Contoh dan Cara Membuat Kerajinan dari Pelepah Pisang

Kerajinan dari Pelepah Pisang – Pohon pisang merupakan pohon yang sangat banyak manfaatnya. Selain buahnya, ternyata pelepah dari pohon pisang pun juga sangat bermanfaat. Salah satunya adalah untuk bikin kerajinan dari pelepah pisang.

Para pengrajin dari masa ke masa semakin maju dan melek dunia bisnis. Banyak yang awalnya hanya sekedar hobi, namun pada akhirnya justru menjadi sumber penghasilan utama.

Sama halnya dengan kasus pelepah pisang ini. Para pengrajin yang menggunakan bahan baku pelepah pisang saat ini semakin sukses. Karena apa? Ya, karena menjual hasil kerajinan yang mereka buat dari pelepah pisang.

Lalu, tunggu apa lagi? Yuk melek seni kerajinan dan pelajari di artikel ini. Saya bakal bahas banyak hal tentang kerajinan dari bahan pelepah pisang. Selamat membaca.

Contoh Kerajinan dari Pelepah Pisang

Untuk mempermudah pembelajaran saya akan berikan beberapa contoh ide kerajinan yang bisa kamu bikin dari pelepah pisang.

Kamu ngga perlu khawatie soal harga ya. Bahan dan peralatan serta teknik membuat kerajinan tangan dari pelepah pisang ini sangat terjangkau dan mudah kok.

Baca juga Ide Bikin Kerajinan dari Kulit Jagung

Perhatikan beberapa ide kerajinan dari pelepah pisang berikut!

1. Tempat Pensil dari Pelepah Pisang

Tempat Pensil dari Pelepah Pisang
google.co.id

Untuk contoh kerajinan dari pelepah pisang adalah membuat tempat pensil. Dengan kreatifitas yang kamu miliki serta bahan yang mudah dicari, kamu bisa bikin sendiri di rumah.

Oiya, ide ini bisa banget menjadi solusi buat kamu yang mungkin ingin lebih banyak menabung uang untuk keperluan yang lebih penting.

Bahan dan peralatan yang perlu kamu siapkan untuk bikin tempat pensil dari pelepah pisang adalah:

  1. Pelepah pisang
  2. Pensil
  3. Gunting
  4. Hiasan berupa biji-bijian atau manik-manik
  5. Lem, upayakan menggunakan lem dengan daya lekat tinggi
  6. Kertas karton, kertas ini nanti kamu pakai untuk membuat pola bentuk tempat pensil, umumnya berbentuk tabung.

Cara membuat tempat pensil dari pelepah pisang bisa kamu ikuti ulasan berikut:

  1. Siapkan pelepah pisang yang telah kering, pengeringan pelepah pisang biasanya menggunakan energi cahaya matahari.
  2. Tempelkan pelepah pisang yang telah kering pada kertas karton yang telah dibentuk pola kotak pensil.
  3. Pada proses pengeleman, dianjurkan untuk menggunakan lem dengan daya lekat tinggi untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  4. Tunggu sampai kering, proses pengeringan membutuhkan waktu yang cukup lama, agar benar-benar kering. Jika telah kering tambahkan dengan hiasan yang telah disediakan, bisa berupa manik-manik atau hiasan lainnya.
  5. Jadi tempat pensil sederhana.

2. Mainan dari Pelepah Pisang

Mainan dari Pelepah Pisang
youtube.com

Manfaatkan pelepah pisang  yang terbuang untuk membuat kapal mainan unik dan kreatif.

Namun untuk pembuatan kerajinan ini membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi dan agak sulit karena butuh ketelitian serta ketelatenan.

Saat ini sudah banyak lhoh pengrajin yang membuat kerajinan seperti ini dan dijual dengan harga terjangkau.

Jika kamu yang kesulitan untuk bikin sendiri, bisa beli aja ya yang udah jadi. Hehe.

3. Lukisan dari Pelepah Pisang

Lukisan dari Pelepah Pisang
carousol.com

Pelepah pisang yang kering ternyata juga bisa dibuat menjadi sebuah lukisan lhoh.

Namun untuk membuat kerajinan dari pelepah pisang yang satu ini tentunya membutuhkan jiwa-jiwa kreatif ya agar hasilnya bisa maksimal hehe.

Untuk membuat lukisan dari pelepah pisang, Kamu bisa coba ikuti tutorial berikut ini:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Pelepah pisang (pastikan sudah kering)
  2. Triplek sebagai alas
  3. Bingkai/ Frame
  4. Cat
  5. Gunting
  6. Lem
  7. Perlengkapan lain yang dibutuhkan

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Pertama-tama, Kamu perlu menentukan terlebih dahulu lukisan apa yang akan dibuat. Misalnya gambar tokoh, pemandangan, nuansa pedesaa, kaligrafi, dll, sesuai selera masing-masing.
  2. Setelah menentukannya, Kamu perlu menggambar pola-pola sesuai dengan gambar atau lukisan yang akan dibuat di atas papan triplek. Imajinasikan kira-kira pola apa saja yang dibutuhkan agar membentuk rangkaian lukisan.
  3. Jika pola sudah terbentuk, gunting-gunting pelepah pisang. Lalu tempelkan pelepah pisang sesuai dengan pola yang Kamu gambar sebelumnya.
  4. Selanjutnya jika lukisan sudah jadi, olesi dengan cat bening yang telah Kamu sediakan sebelumnya. Hati-hati saat mengoleskan cat bening agar tidak merusak lukisan dan pastikan mengecat secara rapi sesuai pola.
  5. Tahap terakhir, jika cat sudah kering, Kamu bisa pasang frame agar lukisan pelepah pisang makin cantik dan bisa dijadikan hiasan dinding.

4. Tempat Tisu dari Pelepah Pisang

Tempat Tisu dari Pelepah Pisang
hipwee.com

Dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi untuk selalu berinovasi, limbah pelepah pisang yang dulunya terbuang kini bisa diubah menjadi peluang bisnis baru yang menghasilkan untung besar bagi setiap pelakunya.

Disini saya akan mengulas tentang kerajinan pelepah pisang, dimana pemanfaatan pelepah pisang sebagai kotak tissu. Berikut cara pembuatan kotak tissu dari pelepah pisang.

Alat dan bahan yang digunakan:

  1. Kardus kecil
  2. Pelepah pisang
  3. Lem
  4. Gunting
  5. Silet
  6. Pensil

Cara pembuatan kotak tisu dari pelepah pisang adalah:

  1. 1. Gambar pola pada pelepah pisang
  2. Setelah itu gunting pola
  3. Tempelkan potongan pola dengan lem pada kardus yang telah disiapkan
  4. Setelah kardus ditempeli, beri lubang pada bagian atasnya dengan menggunakan silet
  5. Kemudian keringkan kardus yang sudah ditempeli pola

Dan kotak tissu dari pelepah pisang siap untuk digunakan

5. Sandal dari Pelepah Pisang

Sandal dari Pelepah Pisang
ngertiaja.com

Dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi untuk selalu berinovasi, limbah pelepah pisang yang dulunya terbuang kini bisa diubah menjadi peluang bisnis baru yang menghasilkan untung besar bagi setiap pelakunya.

Disini saya akan mengulas tentang kerajinan pelepah pisang, dimana pemanfaatan pelepah pisang sebagai sandal. Berikut cara pembuatan sandal dari pelepah pisang.

Alat dan bahan yang digunakan :

  1. Pelepah pisang
  2. Pisau/cutter
  3. Cat pernis
  4. Benang kasur

Cara pembuatan sandal dari pelepah pisang adalah:

  1. Batang pisang dibuat menjadi bilah-bilah, kemudian bilah-bilah batang pisang tersebut, setelah itu keringkan dengan cara dijemur selama 10 hari. Tanpa di oven (supaya seratnya bagus) kemudian serat yang kering di rajut atau dianyam sehingga bisa dibentuk menjadi sandal.
  2. Hasil pengeringan batang pisang kemudian dipilin hingga beberapa meter panjangnya.
  3. Hasil pilinan serat gedebok pisang kemudian dianyam atau dijalin menjadi sandal.
  4. Agar kuat, anyaman serat dilem dan diikat dengan benang kasur. Kemudian dilakukan finishing produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Tampilan serat gedebok pisang umumnya  kusam, untuk mencerahkannya digunakan cat pernis berbahan  dasar air.
  5. Jadilah sandal cantik dari pelepah pisang.

6. Tas dari Pelepah Pisang

Tas dari Pelepah Pisang
google.co.id

Kerajinan dari pelepah pisang yang tidak kalah menarik serta bernilai jual ialah dengan membentuknya menjadi kerajinan tas yang cantik.

Selain itu, proses membuat tas dari pelepah pisang pun memerlukan tingkat kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi.

Alat dan Bahan:

  1. Benang Kasur
  2. Pisau
  3. Pelepah pisang
  4. Cat pernis
  5. Warna untuk finishing

Cara Pembuatannya:

  1. Pertama kamu harus lakukan proses pengeringan pelepah pisang terlebih dahulu. Biasanya pelepah pisang harus dikeringkan selama kurang lebih 7 sampai 10 hari.
  2. Itu makanya tadi dijelaskan bahwa proses pembuatan tas membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi. Tujuan kamu mengeringkan pelepah pisang ialah agar menghilangkan kandungan airnya.
  3. Kemudian pembuatan rajutan. Bahan untuk merajutkan pastinya dengan menggunakan pelepah pisang yang sudah kamu keringkan.
  4. Agar tas menjadi kuat dan tidak mudah rusak, kamu bisa mengelem serat pelepah pisang dan mengikatnya menggunakan benang kasur.
  5. Langkah terakhir ialah proses mempercantik kerajinan tas dari pelepah pisang. Kamu hanya tinggal memberikan warna sesuai dengan keinginan kamu .
  6. Sebelum kamu membuat tas harus dipastikan kamu telah mengetahui warna tas kamu akan dibuat seperti apa.

7. Bunga dari Pelepah Pisang

Bunga dari Pelepah Pisang
ngertiaja.com

Pelepah pisang bisa dijadikan sebuah bunga yang cantik dan pastinya dengan tangan yang kreatif. Selain bisa kamu pakaia sebagai hiasan di rumah, kerajinan ini juga bisa kamu jual.

Alat dan Bahan:

  1. Gunting
  2. Penggaris
  3. Pulpen
  4. Pelepah Pisang Kering
  5. Lidi atau Kawat
  6. Kertas kreps hijau
  7. Staples.

Cara pembuatannya:

  1. Pertama, kamu gambar terlebih dahulu sebuah segitiga menggunakan pulpen pada daun pisang yang kering. Lalu potong pola yang sudah kamu gambar tadi menggunakan gunting. Pola segitiga ini nantinya berfungsi sebagai mahkota bunga.
  2. Kemudian pola tadi ditusukkan dengan lidi di tengah persis pola yang telah kamu buat. Bentuk segitiga tadi menjadi sebuah kerucut.
  3. Setelah itu, ambil daun pelepah pisang lain yang sudah kering dan buat pola selanjutnya. Buatlah pola dengan bentuk oval panjang yang berjumlah 5 buah menggunakan pulpen. Pola ini nanti fungsinya sebagai kelopak bunga.
  4. Selanjutnya ambil salah satu pola oval panjang tadi, kemudian buatlah sedikiti melengkung sampai menyerupai daun dengan cara menggesekkan polanya menggunakan penggaris.
  5. Lalu ambil pola segitiga yang sudah kamu bentuk menjadi kerucut tadi dan satu pola oval yang sudah melengkung. Kemudian straples pada bagian ujung pola yang melengkung dengan bagian luar yaitu kerucut (yang dibalik).
  6. Setelah itu, ambil lagi 4 buah pola melengkung yang lain dan strapless sampai selesai.  Pylox pelepah pisang sesuai dengan warna bunga yang diinginkan.
  7. Untuk membuat bunga menjadi lebih indah dan menarik, kamu boleh memberikan tambahan beberapa tangkai bunga dari daun kering di dalam pot.

8. Dompet dari Pelepah Pisang

Dompet dari Pelepah Pisang
bumn.id

Bagi ibu-ibu atau remaja putri yang kreatif dan suka dengan hal yang unik dan peduli lingkungan sekitar. Dompet dari pelepah pisang ini bisa dijadikan salah satu alternatif dalam membuat kerajinan.

Alat dan Bahan:

  1. Gunting
  2. Spidol
  3. Meteran
  4. Penggaris
  5. Pisau
  6. Jarum renda
  7. Pelepah pisang yang sudah kering di pohon
  8. Dalaman dompet yang sudah jadi
  9. Lem Fox
  10. Benang nilon
  11. Pernis kayu dengan media air.

Cara Pembuatannya:

  1. Pertama kamu belah pelepah pisang menggunakan pisau, sehingga terdapat dua bagian antara luar dan dalam.
  2. Lalu rapikan dengan menggunakan pisau atau sikat cucian.
  3. Setelah itu, siapkan dalaman dompet yang sudah jadi tadi.
  4. Selanjutnya kamu harus ukur lebar dan panjang dompet tersebut untuk menentukan ukuran pelepah pisang yang akan digunakan sebagai dompet.
  5. Setelah itu, potong pelepah pisang tersebut sesuai dengan ukuran dompet
  6. Lalu rekatkan pelepah pisang dengan dompet taid menggunakan lem yang sudah disiapkan
  7. Untuk sebagai pemanis, pada bagian pinggir dompet ditempelkan list yang terbuat dari rajutan benang nilon.
  8. Kemudian biarkan sampai melekat selama beberapa jam lalu tahap terakhir dipernis dan biarkan pernis tersebut selama beberapa jam supaya kering.
  9. Setelah kering, dompet dari pelepah pisang pun sudah siap untuk digunakan.

9. Hiasan Dinding dari Pelepah Pisang

Hiasan Dinding dari Pelepah Pisang
google.co.id

Cara membuat hiasan dinding rumah dari serat atau pelepah pisang ini cukup mudah, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah disini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Pelepah pisang kering
  2. Kuas
  3. Gunting
  4. Penggaris
  5. Lem
  6. Kertas Astro
  7. Frame/ Figura
  8. Pernis kayu untuk finishing

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Siapkan ide mau bikin apa, misalnya seperti kaligrafi, anyaman, kapal, dll
  2. Siapkah kertas astro/ karton yang akan digunakan sebagai alas. Potong sesuai keinginan atau kerajinan yang akan dibuat.
  3. Potong pelepah pisang, tempelkan pada kertas secara rapi dan hati-hati.
  4. Gunakan pernis kayu untuk finishing.

Inovasi dari Bahan Pelepah Pisang

Inovasi dari Bahan Pelepah Pisang
mimpibaru.com

Untuk inovasi dari bahan pelepah pohon pisang yang bisa kita ciptakan adalah dengan membuat peralatan untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Ada berbagai kerajinan dari pelepah pisang yang bisa kita buat dengan mudah. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, kipas dan kotak obat.

Dalam pembuatan dari berbagai macam peralatan ini pun cenderung terbilang sama. Hanya saja yang membedakan adalah cara dalam membentuk dan membuat model dari berbagai jenis peralatan.

Kemudian masih ada banyak lagi benda kerajinan dari pelepah pisang lainnya yang dapat dibuat seperti:

  1. Pigura
  2. Sandal
  3. Keranjang
  4. Kotak tissue
  5. Kap lampu
  6. Tas
  7. Karpet
  8. Tikar
  9. Hiasan dinding.

Dan masih banyak lagi lainnya yang dapat dibuat sebagai kerajinan dari pelepah pisang. Semakin unik produk yang dibuat maka tentunya akan semakin bagus nilai harga jualnya.

Manfaat Pelepah Pisang

Manfaat Pelepah Pisang
mimpibaru.com

Membuat kerajinan dari pelepah pisang, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat yang menguntungkan. Berikut ini beberapa manfaat yang kamju dapatkan jika membuat kerajinan dari pelepah pisang.

  1. Melatih kesabaran
  2. Bisa menghemat
  3. Sebagai ladang bisnis
  4. Mengisi kekosongan waktu
  5. Bisa membangun rasa percaya diri
  6. Bisa Melatih kreativitas seseorang
  7. Dapat Melatih kemampuan motorik anak
  8. Mengajarkan anak untuk mengikuti instruksi.

Hambatan Menjalankan Usaha Kerajinan

Hambatan Menjalankan Usaha Kerajinan
mimpibaru.com

Ada juga beberapa kendala bisnis yang sering dialami oleh para pengrajin pelepah pisang yaitu tingkat persaingan pasar dalam bidang industri kerajinan kian hari semakin hari melesat hebat.

Bahkan boleh saja persaingan juga tidak hanya berasal dari pengrajin produk sejenis. Namun dari produk kerajinan lainnya yang saling berlomba merebut hati para konsumen.

Kemudian kendala berikutnya yang sering dihadapi para pengrajin adalah lamanya proses pengeringan pelepah pisang hal ini karena masih bergantung pada cuaca di sekitaran lokasi usaha.

Kebanyakan dari para pengrajin adalah dengan memanfaatkan bantuan dari sinar matahari dalam proses pengeringan bahan baku.

Hal ini dipilih pengrajin sebab selain biayanya yang sangat murah, kualitas warna yang dihasilkan pun akan sangat berbeda jika pengeringannya dilakukan dengan cara buatan.

Misalnya disetrika atau dipanaskan dengan alat lainnya.

Karakteristik Bahan Pelepah Pisang

Karakteristik Bahan Pelepah Pisang
mimpibaru.com

Bagaimana cara membuat karya kerajinan dari pelepah pisang?

Dalam pembuatan kerajinan dari pelepah pisang supaya dapat menciptakan produk yang berkualitas baik. Kita wajib memakai bahan baku pelepah pisang yang baik juga.

Kemudian juga kita harus bisa memilah tipe pelepah pisang yang bermutu baik.

Salah satu contoh pelepah pisang yang baik adalah yang sudah kering di tumbuhan.

Yakni pelepah pisang yang benar-benar telah kering, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan proses penjemuran. Pelepah pisang yang kering mempunyai tekstur yang mudah untuk dibentuk.

Karena sifatnya yang kering, maka akan menjadi lebih kuat apabila dibuat sebagai bahan kerajinan.

Dalam membuat produk kerajinan dari pelepah pisang, agar produk yang dihasilkan menjadi lebih natural, hendaknya kita tidak harus menggunakan pewarna atau pengawet buatan.

Pada umumnya para pengrajin dalam membuat kerajinan menggunakan warna natural dari pelepah pisang dengan membiasakan tema apa yang dibuat dari produk tersebut.

Dalam merekatkan potongan-potongan pelepah pisang pun, bisa memakai lem seperti lem kertas atau lem fox yang banyak dijual di pasaran.

Meski lem fox biayanya sedikit lebih mahal, namun hal tersebut sebanding dengan energi rekatnya yang kuat.

Gambaran Usaha Kerajinan

Gambaran Usaha Kerajinan
mimpibaru.com

Pohon pisang merupakan produk tanaman pangan yang sangat berlimpah di negara kita yakni Indonesia.

Banyak dari kita yang memanfaatkan buah pisang untuk berbagai keperluan olahan pangan mulai dari keripik, kolak, bubur pisang hingga dimakan begitu saja.

Ketika pohon pisang sudah tak berbuah lagi, maka batangnya biasanya akan di tebang dan digantikan dengan pohon yang baru atau juga dibiarkan begitu saja sampai pohon tersebut mati dengan sendirinya.

Selain buah pisang ternyata pohon pisang dapat memberikan pendapatan yang lebih banyak.

Baik itu dari batangnya sehingga batang yang dulunya hanya dianggap sebagai limbah, kini bisa menjadi bahan baku bisnis yang lumayan menjanjikan dalam segi keuntungan.

Pelepah pisang juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai material unggulan yang berlimpah, memiliki nilai estetika dan mudah diperbaharui.

Bisnis kreasi pelepah pisang ini dapat dijalankan oleh siapa saja karena modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini hanyalah kreativitas yang tinggi. Serta kemauan, kerja keras dan berani berinovasi dalam menciptakan berbagai kerajinan unik dari limbah pelepah pisang.

Bahan bakunya pun bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun.

Dengan melalui proses pengolahan dan desain kreatif, pelepah pisang dapat dibuat produk-produk seperti piring dan mangkok sehingga mempunyai nilai dan estetika tinggi dan ramah lingkungan.

Tinggalkan komentar