Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin

Kerajinan dari Lilin – Selain untuk menerangi pada saat listrik padam, ternyata lilin juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan unik.

Dengan memiliki kreatifitas, kamu bisa memanfaatkan bahan lilin untuk membuat kerajinan. Nantinya, hasil kerajinan itu bisa kamu jual dengan harga yang bagus.

Namun tentu saja hal ini tergantung seberapa kreatifitas kamu di dalam menuangkan ide-ide maupun menggunakan bahan utama tersebut.

Tidak jarang beberapa orang malah tidak terlalu pandai memanfaatkan media lilin padahal sebenarnya dia memiliki ide yang brilian.

Kerajinan- kerajinan yang akan saya terangkan mungkin saja bisa menjadi salah satu informasi inspiratif yang bisa memberikan ide untuk kamu membuat kreasi yang sama atau bahkan lebih menarik.

Teknik Pembuatan Kerajinan dari Lilin

Pada bab ini saya akan mencoba mengulas beberapa teknik yang nanti bakal kamu gunakan untuk membuat kerajinan dari lilin. Ilmu ini cukup penting karena akan menentukan kualitas dari karya kamu.

1. Teknik Melelehkan Lilin

Untuk teknik pertama dalam membuat kerajinan dari lilin adalah teknik melelehkan lilin. Teknik ini sesuai dengan namanya, kamu bisa melelehkan bahan lilin yang akan kamu bikin.

Sebelumnya potong terlebih dahulu menjadi lilin yang berukuran kecil dan masukkan kedalam mangkok. Lalu rebuslah mangkok tersebut di dalam panci berisi air.

Pastikan airnya jangan sampai melebihi mangkok agar lilin kamu tidak tercampur air.

Teknik mencairkan lilin biasanya digunakan untuk membuat kerajinan lilin menggunakan cetakan. Cara ini bisa bisa menghasilkan bentuk yang sangat cantik dan detail.

Pada umumnya, teknik ini digunakan untuk membuat hiasan bunga, bola, jenis hewan, atau karakter yang lainnya.

2. Teknik Pemberian Warna Lilin

Teknik kerajinan lilin yang kedua adalah dengan memberikan warna pada lilin.

Pada teknik ini kamu bisa menambahkan warna krayon pada lilin yang sudah kamu potong menjadi kecil-kecil.

Selanjutnya, panaskan lilin dengan campuran crayon tersebut agar bisa menghasilkan warna yang indah.

3. Teknik Ukir Lilin

Teknik pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin yang terakhir adalah teknik ukir. Beberapa orang menganggap teknik ini cukup susah.

Hal ini karena pada teknik ini kamu harus mengukir lilin dengan menggunakan alat khusus seperti pisau kecil.

Dalam proses pembuatan dengan teknik ini, kamu harus benar-benar teliti agar tidak merusak motif lilin yang akan kamu bikin.

Contoh Kerajinan dari Lilin

Berikut akan saya berikan beberapa contoh saja untuk kerajinan dari lilin ini supaya membantu kamu mencari inspirasi lainnya.

1. Kerajinan Bunga dari Lilin

 

Kerajinan yang pertama adalah bentuk bunga. Lilin yang berbentuk bunga ini bisa kamu gunakan sebagai buket untuk hadiah loh. Cara membuat kerajinan bunga ini juga cukup mudah.

Yakni yang pertama kamu hanya tinggal mencairkan lilin terlebih dahulu.

Selanjutnya tuangkan cairan lilin ke dalam cetakan khusus yang berbentuk bunga.

Kamudian tunggu hingga lilin menjadi kering dan keluarkan dari cetakan.

Lilin dari bunga juga bisa kamu kombinasikan dengan berbagai macam warna, tetapi jangan langsung dicampur ya. Jangan lupa tunggu lilin yang satu membeku terlebih dahulu.

2. Membuat Karakter dari Lilin

 

Kerajinan selanjutnya adalah lilin karakter. Sesuai dengan namanya bahwa lilin ini akan dibentuk sesuai dengan karakter yang diinginkan. Baik itu karakter kartun, berbagai jenis bunga atau bentuk karakter yang lainnya.

Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat kerajinan dari lilin berbentuk bunga, yakni dengan menggunakan lilin cair yang kamu tuangkan ke dalam cetakan khusus.

Selanjutnya apabila mengering, lilin bisa kamu keluarkan dan tambahkan berbagai macam hiasan, agar lilin karakter semakin menarik.

3. Kerajinan Ukiran dari Lilin

 

Kerajinan selanjutnya adalah lilin ukir, lilin ini mempunyai bentuk yang sangat cantik, dimana kamu bisa membuat kerajinan lilin ukir dengan mengukirnya menggunakan alat ukir khusus, atau bisa menggunakan pisau kecil yang tajam.

Lilin ini tentunya mempunyai ciri khas tersendiri, yakni dari bentuk ukiran yang terbentuk, sehingga tidak heran apabila banyak peminat dari lilin ukir ini.

Jenis-Jenis Lilin

Ada banyak jenis lilin yang perlu kamu ketahui. Jenis-jenis ini cukup populer dan semoga bisa menjadi inspirasi dalam proses membuat kerajinan dari lilin.

1. Lilin Pilar

Fungsinya untuk penerangan yang menghasilkan cahaya ambien. Lilin pilar mempunyai kulit tebal dan berbentuk seperti silinder.

Lilin ini merupakan jenis lilin hias terbaik yang digunakan untuk menerangi rumah dengan menggunakan penahan lilin, agar tidak panas ketika memegangnya.

Agar lebih indah kamu bisa mengukir lilin ini, dengan bentuk yang kamu suka, karena ukiran ini memiliki karya seni yang tinggi.

2. Lilin Aroma

Jenis lilin yang pertama adalah lilin aroma. Lilin ini bisa menghasilkan aroma yang sangat wangi loh, bukan hanya itu saja lilin aroma ini juga bisa kamu bikin dengan rempah sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Pada dasarnya, lilin jenis aroma ini digunakan di beberapa tempat, misalnya pada spa atau yoga dan juga digunakan untuk pengharum ruangan.

3. Lilin Gel

Jenis lilin gel terbuat dari parafin, wite oil, anti lengket, pewarna, dan parfum jika dikehendaki. Lilin gel atau biasa terkenal dengan lilin jelly memiliki bentuk trasparan.

Karena lilin gel ini berbentuk trasparan, makan lilin ini bisa kamu tuang diberbagai wadah yang bening seperti kaca dengan bentuk yang berbeda-beda.

4. Lilin Cair

Apa itu lilin cair? Lilin cair merupakan lilin yang dibuat dari bahan parafin cair, dimana jenis lilin ini sangat aman untuk hiasan dalam layanan makanan.

Adapun pada umumnya lilin cair bisa bertahan sekitar 8 hingga 100 jam, hal tersebut tergantung pada tingkat ketebalan tetesan.

5. Lilin Elektrik (Flameless)

Lilin elektrik yang berbentuk Led flameles dalam penggunaannya memang di desain khusus agar tidak menimbulkan:

  • asap
  • lelehan
  • api

Penggunaan pada lilin elektrik ini sangat simpel dan mudah kamu bawa kemana-mana, dan tentunya dalam pembuatan lilin elektrik ini berbeda dengan yang lainnya.

Selain 5 jenis lilin tersebut, kamu bisa mencari info lebih lengkapnya lagi di google.

Pelajari Juga: Kerajinan dari Plastik Limbah

Cara Membuat Kerajinan dari Lilin

Agar kamu dapat membuatnya di rumah, saya akan memberikan langkah-langkah dalam pembuatan lilin hias yang mudah dan cukup simpel, tanpa mengurangi hasil yang indah.

Alat dan Bahan Membuat Kerajinan Lilin Warna-Warni

Sebelum masuk ketahap cara membuat kerajinan lilin, terlebih kamu harus tau mengenai alat dan bahan yang kamu butuhkan selama proses pembuatan.

  1. Crayon
  2. Sendok
  3. Panci
  4. Sendok
  5. Lilin
  6. Mangkok stainless steel
  7. Cetakan agar-agar (untuk membentuk lilin baru)

Langkah-langkah Cara Menbuat Kerajinan dari lilin Warna

Setelah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat lilin hias warna-warni, tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat kerajinan lilin tersebut, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan panci, masukkan air 1 liter kemudian rebus sampai mendidih
  2. Kemudian, letakkan mangkuk stainless stel di atas air tersebut dan biarkan kompor tetap menyala
  3. Masukkan lilin dan crayon yang sudah kamu potong kecil ke dalam mangkuk tersebut
  4. Setelah lilin meleleh buang sumbu yang ada pada lilin tersebut
  5. Kemudian tuangkan lilin yang sudah berwarna tersebut kedalam cetakan agar-agar atau jely 
  6. Kemudian matikan kompor
  7. Tunggu sampai lilin mengering, kemudian akan lilin dari cetakan
  8. Tahap terakhikhir, cuci peralatan dan bersihkan semua ruangan yang digunakan 🙂

Tips Dalam Pembuatan Kerajinan dari Lilin Hias

Untuk membuat sebuah kerajinan ini, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal di dalamnya, agar hasilnya lebih maksimal. Berikut tips dalam pembuatan lilin hias warna-warni.

  1. Akan lebih baik jika alat untuk merebus menggunakan stainless steel, karena mangkuk stainless seel bersifat menghantarkan panas
  2. Gunakan warna crayon yang sesuai dengan yang kamu inginkan, warna ini bertujuan untuk memberi warna pada lilin
  3. Jika mematikan kompor, usahakan sampai lilin kamu tunggu di cetakan, karena kan menjaga lilin tetap meleleh

Artikel ini bersumber dari beberapa website pendidikan.

Tinggalkan komentar