Perilaku Seorang Muslim yang Baik

Assalamualaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh. Pertama, sebelum memulai kegiatan Imtaq ini saya akan memperkenalkan diri secara singkat. Nama saya Dziky Miswar, asal Solo Jawa Tengah. Saat ini berdomisili di Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Selama masa pandemi dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan cara daring, saya yang akan mengampu kegiatan Imtaq SMPN 8 Kota Kediri. Seperti pada tahun lalu, kegiatan Imtaq dilaksanakan setiap Hari Jumat pada pekan pertama, ketiga, dan kelima setiap bulan.

Pada artikel ini saya akan menyampaikan materi kegiatan Imtaq, lalu pada bagian paling bawah akan saya sertakan beberapa soal latihan untuk uji kepahaman. Materi untuk hari ini adalah dengan tema Perilaku Seorang Muslim yang Baik.

Penjelasan dan uraian tentang tema tersebut adalah sebagai berikut:

Pengertian / Definisi “Muslim”

Secara bahasa, kata muslim memiliki arti orang yang menyerahkan diri kepada Allah. Adapun definisi menurut istilah, muslim adalah sebutan untuk seseorang yang memeluk agama Islam dan berpedoman dengan kitab suci Al-Qur`an.

Terdapat 5 rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh seorang yang mengaku muslim. Lima syarat itu adalah mengucapkan kalimat syahadat, menegakkan shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan, dan haji ke baitullah.

Perilaku Seorang Muslim yang Baik

Sebagai seseorang yang mengaku muslim, kita harus mengenal perilaku-perilaku yang baik. Mulai dari perilaku terhadap sesama, hingga perilaku kepada Allah sebagai Dzat Pencipta kita semua.

Pada materi kali ini, saya akan mengulas secara global tentang perilaku yang harus dimiliki oleh seorang muslim.

Yang pertama adalah perilaku seorang muslim kepada Allah. Sebagai pribadi yang mengaku muslim maka sudah sepantasnya kita menyembah hanya kepada Allah. Perilaku orang muslim yang baik kepada Allah adalah dengan cara taat dan patuh kepada semua aturan Allah.

Ketika Allah memerintahkan dengan satu amalan, maka kita harus melakukannya. Sebagai contoh, Allah memerintahkan untuk shalat maka kita harus shalat. Maka, kita tidak boleh meninggalkan shalat sama sekali.

Begitu juga sebaliknya, Allah melarang kita untuk durhaka kepada orang tua, maka kita tidak boleh durhaka kepada orang tua.

Yang kedua adalah perilaku seorang muslim kepada Nabi Muhammad. Setiap orang yang mengaku muslim harus mengikuti ajaran beliau. Perilaku yang baik kepada beliau adalah dengan cara mengikuti sunnah-sunnahnya.

Yang ketiga adalah perilaku seorang muslim kepada sesama manusia. Bagian ini mencakup banyak orang, mulai dari orang tua, guru, tetangga, dan lain-lainnya.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menekankan pada masalah perilaku seorang muslim kepada orang tua. Setidaknya, ada 2 hal yang perlu kita perhatikan, yaitu:

Mendengarkan Nasehat Orang Tua dan Tidak Membantahnya.

Untuk yang masih mempunyai orang tua, baik ayah maupun ibu, wajib mendengarkan nasehat mereka. Jangan pernah membantah nasehat dari orang tua. Sebagai contoh, ketika kita melakukan suatu kesalahan, lalu diingatkan oleh ayah atau ibu, maka kita harus taat kepada mereka.

Ingat, ridho dan murkanya Allah itu tergantung orang tua. Jika orang tua ridho kepada kita, maka Allah juga ridho kepada kita. Begitu juga sebaliknya, jika orang tua murka kepada kita, maka Allah pun juga murka kepada kita.

 

 

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali membantah nasehat orang tua!

Menjaga Sopan Santun Ketika Berbicara dengan Orang Tua.

Setiap kata yang terucap dari mulut kita akan dicatat dan dinilai oleh Allah. Terlebih, ketika kita berbicara atau berkomunikasi dengan orang tua. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak kasar. Jangan pernah membentak orang tua. Sekali lagi kita harus ingat, bahwa ridho dan murka Allah tergantung orang tua kita, ayah maupun ibu.

 

 

Kita mungkin pernah marah kepada ayah atau ibu. Itu adalah hal yang wajar, dan seringkali terjadi. Namun, semarah apapun kita kepada orang tua, tetap gunakan bahasa yang sopan dan tidak kasar.

Dari uraian di atas, kita faham bahwa menjadi seorang muslim itu tidak mudah. Banyak hal yang harus kita perhatikan, terutama dalam hal perilaku sehari-hari.

Kepada kalian para siswa, yuk marilah semuanya mencoba untuk berperilaku baik kepada siapapun. Dengan perilaku yang baik, insyaallah kalian bisa hidup nyaman di manapun. Bersikaplah sopan dan santun kepada setiap orang yang kalian jumpai, baik secara tatap muka ataupun secara daring.

Terakhir, pesan saya adalah jangan pernah menyakiti hati siapapun. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar tetap sehat dan semoga pandemi ini segera berlalu. Amiin.

Tugas

  1. Sebutkan 5 rukun Islam!
  2. Sebutkan 2 perilaku yang baik kepada orang tua!
  3. Dengan cara apa kita berperilaku baik kepada Nabi Muhammad?
  4. Dengan cara apa kita berperilaku baik kepada Allah?

Keterangan: 

 

  • Jawaban ditulis di kertas dan difoto, lalu dikirim ke nomor Whatsapp saya (0855-4643-9002).
  • Untuk yang membaca meteri melalui web, klik di sini untuk membuka Whatsapp saya.

 

Tinggalkan komentar