10 Contoh Kerajinan Limbah Tekstil

Contoh Kerajinan Limbah Tekstil – Apakah kamu seorang pengusaha tekstil? Atau mungkin berprofesi sebagai penjahit? Nah, pasti kamu punya banyak potongan-potongan kain atau kain perca kan. Catat nih, barang-barang sisa tersebut jangan kamu buang dulu ya.

Lalu untuk apa kalau tidak boleh dibuang? Tenang, dalam artikel ini saya bakal ngebahas seputar limbah tekstil, termasuk alasan kenapa kain perca atau potongan-potongan kain sisa jangan dibuang langsung.

Limbah tekstil merupakan sisa produksi yang berupa sisa benang pada kones (cone ends), kain perca, sisa bahan tambahan seperti bisban, tali, kerah, busa pelapis, dan cones bekas yang dihasilkan dari proses produksi.

Barang-barang tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat kreasi kerajinan tangan. Setelah ini saya akan berikan beberapa contoh kerajinan limbah tekstil untuk menginspirasi kamu.

Macam Macam Limbah Tekstil

Macam Macam Limbah Tekstil
google.com

Sebelum memulai bahasan contoh kerajinan limbah tekstil, ada baiknya kalau saya menerangkan terlebih dahulu perihal macam-macam limbah tektil.

Hal ini sangat penting untuk saya bahas. Mengapa? Ya, karena untuk mendapatkan hasil kerajinan yang spesial kamu harus benar-benar bisa memilih bahan baku berupa limbah tekstil yang tepat. Berikut ini penjelasannya:

1. Limbah Tekstil Padat

Yang pertama adalah limbah tekstil padat. Apa maksudnya? Limbah padat adalah sisa produksi hasil dari proses produksi. Sisa produksi tersebut bisa berupa barang-barang berikut:

  • Ssisa benang pada kones
  • Kain sisa (perca)
  • Sisa bahan tambahan (bisban, tali, kerah, busa pelapis, dan cones bekas).

2. Limbah Tekstil Cair

Kemudian yang kedua adalah limbah tekstil cair. Apa maksudnya? Limbah cair adalah sisa yang merupakan hasil dari proses pengkanjian. Dalam proses pengkanjian terdapat beberapa tahap, yaitu:

  1. Penghilangan kanji
  2. Penggelantangan
  3. Pemasakan
  4. Merserisasi
  5. Pewarnaan
  6. Pencetakan 
  7. Proses penyempurnaan yang menghasilkan limbah lebih banyak dan lebih kuat daripada limbah proses penyempurnaan bahan sistesis.

Setelah mengetahui macam-macam atau jenis-jenis limbah tekstil, sekarang saatnya kamu mempelajari beberapa contoh kerajinan limbah tekstil.

Saya berharap, dengan contoh kerajinan limbah tekstil yang saya ulas setelah ini kamu bisa mendapatkan banyak ide dan inspirasi yang menarik. Cekidot!

Baca juga: Kerajinan Bahan Lunak yang Unik dan Cantik

Contoh Kerajinan Limbah Tekstil

Kemudian, sebagaimana janji saya sebelum ini, berikut akan saya berikan beberapa contoh kerajinan limbah tekstil. Ide-ide kerajinan berikut ini hanya sebagian saja. Perlu banyak referensi untuk menyempurnakan pemahaman kamu.

1. Kerajinan Bros Bunga dari Limbah Tekstil

Kerajinan Bros Bunga dari Limbah Tekstil
instagram

Contoh kerajinan limbah tekstil yang pertama adalah bros bunga. Ide yang satu ini sangat cocok buat para wanita, terutama yang mengenakan jilbab.

Kerapian jilbab kamu akan tetap terjaga jika mengenakan bros. Misalnya saja ketika ada angin menerpa kamu, jilbab kamu pasti tetap aman dan rapi.

Pada umumya bros terbuat dari bahan logam atau plastik. Namun kali ini saya berikan ide membuat bros bunga dengan bahan yang simpel, yaitu limbah tekstil.

Bahan dan peralatan yang perlu kamu siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Kain perca ukuran 60 x 30 cm
  2. Jarum dan benang
  3. Manik-manik
  4. Gunting
  5. Peniti
  6. Kain keras
  7. Lem tembak

Kemudian, setelah semua bahan dan peralatan sudah siap, sekarang saatnya saya mengajari langkah-langkah pembuatannya. Ikuti tahap-tahap berikut ya.

  1. Jahit kedua sisi (yang berukuran 30 cm) dengan teknik jelujur pada kedua sisi. Gunakan warna benang yang sama agar terlihat lebih rapi.
  2. Lipat sambungan ke bagian dalam.
  3. Jahit bagian luar dengan teknik jelujur agar nantinya menjadi bentuk serut. Pastikan tidak ada benang yang kusut pada hasil jelujur.
  4. Tarik benang pada jahitan jelujur agar terbentuk serut dan bros menjadi terlihat membulat. Pastikan benang tidak putus pada proses penarikan ini.
  5. Pasang perhiasan manik-manik pada bagian tengah bros untuk mempercantik tampilan.
  6. Letakkan 6 buah manik-manik agar terlihat seperti putik bunga.
  7. Potong kain keras menjadi bentuk sebuah lingkaran. Sesuaikan diameternya dengan bros yang telah kamu bikin.
  8. Lipat bagian tengahnya untuk tempat peniti.
  9. Pasang peniti pada kain keras.
  10. Aplikasikan lem tembak di belakang kain keras untuk menempelkannnya pada bagian belakang bros bunga.

Dengan mengikuti 10 tahap di atas, kamu telah menyelesaikan kerajinan bros bunga dari limbah tekstil dan bros tersebut siap untuk dimanfaatkan.

2. Dompet Cantik dari Limbah Tekstil

Dompet Cantik dari Limbah Tekstil
instagram

Contoh kerajinan limbah tekstil yang kedua ini masih seputar barang identik dengan kaum wanita. Kali ini saya akan bagikan ide membuat kerajinan dompet cantik dan unik.

Tampil trendy tidak harus mahal kok. Berikut ini saya akan jelaskan bahan-bahan, peralatan, dan langkah cara membuat dompet dari limbah tekstil.

Bahan dan peralatan yang perlu kamu siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Kain perca
  2. Flanel
  3. Kain keras
  4. Jarum pentul
  5. Benang dan jarum jahit
  6. Gunting

Setelah semua bahan dan peralatan kamu siapkan, sekarang ikutilah tahap-tahap pembuatannya berikut ini!

  1. Gunting kain perca, kain flannel, dan kain keras menjadi pola dompet yang kamu inginkan .
  2. Tumpuk tiga jenis kain tersebut dengan posisi kain keras berada diantara kain perca dan flanel. Rekatkan dengan cara mejahitnya.
  3. Jahit bagian bawah dengan memberi sedikit lipatan pada bagian dalam agar dompet tampak bervolume.
  4. Teruskan menjahit bagian pinggir atas dompet menggunakan teknik jahitan tusuk feston agar terlihat lebih bervariasi.
  5. Kamu dapat menambahkan bros atau manik-manik sesuai dengan warna kain.
  6. Tempelkan magnet penutup tas pada bagian penutup supaya semakin nyaman dibawa ke manapun.

3. Sarung Bantal Sofa dari Limbah Tekstil

Sarung Bantal Sofa dari Limbah Tekstil
instagram

Selanjutnya, contoh ide kerajinan dari limbah tekstil adalah sarung bantal sofa. Pelajari bahan-bahan, peralatan, serta langkah-langkah pembuatannya pada ulasan saya berikut.

Bahan-bahan dan peralatan yang perlu kamu persiapkan untuk membuat kerajinan sarung bantal sofa dari limbah tekstil adalah sebagai berikut:

  1. Kain katun
  2. Penggaris
  3. Gunting
  4. Meteran
  5. Benang
  6. Jarum pentul
  7. Jarum jahit
  8. Kain viselin (kain keras berperekat bila di setrika)
  9. Busa Angin
  10. Mesin Jahit
  11. Velcrow (perekat)
  12. Biku-biku (renda)

Adapun langkah-langkah pembuatannya, ikutilah tahap-tahap berikut ini:

  1. Gunting 4 macam kain katun motif dengan ukuran 20×20 cm sebanyak 8 lembar (masing-masing motif 2 lembar).
  2. Gunting busa angin ukuran 40×40 cm sebanyak 2 lembar dan gunting biku-biku sepanjang 40 cm sebanyak 4 helai.
  3. Sambung kain katun dengan dijahit mesin. Bikinlah 2 lembar.
  4. Pasang biku-biku (renda) di jahitan sambungan. Bikinlah 2 lembar.
  5. Pasang busa angin sebagai lapisan. Bikinlah 2 lembar.
  6. Satukan 2 lembar katun yang sudah kamu pasangi busa tadi dengan cara menjahitnya menggunakan mesin. Bagian atas jangan kamu jahit terlebih dahulu ya. Nanti digunakan untuk pemasangan resleting.
  7. Pasang resleting pada bagian atasnya.

4. Contoh Kerajinan Boneka dari Limbah Tekstil

Contoh Kerajinan Boneka dari Limbah Tekstil
pixabay.com

Punya anak yang masih balita? Atau mungkin kamu punya keponakan yang masih kecil? Kamu pasti tahu bahwa boneka sangat identik dengan mereka.

Mainan boneka sangat direkomendasikan untuk anak usian dini. Tapi harga boneka termasuk mahal bukan? Iya, kalau kamu beli di toko boneka tentu sangat mahal.

Nah, pada bagian ini saya berikan contoh ide kerajinan dari limbah tekstil berupa boneka. Kamu bisa menghemat uang dan melatih kreatifitas tangan kamu sekaligus lho.

Bahan yang kamu perlukan hanya simpel saja, kain perca, kain flanel, benang, dan manik-manik. Sedangkan peralatan yang diperlukan adalah jarum jahit, gunting, dan lem.

Lalu bagaimana cara membuat kerajinan boneka dari limbah tekstil? Tenang, kamu tinggal buka aplikasi youtube, ketik di kolom pencarian “Cara Membuat Boneka dari Kain Perca”. Kemudian mulailah berkreasi!

5. Keset dari Kain Perca

Kerajinan Limbah tekstil Keset dari Kain Perca
instagram

Risih dengan kondisi rumah yang selalu kotor? Coba cek dulu pada bagian depan pintu rumah dan depan kamar mandi. Sudah ada keset belum di sana?

Nah, belum kan. Segera belikan keset dan letakkan pada tempat-tempat tersebut agar basahan air tidak tercecer ke segala tempat.

Tapi harga keset mahal, bagaimana? Tenang, jika kamu membaca artikel ini berarti tepat, kamu perlu sesesaikan membaca sampai akhir.

Dengan memanfaatkan limbah tekstil, kamu dapat menghemat uang dan membuat kreasi kerajinan tangan berupa keset.

Bahan dan peralatan yang kamu perlukan adalah kain perca, benang jahit, dan jarum jahit. Adapun cara membuatnya kamu bisa lihat di aplikasi youtube. Carilah denga kata kunci tutorial membuat keset dari kain perca.

Teknik Proses Produksi Kerajinan dari Limbah Tekstil

Teknik Proses Produksi Kerajinan dari Limbah Tekstil
pixabay.com

Selanjutnya, setidaknya terdapat lima teknik yang terkenal untuk memproses limbah tekstil menjadi sebuah kerajinan unik. Apa saja itu? Simak artikel ini sampai selesai ya.

1. Teknik Quilting

Quilting adalah teknik aplikasi imbuh dengan menyatukan potongan-potongan kain membentuk pola tertentu.

Kita perlu memberi isian diantara lapisan kain sehingga bagian yang tidak terjahit akan menjadi timbul dan menciptakan tekstur baru secara keseluruhan saat dijahit.

Penjahitan bisa dengan manual atau dengan mesin. Quilting terdiri atas berbagai pola sesuai dengan ide, kreatifitas dan keterampilan pengrajin.

Langkah-langkah teknik quilting adalah sebagai berikut:

  1. Gambarlah pola pada kertas kotak-kotak sesuai ukuran yang kamu inginkan.
  2. Jiplak pola tersebut pada kain perca dengan kertas karbon.
  3. Gunting kain perca sesuai pola yang tadi.
  4. Letakkan potongan kain perca di atas kain lain sebagai dasar.
  5. Tempelkan potongan kain perca yang telah kamu susun pada kain dasar dengan jarum pentul agar kain perca tidak bergeser saat dijahit.
  6. Jahit semua potongan kain perca pada kain dasar dengan teknik jahit aplikasi.

2. Teknik Aplikasi Perca

Aplikasi perca adalah menempelkan kain perca pada bahan lain untuk menghias bahan tersebut.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Memilih motif pada kain.
  2. Menggunting motif pada sekeliling tepinya.
  3. Rekatkan motif tersebut pada bahan yang ingin dihias dengan teknik jahit.

3. Makrame

Makrame adalah bentuk kerajinan simpul-menyimpul benang atau tali. Teknik pada pembuatan makrame adalah pilin, anyam, dan beragam simpul. Contohnya adalah jaring dan jala ikan.

Teknik makrame dapat dibuat menjadi 2 dimensi, seperti kalung; dapat juga menjadi bentuk 3 dimensi, seperti tas.

4. Teknik Anyam

Teknik anyam adalah menggabungkan atau menjalin bagian-bagian menjadi struktur yang kuat. Biasanya ini digunakan untuk limbah panjang, misalnya sisa garmen dari bahan kaos.

5. Teknik untuk Bentuk Tiga Dimensi

Teknik ini serupa dengan membuat busana, yaitu membuat pola, memotong bahan, dan membentuknya dengan bantuan teknik jahit atau lem.

Penutup

Demikianlah pembahasan contoh kerajinan limbah tekstil yang dapat saya bagikan kepada kamu. Semoga bermanfaat dan banyak kebaikannya ya.

See you!

Referensi: Beberapa sumber di google.

Tinggalkan komentar