Contoh Kerajinan dari Tanah Liat

Dahulu, waktu masih kecil saya sering mainan tanah liat di sawah dekat rumah. Kamu juga pernah? Nah, pada artikel ini saya akan kasih contoh kerajinan dari tanah liat buat kamu.

Dengan memanfaatkan tanah liat, kamu bisa mengasah kemampuan kreasi dan meningkatkan kualitas kreatifitas kamu di bidang seni.

Sebagai pemula, tentunya kamu akan membutuhkan contoh kerajinan apa yang bisa kamu bikin dari tanah liat.

Tenang, pada bab-bab di bawah saya akan jelaskan secara gamblang tentang kerajinan dari tanah liat dan contoh kreasinya yang bisa kamu tiru.

Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan dari Tanah Liat
pixabay.com

Maksud dari ‘kerajinan’ adalah barang-barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan seseorang.

Adapun yang dimaksud dengan ‘tanah liat’ adalah jenis tanah tertentu yang ciri utamanya adalah lengket, lekat, atau lempung.

Dari dua definisi di atas, kita tahu bahwa yang dimaksud dengan ‘kerajinan tanah liat’ adalah segala bentuk kerajinan yang menggunakan bahan baku utama berupa tanah liat.

Pada artikel ini saya akan mencoba memberikan beberapa ide membuat kerajinan dari tanah liat. Tentunya, kerajinan yang akan saya berikan adalah yang simpel dan mudah.

Dengan membuat kerajinan ini diharapkan kamu bisa mengasah lagi skill kreatifitas tangan kamu. Nantinya, kalau sudah mahir kamu bisa memulai mengembangkan ke bidang bisnis.

Contoh Cara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

Contoh Cara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat
mimpibaru.com

Untuk membuat kerajinan dari tanah liat keuletan serta kesabaran sangat diperlukan, karena proses membuatnya yang memerlukan waktu yang cukup lama.

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat kerajinan ini adalah menyiapkan selurah peralatan serta bahan-bahan yang akan digunakan.

Hal ini akan mempermudah pada saat mengerjakan karya dari tanah liat. Sebenarnya banyak cara untuk membuat kerajinan dari tanah liat, ada yang langsung menggunakan tangan langsung tanpa menggunakan alat bantu, ada juga yang menggunakan alat mencungkil atau menoreh teknik ini dikenal dengan teknik membutsir.

Satu lagi teknik yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan dari tanah liat adalah dengan menggunakan pemutar, biasa ini digunakan untuk membuat kerajinan seperti keramik, vas bunga, gentong dan lain-lain.

Kali ini kita akan membuat kerajinan tangan sederhana dengan menggunakan tanah liat. Kita cukup menggunakan tangan kita untuk membuatnya.

Pelajari Cara Bikin Kerajinan dari Bahan Gipsum

Contoh Kerajinan dari Tanah Liat

Contoh Kerajinan dari Tanah Liat
mimpibaru.com

Sebagaimana judul artikel ini, titik berat yang akan saya bahas adalah contoh kerajinan dari tanah liat. Kamu bisa mempelajari satu persatu dan mulai praktik sendiri di rumah.

Contoh-contoh ini memiliki tujuan agar kamu gampang dan semakin mudah  memahami. Dengan visual dan ditambah keterangan tambahan, insyaallah jadi sangat mudah dipahami.

Mari kita pelajari satu persatu!

1. Cara Membuat Patung dari Tanah Liat

Cara Membuat Patung dari Tanah Liat
pixabay.com

Untuk yang pertama akan saya bagikan cara membuat kerajinan patung dari tanah liat. Berikut langkah-langkah dalam membuat patung dari tanah liat:

1. Menyiapkan Alat yang Kamu Butuhkan

Bahan utamanya menggunakan tanah liat yang sudah dibersihkan dari kotoran, seperti rumput, batu atau kerikil.

Selain itu, siapkan alat pendukungnya, seperti pisau, tali pemotong ataupun alat lainnya yang dibutuhkan.

2. Campurkan Tanah Liat dengan Air Sedikit Demi Sedikit

Setelah menyiapkan peralatan dan membersihkan tanah liat, proses pembuatan patung bisa dimulai. Caranya yakni dengan mencampurkan air ke dalam tanah liat, sedikit demi sedikit sesuai dengan yang dibutuhkan.

Saat mencampurkan air ke dalam tanah liat, usahakan tidak terlalu banyak atau sedikit. Karena jika air terlalu banyak, tanah liat akan memiliki tekstur yang lembek.

Sedangkan jika terlalu sedikit airnya, tekstur tanah liat akan mengeras dan susah dibentuk.

3. Proses Pembentukan Patung Sesuai dengan Yang Kamu Inginkan

Cara selanjutnya ialah memulai proses pembentukan patung sesuai dengan yang diinginkan. Untuk tekniknya, bisa menggunakan teknik cetak atau cetakan patungnya atau dengan teknik butsir, yakni dengan memijat tanah liat.

Keseluruhan proses pembentukan patung ini harus dibarengi dengan menambah dan mengurangi tanah liat secara perlahan. Teruslah membentuk patung hingga hasil yang diinginkan.

4. Proses Penjemuran dan Pembakaran Patung Tanah Liat

Seusai dibentuk, patung tanah liat bisa dijemur selama dua hingga tiga hari, sesuai kebutuhan dan kondisi patungnya.

Untuk proses penjemurannya, usahakan tidak di tempat yang lembab atau terkena air, karena patung bisa berubah lembek kembali ketika terkena air.

Agar hasilnya semakin kuat dan tidak mudah hancur, patung tanah liat harus kamu bakar. Alat pembakarannya menggunakan tungku pembakaran.

Suhunya bisa disesuaikan dengan tekstur patung seusai dijemur. Jika teksturnya sudah cukup keras, maka suhunya jangan terlalu tinggi, agar tidak pecah atau rusak.

Sedangkan jika teksturnya masih agak lembek, usahakan suhunya jangan terlalu rendah, supaya patung mengeras dan lebih kuat.

2. Proses Pembuatan Gerabah dari Tanah Liat

Proses Pembuatan Gerabah dari Tanah Liat
borneo24.com

Kerajinan dari tanah liat selanjutnya adalah membuat gerabah. Proses pembuatan gerabah dilakukan dengan tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara berurutan.

Proses pembuatan gerabah tersebut sebagai berikut.

  1. Menyiapkan bahan berupa tanah liat.
  2. Mengaduk tanah liat dengan dicampur air.
  3. Setelah jadi adonan, diambil per bongkahan untuk dibuat bentuk kasar.
  4. Dengan menggunakan kain pangeled, bibir atau pinggiran bongkahan dibentuk sehingga bulat melingkar.
  5. Bila yang dibuat sejenis periuk, maka ketika pinggiran atau bibir sudah jadi lalu diangin-anginkan. Baru kemudian membuat bagian perut yang terpisah dengan bibir, kemudian setelah jadi perut dan bibir disambung dan diperhalus.
  6. Bila yang dibuat bertelinga atau bertangkai, maka dibuatkan telinga atau tangkai untuk kemudian ditempelkan atau digabungkan dan diperhalus.
  7. Setelah halus dan diteliti kesempurnaannya, kemudian dijemur atau dibakar hingga benar-benar kering.
  8. Langkah terakhir setelah kering adalah dibersihkan. Namun untuk beberapa daerah ada yang masih menyempurnakannya dengan cat yang berasal dari lumpur.

3. Vas Bunga dari Tanah Liat

Vas Bunga dari Tanah Liat
gird.id

Berikutnya, contoh kerajinan dari tanah liat adalah vas bunga. Berikut ini adalah alat dan bahan untuk membuat vas bunga:

  1. Tanah liat basah secukupnya (kira-kira 1 kg-an);
  2. Minyak goreng sebagai pelumas;
  3. Cat dan kuas;
  4. Meja putar (jika ada);
  5. Air secukupnya;
  6. Tripleks sebagai alas.

Jika sudah menyiapkan alat dan bahannya, saatnya berkreasi menggunakan tanah liat!

1. Menyisihkan Bongkahan Tanah Liat

Kamu bisa memisahkan bongkahan tanah liat itu menjadi dua bagian. Nantinya bongkahan yang tidak kamu gunakan bisa kamu pakai untuk membuat hiasan tambahan pada vas tanaman.

2. Bulatkan Bongkahan Tanah Liat

Setelah memisahkan bongkahan tanah liat, langkah selanjutnya adalah membuat satu bongkahan menjadi bulat menyerupai bola.

Kamu bisa memutar-mutar bongkahan tersebut menggunakan tangan hingga menyerupai bentuk bulat. Jika tidak, kamu bisa memutar-mutarnya di atas alas tripleks.

3. Melubangi Vas Bunga

Kemudian lubangilah bagian tengah secara perlahan. Caranya, buatlah lubang kecil menggunakan jempol.

Lalu, menggunakan satu tangan lainnya sebagai alas, putarlah tanah liat hingga lubang jadi membesar. Jika tanah liat terasa keras, oleskanlah air atau sedikit minyak sebagai pelumas.

4. Membuat Leher Vas Bunga

Selanjutnya, ambil secuil tanah liat dari bongkahan yang belum terpakai. Kemudian buatlah secuil potongan tanah liat tersebut menjadi berbentuk lonjong.

Lalu, rekatkanlah potongan yang telah pipih tersebut di atas vas bunga yang telah dilubangi bagian tengahnya.

Lakukanlah hal yang sama untuk kedua kalinya, agar leher vas bunga menjadi terlihat tinggi. Supaya terlihat lebih rapi, ratakanlah bagian luar vas bunga menggunakan tangan.

5. Membentuk Vas Bunga

Sebelum tanah liatnya mengering, bentuklah bagian corong dan leher menggunakan tangan. Lumurilah permukaan vas bunga menggunakan sedikit air bersih atau minyak agar lebih mudah dibentuk.

6. Membuat Hiasan

Setelah itu, ambillah secuil dari bongkahan tanah liat yang belum digunakan untuk membuat hiasan. Kamu bisa membentuk potongan tanah liat itu menjadi bentuk daun, bunga, atau bentuk lainnya.

4. Guci dari Tanah Liat

Guci dari Tanah Liat
dekoruma.com

Untuk membuat kerajinan dari tanah liat menjadi gerabah seperti membuat guji, kita memerlukan bahan seperti tanah liat dan air.

Selain itu kita juga memerlukan alat seperti meja putar, kawat, kuas, pisau pahat, kayu giling, dan pembakar.

Meja putar digunakan untuk memutar tanah liat agar tanah liat bahan ini menjadi rata, bersih dari kotoran seperti kerikil, dengan memutar tanah ini agar kotoran bisa terpisah dan dikeluarkan dan agar guci menjadi simetris.

Untuk membentuk tanah liat menjadi guci, kita memerlukan air untuk melunakkan tanah liat agar bisa dibentuk menjadi cekungan di guci.

Setelah tanah liat mulai membentuk, kita bisa menggunakan kawat atau pisau untuk membuat hiasan di gusi, misalnya bentuk bunga, sebagai hiasan guci.

Setelah itu, guci dibakar dengan pembakar keramik. Ini agar tanah liat yang digunakan menjadi keras dan kuat.

Guci yang sudah jadi dan berbentuk keras ini dapat dihiasi lagi dengan cat untuk memperindah.

5. Cara Membuat Asbak dari Tanah Liat

Cara Membuat Asbak dari Tanah Liat
aliexpress.com

Bagi kamu yang masih hobi merokok, agar abu rokok tidak tercecer ke segala penjuru ruangan, maka perlu tersedia asbak di dalam rumah.

Tidak hanya menjadi tempat pembuangan abu rokok, asbak nantinya juga bisa menjadi salah contoh kerajinan dari tanah liat yang bisa dinikmati semua orang.

Untuk membuat asbak sederhana, bahan dan peralatannya masih sama, hanya saja tambahkan minyak goreng agar adonan bahan nantinya tidak kering pada saat akan dibentuk.

Taruh di atas meja putar dan mulai bentuk asbak sesuai keinginan. Setelah selesai, jemur asbak di bawah sinar matahari selama 2 hari kemudian ampelas bagian permukaannya agar lebih halus.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membuat kerajinan dari tanah liat sendiri di rumah? Hasil kerajinan kamu nantinya juga bisa dipasarkan di berbagai market place.

6. Cara Membuat Piring dari Tanah Liat

Cara Membuat Piring dari Tanah Liat
bukalapak.com

Contoh kerajinan dari tanah liat berikutnya adalah membuat piring. Caranya mudah, prosesnya tidak memakan waktu lama, dan bahannya juga sangat simpel serta murah.

Berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat piring hias dari tanah liat:

  1. Tanah liat primer, sekunder, ataupun polimer.
  2. Air secukupnya
  3. Toples bekas untuk cetakan
  4. Alat hias
  5. Cat warna
  6. Kayu bakar

Adapun proses pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan tanah liat secukupnya lalu lunakkan menggunakan air.
  2. Setelah tanah liat cukup lunak, bentuklah menjadi bulatan rapi hingga tak ada retakan.
  3. Ambil toples bekas, lalu gunakan untuk membentuk tanah liat tadi menjadi pipih sesuai keinginan.
  4. Buat hiasan pada pinggiran piring berupa gelombang atau bentuk apapun yang diinginkan.
  5. Kamu juga bisa menambah hiasan lain sesuai kreatifitas.
  6. Setelah selesai dibentuk, simpan piring di tempat kering dan berangin dan diamkan selama dua hari.
  7. Berikutnya, siapkan kayu bakar untuk membakar dan mengeraskan piring hias tanah liat. Pastikan kayu bakar cukup untuk pembakaran selama 14 jam.
  8. Bakar dan keringkan piring hias tanah liat hingga warnanya berubah menjadi semerah bata.
  9. Setelah 14 jam dibakar dan dikeringkan, berikutnya kamu bisa mulai menghias sesuai keinginan.
  10. Kamu bisa mewarnainya ataupun menghiasnya dengan berbagai motif dan gambar yang menarik.

Nah, setelah semua proses pembuatan tersebut dilewati hingga selesai, kamu hanya perlu mengatur penempatan piring hias tersebut.

Pilihlah tempat yang tepat sesuai dengan dekorasi piring hiasnya dan pastikan agar desainnya tak bertabrakan dengan desain rumah secara keseluruhan.

7. Teko dari Tanah Liat

Teko dari Tanah Liat
genpi.co

Berikutnya, saya akan berikan ide cara membuat kerajinan teko dari tanah liat. Bahan dan peralatan yang kamu perlukan, serta langkah-langkahnya saya ulas di bawah.

Alat dan Bahan yang Harus Kamu Siapkan adalah:

  1. Tanah liat
  2. Pasir halus
  3. Air
  4. Kuas
  5. Cat
  6. Cetakan
  7. Tungku untuk pembakaran

Langkah-langkah dalam Membuatnya antara lain:

  1. Keringkan tanah liat tersebut hingga benar-benar kering.
  2. Kemudian hancurkan tanah liat tersebut dengan ukuran sekitar 2×3 cm.
  3. Setelah itu kamu rendam tanah liat tersebut selama ±4 jam dalam air.
  4. Gabungkan tanah liat bersama dengan pasir dalam perbandingan 3>1 tanah liat 3 ember besar sedangkan pasir sekitar 1 ember besar.
  5. Lalu aduk campuran pasir dan tanah liat tersebut sampai merata.
  6. Keluarkan adonan yang sudah diaduk rata di atas alas plastik, kemudian jemur seperti lumpur.
  7. Kemudian kamu remas-remas hingga lembut.
  8. Dan tanah liat tersebut sudah bisa dicetak sesuai dengan bentuk yang kamu mau.
  9. Jika sudah kamu cetak, maka keringkan selama kurang lebih 10 jam-an dan celengan sudah siap untuk dibakar.

Bahan-bahan untuk Pembakaran yang diperlukan yaitu:

  1. Siapkan kayu bakar
  2. Jerami yang kering

Cara membakarnya yaitu:

  1. Teko air ditata pada tempat pembakaran serta tata kayu tersebut bersama dengan ditutupi jerami kering tadi.
  2. Untuk proses pembakarannya membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga api tersebut benar-benar padam.

Nah, jika pembakarannya sudah selesai, teko tadi tinggal kamu cat saja, bertujuan untuk lebih mempercantik tampilannya.  Warna cat yang digunakan sesuai dengan seleramu. Dan teko tersebut sudah jadi.

8. Cara Membuat Mangkok dari Tanah Liat

Cara Membuat Mangkok dari Tanah Liat
rumahkerajinan.com

Kamu pasti sering melihat mangkok dari tanah liat. Kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan mengoptimalkan kreatifitasmu.

Bahan dasarnya tetap dari tanah liat. Langkah dan cara membuat mangkok dari tanah liat ini cukup simpel. Kamu bisa ikuti ulasan saya di bawah.

1. Siapkan Tanah Liat & Air

Langkah pertama adalah menyiapkan tanah liat dan air. Air ini digunakan untuk memudahkan membentuk tanah liat. Bisa dibilang air ini mencegah tanah liat agar tidak cepat kering dan tetap elastis.

Kamu bisa menggunakan kedua tangan tanpa perlu membuang uang untuk membeli mesin putar tanah liat.

2. Bentuk Tanah Liat menjadi Mangkok

Untuk tahap ini cukup unik teknik pembuatannya sehingga perlu kamu ketahui dan perhatikan. Pada tahap ini perlu tenaga ekstra dari kedua tangan, terlebih kedua ibu jari yang berkoordinasi dengan jari sisa lainnya.

Hal ini bertujuan agar tanah liat tersebut dapat membentuk menjadi mangkok seperti yang kamu inginkan. Nama teknik ini dikenal dengan nama teknik tekan.

3. Pembuatan Dekorasi Mangkok

Berbagai teknik bisa kamu terapkan untuk mempercantik mangkok. Misalnya teknik mengukir, memilin, menekan, hingga teknik melobangi.

Kamu bisa menggunakan bantuan mesin atau mengandalkan tangan saja.

4. Pengeringan & Pembakaran Mangkok Tanah Liat menjadi Keramik 

Setelah dekorsi selesai, keringkanlah mangkok tersebut selama 3 hari dan ingat jauhkan dari tempat yang lembab ya.

Bila sudah benar-benar mengering, bakarlah dengan alat oven khusus berderajat sekitar 500 – 700 derajat Celcius.

Tujuannya adalah agar mangkok ini jadi keramik yang siap untuk finishing menjadi cantik. Biasanya, setelah proses ini warna tanah liat akan semakin cerah.

5. Mengecat Mangkok Keramik

Sentuhan terakhir untuk finishing mangkok keramik yang telah jadi adalah dengan mengecat mangkok menggunakan kuas dan cat warna yang kamu sukai.

Gunakanlah warna apapun yang membuat mangkok kamu menjadi lebih stand out, estetik, dan berwarna agar mangkok tersebut bisa menjadi pajangan dekorasi yang unik dan juga fungsional bagi rumahmu.

9. Celengan dari Tanah Liat

Celengan dari Tanah Liat
tribunnews.com

Untuk nomer sembilan ini saya akan bagikan tips dan cara membuat celengan dari tanah liat. Untuk bahan dan cara membuatnya kamu tinggal ikuti ulasan di bawah.

Bahan untuk membuat celengan dari tanah liat adalah:

  1. Tanah liat
  2. Pasir halus
  3. Car kuat
  4. Cetakan
  5. Tungku pembakaran

Adapun langkah dan cara membuat celengan dari tanah liat adalah sebagai berikut:

  1. Tanah liat di keringkan sampai benar-benar kering.
  2. Dihancurkan sebesar kira-kira 2×3 cm.
  3. Direndam dengan air selama ± 4 jam.
  4. Dicampur dengan pasir dengan perbandingan 3:1 tanah liat 3 ember besar dan pasir halus 1 ember besar.
  5. Kemudian diaduk dengan benar-benar merata.
  6. Dikeluarkan di atas alas plastik atau kertas dan dijemur seperti lumpu.
  7. Kemudian tanah liar tersebut sudah bisa dicetak sesuai dengan cetakannya.
  8. Cetakan tersebut dikeringkan selama 10 jam dan gerabah tersebut sudah siap di bakar.

Proses pembakarannya sebagai berikut:

  1. Celengan ditata di tempat pembakaran dan ditata kayu tersebut dan ditutup dengan jerami.
  2. Proses pembakaran tersebut selama 2 jam sampai api benar-benar padam.

10. Cara Membuat Tungku dari Tanah Liat

Cara Membuat Tungku dari Tanah Liat
duniaindra.com

Tungku dari tanah liat juga sering dikenal dengan anglo dalam bahasa jawa. Saya akan bagikan buat kamu tips cara membuat tungku dari tanah liat.

Seperti pembuatan gerabah pada umumnya, bahan utama pembuatan anglo pastinya adalah tanah liat. Ada beberapa tahapan dalam membuat anglo.

Pertama-tama, perlu disiapkan tanah liat yang sudah dicampur dengan pasir dan air. Tanah liat tersebut kemudian diuleni dan mulai dibentuk di atas meja putar gerabah.

Tanah liat ini terus diproses hingga bentuk dan ukuran anglo yang dikehendaki. Jika sudah terbentuk bagian badan anglo.

Selanjutnya permukaan tanah liat diusap sambil dibentuk menggunakan kain basah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan permukaan tanah liat yang halus dan rata.

Tahap selanjutnya adalah pengeringan. Tanah liat yang sudah selesai dibentuk menjadi anglo setengah jadi diangin-anginkan di tempat terbuka hingga mengering. Hal ini bertujuan agar anglo tidak pecah atau retak ketika proses pembakaran nanti.

Proses produksi anglo khususnya pada tahap pengeringan ini sangat bergantung pada cuaca. Jika cuacanya panas, proses pengeringan ini pastinya lebih cepat selesai.

Tahap selanjutnya adalah memberi lubang di badan anglo untuk tempat abu dan sarangan (bagian atas anglo yang berlubang-lubang) pada anglo.

Tahap ini dilakukan ketika anglo telah kering dijemur agar bagian tambahan ini tidak mengubah bentuk dari badan anglo.

Anglo yang bentuknya sudah sempurna ini dijemur kembali hingga benar-benar kering.

Selanjutnya masuk ke proses pembakaran. Waktu pembakaraan memakan waktu 3 jam menggunakan kayu bakar dan jerami.

Penting untuk menggunakan jerami untuk mendapatkan warna merah tanah liat yang merata. Anglo yang sudah selesai dibakar kemudian didinginkan dan siap untuk dijual atau digunakan.

Terimakasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar. See you.

Tinggalkan komentar