Jumlah Pemain Sepak Bola LENGKAP Beserta Posisi dan Tugas Setiap Pemain

Jumlah Pemain Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga bola besar paling populer. Permainan ini dilakukan oleh dua tim yang terdiri dari beberapa pemain. Lalu, berapa jumlah pemain dalam satu tim sepak bola?

Yuk, temukan jawabannya di artikel berikut ini!

Artikel ini akan membahas materi seputar dunia sepak bola. Materi sepak bola meliputi beberapa hal, diantaranya adalah jumlah pemain, peraturan dan teknik dasar sepak bola, serta ukuran lapangannya.

Olahraga sepak bola sangat diminat oleh masyarakat nasional maupun internasional. Olahraga yang satu ini bahkan juga diminati oleh kaum pria maupun wanita.

Anda termasuk salah satu pemilik hobi bermain sepak bola? Atau mungkin Anda adalah salah satu fans klub sepak bola tertentu? Jika iya, artikel ini sangat cocok untuk Anda baca hingga tuntas.

Selamat membaca!

A. Jumlah Pemain dalam Olahraga Sepak Bola 

Jumlah Pemain dalam Olahraga Sepak Bola
okezone.com

Ajang kompetisi sepak bola dilakukan dengan mempertandingkan antara dua tim. Setiap tim sepak bola terdiri dari beberapa pemain dengan jumlah tertentu.

Ketika olahraga sepak bola mulai dimainkan pada abad kedua dan ketiga SM, jumlah pemainnya adalah 15 hingga 21 orang. Saat itu belum ada aturan resmi megenai sepak bola.

Namun pada abad ke-20 olahraga sepak bola mulai memiliki aturan-aturan resmi. Salah satu hal yang diresmikan adalah mengenai jumlah pemain.

Berapa jumlah pemain yang ditentukan dalam setiap tim sepak bola?

Jumlah pemain dalam satu tim sepak bola adalah 11 orang. Pemain-pemain tersebut memiliki posisi, tugas, dan peran masing-masing yang berbeda-beda.

Secara global, posisi 11 pemain tersebut dibagi menjadi empat, yaitu penjaga gawang (goalkeeper), pemain bertahan (defender/becker), pemain tengah (midfielder), dan pemain depan (forward/striker).

Selain 11 pemain yang berjuang di lapangan, biasanya setiap tim memiliki beberapa jumlah pemain cadangan.

Berapa jumlah pemain cadangan dalam setiap tim sepak bola? Dan apa saja ketentuan yang berlaku untuk pemain cadangan?

Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

B. Jumlah Pemain Cadangan dalam Olahraga Sepak Bola

Jumlah Pemain Cadangan dalam Olahraga Sepak Bola
mobilmo.com

Setiap ajang kompetisi atau turnamen sepak bola memiliki beberapa aturan tertentu. Salah satu ketentuannya adalah tentang jumlah pemain yang bisa dibawa. Jumlah idealnya adalah 25 pemain dalam satu skuad tim. Jumlah tersebut terdiri dari 11 pemain inti dan 14 pemain cadangan.

Berikut ini adalah perbedaan jumlah pemain cadangan yang bisa dibawa pada beberapa ajang kompetisi.

1. Piala Dunia (World Cup)

Jumlah pemain suatu skuad sepak bola pada ajang piala dunia adalah 22 orang. Pemain inti dan cadangan memiliki jumlah yang sama, yaitu 11 orang.

2. Liga Champions Eropa

Jumlah pemain cadangan pada ajang kompetisi ini lebih sedikit, yaitu berjumlah 7 orang saja.

3. Liga-Liga Domestik

Jumlah pemain dalam ajang kompetisi domestik lebih sedikit daripada ajang-ajang lainnya. Pemain inti berjumlah 11 orang, sedangkan di bangku cadangan dibatasi lima orang pemain.

Jumlah pergantian pemain inti dengan pemain cadangan hanya diperbolehkan maksimal sebanyak tiga kali. Namun apabila ada perpanjangan waktu maka ditambah satu kali pergantian lagi.

C. Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Jumlah Pemain Sepak Bola
wikihow

Sepak bola dimainkan oleh dua tim dengan 11 pemain pada setiap timnya. 11 pemain tersebut menempati posisi masing-masing dan memiliki tugas-tugas tertentu.

Di mana saja posisi setiap pemain? Dan apa tugas masing-masing pemain?

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, secara umum posisi pemain dibagi menjadi empat, yaitu penjaga gawang, pemain bertahan, pemain tengah, dan pemain depan.

Agar lebih jelas, yuk simak ulasan berikut!

1. Penjaga Gawang

Bahasa familier untuk penjaga gawang adalah kiper. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut goalkeeper.

Posisi pemain ini adalah di depan gawang atau di bawah mistar gawang. Tugas utama kiper adalah menjaga gawang dari bola serangan lawan. Dia harus berusaha mengamankan gawang agar tidak ada bola masuk ke dalamnya.

2. Pemain Bertahan

Pemain bertahan sepak bola sering dikenal dengan defender/backer. Posisi pemain ini adalah di depan kiper. Tugas utama backer adalah membuang bola ke depan jika lawan menyerang.

Umumnya pemain backer berjumlah empat orang. Dua pemain di tengah (central backer) dan dua pemain lainnya di samping kanan kiri (wing backer/bek sayap).

Meskipun posisi pemain ini di belakang, namun tetap boleh bergerak maju bahkan boleh mencetak gol juga. Hal ini sering dilakukan oleh backer Liverpool, Virgil Van Dijk.

3. Pemain Tengah

Posisi pemain ini berada di tengah. Istilah familiar untuk pemain di posisi ini adalah midfielder/gelandang.

Biasanya jumlah pemain di posisi ini adalah empat orang. Dua pemain di tengah dan dua pemain lainnya di samping kanan kiri. Posisi mereka di depan backer.

Tugas pemain ini cukup berat. Mereka harus bisa mengatur jalannya permainan dan memberikan umpan kepada penyerang sekaligus membantu backer.

4. Pemain Depan

Pemain depan sering disebut penyerang/striker. Posisi mereka di depan dan berhadapan dengan backer lawan. Jumlah pemain ini dua orang.

Tugasnya adalah menyerang dan mencetak gol. Namun demikian, ketika lawan melancarkan serangan maka pemain ini juga harus membantu pemain bertahan.

D. Peraturan dalam Olahraga Sepak Bola

Peraturan dalam Olahraga Sepak Bola
tempo.com

Dalam permainan sepak bola terdapat peraturan-peraturan yang harus dijalankan dan dipatuhi oleh pemain, klub, maupun penyelenggara ajang kompetisi.

Peraturan dalam sepak bola sangat banyak. Pada artikel ini admin hanya akan membahas beberapa peraturan saja. Selengkapnya akan dibahas di lain artikel.

1. Peraturan Sebelum Memulai Pertandingan

Sebelum dua tim melakukan pertandingan sepak bola, semua pemain harus berjabat tangan dengan sesama tim maupun tim lawan. Semua pemain berbaris menghadap ke arah penonton.

Untuk menentukan pemilik bola pertama, wasit akan menyediakan sebuah koin. Tiap kapten dari kedua tim yang akan bertanding memilih salah satu sisi koin tersebut. Selanjutnya wasit melemparkan koin tersebut ke udara dan membiarkannya jatuh ke rumput dan menentukan pemilik bola pertama.

2. Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Setiap tim yang akan bertanding harus menyiapkan 11 orang pemain dan beberapa orang di bangku cadangan. Salah satu pemain bertindak sebagai penjaga gawang.

3. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

Sebagaimana permainan olahraga lainnya, sepak bola juga memiliki batasan waktu untuk pertandingan.

Waktu yang diberikan untuk satu pertandingan adalah 90 menit. Durasi 90 menit tersebut dibagi menjadi dua babak. Durasi setiap babak adalah 45 menit. Diantara dua babak tersebut pemain diberi waktu untuk istirahat dan mengatur ulang strategi selama 15 menit.

Apabila hasil pertandingan membutuhkan waktu tambahan maka akan diperpanjang maksimal selama 2 x 15 menit.

4. Peraturan Offside 

Offside akan terjadi apabila seorang pemain berada di depan bek lawan dan diberi umpan bola oleh teman satu timnya.

Wasit garis akan meniup peluit panjang dan mengangkat bendera sebagai tanda terjadinya offside ini.

Namun jika terjadi perselisihan diantara para wasit dan pemain, maka wasit inti akan memutuskan sesuai dengan VAR.

5. Peraturan Ketentuan Pelanggaran

Mencederai lawan akan dihitung pelanggaran apabila seorang pemain mengepalkan tangan, mendorong lawan, menarik jersey lawan, mengganggu gerakan kiper, dan banyak lagi.

Wasit akan memberikan kartu kuning atau merah tergantung tingkat pelanggaran.

E. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola
calonatlet.com

Olahraga sepak bola dilakukan di lapangan dengan ukuran yang cukup luas. Peraturan tentang ukuran lapangan sepak bola sudah ditetapkan oleh para anggota FIFA. Berikut ini adalah ukuran standar yang mereka tetapkan.

  • Panjang : 100 m (min) – 120 m (max)
  • Lebar : 75 m (min) – 90 m (max)
  • Lingkaran tengah dengan radius 9.5 m
  • Panjang kotak pinalti : 40 m
  • Lebar kotak pinalti : 16.5 m
  • Jarang tendangan pinalti : 11 m
  • Panjang gawang : 18.32 m
  • Lebar gawang : 5.5 m
  • Tinggi gawang : 2.4 m
  • Lebar gawang : 7.3 m

Ketentuan ukuran di atas adalah untuk lapangan sepak bola internasional. Adapun untuk lapangan sepak bola nasional tentunya terdapat ukuran standar yang berbeda.

Sebenarnya ukuran lapangan untuk nasional tergantung daerah masing-masing. Namun, berikut ini adalah ukuran yang standar.

  • Panjang : 90 meter (min) – 120 meter (max)
  • Lebar : 45 meter (min) – 95 meter (max)
  • Lingkaran tengah dengan radius 9.5 m
  • Panjang kotak pinalti : 40 m
  • Lebar kotak pinalti : 16.5 m
  • Jarang tendangan pinalti : 11 m
  • Panjang gawang : 18.32 m
  • Lebar gawang : 5.5 m
  • Tinggi gawang : 2.4 m
  • Lebar gawang : 7.3 m

Betuk lapangan sepak bola adalah persegi panjang. Biasanya alas lapangan terbuat dari rumput. Beberapa lapangan menggunakan rumput alami, namun ada juga lapangan yang terbuat dari rumput sintesis.

Demikian penjelasan tentang jumlah pemain sepak bola, posisi dan tugas setiap pemain, serta ukuran lapangan standar internasional maupun nasional. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Terimakasih.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *