10 Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel – Sektor pariwisata saat ini termasuk objek bisnis terbesar di dunia. Pariwisata melibatkan banyak bisnis turunan, salah satunya usaha bisnis perhotelan.

Para pelaku usaha bisnis perhotelan memerlukan banyak faktor pendukung demi suksesnya usaha. Contoh faktor kesuksesannya adalah tempat yang strategis, marketing online, dan pelayanan hotel.

Ketika semua faktor tersebut bisa bersatu dan bersinergi dengan baik maka omzet dari bisnis hotel dapat menuai keberhasilan dan kesuksesan. Dengan demikian, bekerja di hotel merupakan impian masa depan yang baik.

Akan tetapi perlu kita sadari bahwa melamar pekerjaan di hotel bukan hal yang mudah. Ingin tahu cara melamar kerja di hotel? Ya, artikel ini sangat tepat untuk kamu. Saya akan mengulas contoh surat lamaran kerja di hotel hingga kamu sukses.

Jenis Pekerjaan di Hotel dan Tugasnya

Jenis Pekerjaan di Hotel dan Tugasnya
pixabay.com

Sebelum memberikan contoh surat lamaran kerja di hotel, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai jenis-jenis pekerjaan di hotel dan tugasnya masing-masing.

Secara garis besar, pekerjaan di hotel terbagi menjadi 2 tipe/kelompok. Tipe pertama adalah pekerjaan-pekerjaan yang bersifat pelayanan. Sedangkan tipe kedua adalah pekerjaan yang bersifat administratif.

A. Pekerjaan di Hotel Tipe Pelayanan

Setidaknya terdapat 12 jenis pekerjaan hotel yang masuk dalam tipe pelayanan. 

1. Penerima Tamu / Resepsionis / Front Desk Clerks

Pada pekerjaan ini, petugas bekerja di area resepsionis. Tugasnya adalah melayani pemesanan kamar hotel, memverifikasi reservasi tamu, hingga mengecekkan ketersediaan ruangan bila tamu belum reservasi.

2. Porter / Pengangkut Barang

Tugas pekerjaan ini adalah bertanggung jawab membantu tamu dan staff hotel lainnya untuk mengangkut berbagai barang.

3. Concierge

Pekerjaan ini tergolong mewah dan bergaji besar. Bagian ini harus siap melayani kebutuhan “tidak formal” dari tamu, seperti mencarikan babysitter dan mengatur reservasi atau pemesanan di restoran tertentu.

4. Housekeeping / Tukang Bersih-bersih & Merapikan Ruangan

Pekerja pada bagian ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tamu. Tugasnya adalah membersihkan dan merapikan kamar tamu dan lobby.

5. Room Service

Room service memiliki tugas melayani jasa-jasa yang disediakan untuk tamu saat beraktivitas di kamar. Contohnya, ketika tamu memesan makanan dari restoran maka room service lah yang bertugas melayani.

6. Waiter / Waitress

Tipe pekerjaan hotel ini biasanya tersedia ketika hotel memiliki restoran sendiri. Pekerjaannya sama dengan pekerjaan waiter dan waitress rumah makan biasanya.

7. Staff Dapur

Staff dapur mempunyai tanggung jawab kerja dapur. Pekerjaannya meliputi beberapa hal, yaitu memasak, menyajikan makanan dengan baik, mencuci piring, dan lain sebagainya.

8. Supervisor of Guest Services

Supervisor guest service bertugas untuk meng-hire house keeper, front desk, dan concierge

9. Front Desk Supervisor

Front desk supervisor adalah penanggung jawab atas pegawai-pegawai front desk. Mereka bisa memberikan denda bahkan sampai memecatnya atas suatu kesalahan. 

10. Housekeeping Supervisor

Housekeeping supervisor bertugas untuk menyeleksi housekeeper baru dan memberikan arahan tugas pada mereka.

11. Manager Dapur

Manager dapur bertugas untuk mengatur pekerjaan di dalam dapur. Dia juga bertanggung jawab menerima pegawai dapur baru dan memberikan training. 

12. Restaurant Manager

Selanjutnya, contoh pekerjaan di hotel adalah manajer restoran. Mereka bertugas untuk memastikan restoran beroperasi dengan baik.

B. Pekerjaan di Hotel Tipe Administratif

Selain pekerjaan yang berupa pelayanan, terdapat beberapa pekerjaan di hotel yang tergolong tipe administratif. Apa saja itu? Cek jawabannya di bawah ya!

1. Marketing dan Iklan

Kemajuan dan kesuksesan usaha perhotelan harus didukung dengan marketing dan iklan (advertising) yang bagus. Karyawan bagian marketing bertugas mengiklankan bisnis hotel tersebut.

2. Akuntan

Bagian akuntan bekerja dalam bidang keuangan. Mereka bertugas mencatat dan bertanggung jawab atas segala bentuk transaksi keuangan, mulai pendapatan, pengeluaran, hingga pajak wajib.

3. Purchasing

Selanjutnya, pekerjaan hotel administratif adalah purchasing. Tugasnya adalah membawahi area pembelian berbagai produk kebutuhan hotel, seperti stok makanan, stok peralatan makan, dan lain sebagainya. 

4. Event Planner

Event planner adalah pekerjaan yang berhubungan dengan partner penyelenggara acara di hotel. Contohnya adalah mengurusi pelanggan yang mengadakan kegiatan di ruang konferensi, ballroom, dan hall luas untuk acara apapun.

5. Asisten Manager Hotel

Asisten manager hotel bekerja sebagai pendukung kinerja manager. Pemegang jabatan ini bertugas menyiapkan berbagai laporan kondisi hotel secara aktual.

6. Manager Hotel

Manager adalah jabatan tertinggi pada sebuah perusahaan perhotelan. Pemegang jabatan ini bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada perusahaan. Para pemegang posisi ini wajib punya pengalaman dan benar-benar paham industri perhotelan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Hotel

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Hotel
pixabay.com

Selanjutnya, hal perlu kamu ketahui adalah cara membuat surat lamaran kerja yang baik, benar, dan menarik. Berikut ini akan saya berikan tips agar surat lamaran kamu diterima oleh HRD Perusahaan:

  1. Bikin surat lamaran kamu benar-benar profesional. Maksudnya adalah surat lamaran yang formal dan selalu gunakan bahasa sesuai EYD terbaru.
  2. Jangan bertele-tele dalam membuat surat lamaran. Usahakan kamu menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.
  3. Tuliskan beberapa hal yang menjadi kemampuan ataupun keahlian khusus kamu. Tapi ingat, harus sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar di hotel tersebut.
  4. Lampirkan semua persyaratan yang diminta oleh pihak hotel serta dokumen-dokumen pendukung lainnya yang relevan dengan lowongan kerja.

Pelajari juga: Contoh Surat Keterangan Usaha

Isi dan Komponen Surat Lamaran Kerja di Hotel

Isi dan Komponen Surat Lamaran Kerja di Hotel
pixabay.com

Sebelum membuat surat lamaran kerja untuk hotel, kamu wajib mengetahui sistematika komponen surat lamaran. Berikut ini adalah komponen dan isi surat lamaran kerja di hotel:

1. Tempat dan Tanggal Surat. Tujuan dari pencantuman tempat dan tanggal surat tersendiri adalah untuk memberikan informasi terkait tempat dan tanggal penulisan surat lamaran.

2. Alamat Dalam. Bagian ini berisi nama dan divisi yang dituju, serta nama dan alamat perusahaan. Penulisannya harus dengan posisi lurus pada bagian sisi kiri surat.

3. Hal. Bagian ini berfungsi untuk memberikan petunjuk bagi pembaca mengenai pokok isi surat lamaran.

4. Lampiran. Lampiran merupakan bagian tambahan untuk menginformasikan bahwa ada sejumlah berkas/dokumen yang disertakan dalam surat tersebut.

5. Salam pembuka. Bagian ini berisi sapaan dalam surat. Salam pembuka sebaiknya tertulis dengan huruf kapital pada awal kalimat dan tambahkan tanda koma setelahnya.

6. Isi surat

  • Pembuka. Bagian ini berfungsi sebagai pengantar atau pendahuluan terhadap informasi yang disampaikan pada paragraf isi.
  • Isi. Bagian alenia isi berisi informasi terkait lamaran kerja kepada hotel.
  • Penutup. Adapun alenia penutup ini berisi ucapan terima kasih dan harapan penulis surat kepada pembaca atau penerima surat.

7. Salam Penutup. Salam penutup adalah bagian penutup surat yang menggunakan kata: “Hormat saya, Hormat kami, Wassalam”. Cara peulisannya seperti salam pembuka, yaitu dengan huruf kapital pada awal kalimat dan diakhiri dengan tanda koma.

8. Nama Jelas Pengirim dan Tanda Tangan. Selanjutnya, setelah menulis salam penutup, jangan lupa mencantumkan nama jelas pengirim surat lengkap dengan tanda tangannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel
pixabay.com

1. Contoh Surat Lamaran di Hotel Bagian Kitchen

Malang, 27 Agustus 2020

Yang terhormat,
HRD Mikiroo Hotel
Jalan Raya Alun – Alun, Kota Malang
Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapat dari website resmi Mikiroo Hotel. Bahwa perusahaan atau hotel yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja bagian kitchen.

Dengan adanya surat ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

·         Nama : Ningsih Arum

·         Tempat, Tanggal Lahir : Sidoarjo, 27 Januari 1999

·         Jenis Kelamin : Perempuan

·         Alamat : Jl Raya gor, Sidoarjo.

·         Pendidikan Terakhir : S1 Tata Boga

·         Telepon : 081234567890

·         Email : [email protected]

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :

1.       Pas foto 3×4 berwarna terbaru (2 lembar)

2.       Curriculum Vitale (CV)

3.       Surat Lamaran Kerja

4.       Foto copy KTP

5.       Foto copy Ijazah

6.       Foto copy sertifikat – sertifikat keahlian

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Sangat besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan di atas.

Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Ningsih Arum)

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Bagian Waiter

Lumajang, 6 Agustus 2019

Kepada Yth,

HRD The Oberoi Jember

Di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil informasi yang telah saya dapatkan di situs pencarian kerja, bahwa terdapat lowongan pada posisi Waiter di The Oberoi Jember. Maka bersama dengan surat lamaran kerja ini saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut. Berikut adalah data diri saya :

Nama                           : Luki Perdana

Tempat, tanggal lahir    : 16 Juli 1995

Alamat                         : Jl. Gatot Subroto No 45

Pendidikan                   : SMK Jurusan Perhotelan

Nomor hp                     : 083848035678

Saya mampu bekerja di bawah tekanan, bekerja cepat, teliti, serta cekatan. Dengan kemampuan ini saya yakin dapat berkontribusi dengan baik pada hotel yang Bapak/Ibu kembangkan ini. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan saya juga telah melampirkan berkas penunjang diri saya :

1.      Daftar riwayat hidup

2.      Fotokopi ijazah

3.      Fotkopi KTP

4.      Fotokopi SKCK

5.      Surat keterangan kesehatan

6.      Foto ukuran 4×6

Saya akan menjelaskan lebih detail tentang diri saya pada saat diterima tahap selanjutnya. Apabila diberi kesempatan, saya akan menyampaikan seluruh potensi dan kemampuan pada tahap tersebut. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Luki Perdana

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Bahasa Inggris

Bali, 06 September 2020

Attention to:
Head of Personnel
The Nusa Dua Beach Hotel & Spa
Denpasar Bali

Dear Sirs,
Based on the daily advertising infoormation Bisnis Field on August 29, 2020 about the job as hotel staff, so with this I volunteered to fill the positionn.

I have completed my undergraduate program in the field of hospitality and tourism at the School of Tourism Bali, and believes has the ability required for the job.

My current age is 25 years old and had worked in state-owned companiees. In addition I also speak English well and is able to operate a computer and the internet properly.

For your considerationn, I have attached a curriculum vitae Me.

·         Full Name : Irfan Maulana

·         Place/Date of Birth : Bali , 14 April 1990

·         Address : Jln . Melati No. 10 Denpasar Bali

·         No. Phone/Email : 0812 65478 3564

·         Status : Not Married

·         Last Education : S1 Hospitality and Tourism

I am looking forward to the interview, where I can explain all the pootential and abiility to father myself.

Yours sincerely,

Irfan Maulana

4. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Tanpa Iklan

Medan, 31 November 2020

Perihal : Lamaran Kerja

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
Hotel King Star
Jl. Papandayan No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Aulia Dwi Arsani
Tempat/Tgl Lahir:Medan, 20 Desember 1995
Jenis kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S-1 Perhotelan
Telp.:081333567890
Email:[email protected]
Alamat:Jl. Jend Sudirman No. 123, Medan

Bersama dengan surat ini bermaksud mengajukan lamaran kerja di Hotel King Star sebagai seorang Resepsionis.

Adapun saya merupakan tamatan dari Universitas Sumatera Utara (USU) dengan nilai IPK 3.4. Saya sudah memiliki pengalaman magang kerja sebagai Resepsionis di Hotel Hyatt Medan selama kurang lebih 6 Bulan. Saya yakin bisa bekerja dengan baik dan profesional di Hotel King Star.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

1.      Fotocopy Kartu Keluarga

2.      Fotocopy KTP

3.      Fotocopy Ijazah Terakhir

4.      Fotocopy Transkrip Nilai

5.      Fotocopy SKCK dari Kepolisian

6.      Surat Keterangan Berbadan Sehat

7.      Surat Pengalaman Kerja

8.      Daftar Riwayat Hidup

9.      Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6.

Besar harapan saya agar diberikan kesempatan interview, agar saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan yang saya miliki di  bidang pekerjaan sebagai seorang resepsionis dan di dunia perhotelan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Aulia Dwi Arsani

5. Surat Lamaran Kerja di Hotel Bagian Housekeeping

Bali, 06 September 2020

Kepada:
HRD The Oberoi Bali
di tempat

Dengan Hormat,

Merujuk pada informasi yang saya dapatkan di Harian Bisnis tertanggal 04 September 2020 terkait adanya lowongan pekerjaan di The Oberoi Bali, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

·         Nama : Ayu Santika

·         Tempat, Tanggal Lahir : Bali, 14 Maret 1993

·         Umur : 22 Tahun

·         Pendidikan Terakhir : S-1 Pariwisata

·         No. Handphone : 0852 3453 6789

·         Alamat : Jln. Rawa Sakti No. 44 Nusa Dua Bali

Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bergabung pada posisi sebagai Staff Housekeeping. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

1.       Daftar Riwayat Hidup.

2.       Foto copy Ijazah Terakhir.

3.       Foto copy Transkrip Nilai.

4.       Foto copy Kartu Tanda Penduduk.

5.       Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

6.       Foto copy Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir Pejabat berwenang.

7.       Pas Foto 4 x 6 3 lembar.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diikutkan dalam rangkaian proses seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Ayu Santika, S.Par.

6. Surat Lamaran Kerja di Hotel Bagian Receptionist

Yogyakarta, 29 April 2018

Yang terhormat,
HRD Atrium Hotel and Resort
Jalan Mataram 123
Yogyakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : ……………..
Tempat, Tanggal Lahir : ……………..
Jenis Kelamin : ……………..
Alamat : ……………..
Pendidikan Terakhir : ……………..
Telepon : ……………..
E-mail : ……………..

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada posisi Resepsionis. Sekadar informasi, saya telah memiliki pengalaman sebagai Resepsionis yang cukup terpercaya di salah satu hotel terkenal di Jakarta. Oleh karena itu saya siap untuk menyumbangkan pengalaman yang saya miliki pada perusahaan Bapak/Ibu.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen penting sebagai bahan pertimbangan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi Ijazah
4. Fotokopi SKCK
5. Pas foto 3×4
6. Fotokopi Sertifikat Keahlian dan Penghargaan

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Semoga Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan saya untuk menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama lengkap)

7. Surat Lamaran Kerja di Hotel Sebagai Room Boy

Jakarta, 05 Mei 2020

Kepada Yth,
HRD The Oberoi Jakarta
di tempat

Dengan Hormat,
Merujuk pada informasi yang saya dapatkan di Harian Bisnis tertanggal 04 Mei 2020 terkait adanya lowongan pekerjaan di The Oberoi Jakarta, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

·         Nama : Anton Sanjaya

·         Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994

·         Pendidikan : S-1 Pariwisata

·         Telp : 081234567890

·         Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta

Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bergabung pada posisi sebagai room boy/office boy.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

1.       Daftar Riwayat Hidup ( CV ),

2.       Foto copy Ijazah Terakhir,

3.       Foto copy Transkrip Nilai,

4.       Foto copy Kartu Tanda Penduduk 1 lembar,

5.       Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),

6.       Foto copy Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang,

7.       Pas Foto 4 x 6 3 lembar.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diikutkan dalam rangkaian proses seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Sanjaya

8. Surat Lamaran Kerja di Hotel Bagian Engineering

Mataram, 23 Maret 2014

Kepada Yth, HRD

Golden Palace Hotel

Jl. Srawijaya No. 23

Mataram Lombok

 

Dengan Hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                  : Muhammad Taufik

Tempat, Tgl. Lahir              : Sesela Bila Tepung, 6 Juli 1987

Alamat                                : Sesela Bila Tepung RT.2 Kec. Gunung Sari LOBAR

No. Tlp/ Hp                         : 081907276555

Pendidikan                         : SMK N 3 Mataram

Dengan surat ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Engineering.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai staff Engineering di Hotel Holiday Resort Lombok. Dengan surat permohonan ini saya siap memberikan kopetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar bisa diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan surat:

1.       Daftar riwayat hidup

2.       Poto copy Izajah

3.       Poto copy Sertifikat

4.       Poto copy pengalaman kerja

5.       Poto copy KTP

6.       Pas poto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapkan bayak terimakasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya

 

Muhammad Taufik

Nah, itulah beberapa contoh surat lamaran ketika kamu ingin bekerja di hotel. Apabila ada masukan dan kritik tolong sampaikan dan tulis di bagian kolom komentar ya!

See you!

Tinggalkan komentar