15+ Jenis Busur Olahraga Panah yang Terkenal di Dunia

Pembaca yang setia, kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis busur panah yang digunakan di dunia. Panah merupakan alat olahraga sekaligus senjata yang banyak digunakan oleh semua kalangan.

Buat Anda yang hobi memanah, artikel ini sangat perlu Anda baca hingga tuntas agar lebih faham lagi tentang macam-macam atau jenis-jenis busur panah.

Selamat membaca.

Jenis-Jenis Busur Panah

 

Busur atau panah adalah sebuah senjata yang digunakan untuk menembakkan anak panah, dibantu oleh kekuatan elastisitas dari panah itu sendiri. Biasanya senjata ini digunakan untuk berburu atau sebagai alat peperangan. Selain itu panah juga digunakan sebagai alat utama dalam olahraga panahan.

Berikut ini adalah jenis-jenis busur panah.

Baca juga: Teknik Dasar Pencak Silat

1. Recurve National

 

Busur panah jenis recurve national ini terbuat dari bahan dasar kayu dengan kombinasi bahan fiber. Untuk jenis busur ini tersedia barang buatan lokal dan impor. Kualitas barang lokal juga tidak kalah dari barang impor sehingga Anda tetap bisa mendapatkan kualitas terbaik.

Uniknya, busur ini dapat dibongkar pasang. Dengan keunikan tersebut Anda dapat membawanya ke tempat manapun dengan mudah dan tidak memerlukan banyak tempat.

Jarak tembak busur ini dapat mencapai 50 meter. Akan tetapi pemanah harus rutin latihan agar mendapatkan hasil terbaik.

2. Panah Recurve FITA – Jenis Busur 

 

Busur panah ini terbuat dari bahan carbon sehingga membuat tarikan busur sangat konstan. Untuk produk busur ini hanya bisa didapatkan dari luar negeri atau impor.

Kelebihan busur ini adalah dapat dibongkar pasang sehingga memudahkan untuk dibawa ke tempat latihan manapun.

Jarak akurat dari busur ini jauh lebih bagus daripada recurve national, yaitu 90 meter. Bahkan busur panah ini pernah dipertandingkan di kelas olimpiade.

3. Self Bow

 

Self bow adalah busur yang cukup sederhana. Busur ini terbuat dari sepotong kayu saja. Biasanya di bagian ujung ditambahkan nocks tanduk agar tampak lebih cantik. 

Busur ini termasuk busur tradisional yang banyak digunakan di beberapa negara, seperti Afrika, Amerika, Eropa Utara, dan Asia Selatan.

4. Longbow – Jenis Busur Panah

 

Busur longbow disebut juga busur Longbow Wales. Busur ini merupakan jenis busur panjang Abad Pertengahan yang kuat dan banyak digunakan oleh orang Inggris. Selain Inggris, orang-orang Wales juga kerap menggunakannya untuk berburu binatang.

Busur ini terbuat dari bahan kayu panjang dan tidak dapat dibongkar pasang. Konon, dalam peperangan Abad Pertengahan busur ini juga dijadikan sebagai senjata.

5. Shortbow – Jenis Busur Panah

 

Shortbow merupakan busur panah tradisional. Busur ini memiliki desain yang lebih pendek daripada longbow maupun flatbow. Busur ini sangat cocok untuk berburu ke hutan.

Panjang busur ini hanya 130 cm, akan tetapi memiliki tarikan 22-25 lbs full draw. Bahan yang digunakan untuk membuat busur jenin ini adalah kayu dan pipa rucika. Kayu yang digunakan adalah kayu mahoni/sawo. Busur ini dapat dibongkar pasang.

6. Flatbow – Jenis Busur

 

Busur ini sangat mirip dengan jenis longbow dan selfbow. Perbedaannya adalah pada bagian tengah atau pegangan tangan dibuat agak mengecil. Di bagian ujung juga dibuat agak mengecil untuk mengikat tali busur panah.

Sebenarnya busur ini merupakan model busur tradisional yang terbuat dari bahan kayu, akan tetapi sekarang sudah tersedia juga model modern yang terbuat dari bahan fiberglass.

7. Composite Bow

 

Busur komposit merupakan busur yang masuk dalam kategori busur tradisional. Busur yang satu ini cukup unik karena bahan yang digunakan adalah tanduk, kayu, dan tulang lutut.

Busur ini sudah dikenal dari arkeologi dan seni rupa sejak milenium kedua SM. Namun sejarah mereka tidak tercatat dengan baik karena hanya dikembangkan oleh budaya-budaya tanpa tradisi tertulis.

8. Takedown – Busur Panah

 

Busur takedown adalah busur yang dapat dibongkar pasang sehingga mudah dibawa ke tempat manapun. Dua sayap busur ini dapat dilepaskan dari pegangannya. Hal ini juga memudahkan Anda ketika menyervis busur.

Busur takedown juga membuat berat tarikannya menjadi fleksibel. Jika ingin menambah berat tarikannya, Anda tidak perlu membeli busur secara lengkap. Anda cukup membeli sayap baru dengan daya tarik yang lebih berat.

9. Compound – Machine Bow

 

Busur ini terbuat dari bahan dasar carbon sehingga memiliki kekuatan yang sangat besar. Sayangnya, busur ini belum diproduksi di dalam negeri sehingga harus impor jika ingin membelinya.

Jarak tembak yang efektif untuk jenis busur panah ini cukup bagus, yaitu mencapai jarak sekitar 90 meter. Tarikan busur ini konstan dan menggunakan mesin (pulley).

10. Horsebow – Jenis Busur Panah Kuda

 

Horsebow merupaka jenis busur panah yang sangat banyak digemari pada archer. Seperti namanya, panah jenis ini dapat digunakan sambil menunggang kuda.

Bahan busur ini bermacam-macam. Ada yang terbuat dari Efoxy Fiberglas, laminasi kayu dan fiber, dan bahan-bahan komposit lainnya. Jenis busur ini diproduksi di dalam negeri dan luar negeri.

Jarak tembak busur panah ini sangat jauh. Sebagian busur jenis ini bahkan dapat mencapai jarak lebih dari 100 meter. Panah ini sangat populer di Turki.

11. Barebow

 

Barebow merupakan istilah untuk busur-busur panah yang digunakan tanpa memakai aksesoris tamabahan, seperti fisir dan stabilizer.

Jarak tempuh tembakan barebow bermacam-macam tergantung dari jenis busur panah yang dipakai oleh seorang archer.

12. Crossbow – Jenis Busur Panah

 

Crossbow merupakan senjata tradisional berbentuk busur horizontal yang ditempelkan pada sebuah gagang yang dinamakan badan busur. Busur ini menembakkan anak panah yang dinamakan bolt (anak panah dengan ukuran yang pendek).

Ada versi modern dari jenis busur ini, yaitu busur berbentuk compound dengan sayap yang lebih kaku. Dengan desain ini, energi yang dikeluarkan busur akan lebih efisien.

13. Yumi – Busur Panah

 

Yumi merupakan busur panah tradisional yang berasal dari Jepang. Busur jenis ini digunakan dalam seni panahan Jepang yaitu Kyudo. Pada zaman itu busur panah ini menjadi senjata yang digunakan oleh samurai dalam peperangan.

Busur panah Yumi memiliki bentuk yang khas yaitu asimetrik, dan memiliki dimensi yang sangat panjang yaitu sekitar 2 meter.

14. Gungdo – Jenis Busur Panah

 

Busur Gungdo merupakan jenis busur yang berasal dari Korea. Busur ini merupakan jenis busur reflex bow yang melengkung membentuk huruf “C” menjauhi pemanah.

Cara menembak dengan busur ini adalah menggunakan thumb draw. Busur ini digunakan dalam pertempuran sejak abad pertama SM sampai akhir abad ke-19. Setelah abad 19, senjata ini mulai dialihgantikan oleh senjata api.

15. Cable Backed Bow

 

Cable backed bow adalah jenis busur yang diperkuat dengan kabel. Penambahan kabel pada busur membuat busur ini lebih kuat ketika menahan tarik dan tidak mudah patah pada saat ditarik.

Busur jenis ini dibuat dari bahan kayu. Karena pertambahan kekuatan dari kabel pada busur, busur ini dapat dibuat dari kayu yang berkualitas rendah. Busur ini pada zaman dahulu digunakan oleh orang-orang Inuit di Arktik.

16. Mongolian – Jenis Busur Panah

 

Busur Mongolian adalah busur komposit pasukan tatar (mongol) di masa lalu. Busur jenis ini mampu melesatkan anak panah hingga jarak lebih dari 500 meter.

Busur mongol ini terbuat dari bahan dasar kayu, urat hewan, tanduk, perekat hewani, serta pembungkus yang biasanya terbuat dari kulit hewan seperti ular. Akan tetapi belakangan ini ditemukan juga pada artifak-artifak busur mongolian berbahan tulang.

Demikian penjelasan tentang busur panah beserta jenis-jenisnya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Terimakasih.

Tinggalkan komentar