Kumpulan Istilah-Istilah Populer Di Media Sosial

Sadar nggak sih, makin ke sini, kita makin menemukan berbagai istilah populer di media sosial? Bagi yang anak medsos banget pasti sadar akan hal ini, dan kerap mengikuti trend ya. Beda halnya dengan mereka yang menggunakan medsos hanya seperlunya doang.

Yang pada umumnya pasti nggak begitu memperhatikan istilah-istilah ini. Kira-kira, Anda bagian yang mana nih? Apakah termasuk bagian yang suka ngikutin trend medsos, atau tipe yang kedua. Yang Cuma sekedar menggunakan medsos sebagai alat komunikasi.

Jadi, nggak punya waktu dan nggak ingin peka, atau tahu istilah-istilah populer di media sosial. Untuk Anda yang termasuk tipikal pertama, dan ingin mulai mengikuti trend, Anda bisa menggunakan beberapa istilah berikut ya. Dijamin membuat Anda terlihat lebih gaul.

Pada umumnya, istilah-istilah yang beredar ini unik-unik loh. Bahkan kadang, kita kayak nggak kepikiran, kok bisa ada kata tersebut. Terlepas dari hal tersebut, keberadaan istilah ini cukup menguntungkan. Kok bisa? Ya bisa dong. Karena kadang, ada beberapa hal yang seharusnya kita ketik panjang-panjang, eh malah ada singkatannya.

Buat yang penasaran apa aja istilahnya, simak daftarnya berikut!

1. Hoax

Istilah-istilah populer di media sosial yang pertama ada hoax. Siapa sih yang nggak kenal dengan istilah satu ini? Kayaknya sih pada kenal ya. Baik yang memang anak medsos banget atau yang nggak. Karena selain populer di medsos, istilah ini juga sering muncul di TV.

Sehingga membuat seluruh lapisan masyarakat tahu. Untuk artinya sendiri adalah berita yang nggak bener, alias berita palsu. Jadi. kalau besok Anda mendengar berita palsu, nggak usah lagi repot-repot bilang,

“Gais, ini adalah berita palsu,” karena itu sudah basi. Bilang aja, “Gais, ini hoax”. Selain lebih simple, kedengaran lebih keren dan elegan juga kan? Pokoknya bakalan membuat Anda terlihat lebih gaul deh.

2. PM

Istilah populer yang kedua adalah PM. PM ini merupakan kependekan dari private message. Ataupun, pengiriman pesan secara pribadi. Dan biasanya, digunakan buat kirim pesan yang nggak ingin diketahui oleh orang lain.

Istilah ini bakalan sering banget Anda temukan pada berbagai situasi dan kondisi. Khususnya pas lagi mantengin akun jual beli ya. Di sana, Anda pasti bakalan menemukan banyak bangete komenan adminnya, “PM”, “Harga sudah ada di PM”, dan lain sebagainya.

3. OOTD

Istilah-istilah populer di media sosial yang lainnya ialah OOTD. Apa sih OOTD itu? Mungkin masih, kita nyaris tiap hari dengar istilah OOTD, tapi belum tahu juga maknanya. Ia kan? Jadi, OOTD ini adalah sebutan untuk foto yang diunggah dengan pakaian yang dikenakannya.

Untuk kepanjangannya ialah Outfit of the day. Buat yang anak Tiktok banget pasti istilah OOTD adalah makanan sehari-hari. Karena nyaris setiap hari ada aja yang nyebutin istilah ini. Hadeh.

4. Throwback

Throwback, merupakan salah satu istilah yang kedengarannya keren. Ia nggak sih? Atau Cuma perasaan saya saja? Hehehe. Jadi, istilah satu ini digunakan untuk menunjukkan postingan yang dulunya pernah diposting. Alias, postingan lama.

Di antara beberapa teman Anda, pasti ada nih yang tipenya suka banget throwback. Ia kan? Never mind lah ya.

5. Latepost

Sebagaimana namanya, istilah-istilah populer media sosial yang satu ini digunakan bagi unggahan foto atau video yang sudah lama kejadiannya. Karena kadang nih, nggak sedikit loh orang yang jalan-jalannya hari ini, dan bakalan di pos dua minggu kedepan.

Dan biasanya, orang-orang bakalan membubuhi istilah latepost pada bagian foto yang diunggah. Mungkin tujuannya biar nggak ada yang salah focus kali ya.

6. FAQ

Frequently ask questions, merupakan istilah yang artinya adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Dan pada umumnya, terdapat pada situs layanan konsumen.

7. Cmiiw

Kalau kata Klikjon, istilah populer di media sosial satu ini memiliki kepanjangan correct me if I am wrong.  Sesuai namanya ya, ia ditunjukkan buat Anda yang ingin dikoreksi jika ada yang salah. Biasanya, akan dituliskan ketika selesai menyampaikan pendapat ya.

Klikjon sendiri adalah situs yang berisi tutorial-tutorial dan informasi seputar media sosial, mulai dari Twitter, Telegram, Discord, hingga LINE.

Jadi, buat Anda yang suka banget mengemukakan pendapat, nggak ada salahnya mulai menggunakan istilah keren ini di bagian belakangnya. Anda nggak perlu lagi menuliskan permohonan maaf yang panjang. Cukup gunakan Cmiiw doang. Sesimple itu loh.

Cuman, akan lebih baik jika menggunakan istilah cmiiw ini pas lagi rapat, atau diskusi bareng teman-teman sejawat, dan dalam acara yang nggak formal ya. Karena kayaknya, kurang etis juga sih kalau digunakan di forum resmi, dan ada orang yang lebih tuanya.

Karena mungkin, mereka juga kurang paham apa itu cmiiw. Hehehe.

8. FYI

Buat yang suka memberikan informasi kepada orang lain, Anda bisa menggunakan kalimat pembukanya dengan FYI. Singkat, padat, dan jelas buat yang tahu. Jadi, FYI ini adalah singkatan dari for your information.

9. OMG

Setiap kita pasti pernah kagum terhadap sesuatu ya. Dan dalam mengungkapkan kekaguman tersebut, kita biasanya berbeda-beda. Dan salah satu istilah yang cukup sering digunakan untuk mengungkapkan rasa kagum adalah OMG. Yakni, Oh my God.

Karena memang, seluruh kekaguman yang kita rasakan, adalah berkat dari yang maha Kuasa kan?

10. WTF

Selain pernah kagum, kita juga pasti pernah jengkel. Selama ini, kalau ngerasa jengkel, kata atau kalimat apa yang Anda ungkapkan? Hm, untuk saat ini, anak muda kerap menggunakan istilah-istilah populer di media sosial untuk mengungkapkan perasaannya.

Termasuk ketika mereka tengah jengkel. Adapun ungkapan atau istilah yang digunakan adalah WTF. WTF ini bisa digunakan ketika Anda merasa marah, jengkel, emosi, atau yang sejenisnya deh.

11. BFF

Pernah dengar istilah ini nggak sih? Jadi, BFF, atau best friend forever ini adalah salah satu istilah yang sudah terkenal sejak lama ya. Bahkan, sudah lebih dari 5 tahun yang lalu. Namun siapa sangka, jika hingga saat ini, ia masih tergolong terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Jika Anda memiliki sahabat, maka bisa banget nih menggunakan istilah BFF untuk menggambarkan hubungan kalian.

12. Salty

Kata lain yang biasa digunakan untuk menggambarkan kekesalan dan kekecewaan adalah salty. Anda mungkin pernah dengar kalimat, please, jangan salty deh. Ia kan?

Jadi, istilah ini bakalan mudah banget ditemukan di Twitter. Karena banyak penggunanya yang menggunakan istilah ini. Khususnya buat akun yang mengirimkan postingan curhatnya para netizen.

Salty sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris. Artinya adalah garam, asin. Selain digunakan untuk ungkapan kekecewaan dan kemarahan, istilah ini juga digunakan untuk menunjukkan ekspresi tidak suka, menyindir, dan lain sebagainya terhadap sesuatu.

***

Selain istilah-istilah populer di media sosial di atas, masih ada segudang lagi istilah populer lainnya loh. Jadi, siap-siap buat ngafalinnya ya. Demikian seputar istilah keren di medsos. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar