Kerajinan dari Limbah Kertas

Punya banyak kertas bekas di rumah? Jangan langsung dibuang ya. Yuk kita sulap menjadi kerajinan dari limbah kertas!

Kebanyakan orang akan kesal ketika tumpukan kertas bekas mulai menggunung di rumahnya. Seringnya, langsung panggil aja tukang rosok buat beresin itu semua.

Padahal, kalau mau mencari ide tentang kerajinan dari limbah kertas, tumpukan kertas bekas tersebut sangat bermanfaat. Bahkan, jika menemukan ide bisnis, limbah kertas tersebut bisa jadi cuan.

Bagaimana? Buku SD kamu masih ada di rumah kan?! Nah, kamu bisa banget mulai berkreasi dan mencari ide bisnis dengan membaca artikel saya ini!

Para ibu rumah tangga yang punya anak juga bisa banget nih ikutin trik dan ide-ide yang akan saya tuliskan di bawah ini.

Saya akan membahas mulai dari apa itu limbah kertas, contoh kerajinan dari limbah kertas, bahkan hingga ide bisnis yang bisa kamu temukan hanya dengan limbah tersebut.

Mari belajar!

Apa Itu Limbah Kertas?

Apa Itu Limbah Kertas?
mimpibaru.com

Limbah kertas adalah sampah kertas yang telah terpakai dan tidak bisa digunakan lagi tetapi masih bisa diolah menjadi barang-barang tertentu.

Limbah kertas bisa berasal dari buku bekas, kertas koran, kertas majalah, kertas karton, pembungkus makanan, dan lain-lain.

Oke, sekarang saya akan kasih beberapa contoh ide bagus tentang kerajinan dari limbah kertas. Ide-ide berikut tentunya sangat mudah, asalkan mau ulet dan telaten ya.

Bacaan menarik: Manfaatkan Kulit Telur untuk Bikin Kerajinan Cantik!

Contoh Kerajinan dari Limbah Kertas

Contoh Kerajinan dari Limbah Kertas
mimpibaru.com

Ketika belajar tentang suatu hal, siapapun pasti membutuhkan contoh agar lebih cepat paham. Dan kamu pasti juga termasuk.

Oleh karena itu, di sini saya bakal kasih contoh ide kerajinan dari limbah kertas. Baca sampai tuntas ya.

1. Paper Bag

tas-jinjing-dari-limbah-kertas
genemil.com

Contoh yang pertama kali akan saya kasih adalah membuat kerajinan paper bag dari limbah kertas. Beberapa orang menyebut kerajinan ini adalah tas jinjing.

Karena terbuat dari kertas, kamu tidak bisa menggunakannya untuk membawa barang yang banyak dan berat. Tas ini hanya untuk barang-barang ringan.

Zaman sekarang, orang-orang banyak menggunakan paper bag sebagai wadah kado maupun hadiah.

Untuk hadiah yang mau kamu berikan kepada seseorang tak perlu kamu bungkus pakai kertas kado. Agar lebih simpel, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam paper bag ini.

Terdapat berbagai macam ide model paper bag yang bisa kamu temui di toko alat tulis atau bahkan di pasar swalayan.

Sebenarnya kamu ngga harus beli di pasar atau toko ya. Kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan bahan seadanya, yaitu kertas.

Cara dan bahan apa saja yang harus disiapkan? Ya, saya akan jelaskan semuanya.

Siapkan kertas kado atau kertas lainnya seperti yang kamu inginkan. Kemudian siapkan karton, gunting, perekat double tape, pita atau tali lain, dan pelubang kertas.

Ketika semuanya sudah siap, gunting terlebih dahulu kertas kado dengan gunting sesuai ukuran yang kamu inginkan.

Oiya, lebihkan juga ukuran panjang dan tingginya menjadi 2 kali dari ukuran barang yang bakal kamu masukkan ke paper bag.

Langkah selanjutnya, tempelkan perekat double tape pada sisi samping, mulai dari atas sampai ke bawah. Lalu rekatkan ujung yang berlawanan pada bagian yang terdapat double tape.

Setelah itu, pindahkan bagian sambungan ke samping, hingga sambungan antar kertas tertutup. Kemudian lipatlah sisi bawah kertas dan kedua ujung yang terlipat sampai membentuk segitiga.

Lipatlah sisi atas dan bawah, hingga lebih dari setengah yang sudah terlipat. Selanjutnya kamu rekatkan bagian atas dan bawah yang telah terlipat, namun jangan sampai menempel dengan sisi dalam kertas ya.

Kemudian lipat lagi sisi atas, lalu gunting ujung-ujung yang sudah terlipat sesuai panjangnya. Jika sudah, maka potong karton sesuai tinggi dan lebar bagian atas yang telah kamu lipat.

Kemudian sediakan lagi 2 potong karton dengan ukuran yang sama. Satukan karton pada sisi dalam lipatan, dan rekatkan kembali ke dalam lipatan. Fungsi karton adalah untuk menguatkan sisi atas yang terlipat.

Berikutnya, bikinkan 4 lubang dengan menggunakan pembolong kertas, dan pastikan jaraknya sudah sejajar dan sama, lalu masukkan tali ke dalam lubang.

Terakhir ikatlah tali dan lakukan kembali untuk lubang lainnya. Selesai deh! Sekarang, paper bag buatan kamu sudah siap dipakai.

2. Frame Cermin dari Limbah Kertas Koran

Frame Cermin dari Limbah Kertas
calonbos.com

Cara membuat frame cermin dari koran sama persis ketika kamu membikin bingkai foto berbahan kertas bekas. Namun, ada sedikit yang membedakan yakni pada ukuran dari frame tersebut.

Biasanya ukuran pada frame lebih besar daripada bingkai foto. Jadi, kamu bisa membuat nya dengan cara yang sama. Kamu bisa memperbesar ukuran dari bingkai tersebut supaya muat untuk dijadikan sebagai frame cermin.

Ukurlah cermin terlebih dahulu sebelum kamu pasang frame tersebut supaya kamu tidak salah pada ukuran dalam cara membuatnya.

Koran tersebut adalah salah satu dari media informasi cetak yang masih eksis hingga saat ini. Masih cukup banyak diminati orang-orang, terutama bapak bapak. Mungkin kamu juga termasuk salah satu peminatnya.

Kemanakah koran yang telah kamu baca?

Jika kamu diamkan, lama kelamaan akan menumpuk dan terlihat kotor kemudian dibuang secara cuma-cuma. Daripada dibuang sia-sia alangkah baiknya kita manfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat, diri sendiri dan orang lain.

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah vernis, kawat, lem, gunting, dan koran bekas.

Adapun caranya adalah:

  1. Potong kertas koran.
  2. Buat menjadi sebuah gulungan sebanyak yang kamu perlukan.
  3. Untuk selembar koran itu bisa dibagi 6-8 bagian memanjang.
  4. Lalu, gulung sampai berbentuk gulungan kecil-kecil sesuai keperluanmu. Gunakan kawat untuk menggulung kemudian sesuaikan supaya ukuran nya sama besar.
  5. Beri lem pada setiap akhir gulungan supaya tidak terlepas dari gulungan tersebut.
  6. Kemudian, tempelkan gulungan-gulungan koran tersebut ke sisi-sisi cermin, sesuai seleramu.
  7. Terakhir, berikan lapisan vernis agar bisa terlihat mengkilap dan dapat menjaga dari air yang masuk ke bagian dalam pori-pori kertas.
  8. Jadilah frame cermin unik.

Mudah bukan membuat frame dari limbah kertas?

3. Kerajinan Jam Dinding dari Limbah Kertas

Jam Dinding dari Limbah Kertas
calonbos.com

Kalau kamu mempunyai waktu yang banyak sekali senggangnya, maka kamu dapat mencoba untuk membuat jam dinding dari limbah kertas koran ini.

Buatnya tidak sulit kok, bahkan tidak ribet juga. Ya, cuma itu, kamu harus benar-benar telaten agar hasil yang nantinya akan didapatinya juga akan rapid an juga bagus.

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan yaitu kamu dapat membentuk kertas koran menjadi seperti sedotan.

Ketika sudah, buatlah lingkaran dari kertas koran tadi kamu dapat membuatnya yang banyak, satu lingkaran besar, dan juga 12 lingkaran kecil.

Lalu ketika itu kamu dapat langsung menyatukannya, kamu juga jangan lupa untuk memasang mesin jamnya.

4. Hiasan Kupu-Kupu dari Origami

Hiasan Kupu-Kupu dari Origami
kerajinanbahankayu.blogspot.com

Kupu-kupu yang cantik dapat kamu bikin sebagai pemanis pada setiap tempa. Baik itu di buku catatan harian, bungkus kado, bingkai foto dan lain sebagainya.

Bahkan, kamu juga bisa gunakan sebagai penghias ruangan yakni menggantungkannya di langit-langit rumah.

Gimana cukup menarik dan unik kan Sobat?

Jadi, yang perlu kamu persiapkan yaitu kertas origami dengan beragam warna, pensil, penggaris, dan juga pita bermacam warna.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membikin pola kupu-kupunya dulu memakai pensil dan penggaris sebanyak yang kamu perlukan.

Setelah itu, lipat kertas origami ke arah depan dan belakang. Kemudian ikat sisi tengah kertas origami menggunakan tali yang kuat agar nggak mudah copot.

Selanjutnya kamu rentangkan sayap kupu-kupu dari lipatan tersebut. Nah, sekarang sudah tampak kupu-kupu buatan tangan kamu sendiri.

Jadi, akan semakin cantik apabila kamu menggantungkannya dengan cara disatukan beberapa kupu-kupu di seutas tali menjadi 1 rangkaian.

Kemudian digantung pada dinding atau atap. Ketika ada angin lewat, maka kupu-kupu tersebut akan tampak seperti sedang terbang.

5. Kerajinan Keranjang dari Limbah Kertas

Kerajinan Keranjang dari Limbah Kertas
mimpibaru.com

Kerajinan keranjang ini biasanya banyak yang terbuat dari kayu, rotan, dan maupun plastik. Ternyata, ada juga keranjang yang terbuat dari bahan limbah kertas.

Lalu bagaimana untuk kekuatannya? Ya tentu tidak akan sekuat rotan dan juga plastik, akan tetapi kalau masalah kegunaan tentu sama aja tidak jauh berbeda.

Keranjang yang terbuat dari koran ini dapat kamu buat dengan ukuran yang beraneka ragam.

Nah, untuk membuatnya agar menjadi awet, maka kamu dapat melapisi keranjang tersebut dengan cat yang anti air. Agar kalau keranjangnya tersebut terkena air, maka tidak akan mudah rusak dan juga lembek.

6. Burung Mainan

Burung Mainan dari Limbah Kertas
temankreasi.com

Kerajinan dari limbah kertas berbentuk burung juga akan tampak cantik apabila digantung di kamar maupun pada ruangan dalam rumah.

Bahkan hiasan burung ini akan menambah suasana nyaman dan tenang. Sebelum pembuatannya pembuatannya, kamu akan memerlukan kertas origami warna-warni.

Cara membuatnya, yakni dengan melipat kertas tersebut menjadi segitiga. Akan tetapi, pastikan sisi berwarnanya berada di dalam lipatan.

Kemudian ambil satu bagian sisi origami, kamu lipat ke tengah, lalu lipat bagian atas ke belakang. Setelah itu, lipat terbalik di bagian luar origami, kemudian di lipat lagi bagian bawah ke depan dan juga belakang.

Jadi, kamu lipat sesuai pola burung, sementara kalau untuk kepala burung, kamu dapat membentuknya dengan melipat ke dalam.

Terakhir, kamu lipat lagi dari sisi kiri ke dalam dan lipat ekornya ke luar. Jadi deh, kini burung camar kamu sudah siap untuk dipajang!

7. Gaun Pesta

Gaun Pesta dari kertas limbah
jawapos.com

Lazimnya dikala kamu akan menghadiri suatu acara seperti pesta pasti kamu menggunakan gaun yang paling menawan bukan?

Nah, gaun di atas dapat kamu pakai dalam acara pernikahan ataupun pesta apa saja. Gaun di atas tersebut terbuat dari kertas koran, dan pembuatannya memakan waktu 1 bulan lamanya.

Sebelum benar-benar pantas untuk dipakai dalam acara pernikahan.

8. Paper Bouquet

Paper Bouquet dari Limbah Kertas
ralali.com

Sebagian dari pengantin ternyata juga nggak terlalu suka dengan buket bunga asli.

Mungkin mereka lebih memilih bunga kertas sebab jika dilihat lebih mempunyai nilai seni. Hal ini jugalah yang menjadikan kerajinan bouquet bunga kertas banyak peminatnya.

Karena dengan semakin kreatifnya seseorang, tentu saja bouquet yang dihasilkan pun akan semakin menarik. Untuk inspirasi dalam membikin kerajinan bouquet bunga dari kertas dapat kamu lihat pada gambar.

9. Tempat Sampah dari Limbah Kertas

Tempat Sampah dari Limbah Kertas
bintangtop.com

Tempat sampah adalah salah satu kerajinan dari koran bekas yang mudah pembuatan nya.

Tidak hanya dari semen dan plastik, sampah juga bisa dibuat dari kertas bekas lho. Tong sampah ini merupakan salah satu barang yang dibutuhkan untuk merapikan ruangan supaya tidak kumuh dan berantakan.

Untuk membuat kerajinan tersebut, dibutuhkan kemauanketelitian dan skill kreatif yang tinggi. Berikut tong sampah kerajinan dari limbah kertas dan cara pembuatannya:

  1. Gulung koran menjadi 40-50 gulungan kecil potongan koran. Cara membuat gulungan tersebut bisa dengan cara menggunakan lidi dan lem supaya menempel kuat.
  2. Susun gulungan koran dengan saling menyilang seperti pada gambar di atas. Susun gulungan koran yang telah dikin sebanyak 8-10 gulungan.
  3. Buatlah dasar lingkaran keranjang dengan teknik menganyam. Gunakan gulungan paling bawah yang diselipkan memutar dari arah kiri kanan saling menyilang. Lakukan hingga ukuran dasar keranjang sesuai dengan kebutuhanmu.
  4. Apabila ukuran dasar lingkaran keranjang telah sesuai dengan kebutuhanmu. Tegakkan gulungan koran keatas untuk kerangka keranjang.
  5. Kemudian, buat anyaman untuk sisi keranjang keatas sesuaikan dengan ketinggian keranjang. Untuk menambah gulungan dapat dengan menambahkan lem di ujung gulungan.
  6. Potong lalu rapikan bagian ujung gulungan yang menjadi rangka. Setelah itu, selipkan gulungan ke bawah untuk menutup rangkaian anyaman.
  7. Supaya terlihat lebih berkilau dan cantik, kamu bisa tambahkan vernis kayu hingga merata.

Membuat kerajinan tangan dari limbah kertas mudah bukan?

10. Tempat Pensil

Tempat Pensil dari Limbah Kertas
kerajinaniat.blogspot.com

Apa kamu merasa bosan dengan desain tempat pensil yang hanya begitu-begitu saja?

Mungkin kamu harus membuat tempat pensil ini di rumah, maka akan kami jamin meja kerja maupun meja belajar kamu akan semakin terlihat indah.

Dengan sedikit kretifitas dan juga akan memanfaatkan koran bekas yang sudah tidak dipakai akan jadi sesuatu yang bermanfaat.

11. Bingkai Foto

Bingkai Foto dari Limbah Kertas
kerajinan-keren.blogspot.com

Buat kamu yang pengen memanfaatkan tumpukan koran bekas yang tidak digunakan lagi di rumah buat dijadikan sebuah kerajinan.

Maka kamu boleh coba salah satu kerajinan tangan dari koran bekas yang bisa dibuat menjadi bingkai foto yang cantik.

Alat dan bahan:

  1. Kertas koran bekas
  2. Gunting / cutter
  3. Lem kertas atau lem kayu (Fox)
  4. Kardus bekas  atau karton tebal yang tidak terpakai
  5. Cat warna (opsional) atau bisa juga dengan menggunakan pernis kayu

Cara membuat bingkai foto dari limbah kertas koran:

  1. Silahkan kamu bagi 1 lembar halaman kertas koran menjadi 4 / 2 bagian.
  2. Kemudian buat menjadi lintingan kecil dengan memanjang. Kalau kamu kesulitan melinting kertas koran tersebut. Maka boleh bantuan lidi agar mempermudah menggulung kertas koran menjadi lintingan
  3. Kamu buat sekitar 20 sampai 30 lintingan.
  4. Jika semua lintingan sudah selesai dibuat, maka pipihkan.
  5. Gulung lintingan sampai membentuk lingkaran seperti obat nyamuk, lalu berikan lem ketika menggulung agar tidak mudah lepas. Boleh juga dibuat menjadi beragam ukuran gulungan yang berbeda agar terlihat lebih menarik.
  6. Jika semua lintingan sudah selesai digulung, maka potong kardus bekas / karton bekas 2 lembar dengan ukuran sama besar / disesuaikan pada ukuran foto yang akan dipakai.
  7. Kemudian bikin bingkai memakai 1 karton / kardus bekas sekitar 1,5 cm tiap sisi. Lalu potong dengan cutter.
  8. Selanjutnya kamu tempelkan bingkai yang telah kamu buat ke potongan kardus / karton satunya dengan memakai lem di sisi bingkai tersebut. Sisakan salah satu sisi untuk nantinya foto dimasukkan kedalam bingkai.
  9. Kalau sudah, maka tempel gulungan kertas koran tersebut ke sisi bingkai dengan memakai lem kertas.
  10. Terakhir, lubangi pada 2 bagian sisi bingkai apabila foto akan digantung pada dinding atau tempelkan penyangga di bagian belakang bingkai kalau mau diletakkan diatas meja.

Sangat mudah bukan cara pembuatan kerajinan tangan dari koran bekas di atas? Bahkan anak-anak sekalipun bisa membuatnya.

12. Replika Perahu

Replika Perahu dari Kertas Bekas
kerajinantangan16.blogspot.com

Buat kamu yang sangat gemar dunia laut, pasti nggak lengkap rasanya kalau tidak membuat replika perahu layar. Sebab kamu nggak perlu mahal-mahal buat membeli barang tersebut. Jadi, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Kalau gitu, gimana cara membuat kertas koran jadi barang berguna?

Replika barang seperti sepeda, rumah, motor, mobil dan perahu layar sangat sering dijadikan sebagai pajangan cantik di dalam rumah.

Dengan bentuknya yang minimalis dan persis dengan wujud aslinya tentunya membikin banyak orang kagum. Mungkin kerap kali kita menjumpai replika berbahan kayu, plastik maupun batu, plastik dan kayu.

Akan tetapi, gulungan koran bekas juga dapat dibuat menjadi sebuah replika yang unik dan cantik.

Oleh karena itu, berikut saya sajikan cara membuat replika perahu layar dari bahan limbah kertas koran. Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  1. Kertas koran
  2. Gunting
  3. Cat warna
  4. Lem kertas

Cara membikin kerajinan replika perahu layar dari limbah kertas :

  1. Jika alat dan bahan sudah kamu siapkan.
  2. Silahkan kamu gunting koran menjadi beberapa bagian-bagian dengan bentuk persegi panjang.
  3. Kemudian gulung koran secara perlahan hingga membentuk gulungan kecil (layaknya seperti menggulung gulungan rokok), jadi digulung dengan rapat dan rapi.
  4. Kamu bikin secukupnya untuk membuat replika perahu layar.
  5. Setelah itu, gunting gulungan-gulungan tersebut dengan panjang sesuai keperluan.
  6. Jika sudah, maka susun gulungan tersebut sampai membentuk perahu dengan memakai lem kertas.
  7. Hal ini dilakukan agar terlihat seperti aslinya dan tambahkan ornamen-ornamen kecil di atasnya seperti layar perahu.

13. Wadah Permen

Wadah Permen dari kertas koran
mimpibaru.com

Untuk kamu yang menyenangi ngemil permen maupun cokelat, kayaknya kamu perlu membuat tempat permen yang terbuat dari kertas koran ini.

Selain dapat membantu kamu untuk menaruh permen, tempat ini juga akan membuat kamar tidur kamu maupun ruang tamu kamu akan terlihat lebih elegan.

14. Kotak Tisu dari Limbah Kertas

Kotak Tisu dari Limbah Kertas
mimpibaru.com

Tempat tisu dari koran juga menjadi salah satu kreasi tangan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Hal itu, karena terbuat dari koran yang merupakan barang bekas.

Itu makanya kegiatan membikin tempat tisu dari limbah koran ini cukup dianjurkan. Dengan membikin kerajinan tempat tisu dari koran bekas, itu artinya kamu sudah berkontribusi secara langsung terhadap kebersihan lingkungan.

Bisa dibilang, membuat tempat tisu dari koran adalah aktivitas positif yang wajib didukung dan dikembangkan oleh siapa pun.

Sebab kegiatan tersebut bisa menjadi upaya daur ulang kertas yang bermanfaat bagi lingkungan. Nah, buat pembaca yang pengen buat tempat tisu dari bahan limbah koran, boleh ikuti tutorialnya di bawah ini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  1. Koran bekas
  2. Pensil
  3. Double tape
  4. Gunting
  5. Penggaris
  6. Kardus bekas tempat sepatu

Cara Membikin Kerajinan Tempat Tisu dari Limbah Kertas:

  1. Gunakan pensil dan gulung koran bekas sampai menyerupai sapu lidi. Supaya gulungannya tidak lepas, maka kamu lem ujung gulungan memakai lem kertas / double tape.
  2. Jika gulungan sudah selesai, pensil dari dalam gulungan dapat diambil dan kamu buat lagi gulungan kertas secukupnya. Supaya terlihat rapi, upayakan gulungan kertas mempunyai ukuran yang sama.
  3. Setelah itu, potong gulungan kertas tadi sesuai ukuran tinggi dan lebar dari kardus sepatu yang akan digunakan.
  4. Proses berikutnya yaitu mengambil kotak sepatu bekas.
  5. Silahkan kamu ambil pensil dan penggaris untuk mengukur besarnya lubang yang mesti dibuat pada penutup sepatu (lubang harus terletak di tengah permukaan).
  6. Jika proses pengukurannya selesai, maka potong dengan memakai cutter / gunting.
  7. Saatnya memberikan semua permukaan luar karton sepatu menggunakan double tape. Masing-masing sisi kotak sepatu berikan 3 double tape yakni di bagian bawah, tengah dan atas.
  8. Kemudian tempel potongan-potongan gulungan kertas yang sebelumnya pada semua permukaan kardus yang telah diberi double tape.
  9. Supaya terlihat lebih menarik, untuk penempelan gulungan kertas mesti dilakukan dengan berbagai macam variasi. Contohnya satu sisi dipasang horizontal, kemudian di sisi lainnya dipasang secara vertikal (sesuai kreativitas kamu).
  10. Jadi deh, kini proses pembuatan kotak tisu dari koran bekas telah selesai!

15. Kerajinan Miniatur Tank dari Limbah Kertas

Kerajinan Miniatur Tank dari Limbah Kertas
mimpibaru.com

Kamu ingin memiliki mainan yang banyak, tapi uang terbatas? Tenang, kamu bisa manfaatkan barang bekas menjadi mainan yang berguna.

Miniatur Tank bisa kamu buat dari koran bekas lho. Sleain itu, kamu juga bisa jadikan sebagai usaha kreatif. Tentunya memiliki nilai ekonomi yang tinggi daripada kamu jual kertas koran bekas secara kiloan.

Itulah beberapa contoh kerajinan dari limbah kertas yang bisa kamu jadikan rujukan ide ketika ingin berkreasi. Selamat mencoba ya. Terimakasih sudah mampir.

Tinggalkan komentar