Jumlah Pemain Futsal

Jumlah Pemain Futsal – Futsal adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Permainan ini merupakan permainan tim beregu.

Banyak orang yang mungkin menganggap sepak bola dan futsal ini sama. Namun ternyata berbeda. Perbedaan itu bisa kamu lihat dari ukuran lapangan, jumlah pemain, dan banyak hal lainnya.

Nah, tahukan kamu berapa jumlah pemain futsal dalam tiap tim tersebut? Yuk kita bahas tuntas dalam artikel ini. Selamat membaca!

Jumlah Pemain Futsal

Mirip dengan permainan sepak bola, setiap pemain futsal dalam tim memiliki tugas masing-masing pada posisinya. Semua pemain harus bekerjasama untuk mendapatkan poin kemenangan.

Berdasarkan peraturan futsal dari internasional adapun untuk jumlah pemain futsal dalam satu tim adalah lima orang.

Futsal bisa berjalan apabila sudah ada dua tim yang akan bertanding. Lima orang dalam futsal itu sudah termasuk penjaga gawang, jadi yang bertanding adalah 4 orang.

Dalam permainan futsal juga memiliki peraturannya sendiri. Peraturan pertama adalah tidak ada hakim garis dan menggunakan 2 wasit.

Adapun untuk metode pergantian pemain menggunakan metode melayang. Metode melayang adalah sebuah metode yang memperbolehkan pemain futsal untuk mengganti pemain kapan saja kecuali kiper.

Penjaga gawang bisa diganti apabila disetujui oleh wasit atau saat bola sedang tidak dimainkan.

Peraturan berikutnya adalah mengenai wasit yang tidak diizinkan untuk masuk ke arena lapangan.

Wasit yang diperbolehkan berdiri di luar garis lapangan, wasit boleh masuk ke arena apabila terjadi pelanggaran saja.

Adapun lama permainan bola futsal adalah 2 x 20 menit.

Nama Posisi dan Peran Pemain Futsal

Lima pemain tiap tim futsal yang berada dalam lapangan memiliki posisi dan perang masing-masing. Kerjasama yang baik antar 5 pemain tersebut sangat menentukan hasil pertandingan.

Para pemain yang ada dalam lapangan harus menjalankan dan menyelesaikan tugasnya dengan sebaik mungkin. Tidak boleh asal bergerak ke semabarang tempat.

1. Kiper (Penjaga Gawang)

Al Bagir Kiper Futsal Timnas Indonesia

Kiper merupakan posisi yang tugasnya untuk menghalau bola masuk agar tidak masuk ke gawang. Selain itu, kiper dalam permainan futsal juga bertugas membantu serangan tim.

Maka dari itu, kiper futsal harus mempunyai visi, akurasi umpan, akurasi tembakan, dan kemampuan membaca situasi yang baik.

Selain itu, kiper memiliki keistimewaan karena bisa menyentuh bola menggunakan tangan saat bermain di lapangan.

2. Anchor

Posisi Anchor Futsal Rio Pangestu

Posisi pemain futsal selanjutnya yaitu anchor. Posisi ini memiliki peran ganda yaitu pemain bertahan sekaligus pemain yang tugasnya mengatur serangan.

Dengan kata lain, posisi anchor ini gabungan antara back dan midfielder dalam sepak bola.

Tugas ganda tersebut membuat anchor harus memiliki kemampuan yang baik dalam penguasaan bola.

Tak hanya itu, anchor juga harus memiliki kekuatan tersendiri karena anchor termasuk posisi pertama dalam memulai serangan.

Saat tim memperoleh serangan dari lawan, anchor juga bertanggung jawab sebagai pemain bertahan. Hal ini jugalah yang membuat anchor harus memiliki kemampuan bermain yang baik.

3. Flank

Runtuboy Flank Futsal

Posisi selanjutnya yaitu flank. Posisi ini diisi dua orang pemain yang umumnya ada di sisi kiri dan kanan lapangan.

Tugas dari posisi flank tidak hanya melakukan serangan, namun juga menjadi penghubung antara anchor dan pivot atau pemain depan.

Pemain yang berada di posisi flank harus memiliki kemampuan mengontrol bola dengan sempurna.

Tak hanya itu, kecepatan bermain juga harus baik. Pemain di posisi ini juga sering diandalkan untuk mencetak gol.

4. Pivot

Pivot Futsal Indonesia (Evan)

Posisi pivot dalam permainan futsal merupakan pemain depan atau pemain penyerang.

Seperti namanya, pemain di posisi ini bertugas untuk memaksimalkan atau menyelesaikan peluang, sehingga tercipta gol untuk tim.

Seseorang yang menempati posisi ini juga harus memiliki body balance yang baik. Hal tersebut berguna untuk menghadapi dan menembuh sistem pertahanan lawan dengan mudah.

Tak hanya itu, pemain pivot juga harus mempunyai insting dan keberanian yang kuat untuk menyelesaikan peluang yang kuat dan akurat.

Sama seperti anchor, posisi pivot juga dapat mengendalikan permainan. Pasalnya, pivot menjadi pemain pertama yang dapat membendung serangan lawan sebelum tim lawan sampai di area bermain kita.

Perbedaan Lapangan, Waktu, Dan Jumlah Pemain Futsal dengan Sepak Bola

Perbedaan Lapangan, Waktu, Dan Jumlah Pemain Futsal dengan Sepak Bola

Terdapat banyak perbedaan antara futsal dengan sepak bola. Hal ini perlu kamu pelajari agar tidak bingung membedakan antara keduanya.

1. Ukuran Lapangan Futsal dan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Futsal:

Lapangan Futsal dan Jumlah Pemain Futsal

Untuk pertandingan kategori non-internasional atau turnamen domestik dan sebagainya, panjang lapangan bisa disesuaikan antara minimal 25 hingga 42 meter.

Sementara itu, lebar lapangan mengikuti ukuran antara 16 sampai 25 meter.

Sedangkan untuk pertandingan-pertandingan level internasional, standarisasi ukuran lapangan harus mengacu pada Laws of the Game FIFA.

Panjang lapangan yang diperbolehkan antara 38 hingga 42 meter. Lebarnya tidak boleh kurang atau lebih antara 20 sampai 25 meter.

Sementara untuk ukuran tiang gawang baik bagi pertandingan skala nasional dan internasional tidak berbeda.

Gawang yang dipakai harus memilki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Lingkaran tengah lapangan juga harus memiliki jari-jari tak lebih dari 3 meter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola:

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan dengan standar nasional memiliki panjang minimal 90 meter dan maksimal 120 meter. Sementara luasnya bisa mencapai 45 hingga 90 meter.

Bagian tengah ada lingkaran dengan radius sekitar 9,5 meter (diameter 19 meter).

Di depan masing gawang ada kotak pinalti dengan panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Ketika terjadi tendangan pinalti, maka akan dilakukan dari titik pinalti 11 meter dari gawang.

Untuk ukuran gawang memiliki panjang 7,32 meter atau sekitar 8 yards. Lebar atau tingginya adalah 2,44 meter atau sekitar 8 feet.

Adapun tingkat internasional, lapangan sepak bola sedikit lebih besar dari tingkat nasional. Panjangnya sekitar 100 – 120 meter dengan lebar mencapai 45 – 90 meter.

Lingkaran tengah lapangan memikili radius (jari-jari) sekitar 9,15 meter. Aturan tentang besar kotak pinalti akan memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Dan untuk titik tendangan pinalti adalah 11 meter dari gawang.

Gawang memiliki panjang sekitar 7,32 meter, diukur dari jarak antara tiang kanan dan kiri. Tingginya sekitar 2,44 meter diukur dari permukaan lapangan dan mistar atas gawang.

2. Ukuran Bola Futsal dan Sepak Bola

Ukuran bola yang digunakan untuk olahraga futsal memiliki lingkar 63,5-66 cm dan berat maksimal hingga 390 gram.

Adapun bola yang digunakan dalam sepak bola memiliki ukuran lebih besar dengan lingkar 68-70 cm dan berat maksimal 450 gram.

3. Jumlah Pemain Futsal & Sepak Bola dan Cadangan

Pemain Inti di Lapangan:

Jumlah pemain futsal maksimal yang bertanding dalam satu regu adalah 5 orang, jadi terdapat maksimal 10 orang yang bermain dalam lapangan (ketika pertandingan).

Adapun jumlah pemain sepak bola dalam setiap tim adalah 11 orang, jadi terdapat 22 pemain dalam lapangan ketika pertandingan berlangsung.

Pemain Cadangan:

Setiap tim harus membawa pemain cadangan. Tujuannya adalah untuk menggantikan pemain inti yang mengalami kelelahan atau kebuntuan taktik.

Dalam sebuah tim, jumlah pemain cadangan futsal maksimal adalah 7 orang.

Adapun jumlah pemain cadangan sepak bola maksimal adalah 12 orang.

4. Durasi Waktu Bermain Futsal dan Sepak Bola

Durasi Pertandingan Futsal:

Berikut ini adalah perincian waktu permainan futsal sesuai peraturan FIFA:

  • Lama (waktu) normal: 2 x 20 menit
  • Jeda babak (half-time): 15 menit
  • Time-out: 1 menit per babak untuk masing-masing time
  • Perpanjangan waktu: 2 x 5 menit
  • Adu penalti: Maksimal 5 gol

Durasi Pertandingan Sepak Bola:

Adapun untuk sepak bola, berikut ini rincian waktu pentandingannya:

  • Waktu normal: 2 x 45 menit
  • Jeda babak (half time): 15 menit
  • Perpajangan waktu (jika masih seri setelah extra time): 2 x 15 menit
  • Jika masih seri lagi: adu penalti

Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar