10 Kerajinan dari Kayu

Kerajinan dari Kayu – Siapa sih yang belum pernah melihat kayu? Ya, semua mungkin pernah melihat kayu. Sebagian orang tertentu bahkan sedang menjadi pengusaha kayu. Kamu termasuk juga?

Kayu dengan tekstur yang keras itu memiliki jutaan manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat dari kayu adalah sebagai bahan dasar sebuah kerajinan.

Para pelaku usaha kerajinan kayu memiliki keahlian dan kreativitas tinggi soal memahami seluk beluk tentang kayu, mulai dari macam-macam tekstur, kualitas, hinggga ide-ide kerajinan dari kayu.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tuntas mengenai beberapa hal tentang dunia kayu. Mulai dari contoh jenis kayu hingga contoh ide kerajinan dari bahan kayu. Simak sampai tuntas ya!

Jenis Jenis Kayu untuk Membuat Kerajinan

Jenis Jenis Kayu untuk Membuat Kerajinan
pixabay.com

Dunia kayu sangat luas dan cukup rumit jika dipelajari lebih mendalam. Namun pada bab ini saya hanya akan membahas secara singkat padat tentang jenis-jenis kayu, terutama yang paling sering digunakan untuk bahan kerajinan.

Tekstur dari setiap jenis kayu memiliki perbedaan dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing. Begitu juga dengan kayu untuk bahan kerajinan ini. 

Nah, agar tidak salah dalam memilih jenis kayu untuk kerajinan yang akan kamu buat, yuk simak ulasan tentang jenis jenis kayu berikut ini!

1. Kayu Jati

Kayu jati merupakan kayu yang paling populer dan terkenal di semua kalangan. Jenis kayu ini memiliki keunggulan yang sangat menonjol. Akan tetapi, meskipun demikian, masih ada jenis kayu lain yang lebih kuat dan kokoh.

Berikut ini beberapa kriteria penting seputar kayu jati yang perlu kamu ketahui:

  • Kayu ini lebih awet dari kayu-kayu lainnya, bahkan beberapa orang menjuluki rajanya kayu.
  • Memiliki warna cokelat muda
  • Daya retak pada kayu ini termasuk rendah
  • Memiliki serat lurus
  • Tekstur jati sedikit agak kasar
  • Mayoritas orang menjadikannya sebagai bahan mebel berkualitas
  • Jenis kayu ini sangat banyak tumbuh di Jawa Tengah dan Jawa Timur

2. Kayu Pinus (Jati Belanda)

Selain kayu jati, jenis kayu yang cukup populer adalah kayu pinus. Sebagian kalangan lebih familiar dengan sebutan kayu jati belanda.

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang melekat pada jenis kayu pinus/jati belanda:

  • Jenis kayu ini memiliki peminat yang sangat banyak dari berbagai kalangan
  • Harga untuk jenis ini relatif murah
  • Kayu ini memiliki bobot yang ringan
  • Warna pada kayu ini cukup terang 
  • Banyak yang menggunakan kayu ini untuk kerajinan estetik dari kayu
  • Kayu ini cocok untuk membuat perabot minimalis

3. Kayu Mahoni (Magohani)

Jenis kayu berikutnya adalah kayu mahoni. Nama lain dari kayu ini adalah Magohani. Meskipun tidak setenar jati dan pinus, kayu ini juga memiliki manfaat tersendiri.

Berikut ini adalah ulasan tentang kayu mahoni:

  • Sering menjadi pilihan orang untuk bahan mebel dan alat olahraga
  • Di beberapa wilayah kayu ini menjadi bahan utama untuk membuat alat musik
  • Tingkat ketahanan dan keawetan pada kayu ini pas
  • Kayu ini memiliki sisi lemah, yaitu tidak tahan rayap
  • Jenis kayu mahoni ini sangat lazim digunakan untuk membuat kerajinan tangan

4. Kayu Trembesi

Selanjutnya, jenis kayu yang perlu kita ketahui adalah kayu trembesi. Popularitas kayu ini memang tidak seperti kayu jati dan pinus, namun tetap memiliki kegunaan tersendiri.

Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang kayu trembesi yang perlu kita bahas:

  • Jenis kayu ini memiliki warna apik putih pada bagian pinggiran dan cokelat pada bagian tengah
  • Banyak menjadi referensi bagi para pengusaha meja
  • Sering juga menjadi pilihan para pelaku bisnis furnitur

5. Kayu Akasia

Yang terakhir adalah kayu akasia. Jenis ini cukup populer di kalangan para pebisnis kayu hingga lapisan masyarakat pada umumnya.

Berikut ini adalah secuil ulasan kayu akasia yang mungkin perlu kita ketahui:

  • Kayu ini sangat mirip penampilannya dengan kayu jati
  • Warna kayu akasia ini adalah cokelat
  • Serat kayu akasia cukup menarik dan mudah diproses
  • Sedikit kelamahannya adalah rentan rayap dan jamur
  • Bobotnya lebih berat dari kayu lainnya
  • Bau yang keluar dari kayu ini cukup pesing

Sebelum mempelajari daftar ide kerajinan dari bahan kayu, baca juga: Kerajinan Bahan Lunak

Daftar Ide Kerajinan dari Bahan Kayu

1. Membuat Kalender dari Kayu

Membuat Kalender dari Kayu
alexas_fotos

Pada umumnya kalender terbuat dari bahan kertas. Namun siapa sangka, ternyata ada juga kalender yang meggunakan bahan kayu loh. Coba deh lihat gambar di atas. Unik kan?!

Penggunaan bahan kayu untuk membuat kalender ini tentunya memiliki beberapa macam alasan. Salah satu alasannya adalah bahwa kalender kayu lebih mengehemat tempat dan ruang.

Selain itu, kaleder ini sangat unik, cantik, dan estetik. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, kalender jenis ini dapat menjadi lahan bisnis yang besar.

Sepanjang ini sudah banyak pelaku usaha, dari UMKM hingga perusahaan pabrik, gencar memproduksi kerajinan kalender dari kayu untuk dijadikan souvenir unik.

Setidaknya terdapat dua model kalender kayu, yaitu kalender dengan sistem manual dan sistem digital. Masing-masing model tersebut memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing.

Kalender dengan sistem manual memiliki sisi keunggulan dari segi tradisionalisme dan nilai estetik yang tinggi.

Adapun kalender kayu yang diprogram dengna sistem digital, keunggulannya adalah lebih simpel nan modern.

Perihal harga keduanya sudah sangat mudah ditebak. Mana yang lebih mahal antara sistem manual dan digital? Ya pastinya kalender yang diprogram sistem digital.

2. Produk Kerajinan Jam Tangan dari Kayu

Produk Kerajinan Jam Tangan dari Kayu
turkish414

Kamu punya jam tangan? Lazimnya jam tangan terbuat dari bahan steel atau baja, kain, dan plastik. Iya kan?

Nah, pada bab ini saya ingin bagikan ide bagus tentang kerajinan bahan kayu, yaitu jam tangan berbahan kayu.

Sebenarnya di Indonesia sudah cukup lama bererar produk yang satu ini. Akan tetapi mungkin belum terlalu populer sehingga jarang orang memakainya.

Harga jual kerajinan jam tangan dari kayu ini sangat tinggi. Mengapa? Karena memang proses dan cara pembuatannya membutuhkan waktu dan kreativitas tinggi.

Semakin detai dalam setiap sudut jam tangan ini maka harga jual dan pasarannya semakin mahal. Boleh deh kalau mau membuka usaha bisnis jual jam tangan dari kayu.

Di Indonesia, harga jam jenis ini mulai dari ratusan ribu hinggga jutaan rupiah. Wow, cukup fantastis juga ya ternyata!

Branda atau merek lokal yang bergeraka dalam bidang kerajinan jam tangan adalah Matoa, Ina Watch, dan Lanccelot.

3. Ide Membuat Kreasi Vas Bunga dari Kayu

Kerajinan Radio Klasik Berbahan Kayu
instagram

Masa pandemi memaksa semua manusia untuk sedikit mengubah pola hidupnya. Sebagian kalangan memilih untuk bekerja dari rumah.

Tidak jarang terdapat kejadian seseorang mengalami stress ringan bahkan berat hanya karena bosan di rumah selama masa pandemi ini.

Salah satu kegiatan alternatif untuk menghilangkan kejenuhan adalah dengan mengoleksi berbagai macam jenis bunga. Terobosan ini sangat banyak diminati oleh kaum emak-emak.

Nah, untuk menghemat budget anggaran pembelian pot dan vas bunga, coba deh pelajari ide yang satu ini, yaitu membuat vas bunga dari kayu.

Dengan menerapkan kreativitas pada vas bunga bahan kayu ini, sederet keindahan dan nilai estetik akan kita dapatkan.

Bagaimana, masih ragu untuk berkreasi? Jangan ya!

4. Cermin Hias dari Bahan Kayu 

Cermin Hias dari Bahan Kayu 
google.co

Salah satu ide kerajinan dari kayu yang banyak diminati adalah membuat cermin dengan bingkai bahan kayu.

Opsi bentuk untuk kerajinan yang satu ini cukup bervariasi, mulai dari bundar melingkar, kotak, hingga bentuk segienam seperti rumah lebah.

Nilai estetik yang tercipta dari ide kerajinan cermin bahan kayu ini menjadikan harga jualnya melonjak tinggi. Beberapa produsen bahkan menjual dengan harga fantastis hingga ratusan ribu.

Cobain deh!

5. Kreasi Lampu Hias dari Kayu

Kreasi Lampu Hias dari Kayu
instagram

Kerajinan dari kayu berupa lampu hias ini merupakan salah satu ide favorit mayoritas kalangan. Sifatnya unik, cantik, dan tentunya juga sangat estetik.

Ide ini cukup sulit jika dibikin secara manual di rumah. Lalu solusinya bagaimana? Kita bisa kok beli di beberapa toko kerajinan. Uniknya, bisa custom juga lho.

Anda akan semakin betah bekerja di kantor jika di atas meja terdapat lampu ini. So, cobain ide yang unik ini ya.

Harga pasaran untuk lampu hias sangat beragam, tergantung jenis dan bentuk desainnya. Rata-rata harga kerajinan ini di atas seratus ribu, bahkan ada beberapa produk premium seharga gadget. Menarik ya!

6. Kerajinan Perabot Dapur Unik dari Kayu

Kerajinan Perabot Dapur Unik dari Kayu
pixabay.com

New normal starterpack memaksa setiap orang memiliki perabot makan/dapur sendiri-sendiri. Ide yang satu ini mungkin membuat kamu tertarik deh.

Kerajinan perabot dapur yang dibuat dari bahan kayu, mulai dari piring hingga sendok, memiliki nilai tradisionalisme tinggi. Kesan unik pun terpancar dari barang-barang tersebut.

Selain keunikan dan tradisionalisme, kerajinan perabot dari kayu ternyata juga memiliki kelebihan/keunggulan lain, yaitu sifat ramah lingkungan.

Harga jual kerajinan perabot dapur dari kayu sangat bervariasi, tergantung kualitas dan brand produsennya. Akan tetapi tidak perlu khawatir ya, harganya tidak sefantastis cermin kayu kok.

7. Tatakan Gelas Simpel dari Kayu

Tatakan Gelas Simpel dari Kayu
livara.craft

Zaman milenial ini kafe dan kedai kopi berceceran di mana-mana. Mulai dari wilayah village sampai kampung-kampung sudah banyak kafe dan kedai kopi.

Saat ini ada cara tersendiri dalam hal penyajian kopi atau minuman lainnya di kafe-kafe tersebut. Salah satu ciri uniknya adalah penyajian dengan menggunakan tatakan gelas berbahan kayu.

Beberapa produsen menawarkan barang ini melalui platform instagram atau facebook. Bentuk dan modelnya sudah sangat banyak dan bervariasi. 

Uniknya, tatakan gelas kayu ini bisa dicustom lho. Biasanya konsumen akan memesan untuk penempelan brand kafe pada tatakan tersebut.

Kabar baiknya, harga barang ini cukup murah, yaitu mulai Rp 6.000,00 tiap satu pcs. Cekidot beli yukk!

8. Kerajinan Radio Klasik Berbahan Kayu 

Kerajinan Radio Klasik Berbahan Kayu
faberinstrumenindonesia

Pada umumnya radio menggunakan bahan logam atau plastik. Akan tetapi pada zaman milenial ini justru ada beberapa pelaku usaha yang meluncurkan produk unik berupa radio berbahan kayu.

Peminat radio ini justru dari kalangan ekonomi menengah ke atas karena mereka mencari keunikannya.

Para kolektor juga sering mencari barang-barang seperti kerajinan radio dari bahan kayu ini.

Coba deh kamu cek di Instagram, bakal banyak ketemu sama produk unik yang satu ini. Harganya juga lumayan lho, bisa menjadi peluang bisnis nih kayaknya!

9. Produk Kerajinan Dipan Tempat Tidur dari Kayu

Produk Kerajinan Dipan Tempat Tidur dari Kayu
dipankayu

Kamu pernah melihat kayu bekas pengiriman pake barang impor dari luar negeri? Jangan salah ya, kayu bekas tersebut ternyata banyak manfaatnya lho.

Kayu bekas tersebut bisa menjadi dipan atau tempat tidur ketika berada pada orang yang tepat. Kamu salah satunya?

Jenis kayu untuk pembuatan dipan atau tempat tidur adalah kayu jati belanda/pinus sehingga mudah untuk dibentuk.

Dengan berbekal ide dan kreatifitas yang kamu miliki, kamu dapat menyulap kayu bekas itu menjadi dipan juga lho.

Adapun kualitasnya, kamu tidak perlu khawatir ya. Zaman sekarang semakin banyak seniman dan kreator. Konsultasikan kepada mereka apabila membutuhkan.

Nanti, ketika kamu berhasil membuat kerajinan ini, yakin deh bisnis kamu bakal meroket tinggi. Pasalnya, harga barang ini sangat mahal sob.

10. Casing Handphone dari Kayu

Casing Handphone dari Kayu
casinghpkayu

Ide kali ini cukup berani menantang zaman milenial. Bagaimana tidak? Zaman yang serba modern, barang ini justru menggunakan bahan kayu sebagai dasarnya.

Bagi kalangan yang menggemari nilai-nilai estetika, ide casing hp dari kayu ini mungkin merupakan ide cantik.

Beberapa pelaku usaha custom sudah mengeluarkan produk ini. Kalau kamu punya akun Instagram, tulis aja di kolom search dan temukan beragam motif dan model untuk kerajinan kayu unik ini.

Harga yang mereka tawarkan macam-macam sih. Kamu bisa memilih harga yang paling murah atau yang standar menengah juga ready semua di situ.

Produsen dan Toko Kerajinan dari Kayu

Selanjutnya, pada bab ini saya akan mengenalkan beberapa prodesen atau pelaku usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan dari kayu. Tentunya saya berikan yang recommended ya.

Namun sebelumya, perlu kita ketahui bahwa kerajinan yang dibuat dari bahan kayu ini merupakan barang antik. Oleh karena itu, harga pasarannya otomatis lebih tinggi dari barang berbahan plastik.

Oke, langsung saja berikut ini adalah daftar produsen atau pelaku usaha kerajinan dari kayu yang bisa digunakan untuk referensi:

1. Toko Dipan Kayu (@dipankayu on Instagram)

Toko tersebut merupakan toko furnitur dan kerajinan dari kayu. Lokasi toko berada di kota Jepara. Pengiriman produk bisa seluruh Indonesai, bahkan ke luar negeri pun juga bisa.

2. Toko Casing Handphone (@bikincasingkayu on Instagram)

Toko ini merupakan produsen kerajinan khusus casing handphone. Lokasi pabriknya berada di daerah Klaten, Jawa Tengah. Spesialnya, kamu bisa pesan sesuai desain yang kamu sukai, bebas banget.

3. Toko Lampu Hias dari Kayu (@lampuhias.id on Instagram)

Toko di atas merupakan produsen penyedia kerajinan lampu hias dari kayu. Sayangnya, toko ini tidak memiliki bangunan fisik. Akan tetapi tetap aman juga sih. Cobain cek di Instagramnya ya!

4. Toko Produk Kerajinan dari Kayu Custom (@faberinstrumentindonesia on Instagram)

Toko produk kerajinan kayu yang ini cukup besar. Produknya sudah sampai tingkat pemerintahan. Apabila tertarik, langsung saja cek IG nya ya! Lokasi fisiknya terdapat di Cianjur.

5. Toko Cermin Pigura Kayu (@tokocerminpigura on Instagram)

Selanjutnya, toko yang saya rekomendasikan adalah Toko Cermin Pigura Kayu. Lokasi toko kerajinan kayu ini ada di Jepara. Jepara merupakan daerah yang sangat terkenal dengan kualitas mebel dan furnitur bahan kayu.

Agar tidak penasaran, langsung cek saja deh ke pabriknya. Hasil karya kerajinannya bagus-bagus banget. Bisa kamu catat untuk referensi jika suatu saat membutuhkan.

Demikian ulasan artikel tentang kerajinan dari bahan kayu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Good luck!

Tinggalkan komentar