Kerajinan dari Kulit (Cangkang) Telur

Ketika membuat makanan dengan bahan telur, kulitnya jangan langsung kamu buang ya. Kamu bisa lho bikin kerajinan tangan dari kulit atau cangkang telur.

Cangkang atau kulit telur memang termasuk limbah organik. Artinya dia bisa terurai dengan sendirinya oleh bakteri di tanah. Namun, tidak ada salahnya juga apabila kamu bikin kreasi kerajinan tangan.

Selain membantu mengurangi limbah, dengan ide kerajinan tangan dari kulit telur ini kamu bahkan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjualnya.

Pada artikel ini saya akan bahas tuntas mulai dari contoh kerajinan dari kulit telur, cara membuatnya, hingga bahan-bahan yang diperlukan. Simak sampai selesai ya.

Apa Saja Contoh Kerajinan dari Kulit Telur?

Contoh Kerajinan dari Kulit Telur
mimpibaru.com

Hal yang paling mendasar dan paling penting dalam dunia pendidikan adalah memberikan contoh pada setiap pelajaran. Nah, kali ini saya membahas tentang kerajinan dari kulit telur dan saya bakal sertakan beberapa contohnya.

Sebenarnya di sekitar kamu mungkin sudah ada kerajinan-kerajinan berbahan kulit telur, namun kamu belum menyadarinya saja.

Dengan melihat contoh-contoh ini, saya harap kamu bisa ngeh dan paham bahkan bisa ikut berkreasi membuat kerajinan dari kulit telur.

1. Kolase Pigura (Bingkai Foto) dari Kulit Telur

Kolase Pigura (Bingkai Foto) dari Kulit Telur
youtube.com

Pigura atau bingkai foto menjadi salah satu faktor keindahan dari foto itu sendiri. Terlebih jika menggunakan pigura yang unik, tentu akan menarik perhatian.

Seperti apa sih pigura yang unik? Coba perhatikan bingkai foto di atas. Bingkai tersebut terbuat dari kulit telur.

Sebenarnya membuat bingkai foto dengan kulit telur ini sama dengan membuat mozaik, bahkan lebih mudah karena fokusnya di sini hanya pada pinggiran bingkainya saja.

Nah, bingkai foto dengan kulit telur ini bisa kamu bikin sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mencari beberapa limbah cangkang kulit telur, lalu pecahkan kulit telur tersebut jadi kecil-kecil, kemudian kasih warna sesuai keinginanmu.

Berikutnya, kamu siapkan bingkai yang sudah kamu lapisi dengan kertas, kemudian tempelkan cangkang telur dengan rapi agar terlihat indah.

Nah kan, kolase bingkai foto yang terbuat dari kulit telur sekarang sudah jadi.

2. Tempat Lilin

Tempat Lilin dari Cangkang Telur Warna Putih, Kuning, dan Merah
kulittelor.blogspot.com

Kamu sekarang ngga perlu bingung lagi untuk mencari variasi ide bentuk tempat lilin ketika listrik rumah kamu mati. Kamu bisa banget kok menggunakan kulit telur sebagai bahan dasarnya.

Jika kamu mau perhatikan, belahan kulit telur yang tidak beraturan justru semakin membuat kerajinan memiliki nilai seni tersendiri.

Oiya nanti kalau sudah jadi, kamu tinggal taruh lilin yang menyala pada bagian tengahnya maka otomatis keindahan akan terpancar dengan indah, terlebih lagi ketika suasana malam hening dan gelap (baca: listrik sedang padam).

Tempat lilin dari kulit telur ini bisa kamu bikin makin cantik dengan cara melukis pada sisi luarnya. Itu akan membuat tempat lilin terkesan romantis dan eksotis.

Kerajinan yang satu ini bisa menjadi solusi ketika kamu punya lilin dan bingung mau taruh pada media apa yang cocok dan tidak mudah terbakar. Keindahan akan lebih terlihat apabila diletakkan dalam suasana yang gelap.

Sebenarnya pada kerajinan yang satu ini tidak melulu soal tempat lilinnya ya. Bahkan lilin itu sendiri juga bermanfaat untuk hiasan, aroma terapi, penerang dan lainnya.

3. Kerajinan Boneka dari Cangkang Telur

Kerajinan Boneka dari Cangkang Telur
kumparan.com

Kamu mungkin masih sering menganggap kulit telur itu sampah yang tak berguna ya. Padalah kalau kamu pelajari lagi, barang yang kamu anggap sampah itu bisa menjadi sebuah kerajinan boneka.

Akan tetapi tentunya boneka dari kulit telur ini bukan seperti boneka buat anak kecil pada umumnya yang bisa dipeluk dan empuk itu ya.

Boneka hasil kerajinana tangan dari kulit telur ini merupakan sebuah gambar karakter wajah khas boneka yang lucu dan menggemaskan pada permukaan luar kulit telur.

Jangan lupa ya, kalau kamu ingin membuat kreasi ini, kamu perlu skill lukis yang hebat agar dapat menghasilkan sebuah karakter boneka yang lucu.

Bahan untuk membuat kerajinan boneka ini tidak mahal ya. Kamu hanya perlu bahan baku berupa kulit telur yang utuh. Bisa dengan kulit telur ayam atau bebek.

Bahkan kamu bisa juga sih pakai kulit telur burung puyuh jika mau ukuran yang lebih mini lagi. Selamat berkreasi ya teman-teman.

4. Vas Bunga

Vas Bunga dari Cangkang Telur
jualo.com

Vas bunga merupakan salah satu kerajinan tangan dari kulit telur. Selain dari kulit terlur pun vas bunga juga bisa terbuat dari barang bekas seperti botol plastik, dan kaleng.

Berbeda dari vas bunga pada umumnya. Vas bunga dari cangkang telur memiliki diameter lonjongnya sekitar 6-7 cm. Itu adalah ukuran rata-rata telur ayam atau bebek.

Jadi, vas bunga ini berukuran mini. Berbeda halnya apabila yang kamu gunakan adalah cangkang telur dengan ukuran besar, seperti telur burung unta.

Ukuran yang mini ini buat beberapa orang malah justru akan menjadikan vas bunga dari cangkang telur terkesan lebih unik dan menarik.

Selain itu juga tampilan dari vas bunga ini sangat indah dan menggoda pandangan. Terlebih lagi jika bunga yang kamu pajang warnanya terang dan menyejukan mata.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat vas bunga dari kulit telur? Cara ini mudah untuk kamu praktekin. Hanya memerlukan beberapa cangkang telur. Tapi dengan catatan kulit telurnya hanya pecah pada bagian atasnya ya.

Mudah bukan? Ingin membuat vas bunga dari kulit telur? Kamu hanya membutuhkan beberapa kulit telur yang pecah pada bagian atasnya saja.

Perlu kamu tahu pemasangan bunganya hanya mampu memuat untuk satu sampai dua tangkai bunga saja.

5. Kaligrafi dari Kulit Telur

Kaligrafi dari Kulit Telur
masnid.com

Kerajinan kaligrafi dari kulit telur ini nampaknya sempat viral beberapa waktu yang lalu. Berbagai media berita TV bahkan menyiarkan tentang pengrajin kaligrafi yang sukses ini.

Dia hanya memanfaatkan sampah kulit telur untuk menyulapnya menjadi sebuah seni kaligrafi yang terlihat indah ketika dilihat.

Dengan skill hebat dalam membuat kaligrafi, pengrajin tersebut mampu menjadikan tulisan ayat-ayat Al-Qur’an terlihat begitu artistik.

Sebagai catatan, proses pembuatan kaligrafi tersebut tentunya menggunakan skill yang bagus.

6. Kerajinan Pot Mini dari Cangkang Telur

Kerajinan Pot Mini dari Cangkang Telur
beritamalam.com

Selain untuk membuat vas bunga seperti contoh kerajinan cangkang telur yang di atas tadi, ternyata cangkang telur bisa juga menjadi bahan untuk membuat sebuah pot mini.

Kamu bisa menanam benih atau tanaman kecil dalam pot yang menggunakan bahan baku berupa cangkang telur. Contoh tanaman yang bisa hidup tumbuh dalam pot tersebut adalah seledri, daun bawang, stroberi dan masih banyak lagi.

Setelah jadi, pot bunga ini sangat bagus sebagai hiasan yang mengisi ruang kosong rumah kita. Pastikan terkena sinar matahari agar tanaman yang ada di pot tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Nah, cara pembuatan pot dari cangkang telur ini sama dengan pembuatan vas bunga. Silahkan lihat tutorial kerajinan tangan vas bunga pada nomer empat tadi ya.

7. Kerajinan Bola Lampu dari Kulit Telur

Kerajinan Bola Lampu dari Kulit Telur
kulittelor.blogspot.com

Melalui tangan-tangan kreatif, kulit telur juga bisa berubah menjadi hiasan bola lampu yang indah. Mungkin kamu termasuk pemilik tangan tersebut?!

Untuk membuat kerajinan ini, kamu membutuhkan kulit telur yang masih utuh. Lalu isinya? Ya tentunya telah dikeluarkan terlebih dahulu dengan trik khusus. Intinya, isi telur dikeluarkan tanpa harus merusak kulit atau cangkangnya.

Cara yang biasa dilakukan adalah dengan merendam telur dalam air cuka terlebih dahulu. Kemusian telur akan menjadi lunak dan elastis bahkan bisa dengan mudah ditusuk menggunakan jarum atau pisau.

Setelah itu keluarkan isi telur pun dari cangkangnya lalu diamkan untuk beberapa saat lagi sampai cangkang tersebut benar-benar mengeras kembali.

Setelah terkumpul banyak kuli telur utuh yang telah kosong itu, bikinlah susunan dengan rangkaian tertentu sehingga menghasilkan bentuk bola lampu seperti terlihat pada gambar di atas.

Cahaya dari lampu kerajinan ini dapat menembus sela-sela antar telur menjadi sangat indah dan enak untuk pemandangan mata.

8. Miniatur Kebun

Miniatur Kebun dari kulit telur yang dibawa oleh seorang wanita cantik
kumparan.com

Ide kreatif manusia dalam memanfaatkan limbah dan barang bekas tak pernah habis. Ide-ide baru selalu bermunculan dan penuh inovasi.

Salah satu ide kreatif memanfaatkan limbah adalah membuat kerajinan tangan dari bahan baku berupa kulit atau cangkang telur.

Salah satu ide kreatif tersebut adalah membuat kreasi kerajinan tangan berupa miniatur kebun berbahan dasar sampah / limbah kulit telur.

Kamu pernah ngga menyangka bakal ada sebuah ide gila ini? Menyulap sampah kulit telur menjadi miniatur kebun yang indah? Mungkin tak pernah menyangka, bukan?!

Ceritanya, pada kerajinan miniatur kebun ini, cangkang-cangkang telur yang berukuran setengah bakal dijadikan media tempat untuk menanam.

Caranya bagaimana? Tenang, saya bakal jelaskan semuanya ya. Kamu cukup memasukkan tanah gembur ke dalamnya terlebih dahulu. Kemudian susunlah cangkang telur tersebut pada sebuah tempat wadah telur (tray).

Pastikan kamu merangkai semua butir telur dengan rapih di atas tray tersebut sehingga membentuk sebuah miniatur kebun dengan berbagai macam tanaman di dalamnya.

Kelebihan dari kerajinan yang satu ini adalah sifatnya yang portable, yaitu bisa dipindahkan ke mana saja sesuai yang kamu inginkan. Selamat mencoba.

9. Mainan Ayam dari Cangkang Telurnya

Mainan Ayam dari Cangkang Telurnya
sholehuddin.com

Ide kreasi berbahan kulit telur yang selanjutnya adalah membuat sebuah mainan unik bentuk hewan. Dalam contoh ini akan saya berikan ide hewan unggas ayam.

Sebenarnya mainan ini tidak 100% berbahan kulit telur ya. Melainkan, kulit telur pada mainan ini hanya bersifat penghias bagian luar. Untuk bahan dasarnya bisa dari kardus, plastik, atau yang lainnya.

Caranya adalah dengan merekatkan pecahan kulit telur menggunakan lem perekat secara merata pada kerangka tersebut. Nah, sekarang kerajinan tangan bentuk ayam sudah jadi dan bakal memiliki nilai seni yang tinggi.

10. Kerajinan Ukiran dari Kulit Telur Utuh

Kerajinan Ukiran dari Kulit Telur Utuh
sholehuddin.com

Berikutnya, kerajinan dari cangkang telur yang cukup bagus adalah membuat telur ukir. Untuk membuat ukiran yang terbuat dari cangkang telur ini kamu butuh kemampuan dan skil yang tinggi, bahkan mungkin hanya para seniman ukir yang mampu membuatnya.

Cangkang atau kulit telur memiliki tekstur yang rapuh dan mudah rusak. Oleh karena itu kamu harus super hati-hati ketika membuatnya.

Untuk mencapai hasil terbaik kamu perlu latihan dengan tekun. Lelah? Iya, memang. Tapi jika kamu sudah mahir, yakin deh ngga bakal menyesal. Pasalnya, kerajinan ini bahkan bisa laku hingga Rp. 350.000 sampai jutaan.

11. Kotak Tisu dari Kulit Telur

Kotak Tisu dari Kulit Telur
kulittelor.blogspot.com

Kerajinan dari kulit telur yang ke-11 adalah membuat kotak tisu. Pada artikel yang lalu saya pernah membahas cara membuat kotak tisu dari bahan kardus. Nah, untuk sekarang bahannya berbeda, yaitu dari cangkang telur.

Kotak kardus yang menggunakan bahan hias kulit telur ini memiliki nilai seni yang tinggi sehingga harganya pun juga sangat tinggi.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu seperti membuat kerajinan mozaik. Kamu hanya perlu merekatkan kulit telur pada bagian permukaan kotak tisu.

Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan warna pada hiasan kulit telur tersebut. Semakin mahir memilih dan memadukan warna, semakin banyak pula orang yang bakal tertarik.

12. Kerajinan Mozaik dari Kulit Telur

Kerajinan Mozaik dari Kulit Telur
familiakreativa.blogspot.com

Mozaik merupakan salah satu kerajinan yang terbuat dari barang bekas. Salah satu unsur barang bekas yang bisa kamu gunakan untuk membuat mozaik adalah kulit telur.

Patahan kecil-kecil dari kulit telur nantinya akan memberikan ciri khas dalam mozaik yang terbentuk. Tampilan yang dipancarkan pun terlihat sangat eksotis.

13. Ornamen Hiasan Peti Mini

Ornamen Hiasan Peti Mini dari Kulit Telur
bukabukumu.com

Kerajinan yang satu ini juga tidak kalah menarik, yaitu ornamen peti hiasan. Pada kerajinan ini kamu hanya menjadikan kulit telur sebagai pelapis peti / kotak.

Cara membuatnya hampir sama dengan kerajinan yang lain, yaitu cukup kamu rekatkan serpihan kulit telur pada seluruh permukaan peti tersebut dengan menggunakan kekuatan dari lem, lalu tunggu sampai mengering.

14. Kerajinan Asbak dari Kulit Telur

Kerajinan Asbak dari Kulit Telur
google.com

Asbak adalah sebuah wadah yang biasa digunakan untuk menampung ampas rokok agar tidak berserakan. Kamu bisa membuatnya dari kulit telur lho.

Alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat asbak kulit telur ini adalah tepung kulit telur, tepung tapioka, lem PVA atau lem putih, blender, dan saringan halus.

Cara membuatnya adalah dengan cara menghaluskan kulit telur menggunakan blender. Kemudian pisahkan bagian halus dan kasar menggunakan saringan dengan cara diayak.

Selanjutnya, campurkan tepung kulit telur dengan tepung tapioka, lem putih dan lem PVA. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan aduk hingga membentuk adonan yang elastis.

Terakhir, bentuklah adonan menjadi asbak, lalu keringkan dengan cara dijemur sampai mengeras.

15. Boneka Hortikultura

Boneka Hortikultura dari Kulit Telur
adahobi.com

Kamu juga dapat membuat kerajinan boneka hortikultura dengan menggunakan bahan kulit atau cangkang telur.

Cara membuat boneka hortikultura dari cangkang telur ini cukup mudah. Caranya seperti membuat vas bunga. Kamu hanya perlu memberi hiasan berupa lukisan atau menambahkan tema tertentu untuk membuat boneka hortikultura lebih menarik.

16. Gantungan Mobil dari Kulit Telur

Gantungan Mobil dari Kulit Telur
google

Berikutnya adalah sebuah kerajinan yang biasanya digunakan untuk aksesoris gantungan dalam mobil dan gantungan kunci.

Siapkan kayu tipis, kardus, dan bahan keras lainnya. Pecahkan kulit telur menjadi bagian kecil-kecil dan tempelkan sesuai pola yang sudah kamu bikin.

Setelah itu, kamu tinggal berikan warna agar tampak lebih cantik. Oiya, jangan lupa untuk melubangi bagian atasnya untuk memasang tali. Masukkan tali atau benang kur dari sisi atas, dan gantungan dari kulit telur siap dimanfaatkan.

17. Miniatur 3D

Miniatur 3D dari kulit telur
google

Membuat miniatur 3D adalah ide kreatif yang bisa kamu kembangkan dengan menggunakan bahan cangkang atau kulit telur. Hasil dari kreasi kamu ini akan terkesan eksotis dan natural.

Cara membuat miniatur 3D dari cangkang telur sangat mudah. Lubangi sebagian dari permukaan kulit telur, lalu berikan hiasan daun dan ornamen lain ke dalamnya.

18. Kerajinan Music Box dari Kulit Telur

Kerajinan Kulit Telur Music Box
mimpibaru.com

Khusus untuk membuat kerajinan dari kulit telur yang satu ini kamu perlu menyiapkan kulit telur dengan ukuran besar, seperti telur angsa atau burung onta.

Untuk menambah kesan unik dan bernilai tinggi, hiasi kulit telur angsa atau burung onta itu dengan mutiara yang berkilauan.

19. Ornamen Paskah

Ornamen Paskah dari Kulit Telur
pixabay.com

Hari raya Paskah buat umat Kristiani sangat lekat dan erat kaitannya dengan hiasan telur. Selain telur bergambar / berwarna-warni, cangkang telur bekas juga bisa kamu bikin menjadi hiasan menarik.

Kamu bisa sajikan dalam rak berumpak dan kasih sedikit ornamen tambahan sehingga jadi sangat cocok sebagai hiasan rumah. Dengan cara ini, suasana Hari Paskah menjadi lebih berwarna.

20. Kartu Ucapan dengan Bahan Kulit Telur

Kartu Ucapan dengan Bahan Kulit Telur
mimpibaru.com

Contoh terakhir untuk kerajinan dari kulit telur adalah membuat kartu ucapan. Kartu ucapan bakal memiliki kesan berbeda ketika kamu bisa menghiasnya dengan kulit telur.

Memang sih, hiasan kartu ucapan ini tidak hanya kulit telur. Namun, dengan adanya kulit telur ini membuat kartu ucapan semakin estetik dan bernilai seni.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk membuat kerajinan ini? Jangan menunda waktu ya, siapa tau hasilnya bagus lalu kamu jual, lumayan juga kan buat menambah uang jajan.

Cara Membuat Kerajinan dari Kulit Telur

Cara Membuat Kerajinan dari Kulit Telur
mimpibaru.com

Sudah lihat contoh-contoh kerajinan dari kulit telur di atas? Ya, hampir semua kerajinan tersebut melalui proses pembuatan yang mirip-mirip. Artinya, tidak ada perbedaan yang jauh dalam setiap prosesnya.

Secara singkat, saya akan coba rangkumkan cara membuat kerajinan dari kulit telur. Kamu bisa melihat detailnya di bab Contoh Kerajinan dari Kulit Telur di Atas.

Pertama, kamu harus mengumpulkan beberapa cangkanga atau kulit telur terlebih dahulu. Bebas saja sih mau kulit telur ayam, bebek, atau bahkan kulit telur burung puyuh.

Nah, selanjutnya kamu tinggal pilih kerajinan apa yang akan kamu bikin nanti. Kalau sekiranya butuh cangkang yang sudah dihaluskan berarti kamu harus menghaluskan cangkang-cangkang telur yang sudah kamu kumpulkan tadi. Cara menghaluskannya mudah kok, bisa pakai palu atau benda keras lainnya.

Namun, jika kamu mau membuat kerajinan yang menggunakan kulit telur utuh berarti kamu tinggal bikin kreasinya tanpa harus kamu haluskan. Misalnya mau bikin pot mini, kamu tinggal rapikan bagian atas kulit telur dan jadi deh. Simpel banget kan.

Nah, itulah tadi contoh kumpulan kerajinan dari cangkang telur yang di sertai dengan cara pembuatannya.

Selain cangkang telur, ada banyak sekali limbah yang dapat kita manfaatkan sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi, jadi tetap semangat dalam berkreasi. Semoga informasi tadi bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan komentar