bisbol.

Olahraga ini bermain dengan teknik melempar dan menangkap. Tima yang melempar disebut dengan pitcher. Sedangkan tim yang menangkap disebut batter. Tim yang melempar menggunakan tongkat bat untuk memukul bola.

Permainan olahraga ini dilakukan di lapangan terbuka yang mempunyai ukuran sangat luas.

Dalam permainan resmi, olahraga baseball ii diawasi oleh empat sampai enam wasit.

7. Sepak Takraw – Pengertian Singkat

Sepak Takraw - Pengertian Singkat
pixabay.com

Permainan olahraga sepak takraw merupakan olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli. Olahraga ini dimainkan di lapangan pada ruangan tertutup.

Peraturan permainan ini sangat banyak, salah satunya adalah bola hanya boleh disentuh dengan kaki. Tangan tidak boleh menyetuh bola sepak takraw sama sekali. Jika menyentuh makan dianggap kalah.

Permainan olahraga ini dilakukan dengan kerjasama tim sehingga bisa melatih kekompakan dan kebersamaan. Jumlah pemain dalam setiap tim adalah tiga orang.

Bola sepak takraw terbuat dari bahan kayu rotan yang dianyam. Daerah yang banyak memproduksi bola sepak takraw adalah Cirebon.

8. Cricket – Pengertian Olahraga Cricket

Cricket - Pengertian Olahraga Cricket
pixabay.com

Olahraga ini masih agak asing di negara Indonesia. Meskipun demikian, negara-negara Eropa banyak mempertandingkan olahraga ini di kelas nasional mereka.

Olahraga ini menggunakan bola kecil yang terbuat dari bahan karet sebagai objek pukul. Adapun alat untuk memukul bola ini adalah tongkat.

Permainan olahraga ini merupakan salah satu ajang untuk melatih kebersamaan dan kekompakan. Olahraga ini hampir mirip dengan sepak bola. Jumlah pemain dalam setiap tim adalah 11 orang.

9. Bilyard – Pengertian Bola Kecil 

Bilyard - Pengertian Bola Kecil 
pixabay.com

Anak-anak zaman dahulu mengenal permainan yang satu ini dengan nama bola sosok. Olahraga ini merupakan salah satu cabang olahraga yang dijadikan kompetisi tingkat nasional bahkan internasional.

Pemain bilyard memerlukan konsentrasi tingkat tinggi agar berhasil memasukkan bola ke dalam lubang.

Alat yang digunakan untuk bermain olahraga bilyard adalah bola-bola kecil sebagai objek yang dipukul. Cara memukul bola bilyard adalah menggunakan tongkat panjang khusus.

Media yang digunakan untuk bermain olahraga bilyard adalah meja yang cukup luas. Terdapat 6 lubang pada bagian pojok dan samping meja ini.

10. Softball – Pengertian Singkat

Softball - Pengertian Singkat
pixabay.com

Olahraga softball merupakan salah satu permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim mempunyai anggota sebanyak 9 pemain. Setiap pemain harus memiliki keahlian masing-masing untuk melempar dan menangkap bola.

Alat yang digunakan untuk bermain bola softball adalah bola sebagai objek yang dipukul dan tongkat khusus digunakan untuk memukul bola tersebut.

Sebagai pelengkap, pemain olahraga softball menggunakan gloves atau sarung tangan agar lebih terjamin keamanan selama berolahraga.

11. Tolak Peluru

Tolak Peluru
google.com

Olahraga tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga yang paling tua di dunia. Olahraga ini termasuk cabang olahraga atletik.

Tolak peluru dilakukan dengan cara menolak atau mendorong peluru/bola sejauh mungkin. Bola untuk permainan ini terbuat dari logam yang cukup keras.

Olahraga ini dapat dilakukan di lapangan indoor ataupun outdoor karena lapangan yang digunakan tidak terlalu luas.

12. Hockey – Pengertian Bola Kecil

Hockey - Pengertian Bola Kecil
pixabay.com

Permainan hockey merupakan salah satu cabang olahraga permainan bola kecil. Olahraga ini dapat dilakukan oleh pria maupun wanita.

Olahraga ini menggunakan stik pemukul untuk memukul dan bola sebagai objek pukulan.

Ada beberapa jenis permainan hockey, yaitu field hockey, indoor hockey, dan ice hockey.

13. Olahraga Kippers

Olahraga Kippers
google.com

Permainan olahraga kippers merupakan permainan bola kecil yang hampir mirip denan permainan kasti. Jumlah pemain kippers adalah 12 orang pemain.

Olahraga ini dilakukan di lapangan terbuka yang luas. Waktu yang diperlukan untuk permainan ini adalah 70 menit. Permainan dibagi menjadi dua sesi. Tiap sesi 30 menit dan di antara dua sesi ada waktu selama 10 menit untuk istirahat.

Permainan ini memerlukan kerja keras dan kekompakan antar pemain dalam setiap tim.

14. Squash – Pengertian Bola Kecil

Squash - Pengertian Bola Kecil
google.com

Olahraga squash sering dikenal juga dengan sebutan tenis dinding. Olahraga ini termasuk salah satu cabang olahraga bola kecil. Squash pada awalnya diciptaka di kota Inggris.

Permainan ini hampir mirip dengan tenis-tenis yang lainnya. Objek yang dipukul berupa bola kecil. Sedangkan alat yang digunakna untuk memukul adalah raket.

Tempat untuk bermain olahraga ini adalah ruangan tertutup yang berdinding. Permainan dilakukan dengan memukul bola ke dinding.

15. Rounders – Definisi Singkat

Rounders - Definisi Singkat
google.com

Rounders merupakan permainan yang  menggunakan bola kecil dan dilakukan secara beregu. Setiap regu terdiri atas 12 pemain dan 6 pemaian cadangan.

Permaian Rounders adalah  perpaduan antara memukul, menangkap dan melempar bola. Permainan ini memerlukan  kerjasama dan kekompakan  dari semua pemain.

16. Karambol – Pengertian Bola Kecil

Karambol - Pengertian Bola Kecil
google.com

Karambol merupakan salah satu cabang permainan bola kecil. Permainan ini sering dianggap sama dengan billiard oleh sebagian orang.

Berbeda dengan permainan bola kecil lainnya, karambol tidak menggunakan alat untuk memukul bola. Permainan karambol menggunakan objek berupa cakram kecil. Sedangkan alat pukulnya adalah jari masing-masing pemain.

17. Lacrosse – Pengertian Bola Kecil

Lacrosse - Pengertian Bola Kecil
google.com

Permainan lacrosse merupakan permainan olahraga tim. Olahraga ini termasuk permainan bola kecil. Permainan ini banyak dijumpai di Amerika dan Kanada.

Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan bola sebagai objek dan tongkar berjaring sebagai penangkap bola.

Permainan ini dimainkan oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari 10 orang pemain yang dapat bekerja secara kompak.

Nah, itulah pengertian dari permainan bola kecil serta macam-macamnya. Apakah Anda termasuk penggemar salah satu permainan di atas? Komen di bawah ya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *