Desain Rumah Jawa Sederhana LENGKAP

Bicara tentang rumah tidak akan ada habisnya. Semua orang pasti menginginkan rumah dengan desain yang mewah dan nyaman. Salah satu ide desain rumah yang menarik adalah rumah jawa sederhana.

Semua orang memiliki kriteria yang berbeda-beda sesuai selera masing-masing. Desain bagian luar ruangan rumah, seperti teras dan halaman depan rumah juga menentukan tingkat keindahan rumah.

Selain itu, model dan bentuk bangunan rumah seringkali menjadi nilai plus sebuah rumah. Misalnya saja rumah mewah yang mempunyai gaya desain rumah adat jawa sederhana. Tentu desain tersebut lebih memikat daripada desain rumah modern.

Ibarat mobil, semakin unik maka harganya semakin mahal. Peminatnya juga semakin banyak. Sama halnya dengan rumah. Keunikan bentuk desainnya menjadikan harga semakin mahal dan peminatnya pun semakin banyak.

Beberapa orang menginginkan rumah yang megah nan mewah. Akan tetapi banyak dari mereka juga menginginkan agar nilai-nilai klasik serta natural tetap menempel di bangunan rumah mewah tersebut.

Salah satu ide yang cocok adalah membangun rumah dengan desian rumah adat jawa sederhana. Anda dapat memadukan bangunan rumah mewah Anda dengan desian rumah adat jawa sederhana. Hasilnya pasti sangat memuaskan.

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang beberapa bagian bangunan rumah adat jawa sederhana. Selain itu, beberapa contoh ide desain rumah jawa sederhana pasti juga dikupas tuntas.

Penasaran bagaimana ide cara memadukan bangunan mewah dengan desain rumah jawa sederhana? Yuk simak artikel berikut ini.

Rumah Adat Jawa Sederhana

 

Jawa merupakan pulau yang menjadi pusat perekonomian Indonesia. Tak heran, penduduk pulau ini menjadi terbanyak di antara pulau-pulau lain di Indonesia.

Ada beberapa provisnsi di pulau Jawa, yaitu Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Banten. Masing-masing daerah mempunyai adat tersediri, termasuk model dan desian rumah jawa sederhana.

Diantara beberapa model rumah adat jawa adalah Rumah Joglo. Rumah adat model ini hampir ada di selurun provinsi. Namun tetap memiliki ciri khas masing-masing.

Pada bab berikutnya akan dipaparkan penjelasan tentang Rumah Joglo.

Bagian-Bagian Rumah Joglo

 

Rumah adat tradisional Joglo terdiri dari empat tiang utama. Rumah ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu rumah induk dan rumah tambahan. Berikut ini adalah bagian-bagian rumah induk.

1. Pendapa / Pendopo

Bagian pendapa terletak di depan rumah. Biasanya bagian ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan formal seperti pertemuan. Selain itu, bagian ini juga digunakan tempat pagelaran seni wayang kulit, tarian, dan upacara adat. Ruang ini menunjukkan sikap akrab dan terbuka.

2. Pringitan

Bagian pringitan merupakan lorong yang terletak antara pendapa dan ruangan dalam (omah njero). Selain digunakan untuk jalan masuk, pringitan juga digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit. Bentuk pringitan menyerupai serambi dengan desain tiga persegi dan menghadap pendopo.

3. Emperan

Emperan adalah penghubung antara pringitan dan omah njero. Beberapa orang lebih akrab menyebut bagian ini dengan teras depan karena lebarnya sekitar 2 meter. Emperan digunakan sebagain tempat untuk menerima tamu, tempat bersantai, dan kegiatan masyarakat lainnya. Biasanya di emperan ini terdapat sepasang kursi kayu dan meja.

4. Omah Njero

Omah njero juga dikenal dengan sebutan omah mburi, dalem ageng, atau omah. Kata omah dalam masyarakat Jawa juga digunakan sebagai istilah yang mencakup arti kedomestikan, yaitu sebagai sebuah unit untuk tempat tinggal.

5. Senthong Kiwa

Senthong kiwa berada di sebelah kanan rumah. Bagian ini terdiri dari beberapa ruangan. Ada yang digunakan untuk kamar tidur, gudang, tempat menyimpan persediaan makanan, dan lain sebagainya.

6. Senthong Tengah

Senthong tengah terletak di tengah-tengah rumah bagian dalam. Bagian ini sering juga disebut pedaringan, boma, dan krobongan. Sesuai dengan letaknya yang berada jauh di dalam rumah, bagian ini berfungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda berharga. Harta keluarga, pusaka semacam keris, dan barang-barang berharga lainnya biasa disimpan di tempat ini.

7. Senthong Tengen

Senthong tengen ini merupakan pasangan dari senthong kiwa. Pembagian ruangan-ruangannya sama persis dengan senthong kiwa. Fungsi dari bagian ini juga sama dengan senthong kiwa.

8. Gandhok

Gandhok merupakan bangunan tambahan yang letaknya mengitari sisi belakang dan samping bangunan inti.

Baca juga: Sketsa Rumah Adat

Jenis-Jenis Rumah Joglo

 

Rumah Joglo tersebar di berbagai daerah, bahkan hampir di seluruh penjuru pulau Jawa. Rumah Joglo yang dimiliki setiap daerah pasti berbeda dengan lainnya. Ada beberapa jenis Rumah Joglo. Berikut ini jenis-jenisnya.

  1. Joglo Ceblokan
  2. Joglo Kepuhan Limolasan
  3. Joglo Lambangsari
  4. Joglo Kepuhan Lawakan
  5. Joglo Kepuhan Awitan
  6. Joglo Wantah Apitan
  7. Joglo Limasan Lawakan (atau “Joglo Lawakan”).
  8. Joglo Sinom ( Sinom Apitan)
  9. Joglo Jompongan (Jompongan Pokok)
  10. Joglo Pangrawit
  11. Joglo Mangkurat
  12. Joglo Hageng
  13. Joglo Semar Tinandhu
  14. Joglo Jepara
  15. Joglo Kudus
  16. Joglo Pati
  17. Joglo Rembang

Inspirasi Desain Rumah Jawa Sederhana

Desain rumah Jawa sederhana dapat Anda jadikan sebagai salah satu rujukan ide dan inspirasi untuk membangun rumah impian Anda. Tidak hanya klasik, desain rumah jawa sederhana juga masih memiliki nilai-nilai naturalisme meskipun dipadukan dengan gaya rumah modern.

Ingin tahu seperti apa wujud perpaduan desain rumah jawa sederhana dengan gaya rumah modern? Yuk, lihat beberapa ide desain di bawah ini!

Rumah Joglo – Desain Rumah Jawa Sederhana

 

Kesan tradisional dan klasik dari rumah ini masih sangat kentara. Perpaduan dengan gaya rumah modern adalah menambahkan halaman rumah di bagian belakang rumah. Agar lebih asri lagi, tanah di halaman ini ditanami rumput Jepang yang rapi. Anda juga dapat melengkapinya dengan kolam ikan hias.

Desain Rumah Megah Atap Joglo – Desain Rumah Jawa Sederhana

 

Desain rumah Jawa sederhana dan Joglo yang sangat megah dibangun dengan ukuran yang lebih besar serta dengan atap Joglo bersusun. Dinding yang digunakan untuk bangunan rumah Joglo ini adalah batu bata merah yang disusun rapi tanpa disemen. Pintu dan kusen terbuat dari kayu dengan ukiran-ukiran yang unik.

Desain Adat Tajug – Desain Rumah Jawa Sederhana

 

Desain rumah ini adalah milik masyarakat Jawa Tengah. Desain atapnya berbentuk bujur sangkar dan memiliki ujung yang runcing. Rumah tajug terdiri dari sekitar 13 jenis, salah satunya adalah Lambang Sari. Gaya arsitektur dari rumah Tajug masih sering ditemukan saat ini, salah satunya di Masjid Agung Demak, Jawa Tengah.

Eksterior Bernuansa Islami – Desain Rumah Jawa Sederhana

 

Desain rumah ini terinspirasi dari model atap rumah adat Joglo yang mirip dengan bentuk bangunan Pura. Konstruksi rumahnya cukup luas dengan dua lantai. Perpaduan warna coklat dan kuning pada dinding luar menghasilkan tampilan cantik yang menyatu dengan alam. Apalagi jika ditambah bebatuan dan tumbuhan hijau, pasti akan membuat tampilannya lebih alami.

Rumah Jawa Modern – Desain Rumah Jawa Sederhana

 

Rumah dengan desain modern ini dibangun dengan luas yang cukup besar, baik area rumah maupun halamannya. Salah satu bagian rumah yang berfungsi sebagai ruang makan dan dapur memiliki atap berbentuk limas. Material kayu dengan warna alami menciptakan nuansa tradisional yang sangat kental.

Di bagian depan rumah ini terdapat kolam renang minimalis, sehingga memberikan kesan yang lebih modern.

Villa – Desain Rumah Jawa Sederhana

 

Bahan bangunan yang digunakan untuk konstruksi villa adalah bahan-bahan alami. Tujuannya adalah untuk mempertahankan tampilan asli dari masing-masing rumah adat. Pada halaman belakang, kolam renang dengan desain modern lengkap dengan furnitur bergaya kontemporer membuat kesan semakin mewah eksterior rumah ini.

Tinggalkan komentar