Cerobong Asap Dapur Sederhana LENGKAP (Beserta Panduan Memilihnya)

Anda memiliki rumah sederhana dan sering kesal dengan aroma yang kurang sedap di ruangan dapur rumah? Mungkin Anda belum menambahkan instalasi cerobong asap di dapur rumah sederhana Anda tersebut. Yuk, temukan solusi masalah Anda di artikel berikut ini!

Dapur merupakan salah satu ruangan yang harus ada dalam sebuah bangunan rumah. Di era modern dan milenial ini, dapur menjadi jantung sebuah bangunan rumah.

Kebersihan dan kenyamanan di ruangan dapur sangat perlu diperhatikan. Katanya sih, kualitas citarasa masakan tergantung kenyamanan koki ketika memasak. Oleh karena itu, ketika istri Anda memasakkan menu makanan untuk Anda dan keluarga, pastikan dia memasak dengan nyaman.

Seringkali dapur sekilas terlihat rapi, perabot-perabotnya juga serba mewah, dan dekorasiya pun juga cantik. Tapi, tahukah Anda, mengapa ketika Anda masuk ke dalamnya akan terasa pengap dan tidak nyaman dengan bau yang menyengat?

Salah satu penyebabnya adalah karena tidak terdapat jalan keluar untuk asap ketika istri Anda memasak suatu masakan. Oleh karena itu ke depannya Anda perlu menambahkan cerobong asap di dapur rumah Anda, meskipun hanya cerobong asap sederhana. Tujuanya adalah agar asap dari masakan istri Anda bisa keluar dari cerobong tersebut.

Jenis-Jenis Cerobong Asap Dapur Sederhana

cerobong asap dapur rumah sederhana
elextrolux.co.id

Ada banyak jenis cerobong asap yang bisa dipasang di dapur rumah sederhana Anda. Berikut ini adalah 5 contoh jenisnya.

1. Chimney Style

Bentuk jenis ini adalah seperti cerobong. Cara pemasangannya adalah ditempelkan di dinding dapur. Ketika ada asap di dalam ruangan maka akan segera dihisap dan dikeluarkan lewat saluran pembuangan.

2. Island

Banyak orang mengatakan bahwa jenis Island ini sama dengan Chimney Style. Memang benar bentuknya hampir sama. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan. Perbedaannya adalah tempat pemasangan kedua cerobong asap dapur sederhana ini.

Cerobong asap jenis Island dipasang di tengah-tengah ruangan. Cerobong asap jenis ini cocok dipasang di dapur rumah yang memiliki langit-langit cukup tinggi dan kuat.

3. Visor / Conventional

Cerobong asap dapur sederhana jenis ini berukuran kecil. Cara pemasangannya adalah langsung ditancapkan ke dinding bagian luar, sehingga asap langsug keluar dari saluran pembuangan ini.

Ukuran yang sering ditemukan sekarang adalah 60 cm. Sangat jarang cerobong asap jenis ini berukuran lebih dari itu.

4. Fully Integrated

Jika Anda memiliki ruangan dapur yang cukup sempit, maka cerobong asap Fully Intergrated ini adalah solusinya. Jenis ini sangat unik karena ketika Anda menggunakan dapur, Anda dapat mengaplikasikannya. Dan ketika dapur Anda tidak sedang dipakai, Anda dapat menyembunyikannya.

Cara pemasangan cerobong asap jenis ini adalah langsung dirancang menyatu dengan kitchen cabinet atau kitchen set. Biasanya disembunyikan di belakang panel atau pintu kabinet.

5. Canopy (semi integrated)

Model ini juga dipasang menyatu dengan bagian bawah kitchen kabinet yang berada tepat diatas kompor, tapi tidak disembunyikan melainkan dibiarkan terlihat sebagai bagian dekoratif dapur.

Baca juga: Ukuran Pintu Rumah Lengkap dengan Penjelasannya

Cara Memilih Cerobong Asap Dapur Sederhana

cerobong asap dapur rumah sederhana
elextrolux.co.id

Dapur rumah Anda akan menjadi nyaman dipakai apabila terdapat cerobong asap di dalamya. Akan tetapi jangan sampai salah memilih cerobong asap yang sesuai dengan dapur sederhana Anda. Setidaknya perhatikan tiga hal penting berikut ini!

Pertama, cerobong asap harus ditempatkan langsung di atas kompor. Kedua, khusus cerobong asap elektrik, harus berada dalam jangkauan pasokan listrik. Dan ketiga, jika memilih model penyaluran dengan pipa buangan, pilihlah yang memiliki akses ke dinding luar.

Untuk cerobong asap yang elektrik, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menentukan cerobong asap pilihan.

Daya Sedot – Cerobong Asap Dapur Sederhana

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah daya ekstraksi atau daya sedotnya.

Hal ini perlu Anda perhatikan, apalagi jika Anda hobi memasak, menumis, dan menggoreng dengan produksi asap yang banyak.

Kekuatan daya sedot diukur dalam ukuran m3/jam. Semakin tinggi ukurannya, semakin besar juga daya sedot yang dimiliki.

Sebagai acuan, jika Anda memiliki intensitas memasak sedang, cukup pilih yang memiliki daya sedot sekitar 700 m3/jam.

Ukuran – Cerobong Asap Dapur Sederhana

Cerobong asap dapur juga tersedia dalam berbagai ukuran. Sesuaikan dengan ukuran dapur Anda.

Selain harus sesuai dengan ukuran dapur, cerobong asap juga harus sesuai dengan ukuran kompor di dapur.

Dengan menyesuaikan antara ukuran cerobong asap, dapur, dan kompor maka dapur Anda akan terlihat sangat cantik.

Tingkat Kebisingan – Cerobong Asap Dapur Sederhana

Proses kerja mesin biasanya mengeluarkan suara bising. Maka dari itu, pilihlah mesin yang mengeluarkan suara bising yang minim agar tidak mengganggu.

Dalam mengukur kebisingannya, Anda dapat melihat dari ukuran decibel (dB) mesin tersebut. Semakin kecil tingkat dB-nya, maka semakin kecil juga suara yang dikeluarkan.

Pada umumnya, orang-orang memilih produk dengan tingkat kebisingan di bawah 60 dB karena frekuensi tersebut serupa dengan dua orang yang sedang berbicara.

Letak Control Panel – Cerobong Asap Dapur Sederhana

Ketika Anda menyalakan dan mematikan mesin ini, maka yang Anda butuhkan adalah mencari keberadaan fitur control panel-nya.

Tidak semua produk meletakkan fitur control panel di depan atau area yang mudah dijangkau penggunanya. Ada yang terletak di dalam atau di bagian bawah mesin. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan control panel yang terletak di bagian depan.

Sensor Otomatis – Cerobong Asap Dapur Sederhana

Anda sering lupa mematikan mesin-mesin elektronik? Atau mungkin senang memasak sambil melakukan kegiatan lain?

Jika iya, maka pilihlah cerobong asap yang dilengkapi dengan advanced censor control. Sistem  canggih ini akan menyala secara otomatis apabila Anda lupa menyalakannya.

Sensor tersebut akan langsung menyala apabila mendeteksi asap dan akan berhenti bekerja apabila sudah tidak ada asap yang terdeteksi di ruangan dapur.

Lebih nyaman dan aman, kan!

Fitur Lampu 

Banyak orang yang merasa fitur ini cukup esensial untuk digunakan.

Apabila Anda senang memasak ketika malam hari, maka pilihlah produk yang memiliki fitur lampu. Lampu yang terdapat pada mesin ini biasanya lampu halogen atau lampu pijar.

Watt yang dipakai pada lampu tersebut tidak terlalu tinggi, sehingga tidak menyerap banyak listrik di rumah Anda.

Berbentuk Lengkung 

Sebenarnya jika Anda lebih tertarik dengan cerobong asap dapur yang berbentuk kotak juga tidak menjadi masalah. Pemilihan bentuk memang tergantung selera masing-masing.

Akan tetapi, untuk Anda yang memiliki postur tinggi dan langit-langit dapur rendah, maka sebaiknya Anda memilih cerobong asap yang berbentuk melengkung.

Pemilihan bentuk ini supaya Anda tidak mudah terbentur alat tersebut ketika sedang mengolah makanan, sehingga lebih aman.

Ekstraksi atau Resirkulasi?

Cerobong asap elektrik memiliki dua cara kerja, yaitu ekstraksi dan resirkulasi.

1. Ekstraksi

Ekstraksi adalah sistem menghisap asap panas dan membuangnya keluar lewat saluran pembuangan.

Cara kerjanya adalah menyaring udara kotor dengan filter lalu melepaskannya ke luar ruangan lewat ventilasi.

Kelebihannya adalah sistem ini sangat efektif untuk menghilangkan asap panas, bau dan kelembapan udara

Kekurangannya adalah sistem ini membutuhkan ventilasi ke dinding luar yang biaya pemasangannya cukup mahal. Akan tetapi ini tidak menjadi masalah jika Anda memiliki dana yang cukup.

2. Resirkulasi

Resirkulasi adalah sistem menghisap asap kemudian memprosesnya hingga bersih dan mengalirkannya kembali ke dalam ruangan.

Cara kerjanya adalah menghisap udara ke dalam melalui filter untuk menetralisisasi bau dan menghilangkan partikel lemak. Kemudian udara dibersihkan dan dikembalikan lagi ke ruangan. Alat ini memerlukan filter karbon atau re-circulating kit untuk memproses dan mengalirkan udara bersih ke dapur lagi.

Kelebihannya terletak pada jumlah dana yang dibutuhkan. Biaya pemasangannya cukup rendah dan bisa diaplikasikan untuk semua jenis dapur.

Kekurangannya adalah filter arang mesin ini perlu diganti secara berkala dan tidak dapat menghilangkan uap air dari udara.

Semoga dapat membantu Anda menemukan solusi masalah dapur Anda. Terimakasih.

Tinggalkan komentar