Contoh, Gambar, dan Cara Membuat Kerajinan dari Stik Es Krim

Kerajinan dari Stik Es Krim – Anak-anak kecil pasti suka dengan es krim. Sering terjadi juga mereka ngga mau berhenti menangis kecuali kalau sudah dibelikan es krim.

Habis makan es krim mereka sering buat stiknya sembarang di pinggir jalan, di kebun-kebun, bahkan di halaman rumah.

Nah, kamu sebagai manusia yang peduli kebersihan dan kelestarian lingkungan, tentu bisa mengambil tindakan dengan mengumpulkan stik es krim tersebut.

Lalu untuk apa stik-stik tersebut? Tenang, jangan kamu buang dulu ya. Mari belajar bagaimana cara memanfaatkannya. Salah satunya adalah untuk membuat berbagai macam kerajinan dari stik es krim.

Manfaat Stik Es Krim sebagai Mainan Anak

Manfaat Stik Es Krim sebagai Mainan Anak
mimpibaru.com

Membuat kerajinan dari barang bekas termasuk stik es krim, atau tidak terpakai memiliki beberapa manfaat baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Meski dengan gempuran berbagai jenis mainan baru dan canggih, sebenarnya membuat kerajinan dari stik es krim juga tidak kalah jika dilihat dari segi manfaat.

Gerak aktif dan proses belajar yang terjadi, menjadi poin terpenting permainan ‘tradisional’ seperti ini.

Memang jika dilihat dari segi kecanggihan teknologi yang kini ada, permainan dan membuat kerajinan seperti ini tidak lagi relevan.

Dengan segala kemudahan dan kepraktisan yang ada, apa manfaat yang bisa ditawarkan dengan membuat kerajinan stik es krim? Apakah benar dapat membawa dampak baik bagi tumbuh kembangnya?

1. Melatih Kesabaran

Dengan mencoba membuat kerajinan seperti ini, si Kecil dilatih untuk sabar dan mengetahui bahwa setiap hal memiliki proses sebelum dapat digunakan atau dimainkan.

Memahami proses yang terjadi penting untuk si Kecil agar ia tak terbiasa dengan segala hal instan dan dapat memenuhi kemauannya tanpa menghabiskan banyak waktu.

Si Kecil akan terbiasa menghargai waktu dengan lebih baik, menjalani tahapan yang diperlukan serta mengikuti petunjuk yang diberikan.

Ini akan berdampak baik bagi pembentukan karakternya, sifat penyabar, telaten dan tidak terburu-buru akan tertanam secara perlahan ketika ia melakukan proses pembuatan kerajinan atau mainan dari stik es krim.

2. Membiasakan Anak Terampil Menggunakan Tangan

Keterampilan tangan semakin hari semakin tidak menjadi hal penting untuk diasah. Hal ini terjadi karena kini segala hal dapat dilakukan dengan menekan tombol atau menyentuh panel saja, tanpa harus memiliki keterampilan tangan yang baik.

Nah, ketika bermain dengan kerajinan dari stik es krim, si Kecil akan menggunakan kedua tangannya dengan intens.

Mungkin dalam jangka pendek hal ini tidak akan terasa manfaatnya. Namun untuk jangka panjang, keterampilan si Kecil menggunakan kedua tangannya akan sangat berguna.

Ia tidak akan ragu untuk mencoba memperbaiki sesuatu yang ditemuinya. Rasa penasaran yang ada di dalam kepalanya dapat terbantu dengan kemampuan tangannya dalam mengutak-atik berbagai benda di sekitarnya.

3. Koordinasi Tangan dan Mata

Dalam proses pembuatannya, kerajinan handmade seperti ini memerlukan kecermatan dalam menggunakan tangan dan mata.

Koordinasi yang baik dituntut agar dapat menghasilkan karya yang indah, proporsional dan dapat dimainkan. Tentu saja, dengan mencoba membuatnya si Kecil juga akan terlatih secara perlahan.

Seiring berjalannya waktu, koordinasi mata dan tangan si Kecil akan terus membaik. Hal ini dapat berjalan maksimal jika kamu terus memberikan stimulus, salah satunya berupa membuat kerajinan dari bahan yang ada di sekitarmu dan si Kecil.

Memang latihan tidak hanya dilakukan dengan permainan ini saja, tapi sembari mengurangi sampah yang terbuang, bisa jadi aktivitas yang baik lho.

4. Konsep Daur Ulang

Membuat kerajinan dari stik es krim juga dapat mengenalkan si Kecil dengan konsep daur ulang, dimana barang yang sudah selesai digunakan tidak langsung dibuang melainkan diolah kembali menjadi barang yang memiliki nilai guna lain.

Meskipun umumnya stik es krim yang digunakan adalah stik es krim baru, setidaknya si Kecil dapat mengetahui konsep daur ulang yang Mums ajarkan.

Pada era sekarang ini, mengajarkan pola hidup hijau sejak dini penting agar si Kecil memiliki pola hidup serupa.

Generasi anak-anak sekarang adalah generasi yang akan menempati Bumi pada masa yang akan datang, untuk itu harus diajarkan sejak dini cara menjaga bumi dan mengurangi limbah yang masih dapat digunakan.

5. Latihan Mengukur dan Menghitung dengan Tepat

Dalam pembuatan berbagai kerajinan dari stik es krim, tidak jarang diperlukan ukuran stik es krim yang berbeda-beda agar dapat membentuk satu karya yang indah.

Kamu bisa melatih si Kecil untuk melakukan pengukuran pada stik yang akan digunakan dan menghitung berapa stik yang diperlukan.

Secara langsung, kamu dapat mengajarkan matematika dasar pada si Kecil dengan melakukan permainan ini.

Meski mungkin tidak serumit yang diajarkan di sekolah, tapi latihan ringan semacam ini justru dapat meningkatkan kemampuannya dalam berhitung karena akan menjadi satu kebiasaan untuk si Kecil.

Bermain dan membuat kerajinan dengan barang bekas seperti stik es krim memang bukan permainan modern, namun nyatanya masih memiliki manfaat yang tidak kalah dengan berbagai permainan masa kini.

Ini kenapa permainan sederhana masih terus perlu diajarkan dan dimainkan bersama si Kecil, agar manfaat seperti yang disampaikan di atas dapat diperoleh si Kecil.

Kerajinan dari stik es krim pada akhirnya dapat menjadi salah satu alternatif untuk memberikan stimulus bagi tumbuh kembang si Kecil.

Baca juga: Kerajinan dari Logam

Contoh Kerajinan dari Stik Es Krim

1. Hiasan Dinding dari Stik Es Krim

Hiasan Dinding dari Stik Es Krim
pinterest.com

Cukup dengan stik es krim dan kain flanel, maka hiasan dinding yang cantik akan menjadi milik kamu. Hiasan dinding yang cantik ini mampu mengubah tampilan dinding yang polos dan membosankan.

Cara Membuat Kerajinan Hiasan Dinding Cantik dari Stik Es Krim

Untuk membuat hiasan dinding yang cantik ini kita hanya perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut:

  1. Stik es krim
  2. Kawat
  3. Solasi hijau
  4. Kain flanel
  5. Gunting
  6. Lem tembak
  7. Pita dan kancing hias

Untuk langkah membuat kerajinan hiasan dinding dari stik es krim kamu bisa ikuti ulasan berikut:

  1. Siapkan tiga kawat kecil yang masing-masing panjangnya sekitar 35 cm kemudian tekuk kawat menjadi dua. Selanjutnya bungkus kawat tadi dengan solasi hijau.
  2. Siapkan stik es krim untuk membuat papan hiasan. Dibutuhkan 21 stik es krim untuk membuat papan hiasan. Setelah itu susun stik es krim hingga membentuk papan hiasan seperti pada gambar.
  3. Selanjutnya tekuk ketiga tangkai kawat yang sudah dibuat tadi. Setelah itu ikat tangkai kawat pada papan hiasan dengan menggunakan potongan kawat yang dikaitkan dengan stik es krim.
  4. Selanjutnya yaitu membuat bunga mawar gulung dari kain flanel. Potong kain flanel membentuk lingkaran berdiameter 5 cm. Kemudian gunting melingkar menyerupai pola obat myamuk. setelah itu gulung dan beri lem tembak.
  5. Buat enam bunga dengan cara yang sama. Ada tiga warna bunga yaitu putih, pink, dan kuning. Hasil pengerjaan tampak seperti pada gambar.
  6. Berikutnya tempelkan keenam bunga pada ujung tangkai kawat dan pastikan bunga juga melekat pada stik es krim.
  7. Selanjutnya yaitu membuat daun dari kain flanel warna hijau. Potong kain flanel warna hijau menyerupai daun. Buat daun sebanyak enam kemudian tempelkan pada tangkai bunga.
  8. Selanjutnya kita membuat pot bunga. Potong kain flanel membentuk menyerupai pot bunga kemudian tempelkan menutupi tangkai bawah.
  9. Untuk mempercantik papan hiasan, tambahkan pita yang ditempeli kancing hias lalu tempelkan pada sambungan stik es krim paling atas.

2. Tempat Pensil dari Stik Es Krim

Tempat Pensil dari Stik Es Krim
kiprisprd.org

Cara membuat kerajinan tempat pensil dari stik es krim yang akan saya bagikan ada 2 macam. Pertama, kita akan membuat tempat pensil dengan mode horisontal.

Lalu yang kedua, kita lanjutkan dengan membuat kerajinan tempat pensil stik es krim yang akan disusun secara vertikal. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

1. Tempat Pensil Horisontal

Pertama-tama, kamu akan kami ajak untuk membuat kerajinan tempat pensil dari stik es krim yang disusun secara horisontal. Stik es krim akan disusun horisontal membentuk segitiga.

Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil dari stik es krim secara horisontal:

  1. Penggaris dengan panjang minimal 15 cm
  2. 1 pak Stik Es Krim
  3. Lem
  4. Bolpen
  5. Kertas putih
  6. Cat dengan warna favorit kamu

Setelah semua alat dan bahan tersedia, mulailah mengikuti langkah cara membuat tempat pensil dari stik es krim di bawah ini:

  1. Letakkan sebuah stik es krim di atas kertas putih, pastikan panjang semua stik es krim yang digunakan sama, yakni sekitar 10,5 cm.
  2. Gambar setiga sama sisi di atas kertas putih tersebut sesuai dengan panjang dari stik es krim.
  3. Tempatkan salah satu stik es krim di atas garis segitiga yang sudah digambar. Lanjutkan dengan meletakkan dua stik es krim di atas kedua garis lainnya.
  4. Beri sedikit lem pada bagian ujung stik es krim, kemudian tumpuk stik berikut di atas ujung yang sudah dilem.
  5. Lanjutkan hingga kamu berhasil membuat pola segitiga sebagai fondasi utama untuk membuat tempat pensil.
  6. Tumpuk stik es krim di atas segitiga yang sudah berhasil dibuat, lanjutkan dengan menambahkan tumpukan segitiga stik es krim hingga tinggi tempat pensil sudah sesuai dengan ukuran bolpen dan pensil yang akan diletakkan di dalamnya.
  7. Setelah selesai, angkat tempat pensil dari atas kertas, lalu lanjutkan dengan membalik tempat pensil sehingga bagian bawahnya berada di atas.
  8. Kali ini kamu akan membuat alas tempat pensil. Tutup bagian bawah tempat pensil dengan stik es krim. Potong bagian yang kelebihan agar bagian alas dari tempat pensil ini juga nampak seperti segitiga.
  9. Setelah kering, segera cat tempat pensil dengan warna favorit kamu. Beri hiasan yang sesuai dengan keinginanmu.
  10. Apabila cat sudah kering, maka kamu bisa langsung menggunakan tempat pensil ini untuk meletakkan alat tulis.

2. Tempat Pensil Vertikal

Kerajinan tempat pensil ini dibuat dengan stik es krim yang disusun secara vertikal (tegak lurus) berbentuk lingkaran.

Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil dari stik es krim secara vertikal:

  1. 1 pak Stik Es Krim
  2. Cat Akrilik berbagai warna
  3. 1 Cup Bekas Es Krim berukuran sedang
  4. Kuas Cat
  5. 2 lembar Kertas Krep (1 warna hijau dan 1 warna emas)
  6. Lem yang kuat
  7. Gunting
  8. Bubuk Akrilik berwarna emas
  9. Bola Kapas

Setelah semua alat dan bahan tersedia, mulailah mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Potong bagian tepi atas cup bekas es krim dengan hati-hati
  2. Tutupi seluruh bagian samping cukup bekas dengan stik es krim yang disusun secara vertikal. Stik es krim tersebut akan direkatkan di seluruh bagian cup dengan lem. Apabila sudah tertutup dengan sempurna, maka cup es krim tidak akan terlihat karena sudah ditutupi dengan stik es krim
  3. Diamkan beberapa saat hingga lem kering, kemudian lanjutkan dengan mengecat stik es krim yang sudah disusun dengan warna favorit kamu. Pastikan bagian dalam tempat pensil juga diwarnai dengan cat
  4. Setelah cat kering, celupkan bola kapas ke dalam bubuk akrilik. Kemudian, usapkan bola kapas tersebut ke beberapa bagian tempat pensil untuk memberikan efek gradasi warna emas
  5. Untuk sentuhan terakhir, buat ornamen bunga dan daun menggunakan kertas krep yang tersedia. Silahkan simak artikel ini untuk tutorial lengkap cara membuat bunganya.
  6. Tempelkan ornamen tersebut di luar tempat pensil

Cara membuat kerajinan tempat pensil dari stik es krim ternyata cukup mudah, bukan? kamu bisa mengisi waktu luang sembari membuat prakarya ini.

Sekedar informasi, stik es krim dapat diperoleh dengan mudah di toserba atau toko yang menjual bahan-bahan membuat kue. Selain itu, harga 1 pak stik es krim cukup murah.

3. Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Miniatur Rumah dari Stik Es Krim
99.co

Cara membuat kerajinan miniatur rumah dari stik es krim yang paling pertama adalah menyiapkan alat dan bahan.

Beberapa bahan yang kamu butuhkan untuk membuat miniatur rumah dari stik ini adalah sebagai berikut:

  1. Kertas karton atau kardus
  2. Stik es krim (kurang lebih 100 buah)
  3. Gunting
  4. Penggaris
  5. Cutter
  6. Lem tembak
  7. Lem kayu
  8. Cat (opsional)
  9. Ornamen miniatur rumah (opsional)

Setelah bahan dan alat yang diperlukan sudah lengkap, sekarang kamu siap untuk mengerjakan prakarya tersebut.

  1. Mula-mula, letakkan kertas karton atau kardus sebagai pelapis agar lem tidak merusak permukaan lantai. Lalu, cara membuat rumah dari stik es krim yang mudah bisa dimulai dengan membuat bagian dinding rumah.
  2. Susun stik es krim membentuk segi empat dengan 4 buah stik.c Buatlah sebanyak 4 buah. Beri lem di setiap sudutnya. Empat buah segi empat stik es krim ini akan menjadi kerangka dinding miniatur rumah nantinya.
  3. Setelah kerangka atau bingkainya jadi, tutup bingkai tersebut dengan susunan stik es krim lainnya. Beri lem pada setiap bagian ujungnya sehingga kokoh dan tidak bercelah alias rapat.
  4. Jika stik terakhir tidak muat karena kelebihan, kamu bisa memotongnya dengan cutter. Ulangi cara membuat rumah dari stik di atas pada setiap kerangka miniatur rumah yang tersisa.
  5. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan cara membuat rumah dari stik dengan merangkai bagian atapnya. Buat 3 buah kerangka segitiga lalu beri lem pada sudut-sudutnya agar merekat kuat. Dua buah segitiga akan menjadi sisi depan dan belakang atap miniatur rumah dari stik nantinya.
  6. Sedangkan, satu kerangka segitiga sisanya bisa kamu letakkan di tengah agar atap miniatur rumah dari stik semakin kokoh dan awet. Pada kerangka tengah, letakkan 10 stik secara mendatar kemudian beri lem agar merekat.
  7. Cara membuat miniatur rumah selanjutnya adalah dengan menempelkan dua kerangka segitiga yang awal pada sisi atas dan bawah stik mendatar dengan posisi berdiri. Sehingga model atap pelana akan terbentuk.

4. Miniatur Jembatan dari Stik Es Krim

Miniatur Jembatan dari Stik Es Krim
google.co.id

Berikutnya saya akan kasih ide membuat kerajinan miniatur jembatan dari stik es krim. Bahan untuk membuatnya tidak mahal.

Berikut ini bahan yang perlu kamu siapkan:

  1. Stik es krim
  2. Lem tembak
  3. Sepotong karton konstruksi
  4. Kertas untuk desain
  5. Pensil
  6. Gunting
  7. Meteran kayu

Untuk cara membuatnya, saya akan rangkumkan cara dan langkah-langkahnya.

  1. Merencanakan Jembatan
  • Tentukan panjang jembatan.
  • Kumpulkan bahan yang kamu butuhkan.
  • Siapkan area kerja.
  • Tentukan jenis jembatan yang akan kamu bikin.
  1. Membangun Balok Kerangka
  • Buatlah susunan balok jembatan dalam detail yang lebih lengkap.
  • Rekatkan balok kerangka menjadi satu.
  • Susunlah kerangka dan biarkan lem mengeras selama beberapa saat.
  • Ukur penopang melintang untuk kerangka.
  • Gabungkan balok-balok kerangka.
  1. Membangun Dek Jembatan
  • Susunlah dek jembatan.
  • Pasang penopang melintang untuk mendukung dek dalam formasi staggering (berjajar dalam dua baris).
  • Ukurlah balok pendukung untuk dek dan penghubung kerangka.
  • Potong elemen-elemen pendukung dan penghubung.
  1. Merakit Jembatan
  • Gabungkan dinding kerangka.
  • Pasang balok penopang dek tambahan jika perlu.
  • Pasang dek jika mau.
  • Tambahkan balok pendukung di bagian atas.

5. Bingkai Foto dari Stik Es Krim

Bingkai Foto dari Stik Es Krim
youtube.com

Untuk menciptakan sebuah kerajinan bingkai foto dari stik es krim, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan-bahan terlebih dahulu.

Alat yang perlu disiapkan antara lain:

  1. Lem tembak
  2. Kuas
  3. Gunting
  4. Stik es krim
  5. Kertas foto
  6. Manik-manik atau hiasan
  7. Cat warna
  8. Kertas karton.

Langkah-langkah dalam pembuatanya adalah sebagai berikut:

  1. Susun 8 buah stik es krim jadi bentuk persegi layaknya susunan.
  2. Lakukan pengeleman terhadap susunan stik es krim tersebut. Bentuk persegi ini berguna sebagai anggota bagian depan pada figura foto yang kita buat, jadi usahakan susunannya dapat rapi.
  3. Jika persegi pertama sudah terbentuk, selanjutnya tambahkan 2 lapis persegi lainnya di bagian atasnya, hal ini supaya tersedia 3 susunan stik es krim dalam bingkai yang nantinya terbentuk.
  4. Bingkai udah siap, setelah itu kita tinggal membawa dampak alas bingkai bersama dengan langkah menyusun 3 bilah stik es krim secara mendatar.
  5. Tambahkan 2 bilah stik kembali di atasnya bersamaan dengan agak renggang. Untuk jarak kerenggangan antara 2 stik yakni hanya sekitar satu lapis stik es krim saja. Selanjutnya lakukan susunan degan 3 bilah pertama dan 2 bilah kedua.
  6. Selipkan sebuah stik es krim para jarak kerenggangan susunan stik di bilah kedua. Kemudian tambahkan lem supaya kuat.
  7. Pastikan supaya lem udah kering. Lalu selipkan bingkai yang udah dibikin ke anggota stik yang tegak terhadap alas.
  8. Tambahkan accessories tambahan terhadap bingkai supaya penampilan bingkai foto dari stik es krim lebih cantik. Aksesoris dapat berupa pola karton yang berwarna atau Pernik-pernik lainya.
  9. Berikan cat warna terhadap stik es krim anggota depan sesuai bersama dengan warna favoritmu.
  10. Siapkan foto yang unik untuk diletakan di didalam bingkai. Foto akan jadi lebih tahan lama jika sekitainya foto di melaminatingkan terutama dulu. Dan pastikan ukuran fotonya sesuai dengan ukuran bingkai yang kita buat ya!
  11. Berikan lem tembak terhadap sisi-sisi foto.
  12. Tempelkan foto terhadap bingkai.

6. Vas Bunga dari Stik Es Krim

Vas Bunga dari Stik Es Krim
youtube.com

Bentuk kerajinan yang satu ini termasuk sangat mudah dan dijamin aman untuk dikerjakan bersama si kecil. Berikut adalah tutorial membuat kerajinan vas bunga berbentuk tabung dari stik es krim.

Susunlan batang stik es krim dan kaitkan satu sama lain menggunakan lem membentuk tabung sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah stik membentuk tabung, selanjutnya adalah memasang alas vas bunga. Kamu bisa mengikuti bentuk melingkar dari tabung atau dibiarkan memanjang seperti pada gambar.

Mudah sekali bukan? vas bunga sudah jadi deh. Dapat pula menambah kreativitas lain seperti memberi warna pada stik es krim atau menambahkan bentuk lainnya seperti guntingan pita dan sebagainya.

7. Tempat Tisu dari Stik Es Krim

Tempat Tisu dari Stik Es Krim
elevania.com

Selanjutnya ide kerajinan dari stik es krim yang akan saya bagikan adalah tempat tisu.

1. Cara Membuat Tempaat Tisu Dari Stik Es Krim Panjang

Untuk membuat tempat tisu, kamu harus menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan.

Dan pastikan kamu punya stok stik es krim dalam jumlah banyak ya, karena untuk dapat membuat tempat tisu akan membutuhkan banyak stik es krim.

Tetapi banyak sedikitnya yang dibutuhkan itu tergantung dari ukuran tempat tisu yang akan kamu buat.

Alat dan Bahan :

  1. Stik es krim
  2. Gunting
  3. Lem fox putih
  4. Penggaris
  5. Pensil atau bolpoint
  6. Cutter atau pisau
  7. Pewarna kayu (cat)

Cara Pembuatannya :

  1. Pertama, siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Kemudian, pilah stik es krim yang layak untuk digunakan tempat tisu.
  3. Setelah memilih mana stik es krim yang bagus, silahkan kamu ukur dan beri garis pada stik es krim tersebut dengan memakai penggaris dan pensil.
  4. Selanjutnya stik es krim yang sudah diberi garis tinggal kamu potong dengan rapi.
  5. Kemudian, kamu bisa menentukan pola apa yang akan dibuat dan ini bisa sesuai keinginan ya.
  6. Setelah menemukan pola yang akan dibuat, kamu tinggal merekatkan stik es krim yang sudah dirapikan tadi di pola yang sudah ditentukan dengan menggunakan lem fox putih.
  7. Setelah selesai direkatkan, langkah terakhir kamu bisa memberi warna stik es krim tersebut sesuai keinginan dengan menggunakan pewarna kayu (cat). Agar tempat tisu terlihat lebih menarik.
  8. Dan terakhir temapt tisu siap untuk digunakan.

2. Membuat Tempat Tisu Berbentuk Balok

Sama halnya dengan cara membuat tempat tisu yang pertama, kamu juga harus menyiapakan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan:

  1. Stik es krim
  2. Kertas karton
  3. Lem tembak
  4. Pensil
  5. Gunting
  6. Alat tembak
  7. Pernak- pernik
  8. Pewarna (cat)

Cara Pembuatannya :

  1. Pertama, kamu harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Setelah itu, kamu bisa membuat jaring- jaring balok atau kubus dengan menggunakan kertas karton yang sudah disiapkan.
  3. Untuk jaring- jaring balok atau kubus pastikan ukurannya sesuai dengan tempat tisu yang akan kamu buat.
  4. Selanjutnya, selesai membuat jaring- jaring balok atau kubus kamu bisa mengguntingnya jaring-jaring tersebut dengan rapi.
  5. Setelah selesai digunting, kamu bisa melanjutkan merangkainya menjadi balok atau kubus dan beri lem agar tidak lepas.
  6. Setelah balok atau kubus tersebut sudah terbentuk, selanjutnya kamu bisa memilih stik es krim yang akan di tempel pada balok atau kubus itu.
  7. Kemudian, gunakan lem tembak untuk menempel stik es krim pada balok atau kubus yang sudah kamu buat sampai dengan menutupi semua bagian sisinya.
  8. Selanjutnya, untuk membuat tutup tempat tisu kamu bisa membuatnya dengan cara merekatkan stik es krim untuk menjadi bentuk persegi panjang.
  9. Kemudian, kamu harus melubangi dibagian tengah dari tutup tersebut untuk digunakan tempat mengambil tisunya.
  10. Selanjutnya, kamu bisa memberikan pernak-pernik atau hiasan yang sudah kamu siapkan.
  11. Dan kamu juga bisa memberikan warna pada stik es krim tersebut sebelum diberi pernak- pernik atau hiasan agar tampak lebih menarik.
  12. Dan terakhir, tempat tisu sudah siap untuk digunakan.

8. Lampu Tidur dari Stik Es Krim

Lampu Tidur dari Stik Es Krim
urbanasia.com

Yang terakhir, ide kerajinan dari stik es krim adalah lampu tidur unik. Kerajinan dari stik es krim ini cukup mahal kalau dijual loh. Tertarik? Yuk belajar.

Alat dan Bahan

  • Stik es krim
  • Lampu
  • Cutter
  • Gunting
  • Lem tembak

Langkah-langkah pembuatan

Cara buat bagian body lampu.

  1. Siapkan stik es krim
  2. Bentuk menjadi persegi, namun hilangkan satu bagian
  3. Pada salah satu bagian stik es krim yang berhadapan dengan bagian yang kosong, buat stik eskrim menjadi berdiri
  4. tiap sisi direkatkan dengan lem tembak
  5. Lakukan gerakan yang sama hingga 11 lapisan
  6. Lapisan akan terlihat sedikit melengkung
  7. Tutup lapisan atas dan lapisan bawah dengan stik eskrim

Cara buat bagian dalam.

  1. Siapkan 7 stik es krim, jejerkan
  2. Tiban dengan 7 stik es krim arah berlawanan
  3. Rekatkan dengan lem tembak
  4. Stik es krim akan membentuk papan
  5. Ambil 4 stik es krim, potong bagian lengkungan
  6. Tempelkan di ujung papan.
  7. Ulangi langkah hingga 2  lapisan
  8. Bolong bagian tengah papan, bolongan berbentuk persegi
  9. Masukkan kabel yang sudah terhubung dengan lampu melalui bolongan
  10. Rekatkan lampu pada bolongan menggunakan lampu tembak
  11. Pastikan lampu bisa menyala

Itulah beberapa contoh ide kerajinan dari stik es krim yang bisa saya bagikan. Oiya, kerajinan dari stik es krim ini tidak hanya untuk mengasah kreatifitas ya.

Kamu bisa banget loh menjadikan kerajinan dari stik es krim ini sebagai ladang bisnis.

Terimakasih sudah mampir di artikel kerajinan dari stik es krim saya, semoga bermanfaat ya. See you.

Tinggalkan komentar